Miracle-Letters-to-the-President

K-Movie Miracle: Letters to the President (2021)

Profile Film

  • Judul: Miracle: Letters to the President
  • Hangul : 기적(Gijeok)
  • Sutradara:  Lee Jang Hoon
  • Penulis:  Lee Jang Hoon, Son Joo-Yeon
  • Produser: Yook Kyung Sam
  • Sinematografer: Kim Tae Soo
  • Perusahaan Produksi : Blossom Pictures
  • Distributor: Lotte Entertainment
  • Genre: Drama
  • Durasi: 117 Menit
  • Tanggal Rilis:  15 September, 2021

Pemeran:

  • Park Jung Min sebagai Jung Joon Kyeong
  • Im Yoon A sebagai Song Ra Hee
  • Lee Sung Min sebagai Tae Yoon
  • Lee Soo Kyung sebagai Jung Bo Kyung
Poster Miracle: Letters to the President

Sinopsis Miracle: Letters to the President

Miracle: Letters to the President merupakan film berlatar belakang tahun 1980-an yang terjadi di sebuah desa Buncheon-ri, Socheon-myeon di Provinsi Gyeongsang Utara. Desa kecil ini memiliki rel kereta api yang melewatinya, tetapi tidak dengan stasiun kereta.

Penduduk desa harus berjalan di atas rel kereta api untuk mencapai tujuan ke tempat lain. Mengingat jadwal kereta api yang tidak dapat diprediksi, warga desa harus berhati-hati setiap melewati rel kereta tersebut.

Jung Joon Kyeong yang dari kecil hidup di desa tersebut bersama kakak dan ayahnya, bermimpi ingin membangun stasiun kereta untuk kebaikan bersama warga di desanya. Joon Kyeong  berusaha mengirim surat ke Blue House dan berharap pesannya bisa sampai kepada presiden untuk meminta agar dibuatkan stasion kereta api di desanya. 

Bersama dengan teman sekolahnya Re Hae dan dukungan dari Lee Soo Kyung kakak perempuannya, Joon Kyeong mencoba segala cara agar impiannya bisa tercapai.

Terinspirasi dari Kisah Nyata

Miracle: Letters to the President adalah film yang terinspirasi dari kisah kehidupan nyata di balik pembangunan stasiun Yangwon di Provinsi Gyeongsang Utara. Satu-satunya stasiun kereta api yang dibangun secara pribadi di Korea Selatan yang dibuka pada tahun 1988 dan tetap buka hingga tahun 2012 ketika transportasi ke daerah tersebut membaik.

Memiliki latar terinspirasi dari kisah nyata membuat film ini akan menambah kesan emosional bagi penonton.

Baca juga kisah yang terinspirasi dari kejadian nyata di tahun 1980-an di Korea :

Akting dan Chemistry Para Pemain

Para pemain Miracle: Letters to the President melakukan pekerjaan dengan luar biasa. Mereka berlatih keras agar dapat membawakan aksen Provinsi Gyeongsang Utara untuk film tersebut. 

Pemain utama dari Miracle: Letters to the President
Pemain utama dari Miracle: Letters to the President

Dalam wawancaranya, Park Jung Min mengatakan bahwa memerankan seorang anak sekolah bukan hal mudah baginya yang berusia 34 tahun, tetapi ia perlahan-lahan tenggelam dalam karakter itu seiring berjalannya film. Dia melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam menggambarkan emosi kompleks seorang Joon Kyeong, seperti rasa bersalah dan kesedihan dibalik penampilan polos dan kejeniusannya yang dapat mencuri hati penonton.

Im Yoona yang memerankan Ra Hee juga berhasil menampilkan sifat yang unik, ia sangat percaya dalam mengejar mimpi serta jujur akan perasaanya, membuat chemistry-nya dengan Jung min terlihat begitu baik. Walaupun plot utama film ini bukan tentang love story mereka berdua, tetapi dari kisah keduanya, mereka berhasil menampilkan kisah cinta yang polos serta saling mendukung satu sama lain, dan itu berhasil di bawakan oleh Park Jung Min dan Yoona. 

Ayah Joon Kyeong diperankan oleh Lee Sung-min, adalah seorang insinyur kereta api. Joon Kyeong dan ayahnya tidak biasa menghabiskan banyak waktu bersama. Walaupun terlihat seperti tidak peduli tetapi ayah Joon Kyung memiliki hati yang lembut. Kalian akan mendapati dialog yang emosional dari keduanya.

Sementara adik Joon Kyeong yaitu Jung Bo Kyeong diperankan oleh Lee Soo Kyung, mengambil peran yang emosional dan membuat penonton terbawa perasaan akan hatinya yang murni. Bo Kyeong adalah alasan Joon Kyeong bisa bertahan serta berjuang hingga akhir.

Perjuangan Tak Kenal Lelah Dalam Mewujudkan Mimpi

Joon Kyeong adalah seorang anak polos dan jenius matematika. Sejak kecil ia yang bermimpi ingin membangun stasiun kereta api di desanya. Demi untuk sampai ke sekolah dan pergi ke tempat lain Joon Kyeong dan warga desa setiap hari melewati rel kereta api dan berjam-jam baru sampai ke tujuan. 

Untuk itu, Joon Kyeong berusaha mengirimkan surat yang ditujukan kepada presiden agar dibangun stasiun di desanya.  Waktupun berlalu, tetapi masih belum ada balasan dari Presiden. Namun, ia masih mengirim surat kepada Presiden sepulang sekolah.

Sumber: Hancinema

Pada suatu saat, Song Ra Hee (Im Yoon A) teman sekelas Joon Kyeong mengetahui tentang surat tersebut. Dengan bantuan Ra Hee, Joon Kyeong belajar bagaimana cara menulis surat dengan ejaan yang benar, karena selama ini dia menulisanya dengan menggunakan bahasa dialek (satoori).  Selain itu, Joon Kyeong juga mengikuti kompetisi dalam acara kuis beasiswa terkenal, hanya dengan tujuan agar dapat bertemu dengan Presiden yang akan hadir dalam acara kompetisi tersebut.

Source: hancinema

Usaha Joon Kyeong tak sampai disitu saja. Seiring jalannya alur cerita, kalian akan memahami dengan kisah perjuangan Joon Kyeong, dan alasan besar dari mimpinya tersebut. Seorang anak yang seharusnya tumbuh dan belajar dan mewujudkan cita-citanya sendiri tetapi harus berjuang tentang hal lain yang lebih dari itu.

Memiliki Storyline Yang Hangat dengan Plot Yang Emosional

Meskipun judulnya memiliki tema serius, tetapi kalian akan menemukan unsur komedi di dalam ceritanya, terutama hubungan Joon Kyeong dan Ra Hee yang sederhana dan manis akan membuat kalian tersenyum dengan sikap keduanya yang saling mendukung satu sama lain.

Source: hancinema

Film ini tidak memiliki pemeran antagonis ataupun konflik yang kompleks, tetapi kalian akan menemukan plot twist yang akan membuat kalian terhanyut oleh jalan cerita. Dari film ini kita akan memahami bahwa pentingnya empati dan dukungan serta peran orang lain di hidup kita. 

Berawal sebagai stasiun sederhana, tetapi pada akhirnya ini adalah cerita tentang keajaiban dari mimpi.

Last But Not Least

Miracle: Letters to President cocok ditonton untuk yang menyukai  film yang memiliki alur cerita yang manis diselingi humor dan juga penuh emosional. Di menit awal Kamu akan menemukan bahwa film ini seperti film Korea yang biasa. Namun setelah itu, perkembangan cerita akan membuat Kamu merasa bahwa film yang berhasil masuk Box Office Korea ini adalah salah satu film yang harus ditonton.   

Film Miracle: Letters to the President sudah bisa ditonton ataupun di download di aplikasi Viu.

“We will witness a Miracle”

Miracle: Letters to the President

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.


Eksplorasi konten lain dari Drakor Class – Drakor & Literasi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park