BTS Idol K-pop yang Peduli Kesehatan Mental

Hai Sobat DC!

Bagi saya, sangat penting bagi kita menyediakan waktu untuk mengapresiasi perjuangan diri sendiri. Salah satu cara yang dapat saya lakukan adalah mendengarkan lagu yang memiliki pesan positif untuk mencintai diri sendiri dan menghargai kesehatan mental.

Kalian pernah mendengar istilah bahwa musik adalah bahasa universal? Kalian tahu nggak? Ternyata lewat musik, banyak pesan yang bisa disampaikan, termasuk tentang kesehatan mental.

Isu Kesehatan Mental

Pinterest

BTS adalah salah satu grup yang dikenal berkat pesan-pesan terkait kesehatan mental dalam lirik lagunya. ARMY, kalian masih ingat penggalan pidato dari RM ketika ia menjadi pembicara di acara UNICEF.

“No matter who you are, where you’re from, your skin color, your gender identity. Just speak yourself. Find your name and find your voice by speaking yourself.”

Kata-kata yang penuh inspirasi itu diucapkan secara emosional dan mungkin berhasil mengubah kehidupan seseorang di luar sana.

Kata-kata menginspirasi lain yang diutarakan RM adalah ketika ada seorang penggemar yang curhat di Weverse mengenai kesehatan mentalnya dan merasa kesulitan mengatasi masalah tersebut.

Memang isu mengenai kesehatan mental merupakan topik yang cenderung sensitif jika dibahas, khususnya di depan publik. Perlu pendamping profesional atau at least kita yang mengalaminya langsung, sehingga bisa berbagi pengalaman tentang bagaimana cara mengatasinya.

Sebagai seorang Idola Kpop, beberapa member BTS juga pernah merasakan depresi dan berhasil menanganinya dengan sangat baik, meski melewati tantangan yang berliku. Mereka berani bicara dan kerap menyemangati penggemar terhadap kesehatan mental.

Melalui musik yang BTS bawakan, mereka berusaha merangkul setiap orang yang mengalami depresi lewat lirik lagu yang menyentuh hati.

Baca juga: https://drakorclass.com/2021/03/25/alasan-army-menyukai-bts/

6 Lagu BTS Yang Punya Pesan Positif Untuk Kesehatan Mental

Buat Sobat DC yang sedang butuh semangat dan dorongan, berikut ada 6 rekomendasi lagu BTS yang memiliki pesan baik untuk kesehatan mentalmu.

Yuk simak dan segera masukkan ke playlist kesayanganmu!

1. ‘Epiphany’

Lagu ini dirilis tahun 2018, dibawakan oleh Jin BTS. Lagu ini mengajak pendengarnya untuk menerima dan mencintai diri sendiri.

Sebab, selama ini sering kali seseorang hanya berfokus mencintai orang lain bahkan hingga melakukan apa pun untuk orang yang dicintainya. Padahal, yang seharusnya kita utamakan adalah mencintai diri sendiri.

2. ‘Tomorrow’

Lagu dengan judul Tomorrow ini rilis pada tanggal 12 Februari 2014 dan termasuk dalam list lagu yang ada pada album Skool Luv Affair.

Lewat lagu Tomorrow ini BTS menyampaikan walau ada hari yang paling gelap dalam hidup, BTS menginginkan para pendengarnya untuk beristirahat sejenak dan memperingati mereka untuk tidak pernah menyerah dalam meraih apa yang mereka inginkan.

3. ‘Magic Shop’

Lagu ini terinspirasi dari sebuah metode terapi psikologis di mana pihak satu berperan sebagai penjual dan pihak dua bisa menyerahkan sebuah ‘objek’ yang dimilikinya kepada pihak satu untuk ditukar dengan sesuatu yang lebih baik.

Dalam lagu tersebut, BTS mengatakan kepada ARMY–para penggemar mereka–bahwa mereka bisa mendatangi Magic Shop milik BTS dan boleh menukarkan kesedihan mereka dengan kebahagiaan.

Intinya, untuk memberi dukungan satu sama lain ketika memperjuangkan sesuatu

4. ‘Blue and Grey’

Perasaan depresi dan sedih biasanya di gambarkan dengan warna blue and grey, lagu ini menceritakan sisi gelap dan masa-masa sulit yang biasa orang alami. BTS ingin menyampaikan bahwa ARMY tidak sendirian, kadang dalam masa sulit blue and grey yang kita butuhkan adalah seorang teman.

Khususnya yang kita rasakan selama masa pandemi ini.

5. ‘Reflection’

Lagu ini adalah lagu solo RM dalam album BTS “Wings”. lagu ini bagaikan narasi pribadi RM tentang keraguan dan kecenderungan tidak menyukai diri sendiri yang selalu hadir dan sulit disingkirkan, meskipun ia merasa bahagia dengan hidup yang dijalaninya.

Melalu lagu ‘Reflection’ ini, RM ingin mengajak kita untuk menyingkirkan keraguan terhadap diri sendiri. Meski hal ini sulit untuk dilakukan, tapi tidak mustahil untuk dilakukan.

6. ‘Whalien 52’

BTS telah mengadaptasi Whale 52 menjadi salah satu lagu dari album “The Most Beautiful Moment in Life, Part 2” berjudul “Whalien 52” yang dirilis tahun 2015.

Di lagu ini BTS menggunakan Whale 52, seekor paus yang hidup di lautan yang di mana paus tersebut terus mengeluarkan suara walau tidak seorang pun yang dapat mendengarkannya.

BTS menggunakan analogi itu untuk menyampaikan rasa kesepian yang dirasakan anak muda, seperti yang dialami paus tersebut.

Penutup

Pinterest

BTS dari debutnya pada tahun 2013 memang memiliki fokus untuk memberikan ruang yang aman bagi penggemarnya yang memiliki gangguan kesehatan mental. Lagu-lagu mereka yang fokus pada emosi dan kesehatan mental ini menjadi sangat penting untuk membawa pesan positif.

Banyak mungkin dari kita yang sangat merasa kesepian, sulit menceritakannya dengan orang lain, dan secara bersamaan tidak ingin orang lain tahu akan hal itu. Dengan BTS menyuarakan kesehatan mental ini lewat lagu mereka, membantu banyak orang khusus nya penggemar untuk lebih terbuka dan berani mencari bantuan profesional ketika mengalami hal yang sama.

BTS yang membawa isu kesehatan mental membuat mereka sangat mudah diterima masyarakat dengan berbagai latar belakang, usia, dan kebangsaan. Lagu-lagu yang dirilis BTS bertema kegelisahan anak muda di Korea Selatan, tetapi bisa beresonansi dengan banyak orang di dunia.

BTS juga merupakan grup idol pria pertama yang secara gamblang dan mengglobal menyuarakan pesan untuk mencintai diri sendiri. Bahkan hingga album terbaru mereka, BTS tetap setia mengusung konsep psikologi dan menyertakan pesan-pesan mendalam di dalamnya.

Senang deh rasanya kalau ada idol yang sangat terbuka tentang mental health! Mereka berani bicara dan kerap menyemangati penggemar.

So…

Saat sedang merasa down atau butuh motivasi agar bisa menjalani hidup lebih baik, tak ada salahnya mendengarkan lagu-lagu dari BTS ini ya, Sobat!

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: