Business Proposal Drakor VS Webtoon, Kamu Pilih yang Mana?

Drama Business Proposal lagi naik daun ya, mak? Penampilan Ahn Hyeon Sop yang rada kaku emang jadi terasa manis. Apalagi, belakangan ini tema drama korea berkisar tragedi dan zombie melulu. Pastinya, konsep romantis komedi gini bisa jadi penyejuk mata dari pikiran yang lelah. 

Drama Business Proposal diangkat dari Webtoon dengan judul yang sama. Yah, kisah cinta kantoran gini pasti ngebuat kita ingat sama drama lawas What’s Wrong with Secretary Kim, yang konsepnya emang serupa yakni tentang bos yang jadian sama anak buahnya sendiri. 

Baca juga: Park Min Young yang Workaholic dalam Drama Korea

Akan tetapi, apakah versi drakornya lebih bagus dari versi webtoonnya? Saya rasa jawabannya bisa berbeda tergantung dari yang menjawab. 

Sekilas Tentang Drakor Business Proposal

business proposal

Drama korea ini menceritakan tentang seorang karyawan dari perusahaan makanan beku bernama Shin Ha Ri. Karena dibayar, ia bersedia menggantikan kencan buta temannya. Namun, sialnya adalah ternyata partner dari kencan buta tersebut adalah bos di kantornya sendiri bernama Kang Tae Moo.

Karena terlanjur kepalang basah, Shin Ha Ri tetap melakukan strategi utamanya yakni dengan bertingkah freak agar si partner kencan buta ini ilfeel dan menolak perjodohan. Akan tetapi, hasilnya justru sebaliknya. Kang Tae Moo sepertinya malah terlanjur jatuh hati pada Shin Ha Ri karena perilaku gilanya.

Bahkan, ketika yahu bahwa kencan buta ini sudah disabotase, Kang Tae Moo tetap ingin berpacaran dengan Shin Ha Ri. Dari sinilah petualangan cintanya dimulai.

Business Proposal versi Drakor dan Versi Webtoon

business proposal

Secara konsep, drama Business Proposal versi drakor sama versi webtoonnya udah mirip bangetlah. Akan tetapi, memang ada beberapa detail yang berbeda misalnya aja jenis perusahaan Kang Tae Moo di drakor yang memang menjurus ke arah makanan. Sedangkan di webtoon emang gak gitu dijelaskan. 

Kemudian, profesi Shin Ha Ri di drakor juga dibuat detail yakni sebagai peneliti produk makanan. Kalau di webtoonnya juga hanya digambarkan sebagai karyawan biasa aja. 

Beberapa detail percakapan versi webtoon juga terkesan lebih seru. Misalnya, di adegan Shin Ha Ri kencan buta dengan Kang Tae Mo, versi drama korea menyebutkan bahwa ia membanggakan Rachel dan Samantha. Kalian paham jokes fenomenal ini, kan?

Sedangkan versi webtoon, Shin Hari mengaku bahwa ia menyukai sesama jenis bahkan pernah three*ome. Yahh, ini emang Shin Ha Ri lakukan agar Kang Tae Moo segera hilang rasa, jadi maklum aja ya caranya mungkin rada ekstrem.

Kesan Pesan Tentang Drakor A Business Proposal

business proposal

Untuk saya sih, Business Proposal versi drakor dan versi webtoon sama bagusnya. Di webtoon, jokesnya lebih berasa kalau versi drakor cinta dan karakter Ha Ri si pekerja keras yang lebih berasa.  

Di drakor, Kang Tae Moo emang marah saat tahu ia dikibulin sama karyawannya sendiri. Akan tetapi, amarahnya cepat hilang karena karakter Shin Ha Ri yang emang pekerja keras di cerita ini. Kesan ini yang tidak ada di webtoon yang menurut saya cukup jadi alasan yang bagus kenapa bisa besar seperti Kang Tae Moo bisa suka sama perempuan ‘biasa’ seperti Shin Ha Ri.

Kisah Cinta Karakter Sampingan

business proposal

Kalau menurut saya sendiri, cinta dari karakter sampingannya si sekertaris dan Jin Yeong Seo emang udah plek ketiplek sama persis dengan webtoonnya. Dua versinya sama-sama bagus. 

Saya rada heran aja kok bisa ya versi manusia dari karakter sekretaris dan Jin Yeong So bisa sama banget, wkwk. Jago emang sih tim castingnya. Salut.

Intinya adalah saya cukup suka sama versi drama korea dari A Business Proposal. Detail tambahannya di dalam dramanya membuat semua keajaiban jadi lumayan masuk akal. Selamat menikmati cinta-cintaan di hari Senin. 

2 pemikiran pada “Business Proposal Drakor VS Webtoon, Kamu Pilih yang Mana?”

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: