IG Live Drakor Class "Annyeonghaseo Chingudeul": Perempuan dalam Dunia Patriarki

annyeonghaseyo chingudeul

Jumpa lagi di acara IG Live Drakor Class “Annyeonghaseo Chingudeul”. Kali ini kita akan banyak ngobrolin topik perempuan ya !!

Kemarin, pasti chingudeul tahu kan kalo 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Nah masih dalam suasana merayakan Hari Kartini, di IG Live nanti kita akan mengangkat kisah film Kim Ji-young, Born 1982.

Film “Kim Ji-young, Born 1982

Poster Kim Ji Young, Born 1982
Film Kim Ji – young, Born 1982 | wikipedia

Buat yang sudah nonton filmnya, pasti tahu ya klo cerita dalam film ini related banget dengan kehidupan nyata para perempuan, khususnya yang hidup dalam kultur patriarki.

Film ini menceritakan tentang Ji-young, seorang ibu rumah tangga yang mulai kehilangan jati diri karena terjerumus dalam rutinitas. Menjadi ibu rumah tangga dalam masyarakat patriarki itu tidak mudah.

Banyaknya tututan kepada para perempuan seringkali menjadi sumber depresi bagi perempuan. Termasuk yang dialami oleh Ji-young ini.

Cerita menjadi ibu baru isu depresi pasca melahirkan ini juga mengingatkan sedikit pada drakor Birthcare Center yang sudah banyak dibahas di blog drakorclass ini.

Perempuan dalam Masyarakat Patriarki

Nanti kita bakal banyak ngobrolin persoalan sosial bagi perempuan dalam masyarakat patriarki. Banyak tuntutan dan diskriminasi yang dialami perempuan. Tentu semua ini nggak mudah. Bahkan beberapa perempuan sampai mengalami depresi.

definisi patriarki
definisi patriarki menurut kbbi daring

Seperti itulah yang dulunya sudah mulai diperjuangkan oleh Kartini. Bagaimana Kartini harus berjuang melawan kultur patriarki yang sering kali tidak ramah pada perempuan. Dimulai dengan memberikan kesempatan bagi perempuan untuk mengenyam pendidikan.

Acara IG Live besok akan dipandu oleh Re Ra, classmate Drakor Class yang seorang ibu rumah tangga dan freelancer. Sedangkan narsumnya ada Cha Ree, dosen Prodi Urban Studies di Waseda University, Tokyo Jepang dan Kim De Ya, Ibu rumah tangga lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Cha Ree akan bercerita tentang bagaimana pengalaman menghadapi diskriminasi bahkan di negara maju. Sedangkan Kim De Ya akan membahas depresi yang sering dialami oleh perempuan pasca melahirkan, seperti yang diangkat dalam film Kim Ji Kim Ji-young, Born 1982.

Seru? Seru banget malah!!

Dont Miss It

Jadi jangan lupa ya, saksikan Annyeonghaseo Chingudeul ini…

Kapan dan dimana?

Ya tentu di IG Live Drakor Class ya…

Catet waktunya :

Hari/Tanggal : Jumat, 23 April 2021
Pukul : 20.00 WIB

Sebelumnya jangan lupa follow IG @drakorclass ya

See u…

dk

"Ibu rumah tangga yang juga berprofesi sebagai blogger dan penulis buku. Suka menulis seputar parenting dan life style. Bucinnya Jo Jong Suk 🤭"

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Mei 9, 2021

    […] 21 April 2021, kami mengusung tema mengenai perempuan. Topik yang diangkat adalah tentang “Perempuan Dalam Dunia Patriarki“. Hot yaa […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: