when the camelia blooms

When the Camellia Blooms (2019), Kdrama Pedesaan Dengan Berbagai Permasalahannya


Gara-gara nonton drakor LINK: Eat, Love, Kill yang bernuansa thriller dan ada kisah romantisnya, saya jadi teringat dengan drakor When the Camellia Blooms yang tayang di tahun 2019 ini. Sama-sama mengambil setting pedesaan, dan ada banyak orang kampung yang suka kepo dengan apa yang terjadi. Dilengkapi dengan cerita misteri pembunuhan berantai dan polisi desa yang juga mengambil peran dalam cerita.

Baca Juga: 5 Drama Korea dengan Setting Pedesaan yang Bikin Hati Hangat

Perbedaan besarnya, di drakor LINK: Eat, Love, Kill, sang tokoh utama yang seorang chef nggak jadi-jadi buka restoran yang menunya keren-keren ala restoran mahal. Di drakor When the Camellia Blooms, tokoh utamanya, Dong Baek buka warung sederhana merangkap tempat minum-minum. Perbedaan lainnya pasti banyak, tapi kesamaan setting pedesaan, ada kisah romansa dan thriller yang tentunya ada polisi desa, membuat saya jadi ingat kalau saya belum pernah menulis tentang drama ini. Gara-garanya waktu menonton drama ini, saya nonton beberapa drama ongoing sekaligus.

Tokoh dan Pemeran 

Kim Ji suk, Kang Ha neul dan Gong Hyo Jin dalam when the camelia blooms
Kim Ji suk, Kang Ha neul dan Gong Hyo Jin

Gong Hyo Jin sebagai Dong Baek

Nama Dong Baek yang diperankan Gong Hyo Jin, artinya Camellia. Warung Camellia yang dia buka juga diberi nama sesuai namanya. Jelas dari judulnya pasti kisahnya seputar kehidupan Dong Baek yang merupakan ibu tunggal yang datang ke desa Ongsan ketika dia masih hamil tanpa suami. Walaupun jadi pembicaraan orang, dia tidak menghiraukan dan  berusaha bersikap biasa saja.

Dong Baek ini digambarkan sebagai ibu tunggal yang tangguh. Dia tahu bagaimana membawakan dirinya, supaya bisa hidup dan membesarkan anak lelakinya Pil Gu.

Kang Ha neul sebagai Yong Shik

Yong Shik adalah polisi yang baru saja ditempatkan kembali di desanya. Saat dia bertemu Dong Baek, wanita ini sudah memiliki anak berumur 8 tahun. Walaupun Yong Shik tahu Dong Baek sudah memiliki anak tanpa suami, dia langsung jatuh hati melihat wanita secantik Dong Baek. Ibunya tidak menyetujui, tapi ya dia tetep aja bucin ke Dong Baek.

Adanya penjahat yang menargetkan Dong Baek juga menjadi salah satu alasan Yong Shik semakin ingin melindungi Dong baek Selain itu, pelanggan di warung Dong Baek juga terkadang ada yang genit terhadap Dong Baek, ini alasan lain kenapa Yong Shik sering mampir di warung Dong Baek.

Kim Ji Soek sebagai Kang Jong Ryul

Kang Jong Ryul adalah pemain baseball yang terkenal dan sudah menikah dengan selebriti. Tapi sebelumnya, dia adalah mantan kekasih Dong Baek. Dia tidak pernah tahu sebelumnya kalau Dong Baek memiliki anak. Ketika dia menyadari bahwa Pil Gu, yang juga senang main baseball adalah anak Dong Baek tanpa suami, dia jadi berusaha mencari tahu apakah Pil Gu anaknya juga. Tentu saja dia ingin memberikan yang terbaik untuk Pil Gu, kalau memang itu adalah anaknya juga.

Dalam usahanya kembali ke Dong Baek (karena dia sedang ribut dengan istrinya), dia sering merasa cemburu melihat Yong Shik. Walaupun tidak terlihat diterima oleh Dong Baek, tapi Yong Shik kelihatan banget mendekati Dong Baek dan Pil Gu.

Son Dam Bi sebagai Choi Hyang Mi alias Hwang Go Eun 

Wanita yang bekerja di warung Camellia ini sudah menjadi teman buat Dong Baek. Walaupun dia memakai nama palsu karena ternyata dia orangnya agak kleptomaniac. Apapun dia lakukan untuk mendapatkan uang. Gerak geriknya terkadang terlihat mencurigakan. Akan tetapi sesungguhnya ada alasan dibalik semua kelakuannya itu.

Sinopsis When the Camelia Blooms

Yong Shik dan Dong Baek

Cerita drama dengan 20 episode ini lumayan berat karena mengangkat berbagai isu. Mulai dari isu ibu tunggal tanpa suami. Isu tentang pembunuhan berantai. Belum lagi isu anak yang merasa dibuang dan ibu yang terpaksa membuang anak karena merasa tidak bisa memberikan apapun untuk anak itu. Ada juga isu mantan pacar yang menuntut hak asuh ketika tahu ternyata waktu putus sang pacar sedang hamil. Pokoknya ada banyak isu-isu yang dibahas dalam drama When the Camelia Blooms ini, dengan Dong Baek yang menjadi pusat ceritanya.

Walaupun genrenya comedy romantic thriller, tapi saya perlu tambahkan kalau ceritanya ini banyak bagian melodrama dan isu sosial juga. Bagian komedinya terutama kalau Yong Shik mulai bucin.

Secara keseluruhan, cara berceritanya juga cukup menarik, karena semua dijelaskan sampai habis dan juga memanfaatkan kilas balik tanpa membuat rasa bosan. 

Mau nonton pertandingan baseball ceritanya…

Beberapa isu yang berusaha diangkat oleh drama ini

Seperti saya sebutkan, desa ini ada banyak permasalahannya. Jangan sangka kalau hidup di desa artinya semua aman tentram tanpa masalah dan bisa healing atau santai di pantai saja. Orang-orang di desa Ongsan pun punya banyak masalah juga.

Tentang Pembunuh Berantai

Genre thriller terasa dari awal drama ini. Akan tetapi bagian ini diberikan sedikit demi sedikit. Misteri ini yang manjadi jalinan dari awal sampai akhir drama dan dipakai jadi jalan Yong Shik makin dekat dengan Dong Baek. Fokusnya tentunya mencari tahu siapakah pelakunya dan kenapa setelah bertahun-tahun vakum, peristiwa pembunuhan terjadi lagi? Lalu kenapa si pembunuh ini menargetkan Dong Baek?

Misteri tentang pembunuh berantai ini juga selain membuat Yong Shik semakin dekat dengan Dong Baek juga ada kaitan dengan misteri-misteri lainnya di desa Ongsan. Walau ditolak berkali-kali, Yong Shik kekeuh mau melindungi Dong Baek.

Induk Semang yang Genit

Warung yang dibuka oleh Dong Baek ini sudah tentu tempatnya dia sewa dari orang lain. Induk semangnya No Gyu Tae yang diperankan oleh Oh Jung Se ini orang yang memang memiliki banyak properti untuk disewakan. Istrinya seorang pengacara yang cukup sukses. Karena memiliki banyak properti, No Gyu Tae sering ingin diperlakukan istimewa dan agak genit ke Dong Baek. Sebagai ibu tunggal, Dong Baek tetap bisa berlaku sopan tanpa menuruti kemauan No Gyu Tae.

Di balik tingkah ingin diperlakukan istimewa tersebut, No Gyu Tae ternyata di rumah seperti harimau tak bertaring alias malahan yang sering disepelekan oleh istrinya.

Cerita Anak yang Diabaikan Ibunya dan Ibu yang Mengabaikan Anaknya

Dong Baek memilih menjadi orang tua tunggal ketika mengetahui dirinya hamil karena dia punya pengalaman buruk. Dia ingat, suatu hari dia ditinggalkan ibunya di sebuah restoran, ibunya berjanji kembali tapi tidak pernah kembali. Dong Baek tidak pernah tahu apa alasan ibunya. Ada konflik batin buat Dong Baek, dan merasa dia yang salah sehingga ibunya meninggalkannya.

Dalam drama ini akan diceritakan kenapa ibunya melakukan itu. Kalau mau tahu juga apakah Dong Baek akan memaafkan ibunya dan menerima ibunya kembali, nah ditonton sendiri saja ya.

Kisah Pasangan Selebriti yang Bahagia Hanya di Depan Kamera

Selain kisah di desa, ada juga sedikit menyentil tentang selebriti dan orang terkenal yang memanfaatkan hidupnya untuk diekspose di depan kamera supaya mendapatkan lebih banyak uang. Reality show yang lebih tepat kalau disebut sebagai Fake Show

Kang Jong Ryul yang pemain baseball ternama ini, dimanfaatkan oleh istrinyayang ingin tenar sebagai influencer. Ketika memiliki anak yang masih bayi, mereka terlihat seperti orang tua yang sempurna, padahal saat tidak di depan kamera, istrinya lebih banyak mengabaikan anaknya.

Petugas Polisi yang Bucin

Alasan melindungi, padahal…

Nah ini bagian romance comedy-nya. Bagaimana seorang polisi yang usianya lebih muda tiba-tiba jatuh cinta dengan Dong Baek, wanita yang memiliki anak tanpa suami. Status Dong Baek ini memang agak rumit, karena dia belum pernah menikah, dia tidak bisa disebut janda beranak 1, tapi ya kira-kira orang tua tunggal beranak 1 lah.

Usaha yang dilakukan Yong Shik untuk mendapatkan hati Dong Baek yang dari awal dengan tegas menolaknya, dan juga bagaimana dia meyakinkan ibunya kalau Dong Baek lah pilihan hatinya. Jangan lupa juga kalau dia juga harus mengambil hati Pil Gu, anaknya Dong Baek untuk menerimanya seandainya dia menikah nantinya dengan Dong Baek.

Ending When the Camellia Blooms

Begitu banyak isu dan permasalahan yang diangkat, semuanya diselesaikan dengan tuntas. Semua tokoh mendapatkan ending yang tidak menggantung seperti tren baru saat ini. Pastinya sih semua misteri berhasil diungkapkan. Semua permasalahan dan dilema yang ada juga diberikan jalan keluarnya masing-masing. Kisah romantisnya juga ada dong pastinya ending-nya.

Tidak heran kalau drama ini mendapatkan banyak penghargaan, karena para pemerannya bisa membuat penonton terbawa secara emosi dan terutama di bagian hubungan ibu dan anak, thriller dan romansanya.

Ya udah deh, sambil menunggu drama terbaru Kang Ha Neul di akhir Oktober 2022 ini, silakan drama ini ditonton aja sendiri ya. Drama ini masih bisa disaksikan di Netflix.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: