Prediksi Start Up Eps 13 : 3 Tahun Kemudian…

prediksi start up episode 13

Drama Korea memang selalu mengejutkan, kadang dirasa sudah bisa menebak tahu-tahu ketemu plot twist yang bikin pemirsa kecelé. Begitulah serunya nonton drakor, jebakannya antara twisted ending atau dihantui spoiler-spoiler bocor di luar sana.

Tapi kalau bikin prediksi boleh-boleh aja, dong.

Seperti drama Start Up yang pekan depan menuju finalnya, teman sekelas Drakor Class nggak mau ketinggalan buat bikin prediksi dari potongan preview untuk episode 13 mendatang. Chingu-deul boleh dengar dulu podcast kita nih, buat ikutan mesem-mesem membahas perkiraan yang bakal terjadi di episode 13 ke depan bareng teman sekelas Rhin, VIP AhIn_JiSung dan saya sendiri tentunya, Re Ra.

Dengarkan podcast prediksi startup dari Drakor Class

Ending Episode 12

Episode ini mengandung bawang, di mana akibat kesalahan membaca kontrak, Samsan Tech harus bubar yang membuat CEO Seo Dal Mi, dan Jung Sa Ha sang desainer kena pecat akuisitor. Sementara itu, ketiga engineer akan dipekerjakan di Silicon Valley tempat kantor 2STO pusat berada.

Dal Mi juga akhirnya memutuskan Do San di hari ulang tahunnya dengan alasan yang sedikit mengada-ada, supaya Do San tidak berat meninggalkannya dan mau pergi ke Amerika. Do San terpukul, ia terbang dengan menggenggam mimpi mereka, salah satunya membuat program rekognisi tambahan untuk NoonGil.

Episode ini diakhiri oleh adegan Dal Mi melakukan sesi wawancara pekerjaan di In Jae Company, sebagai tim strategis perusahaan.

Preview Episode 13

Preview episode 13 (sumber youtube tvN)

Tiga tahun berlalu sejak kepergian Trio San ke California, kita bisa lihat bahwa penampilan para pemain berubah, lebih tajam dan stand out. Dal Mi yang meninggalkan poninya, Do San yang tidak chubby lagi, dan Pak Han yang mengubah posisi belahan rambutnya. Rupanya, pamer jidat adalah tren penanda kedewasaan #lho.

Dari preview TvN yang pintar memotong adegan-adegan menjadi spekulasi panas di kalangan penonton, beberapa hal sepertinya memang benar terjadi, seperti Dal Mi yang kemudian sukses sejak bergabung dengan perusahaan kakaknya, juga Do San yang terlihat sudah membawa mobil saat kepulangannya ke Korea.

Nasib Samsan Tech

nam do san
Nam Joo-hyuk sebagai Nam do-san (sumber: Soop)

Yang akan seru di episode 13 adalah bagaimana menentukan nasib Samsan Tech yang pernah mereka perjuangkan? Apakah kepulangan para engineer ke Korea akan membuat Samsan Tech bediri kembali dengan nama baru, dan merekrut CEO baru, atau justru mereka akhirnya merger dengan In Jae Company?

Apapun pilihan di atas, sangat memungkinkan mereka akan bertemu kembali dalam satu lingkungan. Entah itu masih di Sandbox atau di area kantor yang baru. Ya tentu saja, drama babak menjelang akhir pun akan dimulai … entah soal kerjaan atau prahara cinta segitiga semakin sengit.

Dalam teaser juga terlihat adegan Dal Mi yang sedang ujicoba mengendarai mobil. Melihat mobilnya yang diberi tulisan “TARZAN”, sepertinya mimpi Samsan Tech membuat teknologi self-driving car akhirnya terwujud, tapi entah oleh perusahaan siapa.

Lalu bagaimana nasib NoonGil? Sebelumnya kita sudah tahu bahwa di dalam pesawat, Do San berhasil mengembangkan teknologi NoonGil dalam merekognisi jenis obat-obatan. Tadinya, sebelum Samsan Tech dibubarkan, NoonGil direncanakan untuk memperluas pasar dengan menggaet pengguna yang lebih umum sehingga aplikasinya bisa membuahkan profit.

Sampai saat ini kita tidak tahu apa yang dibicarakan Alex, Pak Han, dan Do San saat membahas NoonGil di kantor 2STO. Walaupun Alex sempat menyangsikannya karena tidak mendatangkan keuntungan, saya rasa aplikasi ini akan tetap dilanjutkan sebagai hasil lobi-lobi kedua pria yang sayang halmeoni (dan cucunya).

Nasib Cinta Segitiga

Masih akan ada tiga episode terakhir yang jadi penentu, di episode 13 ini sepertinya masih belum terlalu jelas Dal Mi melabuhkan hatinya pada siapa. Meskipun #TimJiPyeong dan #TimDoSan sama kuatnya, episode ini sangat membuka kemungkinan Dal Mi condong ke arah Pak Han mengingat Do San tidak hadir secara fisik di dekat Dal Mi. Terlebih lagi, mereka sudah mendeklarasikan putus, semakin tak ada alasan untuk mereka intens berkomunikasi selama jarak jauh.

Meskipun begitu, terlihat bahwa Dal Mi sering stalking vlog yang diunggah Chul San, yang kerap kali menampilkan Do San dalam video-videonya. Kira-kira Dal Mi nyesel karena mutusin atau feel guilty karena ada yang baru ya?

Saya yakin penonton paling gereget dengan potongan tayangan Ji Pyeong main kartu bersama keluarga Dal Mi, di mana kemudian Dal Mi memasangkan selimut ke tubuh Pak Han yang sepertinya ketiduran di kursi rumah nenek.

Petikan kata-kata pak Han, “3 tahun adalah waktu yang cukup lama untuk mengubah suatu hubungan…” akan menambah kegemasan pemirsa terhadap pasangan sahabat pena ini. Akankah ada kapal baru yang berlayar sesuai keinginan penonton?

scene dari startup
Dok. Pribadi

Yap, setelah sekian lama diam saja dan mengalah harusnya saat ini Pak Han punya kesempatan besar untuk gencar pedekate sama Dal Mi, melakukan apa yang selama ini dia tidak bisa lakukan karena lebih mendahulukan logika daripada perasaannya.

Hmm, apakah ada harapan buat second lead kesayangan umat ini merebut hati Dal Mi? Setidaknya, penonton menantikan ada sedikit adegan manis antara Dal Mi dan Pak Han, meskipun biasanya endingnya nggak akan meleset.

Lalu, kita lihat ada capture seseorang memegang kotak cincin. Mari menebak-nebak, tangan siapakah itu? Mengingat usia Pak Han saat itu 38 tahun dan sudah jadi direktur, mungkin saja baginya ini waktu yang tepat untuk melamar Dal Mi. Tapi jangan lupa, bahwa Do San pun kini sudah sukses dan lebih pede sehingga berani saja melamar Dal Mi.

Nasib Para Pendukung

chul san dan sa ha
Sumber: Pinterest

Walaupun cerita-cerita sampingan ini nampak sepele, nyatanya membuat drama Start Up lebih seru dan berwarna. Hubungan antara Chul San dengan Sa Ha sepertinya menunjukkan kemajuan. Video angka pi yang ditinggalkan Chul San mungkin saja banyak membantu Sa Ha dalam mengatasi insomnianya dan membuat mereka jadi lebih dekat. Ice vanilla latte bisa saja jadi minuman yang bikin mereka saling mengingat satu sama lain.

Kemudian Kim Yong San yang semula dikhawatirkan ingin balas dendam dengan cara tak baik, nyatanya juga malah jadi driving dia buat memajukan Samsan Tech. Mungkin setelah mereka bertiga sukses, dia akan merasa puas sudah membalikkan omongan pedas Pak Han terhadap dirinya. Meski penonton dibuat agak kesal, faktanya teman-temannya tidak ada yang menyalahkannya.

Lalu, bagaimana dengan Won In Jae? Ada hembusan rumor di kalangan netizen bagaimana kalau In Jae endingnya sama Pak Han? Wah, saya tidak berani berspekulasi, karena menjelang empat episode terakhir, nggak kelihatan celahnya di mana mereka akan terkoneksi dengan lebih intens. Tapi saya optimis pada satu hal, dalam episode-episode ke depan, In Jae bakalan bersikap lebih nice dan ramah, atau siapa yang tahu dia bakal jadi CEO barunya Samsan Tech?

Apakah chingu-deul jeli? Ada satu scene kunci yang menunjukkan sistem teknologi perusahaan In Jae-Dal Mi diretas. Kira-kira siapa yang retas? Akankah itu jadi pembuka pintu para engineer Samsan kembali bergabung dengan mereka lagi?

Writer-nim memang suka bercanda. Kita sama-sama tunggu penayangannya nanti malam yaa …

Re Ra

Blogger. Drakorians since 2018. Menulis review dan knowledge Korean drama-based. Meet me at www.dailyrella.com. Tidak fanatik aktor, genre, rating, lawas, atau baru.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: