Review Kdrama Kokdu: Season Of Deity (2023)

Hai hai Chingudeul ….

Trailer Kokdu: Season of Deity yang bernuansa komedi romatis sungguh menggoda. Lekas mengarahkan jemari para penyuka romkom untuk menekan tombol play atau paling nggak memasukkannya ke dalam wishlist tontonan. Eh, tapi yakin jalan ceritanya bisa bikin tertawa sekaligus berbunga-bunga?

Oleh karena itu, kali ini Acha dan Kak Rhin membahasnya bersama di podcast Drakor Class. Apa sih yang saya dan Kak Rhin rasakan setelah berhasil menamatkan si drakor yang menghadirkan 16 episode untuk penontonnya ini?

Kenalan Dulu Yuk Sama Kokdu: Season of Deity

Profil Drama Kokdu: Season of Deity

Judul : Kokdu Season of Deity /  Season of Kok-Du (Kokduui Gyejeol/ 꼭두의 계절)

Sutradara : Baek Soo-Chan, Kim Ji-Hoon

Penulis Drama : Kang Yi-Heon, Heo Joon-Woo

Durasi : 16 episode

Para Pemain Di Kokdu: Season Of Deity

Menjadi drama korea yang disebut-sebut sebagai ajang comeback dari salah satu pemain utamanya, Kim Jung Hyun, drakor satu ini juga rupanya pernah menjadi serial drama yang akan dimainkan oleh mendiang Lee Ji Han, sang aktor muda yang berpulang dalam tragedi di kawasan Itaewon pada akhir tahun 2022 lalu.

Nah… berikut para aktor dan aktris Korea Selatan yang terlibat dalam Kokdu Season of Deity:

Kim Jung Hyun memerankan 3 karakter sekaligus

Pujian begitu ingin saya sematkan pada Kim Jung Hyun yang sukses menghadirkan tiga tokoh berbeda dalam drama Korea terbarunya ini. Tiga peran tadi, yaitu:

  • Kokdu, si dewa penggiring para orang mati di alam baka

Nama Kokdu atau Kokdu wooden puppets sendiri merupakan sebutan bagi boneka kayu warna-warni yang dipasang pada bagian puncak dari tandu pemakaman pada prosesi pengebumian jenazah di Korea. Masyarakat Korea telah lama percaya bahwa kokdu merupakan pemandu arwah manusia menuju alam baka. Tradisi pemasangan Kokdu dilakukan pada era Josseon.

kim jung hyun di kokdu: season of deity
Gesture khas waktu jadi sosok Kokdu (MBC)

Dalam drama Kokdu: Season of Deity ini, Kim Jung Hyun menampilkan sosok si dewa neraka dengan tingkah yang sungguh semaunya alias suka suka jiwa banget. Sikap yang muncul akibat ia telah lama lupa diri dan begitu tertekan dengan kutukan dari dewa yang membuatnya selalu mendengar rintihan dan makian dari orang-orang yang teraniaya setiap pukul sembilan lewat setiap menit setiap malam.

  • Do Jin Woo, seorang dokter bedah yang kalem dan punya masa lalu kelam.
kim jung hyun sebagai do jin woo di kokdu: season of deity
Prof Do Jin Woo yang kalem banget (MBC)
  • Oh Hyun, pengawal putri Seol Hee yang begitu setia karena rasa cintanya pada sang putri.
kim jung hyun sebagai oh hyun di kokdu: season of deity
Oh Hyun sedang mengatur strategi melarikan diri sama putri Seol Hee (MBC)

Kim Jung Hyun benar-benar dapat membuat penonton – Acha, misalnya — merasakan perbedaan dari ketiga karakter yang diperankannya itu. Kim Jung Hyun merasuk, seolah punya tiga kepribadian berbeda. Jelas terlihat dari ekspresi, gesture, dan cara bertuturnya.

Im Soo Hyang sebagai Han Gye Jeol dan Seol Hee

im soo hyang di kokdu: season of deity

Walau memerankan dua nama, yaitu Han Gye Jeol si dokter umum yang nasibnya kurang beruntung, pun memerankan karakter Seol Hee, sang putri yang dipinang paksa oleh raja pada masa Goryeo, sungguh saya nggak terlalu bisa membedakan sisi kedua orang yang dimainkan Im Soo Hyang eonni ini. Mungkin hal ini dimaksudkan agar kelak Oh Hyun yang terjebak sebagai Kokdu bisa mengenalinya agar kutukan Kokdu lebih cepat dipatahkan.

Kim Da Som sebagai Tae Jung Won

Mantan teman dekat Han Gye Jeol yang di masa depan menjadi penghalang kedekatan Gye Jeol dengan Kokdu. Si dokter pintar nan cantik yang punya rahasia besar dalam hidupnya.

Pssstt … emang rahasianya apa? Patut dicari tahu sampai episode terakhir.

Lee Jung Won sebagai Jung Yi Deun

Si pegolf muda yang di masa lalu pernah menjalin hubungan cinta dengan Han Gye Jeol namun memilih putus secara tiba-tiba. Usianya yang lebih muda dari Gye Jeol bikin dia jadi mantan pacar unyu-unyu gitu. Tambahan info buat kamu…, karakter Jung Yi Deun ini juga akan menguak rahasia yang dimiliki sama Kokdu lho.

Ahn Woo Yeon sebagai Han Chul

Detektif di kepolisian yang paling mudah mencuri perhatian saya sejak awal episode dari Kokdu. Karakternya yang kelihatan nggak terlalu pintar tapi begitu menyayangi Gye Jeol, kakak satu-satunya. Si yang pandai membawa senyum saya mengembang tipis.

Kim In Kwon sebagai Oksin si dewa keserakahan

Kalau nggak ada Oksin, gimanalah ceritanya Kokdu bisa bikin hujan uang buat Gye Jeol ye khan?

Cha Chung Hwa sebagai Gaksin si dewi rumor dan gosip

Setelah Oksin dikondisikan mirip bapak nan kekanak-kanakan untuk Kokdu, kalau Gaksin jadi sosok teman yang keibuan yang mengurusi segala urusan kesehariannya Kokdu.

kokdu: season of deity
Oksin dan Gaksin yang selalu ada untuk Kokdu dan bikin drama ini terasa komedinya (MBC)

Sinopsis Singkat Kokdu: Season of Deity

Drama berdurasi 16 episode ini dimulai dengan kisah Seol Hee dan Oh Hyun yang berjanji untuk saling menunggu, apapun yang terjadi. Kala itu, Seol Hee mau nggak mau harus dibawa ke istana untuk dijadikan salah satu selir raja.

Sebuah cincin bunga rhododendron – bunga yang dikisahkan tumbuh juga di alam baka – yang pernah dihadiahkan oleh Oh Hyun sebagai ungkapan cintanya pada Seol Hee, dikembalikan. Cincin itu menjadi penanda kalau mereka telah berjanji untuk bertemu dan akan melarikan diri bersama. Cincin ini akan kembali Seol Hee terima jika Oh Hyun berhasil menepati janjinya.

Tentu saja, Oh Hyun setuju. Apalagi kan, cintanya sudah terlanjur dalam, jadi apapun mau ia korbankan.

Ironisnya, rencana mereka ketahuan. Oh Hyun dihujam puluhan anak panah oleh Raja dan para pengawalnya. Oh Hyun tewas dengan janji yang masih ia pegang teguh, dihadapan Seol Hee.

Kemudian … tahu kalau kekasihnya mati dibunuh sang raja, Seol Hee kemudian membalaskan dendamnya. Ia membunuh raja, kemudian berakhir bunuh diri.

Di alam baka, rupanya gara-gara janjinya yang belum sempat terealisasi, Oh Hyun menolak turun ke alam bawah untuk bereinkarnasi. Bertahun-tahun dia menunggu sampai jadi amnesia. Kemudian, Sang Dewa mengutuknya menjadi Kokdu. Selain bertugas mengawal arwah manusia menuju neraka, Kokdu juga akan kembali ke dunia manusia setiap putaran 99 tahun sekali.

Cerita pun bergulir ke masa depan. Seol Hee sudah bereinkarnasi menjadi Han Gye Jeol, si dokter umum cantik nan pekerja keras namun punya nasib sering sial. Pada suatu kesempatan, ia melayani pasien seorang nenek yang sepanjang diperiksa oleh Gye Jeol, asik mengisahkan tentang legenda Kokdu, dewa penggiring para arwah di alam baka.

Jika kamu memperhatikan scene ini secara saksama, sesungguhnya si nenek akan turut menjadi tokoh kunci dari perjalanan Kokdu dalam menebus dosa serta berjuang untuk menemukan apa sih yang menyebabkan dirinya terjebak sebagai dewa pengawal para arwah di neraka yang harus juga hadir di dunia manusia untuk membunuh banyak orang jahat nantinya.

kokdu: season of deity
Pertemuan pertama Kokdu dan Han Gye Jeol (MBC)

Di momen berbeda, fisik Oh Hyun sang Kokdu, di masa depan, ditinggali oleh jiwa Do Jin Woo. Dengan kata lain, tubuh Do Jin Woo memang selanjutnya akan kembali menjadi milik Kokdu alias Oh Hyun yang amnesia itu, setiap kali masa perputaran waktu untuk kemunculannya di dunia manusia.

Do Jin Woo yang sebelumnya berniat bekerjasama dengan Han Gye Jeol untuk menghadapi sebuah kasus malpraktek di rumah sakit tempatnya bertugas, harus tewas terbunuh. Kematian Do Jin Woo memang sudah tercatat dalam takdir. Tapi, pas sekali saat momen tragis itu terjadi, Han Gye Jeol ada di sana. Pun Gye Jeol melihat sendiri kemunculan Kokdu yang seketika menempati tubuh Do Jin Woo.

Dari sinilah, kisah antara Han Gye Jeol dan Kokdu dimulai. Bagaimana Gye Jeol bisa membuat Kokdu menuruti semua yang ia ucapkan, padahal selama ratusan tahun, nggak ada seorang pun yang bisa mengatur tingkah Kokdu? Bahkan Oksin Gaksin pun sering kalah saing. Tapi, kok Gye Jeol bisa?

Akankah Kokdu menyadari maksud dari dewa yang menghukumnya untuk berada di dunia manusia selama 3 bulan setiap perputaran 99 tahun sekali? Berhasilkah Kokdu mengingat janjinya dengan Seol Hee? Bisakah Kokdu mati agar ia akhirnya kembali bereinkarnasi menjadi manusia kembali?

Fantasi yang Lebih Kental Dibanding Komedi Romantisnya

Saya bingung sebenarnya, persis kena perangkap trailer lucu dari drakor Kokdu yang memang berseliweran di beberapa medsos. Duh, kenapa sih yang dijual itu sisi komedi romantis antara Han Gye Jeol dan Kokdu kalau memang kisah fantasinya lebih kental dan cenderung serius?

Kokdu bisa banget bikin senyum saya merekah sempurna kalau sudah bertingkah dengan Oksin dan Gaksin. Di sini, Gaksin yang dimainkan oleh Cha Chung Hwa berhasil menarik ingatan saya pada peran beliau dalam drama korea Mr. Queen. Di sana pun Cha Chung Hwa ikut mendukung peran Kim Jung Hyun, bukan?

Sementara dengan eonni Im Soo Hyang? Hhh … saya ingin menyerah. Kakak cantik satu ini kadang sering terasa kurang greget kalau beradu akting sama Jung Hyun oppa. Padahal kan di pertengahan ceritam mereka jadian. Tapi kalau sedang main sama Han Chul, Tae Jung Won, Oksin, kok ngena ya?

Sisi komedi romantis malah lebih sukses dimunculkan oleh detektif Han Chul, sebenarnya. Bolehkah saya menghadiahkan ungkapan ‘daebak, Han Chul’ pada Ahn Woo Yeon? Bahkan momen sendu dan bucinnya juga terasa sekali.

Apakah Drama korea fantasi Kokdu: Season of Deity layak untuk ditonton oleh kamu yang sangat menyukai genre komedi romantis? Yes… terutama kalau kamu pencinta second lead. Nah, kalau kamu sukanya genre fantasi ringan, asik sih ceritanya diikuti.

Cinta bisa jadi hasrat luar biasa untuk beberapa orang atau belas kasih yang menyakitkan. Bahkan mungkin obsesi tanpa akhir. Bagiku, itu tugas yang mana hidupku dipertaruhkan.

– Kokdu –

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: