Kembalinya So Ji Sub dalam Doctor Lawyer

Annyeooong….
Sudah pertengahan tahun, bagaimana stok tontonan drama selama bulan Juni? Aman?

Setelah banyak merenung dalam drama Tomorrow yang tamat pekan lalu, slot tayangnya langsung digantikan oleh Doctor Lawyer yang dua episode pertamanya seru bangeett!!

Doctor Lawyer mengembalikan So Ji Sub oppa pada para penggemarnya setelah terakhir membintangi Terius Behind Me empat tahun lalu. Mungkin kemarin-kemarin dia sibuk mempersiapkan pernikahannya, dan sekarang sudah siap meramaikan kancah perdrakoran lagi. Biasanya nih, kalau habis ini dramanya booming, bakalan cepat lagi muncul di drama lainnya.

Doctor Lawyer sendiri disutradarai oleh Lee Yong Seok, yang juga pernah menggarap Haechi (2019), The Village: Achiara’s Secret (2015), The Great Seer (2012), dan Wife Returns (2009). Sedangkan naskahnya ditulis oleh Jang Hong Cheol, yang juga pernah menulis Class of Lies (2019).

Sinopsis Doctor Lawyer

Sinopsis Doctor Lawyer

Doctor Lawyer (닥터로이어 ) adalah drama yang punya genre ganda; medis dan hukum.

Menceritakan tentang seorang ahli bedah jenius, Han Yihan (So Ji Sub) yang kemudian tersandung kasus malapraktik yang membuat ia kehilangan segalanya dalam karirnya. Yihan kemudian banting setir jadi pengacara litigasi medis dan bertekad membebaskan jerat kekuasaan yang menentukan pentingnya kehidupan seseorang.

Sementara itu, Im Soo Hyang memerankan Geum Seokyung, tunangan Yihan yang juga seorang jaksa berkarakter. Ia memiliki keyakinan bahwa penjahat harus diberi hukuman setimpal sesuai kejahatannya.

Menghadapi dunia medis-hukum-bisnis yang penuh intrik dan saling menjatuhkan, keduanya ada pada hubungan love-hate relationship setelah pertunangannya kandas. Alasan buyarnya hubungan mereka ada kaitannya dengan penjebakan yang didapat Yihan di rumah sakit yang melibatkan anggota keluarga Seokyung.

Pemain Doctor Lawyer


Beberapa nama pemain Doctor Lawyer mungkin sudah sering kita temui di drama-drama lainnya, termasuk beberapa karakter dari Again My Life yang barusan kemarin tamat. Ada juga Shin Sung Rok yang terakhir kita lihat di Kairos (2020), tapi sampai akhir episode dua belum terlihat kemunculannya jadi apa.

So Ji-Sub (Han Yi-Han)
ShinSung-Rok (Jayden Lee)
Im Soo-Hyang (Geum Seok-Young)
Lee Kyoung-Young (Goo Jin-Ki)
Lee Joo-Bin (Im Yoo-Na)
Lee Dong-Ha (Goo Hyun-Sung)
Woo Hyun-Zoo (Pyo Eun-Sil)
Kim Ho-Jung (Jo Jung-Hyun)
Choi Duk-Moon (Lee Do-Hyung)
Kim Hyung-Mook (Park Ki-Tae)
Lee Seung-Woo (Choi Yo-Sub)
Nam Myung-Ryul (Lim Tae-Moon)
Kang Kyung-Hun (Yoon Mi-Sun)

Kesan Episode 1 dan 2 Doctor Lawyer

Drama Doctor Lawyer dibuka sama adegan demonstrasi masyarakat terhadap kasus malapraktik yang kerap terjadi dalam dunia medis. Kalau kamu bosan dengan adegan ini, jangan buru-buru ditinggal ya, karena ini hanya pemanas konteks saja. Berikutnya setting akan berganti pada sebuah ruangan sidang di mana seorang dokter duduk di kursi pesakitan bersiap mendengarkan hukuman yang akan dijatuhkan hakim.

Doctor Lawyer

Dalam tempo yang cepat dan gesit, suasana berubah jadi hiruk pikuk karena ada yang kolaps di ruang sidang. Kemudian datanglah protagonis cool kita dengan kacamatanya yang bikin deugeun deugeun. Kedatangan Yihan ke dalam ruang sidang bukanlah hal yang diharapkan, sehingga ngapain dia di situ?

Cerita pun bergulir mundur 5 tahun ke belakang ….

Kembali pada masa-masa keemasan Yihan menjadi dokter bedah kardiotoraks yang sangat andal di RS Banseok. Hampir semua operasi bisa dia selesaikan dengan ketepatan dan ketenangan skill dewa.

Sepintas, melihat Yihan dengan sarung tangan latex memasuki ruangan operasi mengingatkan saya pada dr. Cha Young Min di Ghost Doctor yang juga jenius dan skillfull. Bahkan Yihan disebut-sebut sebagai dokter hantu pada beberapa kasus operasi yang melibatkan putra direktur rumah sakit. Yaa, walaupun maksudnya bukan hantu beneran, sih. Bedanya, Yihan lebih kalem dibandingkan Young Min yang berapi-api.

Review Doctor Lawyer

Pada episode pertama, kita langsung bisa melihat konflik apa yang dihadapi Yihan hingga episode-episode ke depan. Termasuk sudah bisa menebak siapa saja yang ditengarai menjadi pihak-pihak yang terlibat dalam penjatuhan nama baiknya di dunia medis. Bahkan di akhir penayangan, ketegangan sudah dimunculkan dimana kita bisa merasakan konflik batin sang protagonis.

Sementara di episode 2 sebagian besar masih akan berfokus pada proses peradilan Yihan dan alasan pembalasan dendamnya. Aduduuu, saya enggak tega melihat Ji Sub oppa kena bulan-bulanan rekan profesinya. Syukurlah adegan penderitaan di penjara hanya sekali aja diperlihatkan, nggak kuat kalau lama-lama 🙁

Sampai 15 menit menjelang ending episode 2, alur kembali ke 5 tahun kemudian di adegan awal. Jadi semua latar belakang cerita dikemas padat di 2 episode ini dengan sangat jelas, kecuali pasien VIP yang jadi batu sandungan Yihan kena kasus. Saya tebak sih, ini si ….. ya itulah, hehe.

Daya Tarik Doctor Lawyer

Apa yang menarik dari drama ini hingga saya rekomendasikan untuk lanjut menonton? Tentu saja karena So Ji Sub oppa… lagi-lagi oppa yang kehadirannya sudah ditunggu-tunggu selama 4 tahun.

Selain itu, alurnya juga cukup menantang untuk menaik-turunkan emosi penonton, tenang-tegang-tenang-tegang lagi. Meninggalkan siksaan penasaran pada penonton di tiap akhir episode.

Kombinasi keren dari dua genre yang disukai penggemar juga tentunya bakal membuat drama ini terasa berat dan kompleks. Jelas bukan tipikal drama receh nan manis, sebaliknya bikin kita berpikir keras. Tapi karena ini musim liburan, enggak apa-apalah nonton yang berat begini tengah malam.

Gemas juga sama rekan-rekan rumah sakit Banseok, hingga ingin tahu apa alasan mereka bisa mengkhianati dokter yang dulunya mereka banggakan.

Salut juga sama penata musik yang memilih Rachmaninoff: Piano Concerto no.2 sebagai backsound yang pas banget melatarbelakangi cerita pilu dokter Han Yihan. Membangun suasana dan emosional makin tegang di beberapa bagian, pinter banget.

Rencananya, Doctor Lawyer akan tayang sebanyak 16 episode mulai 3 Juni kemarin. Kalau chingudeul penasaran juga seperti saya, yuk nonton Doctor Lawyer setiap Jumat-Sabtu jam 21.50 KST di Disney Hotstar. Malem banget emang ya, hihi, tapi nggak apa-apa, demi oppa kutunggu sampai ngantuk.

Selamat nontoonn!!

2 pemikiran pada “Kembalinya So Ji Sub dalam Doctor Lawyer”

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: