kdrama dr. Cha

Ending Drakor dr. Cha, Happy Ending Seperti Apa?

Setelah menonton dr. Cha sebanyak 8 episode, sambil nungguin episode 10 yuk kita dengerin obrolan saya bareng 3 classmates Drakor Class. Drakor ini memiliki genre romcom medis, tetapi sebenarnya ada banyak sekali hal yang bikin kami jadi bertanya-tanya dan dilema sendiri memikirkan happy ending seperti apa yang diharapkan untuk dr. Cha nantinya diakhir episode 16.

Pertanyaan yang patut direnungkan sebagai seorang ibu di hari yang dirayakan sebagai Hari Ibu internasional di hari Minggu ke-2 bulan Mei ini adalah:

Apakah seorang Ibu berhak untuk bahagia karena pilihannya sendiri, atau dia meletakkan kebahagiaannya pada kebahagiaan anak-anak dan suaminya?

Ibu yang baik itu seperti apa sih?

Apakah kamu seorang ibu yang baik dan bahagia?

Eh hampir lupa, dengerin Podcastnya biar mengerti kenapa kami sampai ke pertanyaan tersebut. Baca juga tulisannya, siapa tahu kamu jadi dapat inspirasi tentang kebahagiaan seorang Ibu. Minimal ya kebahagiaan dr. Cha deh, hehehe.

Dr. Cha, Bukan Drakor Medis Biasa

Membahas isu-isu yang ada dalam drama dr. Cha, tentang seorang dokter wanita yang kembali melanjutkan residensi nya setelah 20 tahun berhenti karena hami, menikah dan mengurus keluarga. Setelah mengalami sakit yang hampir merenggut nyawa dan tinggal di rumah sakit selama sebulan lebih, akhirnya dia merasa panggilan untuk menjadi dokter itu masih ada.

Baca juga: 6 Drakor Medis Tak Terlupakan versi Drakor Class

Walaupun di awal dia kurang mendapat dukungan dari keluarganya (suami, mertua dan 2 anaknya yang sudah besar), tetapi dia menunjukkan kalau sekarang ini waktunya dia mengerjakan apa yang dia memang suka dan tidak lagi hanya melayani keluarganya saja.

Tetapi sebenarnya drama ini bukan hanya tentang usaha Cha Jeong Suk untuk menyelesaikan residensinya, tetapi juga cerita bagaimana menyeimbangkan antara dunia bekerja dan keluarga. 

Profil Drama dr. Cha

  • Judul Drama: Doctor Cha
  • Revised romanization: Dr. Chajungsook
  • Hangul: 닥터 차정숙
  • Director: Kim Dae-Jin
  • Writer: Jung Yeo-Rang
  • Network: JTBC – Netflix
  • Episodes: 16
  • Release Date: April 15 – June 4, 2023
  • Runtime: Sabtu & Minggu

Pemeran dan Karakter Utama Drakor dr. Cha

Para Pemain drakor dr. Cha (jtbc)
Para Pemain drakor dr. Cha (jtbc)

Uhm Jung Hwa sebagai dr. Cha Jung Suk

Dr. Cha Jung Suk, diperankan oleh Uhm Jung-Hwa (pernah main Our Blues 2022, A Witch’s Love 2014 bareng park seo joon).

Aktris senior ini pernah terkena kanker tiroid dan sudah dinyatakan sembuh sejak tahun 2010. Jadi tidak heran kalau dia bisa sangat menjiwai perannya sebagai dr. Cha yang juga di awal digambarkan pernah jadi pasien sebulan lebih.

Kim Byung Chul sebagai Prof Seon In Ho

Suami dari dr. Cha adalah Prof Seo In-Ho, diperankan oleh Kim Byung Chul (pernah main Sky Castle 2018, Doctor Prisoner 2019, All of Us are Dead 2022).

Kim Byung Chul ini juga aktor senior yang sudah pernah mendapatkan Baeksang Arts Awards. Kalau biasanya kita ingat seorang tokoh karena karakter orang baik, sepertinya Kim Byung Chul ini spesialis jadi orang menyebalkan. Di Sky Castle dia jadi tokoh menyebalkan (sampai dapat Baeksang), di drama ini dia juga jadi suami jahat dan ayah yang menyebalkan, hehehe.

Myung Se Bin sebagai Prof Choi Seung Hi

Selingkuhan dari suami dr. Cha yaitu Prof Choi Seung-Hi,  diperankan oleh Myung Se-Bin (pernah main di A piece of your mind 2020, Kill Me Heal Me 2015).

Saya nggak ingat pernah menonton akting aktris satu ini, tetapi kalau menurut wikipedia, Myung Se-bin pernah memenangkan Baeksang sebagai Best New Actress di tahun 1998. Selain itu juga mendapatkan beberapa nominasi dan penghargaan untuk award lainnya. Nggak heran deh ya aktingnya gak kalah dengan 2 pemeran utama di dr. Cha ini.

Min Wook Hyuk sebagai Prof Roy Kim

Dokter yang melakukan transplantasi hati terhadap dr. Cha yang juga jadi rekan kerjanya yaitu Prof Roy Kim, diperankan oleh Min Wook-Hyuk (pernah main The 3rd Charm 2018, If You Wish Upon Me 2022).

Oppa yang satu ini belum banyak dramanya, tetapi dia memerankan Ri Jong Hyeok versi teater di tahun 2022 loh. Aktor yang biasa di panggung teater nggak usah diragukan lagi ya main di layar tv. Saya sendiri baru notice Min Wook-hyuk ini waktu dia jadi cameo di salah satu episode If You Wish Upon Me.

Isu-isu yang dibahas dalam drakor dr. Cha

Ada banyak sekali isu menarik yang tidak bisa dibahas secara singkat terutama untuk emak-emak dari drakor dr. Cha ini. Yuk langsung dibaca saja sambil spoiler tipis-tipis.

Ibu kembali bekerja secara Profesional

poster dr. Cha
Poster dr. Cha (jtbc)

Cha jung suk adalah seorang homemaker. Dia suka mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan juga melayani suami dan anak-anaknya. Suaminya seorang dokter spesialis bedah yang sukses. Anak pertamanya sedang menjalani residensi dan sedang merintis menjadi spesialis mengikuti jejak ayahnya. Putrinya yang merupakan anak ke-2 sudah hampir lulus SMA dan sedikit lagi akan melanjutkan ke universitas.

Kehidupan yang tadinya dia pikir sempurna ternyata hanya dalam khayalan ketika dia sakit dan butuh transplantasi hati. Suaminya sebagai satu-satunya yang cocok menjadi donor tidak bersedia untuk mendonorkan hatinya. Hal menjadi donor ini juga dilarang oleh ibu mertuanya.

Operasi transplantasi hati memang bukan hal kecil, baik untuk pasien maupun untuk donor. Tetapi saat nyawanya sudah hampir terancam dan suami tidak mau membantu itu tidak bisa digambarkan perasaan Cha Jung Suk seperti apa.

Singkat cerita, akhirnya dia menemukan donor dan bisa sembuh. Setelah sembuh walau harus menghabiskan waktu cukup lama di rumah sakit, dia jadi ingat lagi dengan masa muda nya saat sekolah kedokteran. Dia berhenti melanjutkan residensinya karena harus melahirkan dan membesarkan anak lelakinya. Saat ini anak-anaknya sudah besar, maka keinginan untuk kembali berkarya menjadi dokter hadir kembali.

Tidak mudah untuk Cha Jung Suk kembali melanjutkan residensinya. Pastinya dia harus belajar siang malam untuk mempersiapkan ujian yang menjadi persyaratan menjadi residen. Setelah lulus ujian, dia nyaris tidak diterima sebagai resident karena umurnya yang sudah hampir 50 tahun. Semua orang menganggap, kalau sudah umur segitu seolah tidak usah berusaha lagi untuk melanjutkan menjadi dokter. Keluarganya juga menentang karena kalau dia bekerja otomatis semua hal di rumah yang biasa dia kerjakan akan butuh orang lain yang mengerjakan yang belum tentu kualitasnya sama dengan hasil pekerjaan seorang Cha Jung Suk yang selalu bersungguh-sungguh mengerjakan berbagai hal.

Adaptasi dari dunia di rumah dengan dunia bekerja di awal tentunya membuat Cha Jung Suk cukup kewalahan. Tetapi pada akhirnya dia belajar untuk mendelegasikan berbagai hal dan menurunkan standar, walaupun tentu saja diprotes terutama oleh mertuanya.

Hubungan dengan Mertua

Ibu Mertua dr. Cha digambarkan sebagai ibu yang sangat memperhatikan penampilan dan apa kata orang. Dia juga sangat bangga dengan pencapaian anak lelaki satu-satunya. Di umur yang tak muda lagi, dia masih rajin perawatan kulit dan tentu saja masih memakai berbagai barang branded. Biasanya, setelah dia bosan, dia akan memberikan barang-barangnya untuk dipakai oleh menantunya.

Ibu mertua ini juga sangat memuji-muji menantunya yang bisa mengerjakan berbagai hal sesuai dengan kemauannya. Makanya ketika menantunya memutuskan kembali bekerja, dia sangat keberatan karena sudah berganti pembantu beberapa kali dia tidak bisa menemukan orang yang hasil pekerjaannya seperti pekerjaan menantunya.

Walaupun ibu mertuanya buat penonton sangat mengesalkan, tetapi dr. Cha cukup baik dalam mengelola hubungannya dengan mertuanya. Dia bisa tetap sopan dan tidak menjadi  menantu yang terlihat kurang ajar. Mungkin karena dari awalnya, dia bukanlah menantu pilihan pertama ibu mertuanya ini.

Menyikapi Suami Jahat

Saya menggunakan kata suami jahat di sini, karena hubungan dr. Cha dengan Prof Seo In Ho ini sudah salah sejak awal. Jadi di masa muda, Seo In Ho ini mempunyai kekasih yang sebenarnya sudah disetujui juga oleh ibunya. Lalu, dalam suatu kegiatan outing, entah setan lewat atau memang dasar In Ho ini tak bisa mengendalikan diri, dia membuat Cha Jung Suk hamil. Otomatis, karena saat itu ibunya tidak mau anaknya menelantarkan wanita yang dihamili, maka In Ho menikahi Cha Jung Suk. Hal ini jugalah yang membuat akhirnya Cha Jung Suk harus berhenti dari kegiatan residensinya.

Sementara itu, beberapa tahun berselang, In Ho bertemu lagi dengan mantan kekasihnya Seung Hi di Amerika. Lagi-lagi dia tidak belajar dari pengalaman. Jelas-jelas dia dokter dan tahu darimana asalnya anak. Pertemuan dengan Seung Hi di Amerika ternyata menyebabkan Seung Hi hamil. Seung Hi memilih untuk membesarkan anak hasil perselingkuhan itu dengan harapan In Ho kembali padanya karena masih cinta.

Di saat yang tak jauh berbeda dengan Seung Hi,  Cha Jung Suk juga sedang hamil. Makanya digambarkan dalam drama ini, kalau anak ke-2 dari dr. Cha dan anak Prof Seung Hi seumuran dan bahkan bertemu di akademi yang sama. Keberadaan anak di luar nikah dari kekasih lama suaminya ini sebenarnya yang bikin tambah dilema buat dr. Cha.

Kejahatan lain dari suaminya tidak berhenti di situ saja. Saat Cha Jung Suk sakit dan butuh donor hati, suaminya tidak mau menjadi donor dengan berbagai alasan. Bukan itu saja, ternyata pada saat Cha Jung Suk masuk rumah sakit, Seo In Ho sedang pergi berdua Seung Hi dengan alasan konferensi. Jadi ternyata Seung-hi sudah kembali ke Korea, bekerja di rumah sakit yang sama dengan In Ho, dan dia tidak memberitahu sama sekali dengan Cha Jung Suk.

Sampai dengan episode ke-8, ketika mengetahui perselingkuhan suaminya dengan Seung-hi, dr. Cha masih berusaha tetap elegan. Tetapi, apakah dia akhirnya akan berpisah dari Seo In Ho, atau masih akan menerima dan memaafkan suaminya kalau suaminya bertobat dan menghentikan perselingkuhannya?

Menyikapi Lelaki Baik 

Lelaki baik yang dia temui tanpa sengaja ketika menolong orang yang sakit di jalan ini merupakan dokter yang mengoperasinya dan bisa dibilang menyelamatkan Cha Jung Suk. Dokter Roy Kim ini juga yang membuat Cha Jung Suk memiliki keinginan lagi untuk meneruskan karirnya sebagai dokter. Eits, jangan salah, motivasi Cha Jung Suk menjadi dokter bukan mau bersama dengan Prof Kim loh, tetapi karena dia benar-benar ingin membantu menyembuhkan orang yang sakit.

Walaupun Prof Kim ini tadinya bekerja di rumah sakit yang berbeda, ternyata di saat dr. Cha memulai residensinya, Prof Kim juga pindah ke rumah sakit yang sama. Jadi, walaupun orang-orang di rumah sakit tempatnya residensi tidak mengetahui kalau Seo In Ho adalah suaminya dan Jung Min adalah anaknya, Prof Kim ini sudah tahu dan diminta untuk merahasiakan dari rekan kerja yang lain.

Singkat cerita, Prof Kim ini juga mengetahui perselingkuhan Prof Seo In Ho dengan Prof Seung Hi. Prof Kim juga terlihat menyukai dr. Cha. Tetapi ya, sepertinya walau dr. Cha sakit hati dengan kelakuan suaminya dan menyadari kebaikan Prof Kim, tetapi dia tidak terlihat memberikan harapan kepada Prof Kim. Walau bagaimanapun juga, Cha Jung Suk adalah seorang ibu dan masih terikat pernikahan dengan Prof Seo In Ho.

Mendukung Pilihan Anak

Anak pertama dr. Cha dan Prof Seo In Ho sedang mengikuti jejak orang tuanya menjadi dokter. Bahkan saat dr. Cha menjalani residensi, anaknya juga sedang menjalani residensi. Berbeda dengan anak pertama, anak ke-2 tidak ingin menjadi dokter dan lebih menyukai sekolah seni.

Walau dokter Cha mengetahui suaminya tidak akan setuju, dia tetap berusaha mendukung pilihan anaknya tersebut. Ketika suaminya tahu, jelas saja sempat jadi keributan besar. Akan tetapi, pada akhirnya suaminya menyerah. Sebenarnya tidak menyerah juga sih, lebih karena anaknya mengkonfrontasi ketika ketauan ayahnya punya anak dengan wanita lain.

Happy Ending untuk dr. Cha Itu Seperti Apa?

Walaupun ceritanya sepertinya rumit dan bikin banyak pertanyaan untuk direnungkan, sebenarnya drakor dr. Cha ini tergolong cukup banyak lucunya dan menghibur. Jalan cerita yang cukup cepat membuat saya menontonnya tidak merasa bosan.

Masa lalu dr. Cha sebagai orang ketiga antara suaminya dan mantan pacarnya membuatnya merasa serba salah. Sekarang kembali ke pertanyaan tentang kebahagiaan seorang ibu. Kira-kira kalau kita berharap happy ending untuk dr. Cha itu happy ending yang seperti apa?

Apakah happy ending itu kalau suaminya tobat dan meninggalkan selingkuhannya? Tetapi apakah dr. Cha bisa memaafkan kelakukan jahat suaminya selama bertahun-tahun? Bagaimana nasib putrinya dengan wanita lain itu? Menjadi ibu dengan dukungan suami dan mertua saja banyak tantangan, bisa dibayangkan bagaimana Prof Seung Hi menjalani menjadi ibu tanpa siapapun. Tapi ya itu toh pilihan hidupnya juga kan.

Pilihan lainnya apakah lebih baik dr. Cha pindah ke lain hati? Toh sepertinya Prof Roy Kim bisa menjadi pasangan yang jauh lebih baik daripada Prof Seo In Ho. Tetapi apakah anak-anaknya akan senang kalau ibunya punya pasangan baru? Jangan lupa, dr. Cha itu ibu dari 2 anak.

Ataukah pilihan happy endingnya adalah dr. Cha akan berhasil menyelesaikan residensinya dan walau berpisah dari suaminya dia tidak memilih Roy Kim tetapi memilih menjadi ibu buat anaknya selain menjadi dokter tentunya.

Tonton Yuk!

Memang cerita di dunia medis bisa dibahas dari berbagai sudut pandang, bukan saja dari pembahasan teknis medis tetapi juga kehidupan orang-orang yang bekerja di dunia medis. Bukan hanya drakor sih, berbagai serial medis selalu banyak membahas kehidupan para tenaga medisnya dan bisa memberi pelajaran buat penontonnya.

Gak usah pusing-pusing, langsung saja kita nikmati drama dr. Cha sampai habis. Tonton di Netflix setiap Sabtu dan Minggu malam. Apapun endingnya, semoga kita bisa meniru dr. Cha untuk tetap semangat belajar dan berkarya yang tidak dihalangi oleh usia, walau apapun kata orang lain.

Semoga chingudeul yang sudah jadi ibu, menjadi seorang ibu yang bahagia apapun pilihanmu!


Comments

3 tanggapan untuk “Ending Drakor dr. Cha, Happy Ending Seperti Apa?”

  1. […] Annyeong, Yeorobun… semoga semuanya dalam keadaan sehat dan tetap semangat ya menikmati drama-drama menarik Korea. Kali ini Drakor Class menghidangkan podcast spoiler ending Doctor Cha. […]

  2. […] Mungkin ada yang merasa kalau sudah sekian lama tidak bekerja menerapkan ilmu yang pernah dipelajari maka tak ada gunanya belajar lagi. Saya bukan ingin aktif bekerja di kantor, tetapi saya ingin kembali belajar ilmu yang pernah saya pelajari di bangku kuliah: Informatika. Saya tidak mau kalah dengan dr. Cha yang kembali jadi dokter setelah 20 tahun jadi IRT. […]

  3. […] cerita tentang seorang ibu rumah tangga yang kembali aktif di dunia kerja. Berbeda dengan dokter Cha yang sebelumnya masih belum selesai residensi, kali ini tentang seorang yang pernah menjadi manager […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 drama 2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park

%d blogger menyukai ini: