the-glory-2022

Ketika Balas Dendam Menjadi Tujuan Hidup: Review K-Drama “The Glory” (2022)

Annyeonghaseyo, chingudeul!

Salah satu drama Korea yang paling dinantikan di penghujung tahun 2022 lalu adalah “The Glory”, yang dibintangi oleh Song Hye Kyo. Di saat sang mantan lagi santer dibicarakan karena hubungan asmaranya dengan Mbak Bule, aktris papan atas ini justru melenggang dengan unjuk kebolehan di drama terbarunya ini.

“The Glory” sudah tayang di Netflix sebanyak 8 episode. Chingudeul yang sudah menonton jangan heran dengan endingnya yang nggantung abis! Drama ini dikabarkan akan hadir dalam 2 season, di mana season berikutnya akan tayang di tahun 2023 ini.

Bagi yang belum nonton dan penasaran pengen icip-icip dramanya, baca dulu ulasannya di artikel ini!

Profil K-Drama “The Glory”

Poster K-Drama “The Glory”

Judul Drama: The Glory

Hangeul: 더 글로리

Sutradara: Ahn Gil Ho

Penulis Naskah: Kim Eun Sook

Tayang di: Netflix

Jumlah Episode: 8 (Season 1)

Pemain:

Song Hye Kyo sebagai Moon Dong Eun

Lee Do Hyun sebagai Joo Yeo Jeong

Lim Ji Yeon sebagai Park Yeon Jin

Jung Sung Il sebagai Ha Do Yeong

Park Sung Hoon sebagai Jeon Jae Jun

Kim Hieora sebagai Lee Sa Ra

Cha Joo Young sebagai Choi Hye Jeong

Kim Gun Woo sebagai Son Myeong O

Yum Hye Ran sebagai Kang Hyeon Nam

Sinopsis K-Drama “The Glory”

Moon Dong Eun (Song Hye Kyo) adalah seorang guru Sekolah Dasar yang selalu menekankan pada murid-muridnya untuk tidak membeda-bedakan teman-temannya berdasarkan status sosial keluarga dan harta yang dimiliki oleh mereka.

Dong Eun juga selalu memberikan pemahaman pada murid-muridnya bahwa tindakan bullying adalah sesuatu yang buruk dan seharusnya tidak dilakukan, terutama di lingkungan sekolah.

moon-dong-eun-the-glory-drakorclass
Song Hye Kyo as Moon Dong Eun

Dibalik itu semua, Dong Eun memiliki masa muda yang kelam, yang membuatnya menyimpan dendam dan amarah yang tak terhapus oleh waktu. Semasa SMA, Dong Eun menjadi korban bullying di sekolahnya. Tak hanya oleh teman-teman sekolahnya, tapi juga oleh gurunya sendiri saat ia berusaha meminta bantuan.

Tak tahan dengan semua perlakuan yang diterimanya, akhirnya Dong Eun memutuskan untuk berhenti sekolah dan berniat untuk membalas dendam dengan caranya sendiri. Park Yeon Jin (Lim Ji Yeon), adalah target utama balas dendamnya.

park-yeon-jin-the-glory
Park Yeon Jin and gank

Selain itu ada juga Jeon Jae Jun (Park Sung Hoon), Lee Sa Ra (Kim Hieora), Choi Hye Jeong (Cha Joo Young) dan Son Myeong O (Kim Gun Woo), yang tak luput menjadi target balas dendam Moon Dong Eun.

Dengan sangat hati-hati, Dong Eun mengumpulkan informasi dan merencanakan taktik balas dendam dengan sangat teliti. Sampai akhirnya waktu pembalasan dendam pun tiba, Dong Eun maju tanpa rasa takut namun masih menyimpan trauma atas kejadian bullying yang menimpanya.

Kira-kira, berhasilkah Dong Eun membalaskan dendam masa remajanya?

Kesan Menonton K-Drama “The Glory”

Chingudeul, saya menonton drama ini adalah karena komentar pedas netizen yang menyebutkan bahwa Song Hye Kyo terlihat sangat tua di dalam drama “The Glory”.

Padahal, di drama sebelumnya, “Now We Are Breaking Up“, penampilan Song Hye Kyo kan masih shinning shimmering splendid! Setua apa sih Mbak Kyo dalam drama terbarunya? Inilah yang menjadi trigger awal saya mencoba membuka Netflix dan menonton drama yang ternyata bertengger di posisi atas Top Watched.

Setelah menonton drama ini, saya menyimpulkan mungkin yang bilang Song Hye Kyo kelihatan tua hanya nonton cuplikan-cuplikan dramanya dari media sosial aja kali! Kalau sudah menonton, pasti paham banget lah kenapa dandannya dibuat nggak dandan seperti itu.

Panjang ya intronya? Jadi gimana, nih, kesan saya setelah nonton drama Korea “The Glory”? Yuk, lanjut baca!

1. Aksi Bullying yang Mengerikan

Di episode pertama, penonton akan disajikan mengenai kisah masa remaja Moon Dong Eun yang penuh penderitaan. Selama di sekolah, setiap hari ia menerima perlakuan keji dari teman sekolahnya, Park Yeon Jin dan antek-anteknya.

Jujurly, menurut saya aksi bully mereka benar-benar mengerikan. Gila, sih, ya kali temennya sendiri ditempelin catokan panas di sekujur badannya?! Like, what the banget! Saya jadi bertanya-tanya, apa iya tindakan bully di Korea Selatan sana memang sekejam itu?

the-glory-2022-drakorclass
Sebagian hasil BBQ-ing Park Yeon Jin, dkk, di tubuh Moon Dong Eun >,<

Setelah membaca-baca dari beberapa artikel dan media sosial, ternyata adegan bullying ini diambil dari kisah nyata, lho! Adegan tersebut terinspirasi dari kisah nyata yang terjadi di SMA Cheongju di tahun 2006 silam.

Saya sendiri selalu skip-skip tiap adegan Park Yeon Jin dan kawan-kawan membully Dong Eun remaja. Nggak kuat banget! Belum lagi kelakuan gurunya yang edan, di mana ia justru menormalisasi perlakuan pembully di depan korban bully.

Yah, saya rasa kalau Dong Eun nggak dendam kesumat sih udah jadi Dewi Kwan Im dia!

2. Jalan Cerita yang Membawa Penonton Penuh Emosi

Alur cerita dari drama “The Glory” ini bisa maju mundur. Penonton akan dibawa melihat karakter Moon Dong Eun dewasa yang dingin, tak bersahabat dan penuh misteri. Melihat karakternya tersebut seperti melihat seseorang yang kerjaannya mikir mulu, fokus ke satu tujuan yakni balas dendam.

Sungguh berbeda ketika penonton melihat adegan-adegan flashback Moon Dong Eun remaja. Di saat Chrisye berkata kalau masa-masa paling indah adalah masa di sekolah, jelas berbeda dengan yang dialami oleh Moon Dong Eun. Hidup di tengah perundungan membuatnya menjadi orang yang tertutup, tidak percaya diri, tidak ceria dan tidak punya teman.

Penulis dan Sutradara di drama ini berhasil membuat penonton, setidaknya saya, merasakan ketidakadilan hidup yang dialami oleh Moon Dong Eun. Saya pun jadi paham mengapa Dong Eun sebegitu dendamnya pada para pembully-nya.

Menonton drama ini membuat saya ikutan emosi. Di satu sisi, menyayangkan rencana balas dendam Moon Dong Eun. Sayang aja, cantik-cantik hidupnya suram. Di sisi lain, ya pengen juga melihat orang-orang yang membully Dong Eun ini mendapatkan balasan yang setimpal.

3. Applause untuk Akting Para Pemainnya

Saya menonton Shin Ye Eun di drama Revenge of Others tepat sebelum saya menonton “The Glory”. Di sana, ia berperan sebagai karakter protagonis yang sempat menjadi korban bully oleh teman satu sekolahnya.

shin-ye-eun-the-glory
Shin Ye Eun sebagai Park Yeon Jin remaja

Sementara itu, Shin Ye Eun berperan sebagai Park Yeon Jin remaja, Si Ratu Bully dalam drama “The Glory”. Perubahan karakternya begitu WOW! Saya sampai sama sekali melupakan bahwa ia pernah berperan sebagai protagonis di drama sebelum ini.

Buat you-you guys yang bilang Song Hye Kyo kelihatan tua lah, kayak orang sakit typhus lah, fix pasti belum nonton “The Glory” yaa? Pasalnya, Song Hye Kyo sendiri menurut saya berhasil menghidupkan karakter Moon Dong Eun dengan sangat baik.

Aktris papan atas ini bahkan sengaja melakukan diet selama kurang lebih dua bulan agar kondisi kurang gizi dan anemia yang dialami oleh Moon Dong Eun tampak dengan baik. Mbak Kyo juga tampil minim make-up karena memang karakter Moon Dong Eun ini mana lah sempet mikirin penampilan.

Baca juga: 3 Tahap dalam Natural Korean Make-Up Look

song-hye-kyo-the-glory
Gloomy Dong Eun

Selain itu, saya suka sekali dengan akting Song Hye Kyo yang beda dari drama-drama sebelumnya. Meskipun ini bukan drama romance seperti dramanya yang lain, Song Hye Kyo terlihat effortless aja gitu memerankan karakter dingin dan penuh dendamnya Moon Dong Eun.

Panjang kalau ngomentarin akting semua pemeran yang ada di dalam drama ini, tapi buat saya semua aktor dan aktris yang main dalam drama ini sukses membawa penonton terlarut dalam emosi yang disuguhkan oleh drama ini.

4. Menyayangkan Adanya Season 2

Menurut saya, kayaknya “The Glory” ini bisa aja, sih, dibikin hanya satu season dengan jumlah episode 16. Mungkin ngikutin tren-tren serial Netflix yang berseason-season kali ya. Saya sendiri jarang banget nonton drama yang berseason-season gini, drakor berseason yang saya tonton lainnya hanya “Alchemy of Souls“.

Jadi, ketika saya tau kalau drama ini bakal dibuat dua season, harapan saya akan ending dari season satu drama ini bakalan sedramatis ending Alchemy of Souls Season 1. Ternyata, di season pertama “The Glory” ini penonton baru disuguhkan cerita perkenalan masa lalu dan rencana balas dendam Moon Dong Eun.

lee-do-hyun-the-glory
Moon Dong Eun dan Joo Yeo Jeong

Selain itu, karakter Joo Yeo Jeong yang diperankan oleh Lee Do Hyun pun masih tipis banget, nih. Dari tadi nggak saya bahas karena saya juga belum tau akan seperti apa peran seorang dokter bedah ini dalam perjalanan balas dendam Moon Dong Eun.

Buat saya pribadi nih ya, akhir episode 8 tu gitu aja. Seolah-olah episode 9 tu bakalan ada gitu. Susah deh jelasin pakai kata-kata. Haha. Tapi saya tetep salut kok sama writernim-nya *tepuktangan!

Siap Menantikan Season 2!

Berhubung season pertama “The Glory” ini sebatas kata pengantar untuk masuk ke bab inti, saya sangat berekspektasi ya dengan season kedua dari drama ini. Saya harap, pembalasan dendam Moon Dong Eun benar-benar dapat tereksekusi secara elegan dan ciamik tentunya.

Pesan saya untuk yang ingin menonton drama ini karena Song Hye Kyo-nya, jangan harap melihat karakter yang diperankannya tampil cantik dengan wajah berseri seperti biasanya.

“The Glory” juga menampilkan adegan kekerasan yang ekstrem dan bikin ngilu. Buat yang nggak kuat, skip aja deh. Jangan nonton sama anak-anak juga ya, karena selain adegan kekerasan, ada adegan 19+ nya juga yang sebaiknya dihindari oleh anak-anak.

Jadi, gimana? Masih maju mundur nggak mau nonton “The Glory”?


Posted

in

, , ,

Comments

5 tanggapan untuk “Ketika Balas Dendam Menjadi Tujuan Hidup: Review K-Drama “The Glory” (2022)”

  1. […] Baca Juga : Ketika Balas Dendam Menjadi Tujuan Hidup: Review K-Drama “The Glory” (2022) […]

  2. […] Baca juga: Review The Glory oleh Classmate Drakor Class […]

  3. […] Baca Juga : Ketika Balas Dendam Menjadi Tujuan Hidup: Review K-Drama “The Glory” (2022) […]

  4. […] Kalau chingudeul nyari-nyari drama untuk mengisi kebosanan, sepertinya drama ini kurang cocok karena bisa bikin tambah bosan. Tapi kalau mau lihat drama comeback-nya Kim Tae Hee sejak Hi Bye Mama meski cemberut terus di drama ini ya boleh jugaaa.. Sedangkan karakter Lim Ji Yeon sih masih gitu aja ya, judes-judes barbar gitu sebagaimana di The Glory. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park