Review Where Stars Land

Lee Je Hoon Jadi Manusia Setengah Robot: Sinopsis dan Review Drama Where Stars Land (2018)

Annyeonghaseyo!

Beberapa waktu yang lalu, saya baru saja menyelesaikan drama Korea Taxi Driver season pertama. Lalu, rekomendasi Netflix membawa saya pada drama Lee Je Hoon yang lain, Where Stars Land. Akhirnya, jadi tertarik juga untuk nonton!

Baca juga: Review Taxi Driver

Berbeda dengan drama-drama yang biasa dibintangi Lee Je Hoon, drama ini mengusung genre romantic comedy dengan kehidupan para pekerja di Bandara Internasional Incheon. Selain itu, drama ini juga mengisahkan perjuangan hidup Lee Je Hoon sebagai Lee Soo Yeon yang memiliki keterbatasan fisik.

Profil Drama Korea Where Stars Land

Profil Drama Korea Where Stars Land

Judul: Where Stars Land / Fox Bride Star

Hangul: ์—ฌ์šฐ๊ฐ์‹œ๋ณ„

Sutradara: Shin Woo Cheol

Penulis naskah: Kang Eun Kyung

Jumlah episode (32 @ 30 menit per episode)

Jaringan siaran: SBS, Netflix

Pemain:

Lee Je Hoon sebagai Lee Soo Yeon

Chae Soo Bin sebagai Han Yeo Reum

Ro Woon sebagai Ko Eun Sub

Lee Dong Gun sebagai Seo In Woo

Kim Kyung Nam sebagai Oh Dae Ki

Lee Soo Kyung sebagai Na Young Joo

Kim Ji Soo sebagai Yang Seo Koon

Lee Sung Wook sebagai Choi Mu Ja

Sinopsis Where Stars Land

Han Yeo Reum (Chae Soo Bin) adalah seorang wanita pekerja keras yang ingin sekali diapresiasi karena pekerjaannya di kantor. Yeo Reum diterima bekerja di Bandara Internasional Incheon setelah 3 kali melakukan interview.

Sayangnya, ia cenderung ceroboh dan sering kali kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaannya dengan baik. Ia pun dicap sebagai pembawa masalah dan akhirnya dipindahkan ke Divisi Pelayanan Penumpang setelah setahun bekerja.

Di hari pertamanya bekerja bersama tim yang baru, Yeo Reum sudah membuat masalah. Lee Soo Yeon (Lee Je Hoon) pun diminta oleh Manager Yang Seo Koon (Kim Ji Soo) untuk menjadi mentornya.

Sinopsis Where Stars Land

Berbeda dengan Han Yeo Reum yang ingin menampilkan performa terbaik, Lee Soo Yeon justru tidak ingin dirinya dikenal oleh banyak orang. Ia cenderung pendiam, tidak banyak berinteraksi dengan rekan kerjanya dan hanya ingin hidup dengan senormal mungkin.

Sebenarnya, Lee Soo Yeon menyimpan suatu rahasia yang tidak diketahui oleh banyak orang. Suatu hari, Han Yeo Reum mengingat suatu kejadian yang berkaitan dengan Lee Soo Yeon. Hubungan keduanya pun menjadi lebih dekat.

Review Drama Korea Where Stars Land

Membaca sinopsis di atas, mungkin terasa tidak ada yang berbeda dengan drama ini. Cerita antara dua orang lawan jenis dengan karakter yang bertolak belakang. Keduanya yang awalnya bermusuhan kemudian menjadi dekat dan saling sayang. Klasik banget!

Baca tentang: Rekomendasi Drama Office Romance 2022

Akan tetapi, saya memutuskan untuk melanjutkan drama ini setelah selesai menonton episode pertamanya. Kesan pertama saya terhadap drama ini adalah menarik dan menghibur. Sebagai penggemar drama romcom, drama ini menghadirkan humor yang cukup segar.

Kehidupan Para Pekerja Bandara

Di episode pertama, kita akan disuguhkan dengan bagaimana kesibukan orang-orang yang bekerja di Bandara Internasional Incheon. Bagi saya ini menjadi satu hal yang membuat drama ini menarik untuk ditonton.

Di sana kita bisa melihat pekerjaan apa saja yang dilakukan oleh masing-masing divisi yang ada di bandara. Contohnya, divisi pelayanan penumpang seperti yang dikerjakan oleh Han Yeo Reum, Lee Soo Yeon dan anggota timnya.

Where Stars Land Cast

Ada pula divisi keamanan yang selalu sigap berjaga dan menjaga keamanan di bandara. Ditunjukkan pula bagaimana cara mereka menangani kasus seperti ketika ada teror bom di bandara.

Setiap episodenya, akan ada kasus dan cerita berbeda di bandara yang melibatkan para pekerjanya. Seperti biasa, drama Korea selalu menampilkan detail profesi yang membuat penonton mempelajari sesuatu hal yang baru.

Han Yeo Rum yang Selalu Kurang Beruntung

Chae Soo Bin memerankan karakter Han Yeo Reum, gadis yang ceria, penuh empati, kepo, bersemangat tapi kurang beruntung. Setahun sebelumnya, saat ia akan menghadiri interview untuk bekerja di bandara, ia mengalami kecelakaan.

Ia hadir ke interview kerja dengan kondisi kepala yang berdarah-darah. Di tengah-tengah sesi wawancara, ia pun pingsan. Namun, entah mengapa ia akhirnya diterima bekerja di sana setelah 3 tahun mencoba.

Chae Soo Bin Where Stars Land

Setahun bekerja di bawah pimpinan Manager Kwon Hee Seung, ia dipindahkan ke Divisi Pelayanan Penumpang karena dianggap kurang kompeten. Divisi tersebut dibawahi oleh Manager Yang Seo Koon yang terkenal tegas dan tidak segan menindak bawahannya jika bekerja tidak sesuai kompetensi.

Di hari pertamanya bekerja bersama tim pelayanan penumpang, Yeo Reum bangun dan datang terlambat karena kehujanan. Manager Yang kemudian memberinya tugas, sayangnya Yeo Reum menyelesaikan pekerjaannya dengan lambat karena nyasar di bandara.

Beberapa tugas lainnya pun tidak ia selesaikan dengan baik hingga akhirnya lagi-lagi ia ditegur oleh atasannya.

Lee Soo Yeon, Manusia Setengah Robot

Manager Yang akhirnya meminta Lee Soo Yeon, yang baru selesai magang dan menjadi karyawan tetap, untuk menjadi mentor Han Yeo Reum. Yeo Reum harus mengikuti dan melihat segala pekerjaan yang dilakukan oleh Soo Yeon.

Kepribadian Lee Soo Yeon yang sangat bertolak belakang membuat hubungan keduanya kurang akur. Yeo Reum sering kali mendebat apa yang dikatakan oleh Soo Yeon karena menganggap ia yang lebih senior. Namun somehow, Yeo Reum mengingat-ingat sepertinya ia pernah bertemu Soo Yeon sebelumnya.

Suatu hari, ada kejadian tidak terduga yang akhirnya membuat Yeo Reum ingat siapa Lee Soo Yeon. Saat itu, ada seorang pasien skizophrenia yang mengamuk di depan gerbang keberangkatan karena lupa minum obat. Ia pun hendak memukulkan tiang pembatas pada Yeo Reum. Akan tetapi, Soo Yeon menghalanginya dengan lengan kanannya.

Lee Je Hoon Where Stars Land

Bukannya terluka, tiang penghalang tersebut justru bengkok. Ternyata, Lee Soo Yeon menggunakan lengan palsu karena kecelakaan yang menimpanya 12 tahun lalu. Soo Yeon sebenarnya adalah penyandang disabilitas tingkat 1 yang tidak bisa berdiri dan berjalan tanpa bantuan lengan dan kaki kanan palsu.

Namun, lengan dan kaki palsu tersebut memberikan kekuatan super yang membuatnya kuat dan mampu menahan beban berat.

Love Story

Couples Where Stars Land

Saya suka love story yang disajikan oleh drama ini. Mas-masnya bucin semua. Wkwk! Lee Soo Yeon, sebenarnya sudah sejak lama menyukai Han Yeo Reum. Ia mengenal wanita tersebut dari ayah Yeo Reum yang menyelamatkan Soo Yeon saat berniat bunuh diri.

Seger banget loh ternyata lihat Lee Je Hoon banyak senyum karena kasmaran. Hihi. Beda banget sama karakternya sebagai detektif atau kang taksi yang senyumnya mahal banget!

Baca juga: 3 Aktor Tampan yang Berperan Jadi Raja Jeongjo

Ada pula Oh Dae Ki (Kim Kyung Nam), ketua tim keamanan yang menyukai rekan satu timnya, Na Young Joo (Lee Soo Kyung). Dae Ki yang belum sempat mengutarakan perasaannya, sudah ditolak duluan oleh Young Joo yang ingin fokus pada karirnya dulu.

Tapi yang namanya suka ya nggak mungkin langsung pudar gitu aja. Dae Ki pun masih usaha terus sampai akhirnya menemukan pencerahan. Biarpun baru dapat jawaban di episode terakhir. Hoho.

Ro Woon Where Stars Land

Kisah cinta Han Yeo Reum dan Soo Yeon juga dibumbui kehadiran second lead male. Di sini, Ko Eun Sub (Ro Woon) menjadi sahabat Han Yeo Reum yang sebenarnya sudah sangat menyukainya sejak lama. Namun, nggak pernah ngomong, Bok! Akhirnya keduluan sama Soo Yeon.

Dari sana, baru doi ketar ketir. Setelah Yeo Reum dan Soo Yeon jadian, dia pun mendoakan agar keduanya segera putus. Akan tetapi, di Eun Sub tetap menjadi sahabat Yeo Reum sampai ending. Ia pun membantu Soo Yeon saat sedang kesusahan. Baik banget, Masnya.. Hmm.. Sayang, baik aja nggak cukup ya!

Konflik dalam Drama Where Stars Land

Where Stars Land sebenarnya mengangkat topik utama mengenai Lee Soo Yeon yang ingin terus hidup menggunakan alat bantunya tersebut. Ia tidak ingin lagi kembali ke kursi roda, dan mendapatkan perhatian aneh dari sekitarnya.

Saat ia menggunakan kursi roda, banyak orang yang melihatnya dan membicarakannya di belakang seolah-olah Soo Yeon adalah bahan pembicaraan yang menarik. Setelah ia menggunakan alat bantu yang diciptakan oleh Mr. Jang, ia bisa hidup normal selayaknya orang lain.

Konflik ini juga dibumbui cerita masa lalu Soo Yeon yang mengalami kecelakaan karena berusaha menyelamatkan Seo In Woo. In Woo merupakan kakak sambung Soo Yeon karena ibunya dan ayahnya sempat menikah selama 3 tahun.

Keduanya pun dipertemukan kembali sebagai pekerja di Bandara Incheon. In Woo memegang posisi di jajaran managemen yang juga membawahi Soo Yeon. Hubungan keduanya tidak akur. Digambarkan In Woo tidak menyukai Soo Yeon.

Cerita kakak beradik ini dihubungkan dengan gengster yang membuat Soo Yeon mengalami kecelakaan. Asal muasalnya hanya karena hard disk yang disimpan oleh In Woo. Ribet banget deh, gara-gara hard disk masalah jadi berlarut-larut selama belasan tahun.

Ending Drama dan Rekomendasi

Spoiler abis!

Biarpun menurut saya ada beberapa hal yang bikin nggak sreg, seperti kenapa nggak diceritakan lebih lanjut tentang ayah Yeo Reum, atau kenapa sih Soo Yeon tuh kekeuh banget nggak mau berobat padahal ibarat kata udah “sekarat”. Meskipun akhirnya, dia mau juga tuh berobat dan pisah setahun sama Yeo Reum.

Gregetan juga sih, napa banget dah dari awal kagak mau berobat? Padahal kan yaa manfaatnya lebih banyak kalau dia cepet pulih dibandingkan mudharatnya. Yah, namanya juga drakor, Ma!

Saya baca-baca, ternyata banyak yang komplain dengan adegan terakhir di episode terakhir. Di sana diceritakan Yeo Reum lari-lari nyariin Soo Yeon yang sudah kembali dari Amerika untuk menjalani pengobatan.

Selama setahun, Soo Yeon nggak pernah ngasih kabar apa-apa. Gimana kondisinya dan kapan kembali ke Korea. Eun Sub aja sampe bingung, ada ya pacaran kayak gitu?

Ending Where Stars Land
Source image: Soompi

Tapi akhirnya, Yeo Reum ketemu sama Soo Yeon dan mereka langsung berpelukan. Sayangnya, muka masnya nggak ditunjukin tuh! Inilah yang bikin knetz emosiihh. We want oppa! Hehe.

For me, edningnya nggak mengecewakan banget lah. Udah jelas ini arahnya ke happy ending. Drama ini juga cukup recommended untuk penggemar drama yang ringan-ringan menggemaskan. Happy watching!


Posted

in

, , ,

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park