Dynamite BTS Menjadi Lagu “Sing a Long” di Dunia

BTS Dynamite

Disadari atau tidak, musik adalah teman terbaik yang akan menemani kita dalam keadaan apapun. Setuju gak? Kalau saya sih iya banget.

Dynamite, BTS
Cover Dynamite BTS

Musik menjadi salah satu hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia, hampa rasanya jika hidup tanpa musik. Seperti halnya saat kita berada di sebuah rumah makan khas daerah pasti terdengar suara musik dengan alunan alat musik khas daerah tersebut atau suara gemericik air untuk menambah kesan dan suasana agar mendukung.

Dalam membangun suasana, banyak musisi berlomba-lomba menciptakan lagu yang sesuai dengan suasana atau bahkan kisah hidup manusia agar terus didengarkan dan menjadi bagian dalam penghidupan suasana cerita tiap individu. Sama halnya dengan yang dilakukan boygroup asal Korea Selatan, Bangtan Seonyeondan atau lebih dikenal dengan sebutan BTS.

Single Dynamite dari BTS

BTS merilis single dan MV Dynamite pada 21 Agustus pukul 11.00 WIB. Dynamite merupakan lagu ceria dengan genre disko pop. Lagu ini ditulis oleh David Stewart dan Jessica Agombar. Dynamite mengajak para pendengarnya tetap berbahagia dan percaya diri, juga lebih menghargai kehidupan.

Personil BTS
Personil BTS

Dan siapa sangka ternyata lagu ini langsung menjadi lagu “sing a long” di dunia. BTS mendapatkan banyak pujian karena lagu terbarunya ini.

Video musik yang diupload di Youtube pada 21 Agustus ini, mendapatkan jutaan viewers dalam waktu singkat. 10 juta viewers dalam waktu 20 menit! Ini adalah video yang tercepat mendapat banyak viewers dalam sejarah Youtube. Dan setelah 2 jam, total viewers totalnya sudah 29 juta. Wow!

Menjadi Trend Global Dalam Waktu Singkat

Saat ini MV Dynamite jadi video musik BTS ke-3 yang raih 1 miliar views di YouTube setelah “DNA” dan “Boy With Luv” (feat. Halsey).

Dynamite 1 billion views
Dynamite Movie 1 billion views on YouTube

Selain itu, BTS menjadi trending topic di Twitter tak lama setelah MV Dynamite dirilis. Dynamite MV, #DynamiteToday, Jeon Jungkook, Kim Taehyung, hingga #BTSDynamite berhasil masuk dalam trending topic.

Tidak sampai disitu saja, lagu Dynamite milik BTS ini menghabiskan tiga minggu berada di posisi no. 1 Billboard Hot 100, lalu menempati posisi nomor 1 di Billboard Global 200 dan juga Billboard Global 200 Excluding United States

BTS menjadi Artis pertama dalam sejarah menempati posisi satu secara bersamaan di semua charts utama di Billboard.

BTS telah mendobrak anggapan umum bahwa artis idola semata-mata dikenal berkat tampilan visual. Pasalnya, seperti yang kita ketahui, BTS sukses dikenal hingga kancah internasional oleh karena kerja keras dan karya lagunya yang sangat inspiratif.

Bagi yang belum tau tentang single terbaru BTS ‘Dynamite’, coba liat dulu:

Movie Dynamite di Youtube

Pencapaian lagu Dynamite ini tergolong sangat luar biasa. Namun yang menjadi pertanyaan adalah alasan kenapa lagu Dynamite ini, seperti namanya, meledak hingga mampu memecahkan rekor jumlah streaming MV terbanyak dalam 24 jam.

Penasaran? Yuk simak di bawah ini.

Lirik ‘Dynamite’ dalam Bahasa Inggris

Penggunaan full bahasa Inggris ini tentu mengejutkan ARMY, sebutan untuk penggemar BTS. Pasalnya, boygrup beranggotakan 7 pemuda ganteng ini mengatakan tidak akan mengeluarkan single berbahasa Inggris lantaran tak ingin menghilangkan identitas Korea yang dimilikinya.

Rupanya RM cs ini mengungkapkan bahwa mereka ingin keluar dari zona nyaman mereka selama ini. Lebih tepatnya, mereka menghilangkan jarak dengan para penggemar di seluruh dunia melalui lagu berbahasa Inggris ini.

Tapi tenang saja BTS tetap ingin menjaga identitas dan keaslian mereka meskipun kali ini tidak menggunakan bahasa ibu dalam lagu terbarunya.

Meskipun lagu-lagu lainnya yang berbahasa Korea juga mendapatkan banyak pujian dan penghargaan, namun lagu ‘Dynamite’ ini berhasil menarik perhatian seluruh dunia meskipun mereka bukanlah ARMY.

Penggunaan lyric full bahasa Inggris memberikan impact yang positif terutama bagi para fans Internasional. Karena mereka bisa lebih mudah memahami lagu dan juga untuk ikutan sing along, sehingga mereka lebih punya keinginan untuk memutar ulang MV ini.

Genre Lagu, Chord yang Sederhana dan Berulang

Lagu ini mudah terngiang-ngiang di kepala. Karena chord yang dibawakan sederhana dan repetitive membuatnya mudah masuk ke telinga. Melihat music video ini dan mendengarkan lagunya, kita bakal teringat dengan lagunya yang berjudul Boy With Luv. Set dan pakaian yang digunakan juga mengingatkan. Tapi yang satu ini agak berbeda, nadanya lebih ceria dan catchy. Dan yang pasti lebih fresh.

Mengambil tema irama disko di era tahun 80-an, BTS seakan-akan mengajak para fans dan pendengarnya untuk menari bersama dan bernostalgia!

Makna Dibalik Lirik Lagu ‘Dynamite’ 

Di luar itu, ada beberapa makna tersembunyi yang Ingin BTS sampaikan dibalik lagu DYNAMITE

Pesan lagu pertama terekam dalam lirik berikut:

This is getting heavy
Can you hear the bass boom? I’m ready
Life is sweet as honey
Yeah, this beat cha ching like money
Disco overload, I’m into that, I’m good to go

Mereka ingin membuat kita terus mengingat, seberat apapun yang kita hadapi sekarang, hidup ini indah. Ada banyak hal sederhana di sekitar kita yang bisa membuat kita bahagia, contohnya musik.

I’m diamond, you know I glow up
Hey, so let’s go

Mereka mengajak kita melihat diri kita dengan gambar diri yang positif. Kita ini permata yang bersinar. Jangan pernah memandang rendah diri sendiri.

Indah kan?

Lalu pesan berikutnya diulang-ulang terus di lirik berikut ini:

Cause, ah-ah, I’m in the stars tonight
So watch me bring the fire and set the night alight
Shining through the city with a little funk and soul
So I’ma light it up like dynamite, whoa

Sekali lagi, pandanglah diri kita dengan cara yang positif. Mereka ingin kita semua bisa melihat bahwa kita bisa bersinar. Kita bisa jadi terang meskipun di malam hari (masa pandemi). Kita bisa melakukan banyak hal: menikmati musik, menari, atau menolong orang lain (menjadi berkat bagi sesama).

Jam Unggahan Lebih Awal

Biasanya, MV-MV K-Pop diupload sekitar Pkl 18.00 Waktu Korea atau Pkl 16.00 WIB. Namun untuk MV Dynamite diupload lebih awal, yaitu Pkl 13.00 Wakut Korea atau Pkl 11.00 WIB.

Karena diupload di siang hari sehingga para fans punya waktu yang panjang untuk menonton MV ini

Penutup

Menurut saya, Dynamite adalah lagu uplifting yang menguatkan dan menghibur semua orang di masa pandemi ini. Karena lagu ini berbeda dengan lagu-lagu BTS terdahulu yang banyak mengangkat isu kesehatan dan self love, lagu Dynamite benar-benar ringan dan segar. Mengajak semua orang untuk menikmati hidup dan bersenang-senang.

Intinya adalah, BTS sepertinya ingin mengajak seluruh pendengarnya untuk terus bersemangat dalam menjalani hidup.

Masalah mungkin datang, namun jangan pernah lupa bahwa kalian adalah pemeran utama dalam hidup ini. Jangan pernah menyerah, kalian adalah bintangnya!

Your life is sweet, so light it up like dynamite 💜

Baca Juga

1 Komentar

  1. […] dengan durasi kurang lebih tiga menit ini merupakan lagu kedua setelah Dynamite yang memiliki lirik berbahasa inggris secara keseluruhan. ‘Butter’ bergenre dance-pop […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: