review junge movie

Review: Netflix Film Jung_E

Halo sahabat drakor…

Bagaimana dengan drama Korea di bulan ini? Sudah berapa yang kalian tonton?
Kalau aku masih ada beberapa drama yang ditunggu jadi masih banyak nganggurnya dari kegiatan nonton drama. Terbiasa sibuk nonton drama terus hari-hari berlalu dengan sepi rasanya agak aneh ya. Sama halnya seperti kita terbiasa bekerja lalu libur kelamaan jadi agak bingung kan mau ngapain.

Bukan berarti aku tidak ada kerjaan lain. Tetap ada, banyak. Tapi bukan berarti aku sampai tidak bisa menghibur diri. Nonton drakor adalah salah satu hiburan terbaikku yang hanya dirumah saja.

Oke lanjut… Karena lagi nganggur jadi aku iseng-iseng cari film aja. Agar bisa dinikmati sekali duduk seperti baca cerpen.

Kali ini aku iseng menonton netflix film berjudul Jung_E. Udah bisa ditebak jika dilihat dari posternya sih ya kalau film ini mengambil latar waktu masa depan dimana teknologi sudah berkembang begitu canggih dan orang-orang bisa digantikan robot dengan kecerdasan buatan.

Eit tapi bukan itu inti ceritanya.. seperti apa film Korea Jung_E ini?? Mari kita bahas.

Profile Film Jung_E

Judul: Jung_E
Hangeul : 정이
Romanisasi : Jung Yi
Sutradara : Yeon Sang Ho
Penulis : Yeon Sang Ho
Rilis : 20 Januari 2023
Durasi : 98 Menit
Genre : Science fiction, action
Tayang : Netflix

Pemain Film Jung_E

Kang Seo Yeon sebagai Yun Seo Hyun
Kim Hyun Joo sebagai Yun Jung Yi
Ryoo Kyung Soo sebagai Kim Sang Hoon
Lee Dong Hee sebagai Pendiri Kronoid

Sinopsis Film Jung_E

Berlatar abad 22 jauh di masa depan dimana Bumi sudah tidak layak huni karena kenaikan permukaan air laut yang disebabkan oleh kerusakan iklim. Manusia pergi mencari tempat baru untuk ditempati.

Ribuan penduduk Bumi dipindahkan dan kini tinggal di penampungan yang ada di antara orbit bumi dan bulan. Terdapat 80 penampungan yang ditinggali oleh manusia. Sebanyak 3 dari 80 penampungan itu mendeklarasikan diri sebagai Republik Adrian. Mereka mulai menyerang bumi dan penampungan lainnya dengan keji. Perang ini menjadi perang antara sekutu selama beberapa dekade. Manusia yang tersisa di bumi mulai memproduksi mesin perang.

Kang Seo Yeon Sebagai Yun Seo Hyun

kang seo yeon movie
Kang Seo Yeon sebagai Yun Seo Hyun di Jung_E (sumber: Netflix)

Film ini merupakan karya terakhir dari aktris Kang Seo Yeon yang dinyatakan meninggal pada bulan Mei tahun 2022 akibat henti jantung. Sang aktris sempat dirawat di rumah sakit namun nyawanya tetap tidak tertolong.

Berperan sebagai Yun Seo Hyun pemimpin tim proyek percobaan kloning otak Jung Yi di perusahaan bernama Kronoid. Sebagai pemimpin tim dia adalah orang yang sangat kompeten dan tidak menunjukkan emosinya.

Ryoo Kyung Soo Sebagai Kim Sang Hoon

film ryoo kyung soo
Ryu Kyung Soo sebagai Kim Sang Hoon di Jung_E (sumber: Netflix)

Ada yang pernah nonton drama Hellbound? pasti sudah tidak asing ya dengan wajah menyebalkan satu ini. Tidak hanya di drama Hellbound pada film ini dia juga masih menjadi orang yang menyebalkan.

Sosok yang ambisius, tidak menerima kekalahan dan juga memiliki humor yang sangat payah. Ada rahasia besar tentang dirinya jadi kalian akan menemukan kejutan ketika sosok asli dari orang ini terlihat.

Proyek Jung_E

junge netflix movie
Jung_E diperankan oleh Kim Hyun Joo (sumber: Netflix)

Jung Yi adalah sosok tentara bayaran yang ikut berperang melawan Republik Adrian. Tentu saja alasan ekonomi yang membuatnya bergerak maju. Meski begitu dia adalah sosok pahlawan yang selalu menang di medan tempur.

Sosoknya sangat dibanggakan dan dikagumi bahkan diidolakan banyak orang layaknya idol. Karena dunia sudah berubah maka sosok idol pun juga berubah. Namun dia tidak berhasil menyelesaikan misi terakhirnya. Kini dia dalam kondisi koma, pemerintah pun memutuskan untuk menggunakan data otaknya. Jadi dia bisa dihidupkan kembali dalam wujud robot AI.

Karena ini adalah masa depan bisa dibilang manusia yang hidup ketika dia meninggal bisa digantikan oleh robot selama pengembang memiliki data otaknya. Robot dan manusia memiliki kesetaraan.

Manusia yang tetap ingin hidup bisa menyerahkan data otaknya ke dalam 3 tipe. Yaitu tipe A bisa dibilang data privasi, tipe B semi privasi dan tipe C bisa dibilang data untuk kepentingan publik. Tentu saja ada biaya yang harus dikeluarkan untuk memilih tipe ini. Jung_e karena keterbatasan ekonomi keluarga hanya mampu membayar sekelas tipe C. Data otaknya bisa digunakan untuk produk apa saja.

Kronoid adalah perusahaan yang menggunakan data otak Jung Yi untuk memproduksi robot tempur Jung_E. Karena perang Republik Adrian telah berlangsung lama mereka membuat robot tempur dari data otak Jung Yi untuk mempelajari strategi perang seperti apa yang ada dalam otaknya.

Yun Seo Hyun adalah pemimpin tim proyek robot tempur Jung_E. Mereka masih dalam tahap uji coba sehingga banyak sampel yang terus terbuang. Kim Sang Hoon yang tidak sabaran selalu memburu pembuatan proyek ini dan menekan Seo Hyun sebagai timjangnim.

Robot Jung_E ini bisa dikatakan bingung terhadap kondisinya. Dia tidak mengetahui bahwa dia hanyalah sebuah robot yang kehidupannya dikendalikan. Kemungkinan ini terjadi karena data otaknya masih pada kehidupan sebagai manusia. Alias kenangan terakhir sebelum dia dinyatakan koma.

Kesan & Pesan Menonton Film Jung_E

Jalan ceritanya cukup lambat dan sedikit membuat bingung. Adegan pembuka film ini sudah bagus dan kukira ini adalah film peperangan dan pertempuran tapi ternyata lebih ke pembuatan robot dengan kecerdasaan buatan yang datanya bersumber nyata.

Tidak dijelaskan bagaimana bisa mengekstrak data otak manusia untuk dikloning dan dimasukkan dalam robot yang berwajah sama layaknya manusia itu sendiri. Keseruan film ini baru terasa menjelang akhir. Siapa sangka ending film ini bisa membuat kita menangis sedih. Atau karena akunya saja yang terlalu sensitif.

Penasaran sedihnya karena apa??? Plot twistnya sungguh tak terduga yang jadi pemancing kesedihan itu muncul.

Pesan dari film ini menurut pendapatku pribadi menggambarkan ambisi, keegoisan manusia dan keserakahan.

Dalam situasi dimana bumi sudah tidak layak huni dan terpaksa hidup di penampungan luar angkasa betapa egoisnya manusia sampai masih bisa mencetuskan perang dan menyerang penampungan lainnya.

Ambisi yang tidak pernah habis. Penyerahan data otak ini tidak wajib dilakukan. Hanya warga sipil yang mampu dan berkenan saja yang bisa melakukannya. Seolah-olah kita bisa hidup selamanya dengan berganti tubuh menjadi robot.

Itulah review versi aku untuk netflix film Jung_E. Mungkin tidak sehits film Seobok yang dibintangi oleh Gong Yoo dan Park Bo Geum. Ada yang sudah menonton film ini?


Posted

in

, ,

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

%d blogger menyukai ini: