Kim Da Mi

Kim Da Mi: Dari Akting Sampai Modeling

Annyeonghaseyo, Chingudeul! 

Tidak terasa kita sudah melewati bulan Januari di tahun yang baru ini, dan sekarang sudah memasuki bulan Baru, bulan Februari. Bulan baru artinya drakor baru. Drakor baru artinya ada kemungkinan punya oppa atau eonni sebagai bias baru, ‘tul gak?

Nah, aktris yang satu ini bisa banget dijadiin bias baru. Paduan antara kemampuan akting yang cihuy dan kecantikan yang unik. Karakter yang diperankannya terasa sangat menyatu dengan dirinya. Baik ketika menjadi sosiopat ataupun wanita independen yang kena sindrom CLBK, semuanya tersampaikan begitu natural bagi penonton.   

Yuk kita kenal lebih jauh sama pemeran Kook Yeon Soo dalam drama Korea yang baru saja tamat, “Our Beloved Summer”. Psst… buat yang belum nonton drama ini tapi penasaran dengan kisahnya, boleh banget kepoin podcast para classmate Drakor Class di sini.

PROFIL

Kim Da Mi (sumber: Naver/Dispatch)
Kim Da Mi (sumber: Naver/Dispatch)

Kim Da Mi berasal dari Kota Paju, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan. Da Mi lahir pada tanggal 9 April 1995. Ia tumbuh besar bersama orang tua dan saudara laki-lakinya. 

Menjadi aktris sudah menjadi impian Kim semenjak kecil. Impiannya ini datang dari kegemarannya menonton film. Ia ingin menjadi seperti para aktor dan aktris yang ada di film itu. Bahkan suatu kali Da Mi kecil memerciki wajahnya dengan air demi berpura-pura sedang akting menangis. 

Ketika SMA, Da Mi menyampaikan cita-citanya ini kepada orangtuanya. Mereka mendukung sepenuhnya cita-cita Da Mi. Namun tidak sedikit yang meragukan Da Mi, apakah ia punya bakat dan potensi untuk jadi aktris. 

Komentar miring ini justru menjadi pemicu Da Mi untuk mewujudkan cita-citanya. Da Mi belajar otodidak dari film dan drama yang ditontonnya. Kemudian lebih serius lagi, ia mengikuti sekolah akting untuk membekali diri. 

Lulus dari SMA, Da Mi melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Da Mi memperoleh gelar sarjana di bidang Performing Arts (seni pertunjukan) dari Universitas Nasional Incheon. 

AWAL PERJALANAN KARIER

Ketika masih di kampus, Da Mi disibukkan dengan berbagai kegiatan perkuliahan. Tetapi Da Mi tidak melupakan cita-citanya untuk menjadi aktris. Ia hanya menunggu waktu yang tepat untuk memulai kariernya. 

Da Mi mencari informasi tentang agensi-agensi yang mencari aktris baru. Da Mi mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan, lalu melamar ke berbagai agensi, dan mengikuti banyak audisi. Syukurnya Da Mi banyak dibantu oleh teman-teman dan kenalannya yang berkecimpung di industri ini. Akibatnya, Da Mi mendapatkan banyak informasi yang sangat menolong dalam mewujudkan cita-citanya. 

Tahun 2017, Da Mi mendapatkan peran kecil pada sebuah film independen berjudul “2017 Project With The Same Name”. Pada tahun yang sama, ia mendapatkan peran kecil lain. Da Mi berperan sebagai seorang sekretaris dalam sebuah film berjudul “Romans 8:37”.

BREAKTHROUGH: MENDAPATKAN PERAN ‘BENARAN’

Pada tahun 2018, akhirnya Da Mi berhasil mendapatkan peran ‘benaran’ pertamanya. Secara resmi Da Mi memulai debutnya di dunia akting lewat perannya dalam film “Marionette” yang dirilis April 2018. Dalam film ini, Da Mi berperan sebagai Yoo Min Ah, seorang siswi SMA yang menjadi korban pelecehan seksual. 

Meskipun bukan karakter utama, namun penampilan Da Mi sebagai Yoo Min Ah cukup signifikan. Akting Da Mi berhasil mencuri perhatian dari para produser dan sutradara film. Peran itu telah menjadi pintu masuk bagi Dami menuju peran-peran lainnya. Simak akting Dami sebagai Yoo Min Ah dalam cuplikan film berikut ini.

Cuplikan film “Marionette” (sumber: YouTube)

Tidak menunggu lama, pada tahun yang sama Da Mi mendapatkan peran utama dalam film “The Witch: Part 1 – The Subversion”. Da Mi berhasil menyisihkan tak kurang dari 1500 orang pesaing untuk mendapatkan peran sebagai Koo Ja Yoon. Dalam film ini, Da Mi berpasangan dengan Choi Woo Shik, pasangan mainnya di drama “Our Beloved Summer”.

Poster Film "The Witch: Part 1 - The Subversion" (sumber: TribunnewsWiki)
Poster Film “The Witch: Part 1 – The Subversion” (sumber: TribunnewsWiki)
Kim Da Mi sebagai Koo Ja Yoon dalam film "The Witch: Part 1 - The Subversion" (sumber: Pinterest)
Kim Da Mi sebagai Koo Ja Yoon dalam film “The Witch: Part 1 – The Subversion” (sumber: Pinterest)

Film bergenre aksi-misteri arahan sutradara Park Hoon Jung ini mendapatkan sukses besar. Kemampuan akting Da Mi mendapatkan pengakuan, dan Da Mi membawa pulang banyak penghargaan dan mendapatkan nominasi di berbagai festival bergengsi. Salah satunya adalah Best New Actress di 55th Grand Bell Awards tahun 2018.

Dalam film ini Da Mi banyak melakukan adegan laga. Walaupun menggunakan peran pengganti, tapi tetap saja produksi film ini begitu menguras energi Da Mi. Simak cuplikannya dalam video berikut ini.

Cuplikan adegan laga dalam film “The Witch: Part 1 – The Subversion” (sumber: YouTube)

DEBUT DRAMA TV: “ITAEWON CLASS”

Setelah mendapatkan pengakuan sebagai aktris layar lebar, tahun 2020 Da Mi memulai debutnya di layar kecil atau drama televisi. Da Mi bermain dalam drama “Itaewon Class” sebagai Jo Yi Seo, berpasangan dengan aktor senior, Park Seo Joon. 

Drama “Itaewon Class” pun mengalami sukses besar. Drama ini digemari tidak hanya oleh pecinta drama Korea di kawasan Asia tapi juga internasional. Kesuksesan ini tidak lepas dari kepiawaian Da Mi memerankan Jo Yi Seo yang sosiopat jenius yang ber-IQ 162.

Penampilan Da Mi dalam “Itaewon Class” kembali membawa Da Mi memboyong pulang berbagai penghargaan. Tahun 2020 Dami memenangkan “Best New Actress (TV)” di festival 56th Baeksang Arts Awards dan Korea First Brand Awards. Drama “Itaewon Class” sendiri memenangkan penghargaan “Drama of the Year” dalam festival 25th Asian Television Awards.

Kim Da Mi sebagai Best New Actress TV di 56th Baeksang Arts Awards (sumber: Kapanlagi.com)
Kim Da Mi sebagai Best New Actress TV di 56th Baeksang Arts Awards (sumber: Kapanlagi.com)

KARIER MODELING

Tidak hanya kemampuan akting, namun gaya dan visual Da Mi ketika membawakan karakter Jo Yi Seo pun menjadi pembicaraan di dunia fashion. Walaupun kostum memang dirancang sesuai dengan karakter Jo Yi Seo, namun Da Mi berhasil memberikan ‘nyawa’ dan kharisma lewat kostum tersebut. 

Berbagai gaya Jo Yi Seo dalam "Itaewon Class" (sumber: https://today.line.me/)
Berbagai gaya Jo Yi Seo dalam “Itaewon Class” (sumber: https://today.line.me/)

Memang sebelum menjadi aktris, Da Mi sempat berprofesi sebagai model fitting untuk sebuah online shopping mall. Tidak heran karena Da Mi memiliki postur tubuh yang tinggi (170cm) dan langsing (50kg), bagaikan manekin. 

Kim Da Mi pernah menjadi fitting model sebelum menjadi aktris (sumber: KBizoom)
Kim Da Mi pernah menjadi fitting model sebelum menjadi aktris (sumber: KBizoom)

Berkat “Itaewon Class”, nama Da Mi pun mulai diperhitungkan di dunia modeling internasional. Sederet nama besar kosmetik dan perancang fashion mengajak Da Mi untuk bekerja sama sebagai model. Tambah lagi, profilnya menjadi artikel utama di banyak majalah fashion terkemuka, seperti W Magazine, ELLE Hong Kong, dan COSMOPOLITAN. 

Kim Da Mi menjadi model sampul ELLE Hong Kong dan COSMOPOLITAN (sumber: ELLE, COSMOPOLITAN)
Kim Da Mi menjadi model sampul ELLE Hong Kong dan COSMOPOLITAN (sumber: ELLE, COSMOPOLITAN)

Da Mi telah membuka tahun 2022 dengan drama “Our Beloved Summer” yang berhasil menghangatkan hati para penggemar romcom. Dikabarkan Dami akan bermain dalam dua film. 

Film pertama berjudul “Soulmate” yang diadaptasi dari novel karya penulis Tiongkok, Annie Baobei. Sementara film kedua berjudul “The Witch: Part 2 – The Other One” yang merupakan lanjutan dari film debut Da Mi. Semoga saja penggemar tidak perlu menunggu terlalu lama ya…

(dari berbagai sumber)


Comments

3 tanggapan untuk “Kim Da Mi: Dari Akting Sampai Modeling”

  1. […] Yeon Su (Kim Da Mi) dan Choi Ung (Choi Woo Sik) adalah dua pemeran utama dalam film dokumenter tersebut. Setelah 10 […]

  2. […] Choi Ung (Choi Woo Sik) adalah tipikal kepribadian plegmatis, sementara itu, apakah Kook Yeon Su (Kim Da Mi) merupakan si koleris, atau […]

  3. […] Choi Woo Shik dan Kim Da Mi telah berhasil menghangatkan hati para penggemar dengan chemistry manis yang mereka tampilkan. Ini […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park