Ulasan Drama “Backstreet Rookie” (2020)

Kim Yoo Jung

Kim Yoo Jung, si aktris imut yang sekarang sedang membintangi drama “Lovers of the Red Sky” (2021), pernah menjadi seorang penjaga toko dalam drama berjudul “Backstreet Rookie” (2020). Drama ini diadaptasi dari webtoon berjudul “Convenience Store Saet Byul” karya Hwalhwasan. Meskipun sudah tayang pada tahun 2020, namun saya baru selesai menontonnya beberapa hari yang lalu.

Bagaimana kesan saya terhadap drama ini? Yuk simak ulasannya. Tapi bagi yang belum menonton saya peringatkan bahwa mungkin akan banyak spoiler di sepanjang ulasan. Selamat membaca.

Profil Drama “Backstreet Rookie” (2020)

Poster Backstreet Rookie
Poster Drama “Backstreet Rookie”

Judul: Backstreet Rookie

Genre: Komedi, Romantis, Slice of Life

Sutradara: Myoungwoo Lee

Pengarang: Son Geun Joo

Jaringan penyiar: SBS TV

Tanggal rilis: 19 Juni 2020

Bahasa: Korea

Negara: Korea Selatan

Pemeran Drama “Backstreet Rookie” (2020)

Pemeran Utama

Kim Yoo Jung, Ji Chang Wook, Han Sun Hwa dan Fo Sang Woo
Kim Yoo Jung, Ji Chang Wook, Han Sun Hwa dan Fo Sang Woo

Kim Yoo Jung sebagai Jung Saet Byul. Seorang gadis yatim piatu yang memiliki kemampuan bela diri di atas rata-rata.

Ji Chang Wook sebagai Choi Dae Hyun. Seorang pria tampan dan baik hati yang membuka sebuah toko serba ada.

Han Sun Hwa sebagai Yoo Yeon Joo. Pacar Choi Dae Hyun. Seorang wanita cantik dan cerdas yang berasal dari keluarga kaya.

Do Sang Woo sebagai Joo Seung Joon. Direktur kantor pusat yang membawahi toserba Choi Dae Hyun. Juga teman baik Yoo Yeon Joo.

Pemeran Pendukung

Um Moon Suk, Ahn Sol Bin, Seo Ye Hwa, Kim Min Kyu
Um Moon Suk, Ahn Sol Bin, Seo Ye Hwa, Kim Min Kyu

Um Moon Suk sebagai Dal Sik. Sahabat Choi Dae Hyun yang berprofesi sebagai penulis webtoon.

Ahn Sol Bin sebagai Jung Eun Byul. Adik Jung Saet Byul.

Seo Ye Hwa sebagai Hwang Geum Bi. Sahabat Jung Saet Byul sekaligus putri kepala sekolah di sekolah Jung Eun Byul.

Kim Min Kyu sebagai Kang Ji Wook. Teman masa kecil Jung Saet Byul yang menjadi model dan aktor terkenal.

Sinopsis Drama “Backstreet Rookie” (2020)

Jung Saet Byul sudah lama menyimpan perasaan kepada Choi Dae Hyun. Pada suatu hari Saet Byul melamar sebagai pekerja paruh waktu di toserba Dae Hyun agar bisa lebih dekat dengannya. Namun sayangnya setelah bekerja di sana, Saet Byul menemukan fakta bahwa Dae Hyun sudah memiliki kekasih.

Jung saet byul, choi dae hyun
Jung Saet Byul dan Choi Dae Hyun

Choi Dae Hyun sangat sayang kepada kekasihnya, Yoo Yeon Joo. Bahkan dia tidak tergoda oleh pesona Saet Byul yang sering menggodanya. Sayangnya, Yeon Joo sering salah paham dan merasa cemburu kepada Saet Byul sehingga membuat hubungan keduanya mulai merenggang.

Joo Seung Joon yang melihat Yeon Joo sering terlihat bersedih pun merasa kasihan. Apalagi selama ini dia juga menyimpan perasaan kepada Yeon Joo. Seung Joo pun berusaha menghibur Yeon Joo. Bahkan sedikit banyak memberikan saran untuk mengakhiri saja hubungannya dengan Dae Hyun.

Suatu hari Yeon Joo datang menemui Dae Hyun untuk berbaikan setelah sekian kali terjadi kesalahpahaman di antara mereka. Namun saat mengetahui Seat Byul tinggal di rumah Dae Hyun, Yeon Joo kembali marah dan tidak mau menerima penjelasan Dae Hyun. Bahkan Yeon Joo meminta untuk mengakhiri hubungan mereka. Padahal Saet Byul tinggal di rumah Dae Hyun atas kemauan ibunya yang tidak tega melihat Saet Byul menginap di sauna setelah kehilangan tempat tinggal akibat penipuan.

Yeon joo, dae hyun
Yeon Joo dan Dae Hyun

Situasi itu diperparah dengan campur tangan ibu Yeon Joo yang berusaha memisahkan anaknya dengan sang kekasih sampai melibatkan ayah dan ibu Dae Hyun. Dae Hyun yang awalnya masih ingin memperbaiki hubungan dengan Yeon Joo semakin sakit hati saat mengetahui perlakuan ibu Yeon Joo kepada kedua orang tuanya. Dae Hyun akhirnya memutuskan untuk tidak mau berhubungan lagi dengan Yeon Joo.

Saet Byul yang tahu bahwa Dae Hyun telah berpisah dengan Yeon Joo pun tidak mau menyia-nyiakan kesempatan. Dia datang menghibur Dae Hyun yang sedang bersedih hati dan menyendiri di tepi pantai. Ternyata apa yang dilakukan Saet Byul ini berdampak pada hubungan mereka ke depannya. Apakah usaha Saet Byul memenangkan hati Dae Hyun membuahkan hasil? Tonton sendiri, ya.

Selain konflik cinta segi empat antara Saet Byul, Dae Hyun, Yeon Joo dan Seung Joon, masih banyak konflik lain yang diangkat dalam drama ini. Salah satunya adalah perjuangan adik Saet Byul, Jung Eun Byul untuk menjadi seorang penyanyi (idol) yang melibatkan aktor terkenal bernama Kang Ji Wook. Juga konflik antara kedua orang tua Dae Hyun terkait cinta pertama sang ayah. Selain itu masih ada pula kisah love hate relationship antara Dal Sik, sahabat Dae Hyun, dengan Geum Bi, sahabat Seat Byul.

Kesan Setelah Menonton Drama “Backstreet Rookie” (2020)

Dari segi cerita sebetulnya drama ini tidak begitu menarik. Konflik percintaan tokoh utamanya tidak begitu membuat penasaran. Apalagi Jung Saet Byul, sang tokoh utama wanita, yang awalnya menjadi orang ketiga dalam hubungan Dae Hyun dan Yeon Joo bagi saya cukup mengganggu.

Belum lagi adegan di episode awal ketika Saet Byul diceritakan masih murid SMA dan mencium Dae Hyun yang berusia 7 tahun lebih tua darinya. Ciuman pelajar berseragam ini menuai banyak kontra dari masyarakat. Mungkin karena itu episode-episode berikutnya bersih dari adegan ciuman.

Lalu apa yang membuat saya bertahan menonton drama ini hingga selesai? Salah satunya adalah pesona Kim Yoo Jung yang terasa sangat imut sekaligus kuat di drama yang satu ini. Akhir-akhir ini saya memang suka tokoh drama yang ceria, strong dan tidak menye-menye saat menghadapi masalah.

Alasan lainnya adalah perpaduan konflik-konflik yang terjadi dalam drama ini malah membuat keseluruhan cerita lebih menarik untuk diikuti. Terutama saat orang tua Dae Hyun berurusan dengan orang tua Yeon Joo. Juga konflik yang dihadapi adik Saet Byul untuk sukses menjadi seorang idol.

Dari kedua konflik itu saya belajar betapa dukungan keluarga itu sangat penting. Mungkin keluarga kita tidak sempurna, tapi merekalah yang akan paling pertama membela dan membantu ketika kita ada masalah. Keluarga dan orang tua jugalah yang selalu mengharapkan hal-hal terbaik dalam hidup kita. Meskipun kesalahpahaman sangat mungkin terjadi, namun dengan komunikasi yang baik semua bisa diselesaikan dengan damai.

Agedan-adegan lucu dan komikal juga menjadi salah satu hal yang menarik untuk diikuti. Belum lagi ditambah kejutan-kejutan yang muncul. Misalnya saja kenyataan bahwa ternyata ayah Dal Sik begitu kaya raya membuat saya penasaran bagaimana kehidupan dia selanjutnya. Tapi tentu saja hal itu tidak akan diceritakan lebih lanjut karena bukan dia tokoh utamanya.

Dari drama ini saya jadi tahu bagaimana kehidupan pengelola toserba dan masalah-masalah yang dihadapi, terutama di Korea Selatan. Karena pasti berbeda tantangan di sana dengan di negara kita. Selain itu saya jadi sadar di sana pekerja kantoran dianggap jauh lebih istimewa dibanding wirausahawan. Sedikit berbeda dengan mindset saya yang hidup di Indonesia. Mungkin karena penghasilan pekerja kantoran disana jauh lebih besar dibandingkan wirausahawan.

Penutup

Setelah membaca ulasan ini, bagi kalian yang sudah menonton apakah kalian setuju dengan apa yang saya sampaikan? Bagi yang belum menonton apakah jadi tertarik untuk menonton? Meskipun tidak begitu istimewa saya tetap merekomendasikan drama ini untuk ditonton bagi kalian yang suka drama ringan. Tapi pastikan tidak menontonnya dengan anak di bawah umur ya.

Selamat menonton!

Asri

Ibu muda yang suka membaca, menulis, menonton, makan, dan jalan-jalan.
Cerita jalan-jalan saya bisa dibaca di http://www.asrilestari.com sedangkan tulisan lainnya bisa diintip di https://catatansangpemimpikecil.blogspot.com

Baca Juga

3 Komentar

  1. kalau nontonnnya dengan anak di bawah umur, paling sensor bagian depan dan bagian si penulis webcomic aja, hehe. Ide drama ini menarik, eksekusinya yang agak kurang menarik. Kasian JCW abis wamil blom ada project yg sukses

    1. Iya ya.. yg lovestruck juga kurang laku kayanya…

      1. Salah milih proyek jcw, terlalu kejar setoran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: