POSTER KDRAMA ONE DOLLAR LAWYER

5 Misteri di Awal K-Drama “One Dollar Lawyer”

Drama “One Dollar Lawyer” menambah panjang deretan drama hukum yang tayang di tahun 2022, khususnya di layanan berbayar Disney+. Tayang sejak tanggal 23 September 2022, drama ini dibintangi oleh duet aktor senior – aktris junior, yaitu Nam Goong Min dan Kim Jae Un. 

Ternyata, ya Chingudeul, skenario yang ditulis oleh Choi Su Jin dan Choi Chang Hwan ini adalah pemenang Grand Prize lomba SBS Screenplay Contest tahun 2015. Nggak heran, dengan memadukan kekuatan akting para pemeran plus skenario yang ciamique, hanya dalam dua minggu penayangannya rating drama ini telah menembus angka dua digit! Daebak!

Namun oh namun, ada beberapa hal yang mengherankan dan menjadi misteri (bagi penulis) ketika mengikuti kisah sang pengacara nyentrik Cheon Ji Hoon (Nam Goong Min) ini. Sebelumnya, simak dulu video cuplikan drama “One Dollar Lawyer” dalam video berikut ini. 

Cuplikan K-Drama “One Dollar Lawyer” (sumber: Kanal YouTube SBS Drama)

Tarif 1000 Won

Hari gini, ketika harga minyak dunia meroket, selaksa negara diterpa inflasi dan krisis ekonomi, ya kok bisa-bisanya Cheon Ji Hoon menetapkan tarif 1000 Won (kurang lebih setara dengan 1 USD) untuk jasanya sebagai pengacara?

Kasus yang ditangani oleh Cheon Ji Hoon juga bukan kaleng-kaleng. Mulai kasus buruh sampai kasus pembunuhan. Wew! 

Cheon Ji Hoon sendiri pun bukan pengacara kaleng-kaleng. Konon kabarnya, Cheon belum pernah kalah dalam berperkara. Keunikan Cheon Ji Hoon membuat Baek Hyun Moo (Lee Deok Hwa), pemilik firma hukum besar dan bergengsi di Korea Selatan, ngotot agar cucunya, Baek Ma Ri (Kim Ji Eun), magang di kantor Cheon Ji Hoon.

Tarif 1000 Won tidak membuat Cheon Ji Hoon menganggap enteng pekerjaannya. Cheon menangani setiap kasus kliennya dengan sepenuh hati dan mengerahkan segenap pikirannya. Cheon berprinsip bahwa pengacaralah yang harus berjuang sebagai ganti sang klien. 

Sebagai pengacara, Cheon juga selalu mencari metoda yang terbaik, sehingga persoalan dapat diselesaikan tanpa menghabiskan banyak waktu dan biaya. Terbukti Cheon dapat menyelesaikan sebuah perkara hanya dengan sebuah permainan bingo. 

Seharusnya, dengan keahlian sekelas Cheon, dengan mudah ia bisa menetapkan tarif berkali-kali lipat. Lalu apa sebenarnya yang membuat Cheon Ji Hoon memutuskan untuk menetapkan tarif 1000 Won saja?

Poster KDrama "One Dollar Lawyer" (sumber: Pinterest)
Poster KDrama “One Dollar Lawyer” (sumber: Pinterest)

Biaya Hidup dan Operasional Pekerjaan

Kantor Cheon Ji Hoon memang tidak terletak di kawasan elit. Walaupun demikian Cheon Ji Hoon dan Sa Ma Jang, satu-satunya pegawai di kantor itu, acap kali harus bersembunyi ketika pemilik gedung datang untuk menagih biaya sewa. 

Untuk wira-wiri menyelidiki kasus klien yang ditanganinya, Cheon biasanya nebeng mobil usaha binatu milik Sa Ma Jang dan istrinya. Dengan kata lain, kemungkinan besar Cheon tidak punya kendaraan sendiri. Bahkan sampai episode keempat, Cheon sepertinya tidak memiliki tempat tinggal sendiri. 

Tapi namanya usaha bidang jasa, nggak mungkin dong tanpa biaya operasional. Biaya listrik, rekening air, teh, kopi, not to mention biaya fotokopi dan jilid dokumen. Belum lagi biaya hidup. Biaya kelakuan. Plus biaya kostum kerja Cheon Ji Hoon berupa 3 piece suite corak kotak-kotak dalam berbagai warna yang sudah pasti kalau penulis yang pakai lebih mirip bantal guling namun entah kenapa pantas pantas saja kalau dipakai oleh Cheon. O.. jangan lupa. Kacamata hitam yang senantiasa bertengger siang malam pagi petang.

OOTD ala Cheon Ji Hoon (sumber: CNN Indonesia)
OOTD ala Cheon Ji Hoon (sumber: CNN Indonesia)

Rasanya mustahil tarif 1000 Won mampu mencukupi kebutuhan hidup dan operasional kantor pengacara Cheon Ji Hoon. Jumlah segitu mungkin hanya cukup membeli sepotong semangka di Kota Seoul.  Lalu bagaimana Cheon membiayai berbagai kebutuhannya?

Pernah Berprofesi Sebagai Jaksa

Cheon Ji Hoon bukanlah pengacara kemarin sore. Dari seorang senior di Kantor Kejaksaan, Baek Ma Ri mengetahui bahwa Cheon Ji Hoon pernah bekerja di situ. Tampaknya ketika berprofesi sebagai jaksa pun Cheon Ji Hoon sudah dikenal karena keunikan dan gaya nyentriknya. 

Kalau dipikir-pikir, profesi sebagai seorang jaksa tentu saja jauh lebih mentereng daripada jadi pengacara bertarif 1000 Won. Kantor lebih bagus, jabatan terhormat, dan pendapatan pasti jauh lebih baik. Lantas apa yang membuat Cheon Ji Hoon meninggalkan posisinya sebagai jaksa?

Hubungan Dengan Firma Hukum Baek

Kakek Baek Ma Ri, yaitu Baek Hyun Moo, adalah pendiri dan pemilik Firma Hukum Baek. Ketika teman-teman Baek Ma Ri diberikan posisi untuk bekerja di Firma Hukum Baek, maka tidak demikian halnya dengan cucu kesayangannya. 

Sang kakek malah ngotot supaya Baek Ma Ri magang dua bulan di kantor Cheon. Apabila Ma Ri gagal, maka sang kakek tidak mengizinkannya bekerja di Firma Hukum Baek sama sekali. Hohoho… Berat aja syaratnya, Kek! 

Menurut Kakek Baek, di firma hukum miliknya itu tidak ada pengacara yang memiliki kualitas seperti Cheon Ji Hoon. Tampaknya hal ini diketahuinya bukan sekadar dari cerita burung atau gosip seputar dunia pengacara. Naga-naganya Cheon Ji Hoon pernah berhadapan dengan Firma Hukum Baek, dan kisahnya tidak begitu baik. 

Kakek Baek memang menunjukkan kekaguman. Namun pengacara lain di firma hukum itu, yaitu Seo Young Joon (Ha Sung Kwang), menunjukkan kesan sebaliknya. Apa sebenarnya yang pernah terjadi antara Cheon Ji Hoon dan Firma Hukum Baek?

Kisah Romansa

Baek Ma Ri bukanlah wanita sembarangan. Ma Ri datang dari keluarga kaya dan terpandang. Awalnya ia kesal karena sang kakek memaksanya untuk magang di kantor Cheon. Kantor kecil, berantakan, jorok dan tidak terawat. Bagaikan langit dan bumi dengan Firma Hukum Baek milik sang kakek. 

Tapi Baek Ma Ri tidak menyerah. Dia berusaha mendapatkan posisi magang di kantor Cheon. Pelan tapi pasti Ma Ri mulai mengenali kualitas dan keunikan Cheon Ji Hoon. 

Akankah.......?? Berbaik hatilah, wahai writernim.... (sumber: Pinterest)
Akankah…….?? Berbaik hatilah, wahai writernim…. (sumber: Pinterest)

Walaupun sempat curiga, Cheon Ji Hoon belum tahu siapakah Ma Ri sebenarnya. Namun yang pasti, Cheon Ji Hoon sadar betul bahwa Ma Ri adalah wanita yang cantik dan cerdas. Akankah nantinya ada kisah romansa antara Cheon Ji Hoon dan Baek Ma Ri? 

Daripada penasaran terus, yuk saksikan drama “One Dollar Lawyer” ini setiap hari Jumat dan Sabtu di Disney+. 


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.


Eksplorasi konten lain dari Drakor Class – Drakor & Literasi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park