Shin Hyun Bin, si Musim Dingin yang Hangat

SHINHYUNBIN

Sejak tayang Hospital Playlist musim pertama, aku sudah nge-ship berat sama pasangan Winter Garden, yaitu dr. Ahn Jeong Won dan dr. Jang Gyeo Ul. Julukan itu sendiri diambil dari nama mereka berdua; Jeong Won berarti taman, dan Gyeo Ul berarti musim dingin. 

Mereka berdua tampil jadi pasangan manis yang saling menerima dan saling mendukung. Jeong Won si lembut hati dan Gyeo Ul yang pintar, pekerja keras, dan doyan makan. Duh, berasa ngaca… #gubrak

Pasangan Winter Garden ini sama-sama idola di Yulje Hospital. Jeong Won adalah idola para ibu pasien kecilnya, para dokter muda dan juga perawat. Sedangkan Gyeo Ul adalah idola para dokter bedah senior yang kerap mengantri untuk memintanya menjadi asisten di ruang operasi. 

Jangan lupa, baca juga artikel ini ya, Chingudeul…

Gyeo Ul menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah sakit. Ia sangat berdedikasi pada pekerjaan dan para pasiennya. Pembawaannya kaku, namun sesungguhnya dia punya hati yang lembut. Paling suka melihat perubahan wajah Gyeo Ul yang lelah, namun berubah cerah dengan senyum tersipu ketika pintu lift terbuka dan menemukan sosok Ahn Jeong Won di dalam. “Annyeonghaseyo….” #shipperbahagia 

Karakter Gyeo Ul sering tampil dengan rambut awut-awutan habis keramas yang dikuncir seadanya dan jauh dari kesan modis. Bukan berarti tidak ada penggemarnya, karena ternyata dia menjadi tipe wanita idaman salah satu dokter muda di Yulje Hospital. Hal ini berhasil bikin Ahn Jeong Won cemburu. Duh, gemushh lihatnya… 

Karakter dr. Jang Gyeo Ul diperankan oleh seorang aktris cantik Korea Selatan, Shin Hyun Bin. Sahabat mau kenalan lebih jauh atau lebih dekat, nih? Hahaha… Yuk lah kita langsung saja berkenalan dengan Hyun Bin-eonni.   

PROFIL 

Shin Hyun Bin (sumber: Esquire)
Shin Hyun Bin (sumber: Esquire)

Pemeran dokter bedah yang nge-fans dengan Bangtan Boys ini dikenal sangat menjaga privacy-nya, sehingga tidak banyak hal pribadi yang diekspos bagi publik dan penggemar. Bukan berarti Shin Hyun Bin anti dengan media sosial. Penggemar dapat mengikuti kesehariannya lewat akun Instagram @hyunbeenshin.  

Shin Hyun Bin adalah seorang anak tunggal. Dia lahir tanggal 10 April 1986 dengan nama Kwak Hyun Bin. Shin adalah seorang yang berpendidikan. Namun tidak seperti kebanyakan aktor dan aktris Korea Selatan lainnya, yang mendalami akting atau perfilman, Shin mendapatkan gelar sarjananya di bidang Art Theory di Korea National University of Arts (K-ARTS). 

Sejak kecil, Shin sudah tertarik pada lukisan. Namun ketika menempuh pendidikan di K-ARTS, ia menyadari ternyata minatnya tidak sebesar teman-teman sekelasnya. 

Dalam wawancaranya dengan majalah Esquire, Shin menyampaikan, “Kalau saja aku berbakat di bidang seni (rupa), mungkin saat ini aku masih mendalaminya. Tidak gampang untuk melepaskannya. Aku cukup terkejut ketika menyadari ternyata aku tidak memiliki minat yang cukup besar untuk mendalami seni tersebut.” 

Pada tahun pertama di kampus, seorang dosen merekomendasikan sebuah film dokumenter. Film ini menceritakan tentang para pelaku seni jalanan, yang berkarya karena passion dan bukan sekadar untuk mendapatkan bayaran. Ketika itulah dia tersadar, bahwa manusia seharusnya melakukan sesuatu karena passion

Setelah lulus dari K-ARTS, Shin merasa tidak cukup berbakat untuk menjalani hidup berprofesi sebagai seniman. Selama ini Shin sudah melirik bidang seni peran. Digerakkan oleh keinginan untuk mengejar passion, maka setelah lulus dari K-ARTS, Shin pun memutuskan untuk mencoba bidang ini. 

Dalam wawancara lainnya, Shin juga menyampaikan bahwa awalnya dia merasa ilmu yang diperolehnya di bidang seni tidak berhubungan dengan profesinya sekarang. “Namun kemudian aku menyadari bahwa ilmu yang kudapat dulu ternyata banyak mempengaruhi dan memperkaya kemampuan aktingku.” 

PERJALANAN KARIER

Pada tahun 2010, Shin mengawali kariernya di bidang akting lewat penampilan perdananya pada sebuah film Korea berjudul “He’s on Duty”. Film ini adalah sebuah black comedy yang mengisahkan isu-isu rasial di Korea Selatan. 

Pada film ini, Shin berperan sebagai Jang Mi, seorang wanita imigran asal Vietnam. Shin berpasangan dengan Kim Ik Won, seorang aktor senior Korea Selatan.

Shin sebagai Jang Mi pada film "He's On Duty" (sumber: AsianWiki)
Shin sebagai Jang Mi pada film “He’s On Duty” (sumber: AsianWiki)

Penampilan Shin dalam film ini mencuri perhatian para pegiat dan penggemar perfilman Korea Selatan. Setelah debutnya, Shin menerima banyak sekali tawaran untuk bermain film. 

Kemampuan aktingnya dalam film ini pun mendapatkan pengakuan, dan Shin memboyong pulang penghargaan sebagai Aktris Pendatang Baru Terbaik pada 2011 Baeksang Arts Awards

Selanjutnya Shin bermain dalam banyak film Korea, seperti “The Lost Choice” (2015), “Seven Years of Night” (2018) dan “Confidential Assignment” (2010). Film terbaru yang dibintangi Shin adalah “Beasts Clawing at Straws” (2020), bersama Bae Seung Woo dan Jung Woo Sung. Film ini disertakan dan ditayangkan pada International Film Festival Rotterdam ke-49 dalam Tiger Competition.

Poster Film "Beasts Clawing at Straws" (sumber: windowsonworlds.com)
Poster Film “Beasts Clawing at Straws” (sumber: windowsonworlds.com)

Dalam film ini, Shin berperan sebagai Mi Ran. Mi Ran adalah istri yang menjadi korban KDRT oleh suaminya. Ia menemukan kesempatan untuk lari dari penderitaannya ketika seorang pria menawarkan untuk membunuh suaminya. Sebagai bayarannya, pria ini meminta bagian dari asuransi jiwa sang suami. 

Akting Shin dalam film ini membawanya mendapatkan nominasi sebagai Aktris Pendatang Baru Terbaik pada ajang Blue Dragon Film Awards 2021.

Yuk kita saksikan akting Shin sebagai Mi Ran dalam cuplikan video berikut ini.

Cuplikan Film “Beasts Clawing at Straws” (sumber: YouTube/815Pictures)

NEXT PROJECT

Shin selalu memberikan penampilan maksimal dalam setiap perannya. Dia mampu membuat setiap karakter yang diperankannya menjadi istimewa. Seperti memakai topeng, penampilan Shin selalu berubah-ubah pada setiap film atau drama. Hal ini membuat para penggemar kadang tidak mengenali Shin. 

Kemampuan ini membuat Shin tidak pernah sepi tawaran film dan drama. Karakter yang diperankannya pun sangat beragam. Mulai dari pengacara dalam drama “Argon” (2017), reporter dalam drama “Confession” (2019), sampai dokter bedah dalam drama Hospital Playlist. 

Berikut dua drama baru Shin yang direncanakan akan tayang dalam waktu dekat.

Reflection of You

Bulan depan, penggemar dapat kembali menyaksikan kemampuan akting Shin dalam drama yang berjudul “Reflection of You”. Selain Shin, drama ini juga dibintangi oleh Go Hyun Jung, Kim Jae Young, dan Choi Won Young. 

Poster Drama "Reflection of You" (sumber: Wikipedia)
Poster Drama “Reflection of You” (sumber: Wikipedia)

Drama ini dibuat berdasarkan novel yang ditulis oleh Jung So Hyeon. Dikisahkan seorang wanita, Jeong Hae Joo (Go Hyun Jung) yang adalah seorang pelukis dan penulis sukses. Suaminya, Ahn Hyeon Seong (Choi Won Young) adalah seorang yang kaya dan berpengaruh. Bersama kedua anaknya, mereka tampil sebagai pasangan dan keluarga yang sempurna. 

Namun sebenarnya Hae Joo tidak puas dan merasa bosan dengan hidupnya. Ia merasa kehilangan arah dan tujuan. Ketika itulah dia bertemu dengan Goo Hae Won (Shin), seorang guru seni, yang hidupnya pas-pasan namun bahagia. 

Rencananya drama ini akan ditayangkan mulai tanggal 13 Oktober 2021 di stasiun televisi JTBC. Psst… kabarnya juga akan ditayangkan di Netflix lho… YAY! 

Chaebol Family’s Youngest Son

Akhirnya terkonfirmasi juga bahwa Shin akan berpasangan dengan Song Joong Ki dalam drama terbaru JTBC berjudul “Chaebol Family’s Youngest Son”. Drama bergenre fantasi ini diangkat dari web novel yang berjudul sama, dan rencananya akan ditayangkan tahun 2022.

Berpasangan dengan Song Jong Ki dalam drama "Chaebol Family's Youngest Son" (sumber: Soompi)
Berpasangan dengan Song Joong Ki dalam drama “Chaebol Family’s Youngest Son” (sumber: Soompi)

Dikisahkan Yoon Hyun Woo (Song Joong Ki), seorang sekretaris keluarga chaebol yang setia pada Grup Sunyang. Namun ia dijebak dan tak lama meninggal dunia. Kemudian Hyun Woo bereinkarnasi menjadi Jin Do Joon, anak bungsu keluarga tersebut. Dalam kehidupannya ini, ia berniat untuk membalas dendam dengan mengambil alih usaha keluarga Sunyang.

Shin berperan sebagai Seo Min Young, seorang jaksa anti korupsi. Seo Min Young sering disebut sebagai “malaikat pencabut nyawa Grup Sunyang”, karena dia selalu berusaha membongkar berbagai bisnis ilegal milik keluarga tersebut. 

Tentu saja Seo Min Young juga berurusan dengan Jin Do Joon. Dalam usaha mewujudkan ambisi masing-masing, mereka kadang-kadang harus berseberangan. Hubungan mereka sudah seperti judul lagunya Def Leppard, “When Love and Hate Collide”. 

Akankah kapal “Winter Garden” oleng, Chingudeul? Mari kita nantikan penayangannya. 

sweeney

Natural born romance junkie with introverted sensing and extroverted thinking.
Setelah lama vakum, kembali rutin menulis di blog http://dwitobing.blogspot.com/ .
Penggemar makanan enak, pecandu kisah cinta, dan pengagum para oppa tampan.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: