A Long Visit (2010): Kasih Ibu Sepanjang Masa

Review Film A Long Visit

Bagaimana kabar ibu kita hari ini? Sudahlah hari ini kita memeluknya? Berterima kasih padanya. Meminta maaf padanya.

Kesempatan kali ini, saya mau membahas sebuah film yang dimainkan oleh neneknya Dalmi di drakor Start Up, “A Long Visit”. Film ini dibintangi oleh Park Jin-hee, Kim Hae-sook, Jo Yeong-jin. Film Korea berdurasi 107 menit ini bercerita tentang hubungan ibu dan anaknya.

Sinopsis Film A Long Visit

Asianwiki. Ibunya Ji Sook dan Ji Sook

Park Jin Hee sebagai Ji Sook. Ia adalah anak perempuan dari Kim Hae Sook. Sang ibu sangat menyayangi Ji Sook. Ji Sook pikir mungkin karena sebelumnya sang ibu pernah kehilangan anaknya saat anaknya berumur 2 tahun.

Ji sook senang karena ibunya sangat menyayanginya, rela melakukan apapun untuknya. Tapi, disisi lain, ia kesal karena ibunya diam saat dipukuli ayahnya, selalu memperlakukannya seperti anak kecil walau Ji Sook sudah berumah tangga. Meski demikian, ia sayang pada ibunya.

Asianwiki. Ji Sook dalam perjalanan menuju ibunya.

Suatu hari, ia pulang kampung mengunjungi ibunya, seorang diri. Sepanjang perjalanan, Ji Sook mengenang kembali kisahnya sejak kecil bersama ayah dan ibunya. Ji Sook juga menghabiskan waktu bersama ibunya.

Apakah ada sesuatu yang terjadi pada Ji Sook atau ibunya? Tonton untuk tahu kisah selengkapnya. Jangan lupa siapkan sapu tangan, kurangi penggunaan tissue. Drakorian juga Cinta bumi.

Kesan yang Didapat

Asianwiki. Ibunya Ji Sook menangis melepas kepulangan Ji Sook.

Film ini film lawas. Keluar 10 tahun yang lalu. Saya sampai lupa kalau saya pernah menonton film ini. Tapi, walau demikian, saya tetap menitikkan air mata saat menontonnya. Meski menonton tanpa suara atau diskip beberapa adegan (Penonton ga sabaran). Perasaan pemain tetap sampai pada saya. Kesalnya, sedihnya, masih bisa saya rasakan. Two thumbs up buat acting ibunya Ji Sook alias Kim Hae Sook.

Pelajaran yang Dipetik

Betullah kata lagu, kasih ibu tak terhingga sepanjang masa. Hanya memberi tak harap kembali. Bagai sang Surya menyinari dunia.

Begitu besar kasih sayang ibu pada anak-anaknya. Terus menerus memberi, tak pernah meminta balas jasa. Walau anaknya sudah besar, sudah berumah tangga, tapi ia tetap khawatir akan anaknya.

Review A long Visit
Asianwiki. Ji sook memeluk ibunya.

Dari film ini, saya menguatkan tekad untuk ekspresif. Belajar mengekspresikan rasa terima kasih pada mama. Walau saya dan Ji Sook sama-sama anak perempuan sulung tapi, kami berbeda. Ji Sook dan ibunya saling mengekspresikan rasa sayang, juga kesal. Tak hanya melampiaskan rasa kesal dan marah saja. Tapi juga mengekspresikan rasa sayang. Pelukan, belaian, pijatan, secuil bahasa Cinta yang muncul dalam film ini. Sementara saya besar dalam keluarga yang bisa dibilang masih kurang berkomunikasi. PR besar kami ada pada ranah komunikasi.

Setelah menonton film ini, saya menguatkan tekad untuk mengekspresikan rasa sayang dan bersyukur pada mama juga papa. Tak hanya mudah menunjukkan raut kesal atau tak suka. Tapi juga belajar mudah mengekspresikan rasa sayang, berterima kasih, juga bersyukur. Karena besar sekali jasa orangtua bagi kita.

Saya terenyuh kala adegan Kim Hae Sook marah pada calon besannya yang menjelekkan Ji Sook, tak merestui hubungan anaknya dengan Ji Sook. Tapi, setelahnya, ditengah guyuran hujan malam hari. Kim Hae Sook datang ke rumah calon besannya, bersimpuh, meminta maaf dan meminta restu agar calon besannya ini bisa mengijinkan anak-anak mereka menikah. Betapa ibu membuang rasa egonya, tidak sukanya, demi anaknya. Demi kebahagiaan anaknya.

Wajar jika orang bilang, “Surga di telapak kaki ibu“. Karena besar sekali perjuangan, pengorbanan yang ibu lakukan untuk anak-anaknya. Dan wajar jika Rasul berpesan, “Orang tua adalah pintu surga yang paling baik. Kalian bisa sia-siakan pintu itu atau kalian bisa menjaganya” (HR. Tirmidzi).

Semoga kita semua bisa jadi anak yang berbakti bagi kedua orangtua.

Hana

Seorang perempuan yang senang mengambil pelajaran hidup dari drama korea. Ibu 3 anak yang senang menulis review drama dengan tema parenting, keluarga, suami istri.

Baca Juga

3 Komentar

  1. Aduuhh, kok sediihh….
    Bener aku pun sering bingung mengekspresikan perasaan padahal ingin.. cuman nggak tau gimana menyampaikannya.

  2. […] A Long Visit (2010): Kasih Ibu Sepanjang Masa Baca juga tentang film A long Visit di DrakorClass […]

  3. […] merekomendasikan film Korea “A long Visit” yang menceritakan tentang kasih seorang ibu dan film “Pawn” yang menceritakan kasih […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: