tale of the nine tailed 1938 poster

Spoiler Ending ‘Tale of the Nine-Tailed 1938’

Annyeong Chingudeul!

Untuk yang penasaran dengan ending kdrama Tale of the Nine Tailed 1938, apakah Lee Yeon berhasil kembali ke masa depan? Bagaimana nasib Lee Rang dan putri duyung Yeo Hee? Yuklah didengarkan dulu podcastnya sambil baca tulisannya sampai habis karena kami sudah menspoiler habis-habisan cerita dari awal sampai ending tentang season ke-2 Tale of the Nine Tailed 1938 ini.

Dengarkan dulu podcastnya sambil baca tulisannya ya.

Podcast Drakor Class dan tulisan kali ini buat kamu yang masih ragu-ragu untuk menonton Tale of the Nine Tailed 1938 alias Tale of Gumiho season ke-2. Seperti saya pernah tuliskan juga sebelumnya, drama ini bisa dinikmati walau tidak menonton season pertamanya, karena semuanya akan direview di awal season.

Profil Drama Tale of the Nine Tailed 1938

  • Drama: Tale of the Nine Tailed 1938
  • Sutradara: Kang Shin-Hyo
  • Penulis Han Woo-Ri
  • Network: tvN, TVING
  • Jumlah episode 12
  • Release Date: May 6 – June 11, 2023
  • Tonton di: Prime Video 
  • Pemain : Lee dong wook sebagai Lee Yeon, Kim Bum sebagai Lee Rang, Kim So Yeon sebagai Ryu Hong-joo dan Ryoo Kyung-soo sebagai Cheon Mu-Young

Yang berbeda di Tale of the Nine Tailed 1938

@drakorclass #podcast #drakorclass #ending #review #kdrama #taleoftheninetailed1938 #leedongwook #kimbum #kimsooyeon #primevideo #season2 #2023 #drakorrekomendasi ♬ Weekend – Ashley Mehta

Kalau Tale of the Nine Tailed season pertama di tahun 2020 cerita utamanya ada pada romansa Lee Yeon dan usahanya untuk tetap bersama Ji-Ah, maka di season ke-2 ini dikisahkan Lee Yeon yang sudah hidup bahagia bersama Ji-Ah di tahun 2023 tetapi masih tetap saja merasakan hampa kehilangan adiknya Lee Rang dan kembali ke 1938 karena mengejar seorang pencuri batu perisai.

Hal pertama yang dia syukuri ketika terdampar di tahun 1938 adalah bertemu kembali dengan adiknya Lee Rang. Dia bahkan sampai terlambat untuk kembali ke masa depan karena harus menyelamatkan nyawa adiknya Lee Rang. Dari yang awalnya dia hanya akan pergi sehari saja, akhirnya dia harus menunggu kesempatan berikutnya untuk bisa kembali, yaitu sekitar sebulan.

Kesempatan yang tentu saja tidak dia sia-siakan untuk menikmati kebersamaan dengan Lee Rang, yang tentunya jadi merasa aneh dengan kakaknya yang tiba-tiba jadi baik. Hubungan Gumiho bersaudara di masa itu memang masih tidak baik. Akan tetapi lambat laun Lee Rang mulai menyadari kalau Lee Yeon yang dia temui ini bukanlah Lee Yeon yang ada di masanya. Ada banyak scene dan dialog lucu yang bisa dinikmati melihat Lee Yeon yang terdampar di tahun 1938, diantaranya saat mereka harus mengasuh bayi ajaib.

Kapan lagi liat Lee Dong Wook dan Kim Bum ngasuh bayi kan (tvn)

Masa lalu Yeon Sebagai Dewa Gunung

Dalam usahanya untuk kembali ke masa depan, Lee Yeon bertemu kembali dengan sahabat masa kecilnya Ryu Hong-Joo. Penggambaran kilas balik tentang 3 anak kecil yang dibesarkan untuk menjadi dewa gunung juga ditunjukkan dalam beberapa adegan kilas balik. Ryu Hong-Joo dikisahkan sangat menyukai Lee Yeon, tetapi tentu saja Lee Yeon hanya menyukai Ahreum semata yang sudah bereinkarnasi menjadi Ji-A.

Selain Lee Yeon dan Ryu Hong-Joo, salah satu yang juga menjadi dewa gunung adalah Cheon Mu-Young. Mereka bertiga pernah berjanji untuk saling melindungi satu sama lain. Tetapi Cheon Mu-Young merasa dendam kepada Lee Yeon yang membunuh abangnya, karena itu Cheon Mu-Young digambarkan diawal berusaha untuk membalaskan rasa sakit kehilangan saudara dengan melukai Lee Rang.

Berbagai hal yang terjadi sebenarnya sebagian karena rencana Mu Young untuk mendapatkan batu perisai kembali yang telah direbut oleh Lee Yeon. Tetapi pada akhirnya mereka bertiga mendapatkan musuh yang membuat mereka perlu bekerjasama. Ya, mereka bertiga harus melawan berbagai mahluk astral lainnya yang didatangkan oleh pasukan Jepang yang saat itu menjajah Korea.

Aksi Fantasi, Bromance, Romance dan Friendship

Pemain utama di Gumiho 1938 (tvn)
Pemain utama di Gumiho 1938 (tvn)

Cerita di tahun 1938 penuh dengan aksi dan fantasi. Selain itu juga penulis cerita seperti memanjakan penonton yang kecewa di season pertama karena tidak memberi akhir bahagia untuk Lee Rang. Dalam 12 episode di season ke-2 ini, selain penonton mendapatkan cerita fantasi penuh aksi, pastinya sungguh terhibur dengan kelakuan gumiho bersaudara yang bromancenya masih tetap berasa kental.

Lee rang juga mendapatkan porsi romance yang walau tipis tapi tetap manis. Kalau kata salah satu classmate sih, untungnya tidak ada kisah Lee Yeon dan Ji-ah lagi nih di season ke-2.

Selain Bromance dan romance, season ke-2 ini juga dilengkapi dengan kisah persahabatan antara 3 dewa gunung yang walaupun pada awalnya terpecah belah dan salah paham, tetapi sampai akhirnya mereka bisa menepati janjinya masing-masing untuk tetap saling melindungi satu sama lain.

Spoiler Ending Tale of the Nine Tailed 1938

Sebenarnya dari tadi sudah ada banyak spoiler ya, hahaha. Tetapi tentunya kalau belum selesai menonton akan ada 3 pertanyaan utama tentang ending drama Tale of the Nine Tailed 1938 ini. Yuk mari dispoiler habis-habisan.

Lee Rang dan Putri Duyung

Lee Rang yang sering merasa tidak akur dengan Lee Yeon terutama karena Lee Rang ini setengah rubah dan setengah manusia. Dia berusaha menghindari Lee Yeon yang tiba-tiba seperti sok akrab dengannya dengan pergi minum ke bar. Di sana dia bertemu dengan Jang Yeo-Hee yang menjadi penyanyi dengan menampilkan kalau dia adalah putri duyung!

Yeo Hee dan Lee rang (tvn)
Yeo Hee dan Lee Rang (tvn)

Awalnya sih Lee rang tidak tertarik dengan Yeo-Hee, tetapi Yeo-Hee yang tertarik sejak melihat Lee Rang datang ke butik tempat dia bekerja tidak menyerah dan mengejarnya. Belakangan Lee Yeon mengetahui kalau Yeo-hee ini juga setengah manusia setengah putri duyung. Yang membuat Lee Yeon tertarik ketika mengetahui kalau Yeo-Hee punya kemampuan menjerit yang mampu memecahkan kaca-kaca.

Hubungan Lee Rang dan Yeo-Hee ini bisa dibilang tidak mulus, tetapi ya mereka berhasil saling menyelamatkan. Walaupun hampir 2 kali tuh Yeo-Hee sepertinya tidak akan selamat, apalagi ketika Yeo-Hee sudah digigit mahluk sejenis zombi. Oh ya, tidak berhenti di sini saja, Yeo-Hee juga sempat diculik oleh Yuki, salah satu grup pembunuh bayaran dari Jepang. Tujuannya ya untuk memecah belah kekuatan kelompok Yeon.

Yeo Hee dan Lee rang (tvn)
Yeo Hee dan Lee rang (tvn)

Tetapi tenang saja, pada akhirnya Lee Rang berhasil menyelamatkan Yeo-Hee, bahkan Lee Rang yang selama ini matanya hanya satu yang berubah warna karena dia merasa bukan rubah yang seutuhnya, akhirnya bisa mendapatkan kekuatan penuh dari kekuatan rubah demi menyelamatkan Yeo Hee.

Pertarungan Dewa Gunung

Musuh utama dari season ini adalah penjajah Jepang yang ternyata dipimpin oleh seorang dewa gunung Jepang. Tenang saja, ini bukan cerita perang, jadi ya walaupun ceritanya seperti peperangan tetapi tentu saja ini hanya fantasi.

Ketika mengetahui kalau Yeon mempunyai benda sakti seperti batu perisai dan penggaris emas, dewa gunung Jepang pun mengincar benda tersebut dan berusaha merebutnya dari Yeon. Tentunya Yeon tidak menyerah begitu saja.

Di episode akhir, kita bisa melihat bagaimana pertarungan yang keren antara dewa gunung Korea dan dewa gunung Jepang. Walaupun diceritakan ada 3 dewa gunung Korea, tetapi karena kekuatan dipecah-pecah tentu saja mereka tidak bisa langsung menyerang berbarengan. Tetapi di akhir semua muncul termasuk Lee Yeon versi 1938.

3 dewa gunung bersatu kembali di 1938 (tvn)
3 dewa gunung bersatu kembali di 1938 (tvn)

Yeon Kembali ke Jiah

Tentu saja pada akhirnya Lee Yeon kembali selamat ke tahun 2023 dan bertemu dengan cintanya Ji-ah. Nah bagian ini menarik, karena kabarnya aktris Jo Bo-ah bersedia tampil tanpa bayaran sebagai cameo di akhir season ke-2 ini.

Harapan Season 3

Udah ending kok malah berharap season berikutnya? Ya karena di season ke-2, ditunjukkan kalau Cheon Mu Young yang berpikir membangkitkan kakaknya ternyata malah membangkitkan dewa gunung asli yang memakai wujud kakak Mu Young. Berikutnya dewa gunung asli tersebut berhasil mencuri mata Taluipa yang bisa melihat jauh. Tentu saja ini membuat penonton berharap ada lanjutan kisah Lee Yeon di tahun 1938 yang mungkin saja kali ini ceritanya bukan tentang Lee Yeon dari tahun 2023, tetapi benar-benar Lee Yeon dari tahun 1938 bersama Hyong Joo dan Mu Young untuk mengembalikan mata Taluipa yang membesarkan mereka bertiga menjadi dewa gunung.

Tetapi tentu saja penonton hanya bisa berharap. Kita nantikan saja kabar baiknya selanjutnya. Kalau season berikutnya masih menyajikan fantasi aksi yang keren dan menghibur seperti di season ke-2 ini, tentu saja saya yang biasanya enggan dengan tontonan banyak season bisa berubah pikiran dan ikut menantikannya. Bagaimana dengan chingu sekalian?


Comments

Satu tanggapan untuk “Spoiler Ending ‘Tale of the Nine-Tailed 1938’”

  1. […] endingnya dibikin menggantung supaya ada lanjutannya, saya sedikit berubah pikiran ketika menonton Tale of the Nine Tailed Season ke-2 dan Dr. Romantic Season ke-3. Nah, kalau saya yang tidak menantikan saja bisa terhibur dengan […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.


Eksplorasi konten lain dari Drakor Class – Drakor & Literasi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park