3 Drama Musikal Korea Raih Rating Tinggi

drama musikal Korea

Annyeong…!

Masih bersama VIP_Ahin_Jisung. Membaca dari nama yang saya kenakan, sudah tahulah ya, kalau saya suka sama siapa, hehehe. Selamat menikmati tulisan-tulisan saya dan rekan-rekan Drakor Class di web ini, ya.

drama musikal Korea

Tahun 2020 akan segera berakhir, berbagai macam genre drama Korea (drakor) sudah ditayangkan, tapi ada satu genre yang begitu menarik perhatian saya yaitu drama musikal. Mengapa saya suka dengan drama musikal?

Alasan saya sebab drama musikal itu romantis dan indah. Sebut saja drama musikal Hollywood La La Land. Drama musikal yang dibintangi oleh Ryan Gosling dan Emma Stone ini sukses besar hingga seluruh dunia.

Mulai dari tata kamera, lagu-lagunya, baju-bajunya, dan alur ceritanya semua terasa indah nan romantis, setuju? Itulah alasan dasar mengapa saya suka drama musikal.

Maka dari itu, pas ada genre drama musikal Korea, langsung cuss nonton saja dan benar dong, semua drama Korea (drakor) itu berkesan di hati. Mau tahu drama musikal Korea yang raih rating tinggi di 2020 ini? Terusin bacanya di sini, ya.

Sinopsis 3 Drama Musikal Korea

Drama musikal Korea pertama yang mempunyai rating tinggi adalah Hospital Playlist. Diambil dari fimela.com (01/06/2020), rating episode terakhir Hospital Playlist raih rating sebesar 14,14 persen untuk nasional. Sementara untuk rating penonton di kawasan Seoulnya mencapai 16,71 persen.

Perolehan rating tertinggi buat Hospital Playlist juga membuat drama musikal Korea yang satu ini, menjadi trending topik di twitter. Hospital playlit menjadi pembicaraan publik di twitter dan berada di posisi ketiga di trending topik dunia.

Wagila, sih ya. Memang Hospital Playlist ini cerita tentang apa? Hospital Playlist ini bercerita tentang kehidupan sehari-hari orang-orang yang berada di bidang medis.

Sinopsis Hospital Playlist

hospital playlist drama musikal korea

Bercerita tentang 5 orang sahabat yang berprofesi sebagai dokter spesialis. Mereka adalah Dokter Saraf Song Hwa (dibintangi Jeon Mi Do), Dokter Kandungan Seok Hyung (dibintangi Kim Dae Myung), Dokter Internis Ik Joon (dibintangi Jo Jung Suk), Dokter Jantung Joo Wan (dibintangi Jung Kyung Ho), dan Dokter Anak Jung Won (dibintangi Yoo Yeon Suk).

Persahabatan kelima dokter spesialis itu sudah berlangsung selama 20 tahun. Tentu saja mereka punya karakter yang berbeda-beda. Dimulai dari Song Hwa satu-satunya perempuan dari 5 sahabat itu dan sekaligus menjadi jangkar atau sosok ibu buat keempat lainnya. Disusul dengan Seok Hyung yang paling tertutup diantara yang lain, tapi begitu mencintai ibunya.

Bila ada si tertutup, maka ada yang selalu menjadi pusat perhatian yaitu Ik Joon, si jenius dan selalu bisa melakukan apa saja. Jika ditambah dengan si jutek Joo Wan, maka Ik Joon ada lawan tandingnya.

Bila Ik Joon si jenius yang cenderung santai serta suka bercanda, maka Joo Wan adalah jenius yang cenderung serius dan selalu teliti dengan pekerjaannya. Nah, bila dilengkapi dengan Jung Won yang welas asih, maka kelima sahabat ini semakin mempesona.

Perbedaan karakter mereka memang terlihat saling menguatkan satu sama lain. Memang sering ada ketidakcocokan tapi mereka bisa kompak dan serius jika berkaitan dengan menyelamatkan nyawa seseorang.

Lalu dimanakah sisi drama musikalnya? Bila kelima dokter spesialis tersebut lelah dengan pekerjaannya, maka pelampiasan dalam melepaskan stresnya adalah nge-band.

Inilah salah satu scene favorit saya di saat mereka nge-band,

Itulah sekilas cerita tentang Hospital Playlist.

Sinopsis Drakor Do You Like Brahms

do you like brahms drama musikal Korea

Drama musikal Korea yang kedua peroleh rating tinggi itu Do You Like Brahms. Dirilis dari soompi.com (23/09/2020), Nielsen Korea menyampaikan kalau episode 8 drama Do You Like Brahms mencatat peringkat nasional rata-rata 4,4 persen dan 6,3 persen. Hal ini menjadi tolak ukur terbaik dari drama ini, yang sebelumnya mencatat 5,8 persen dalam penayangan episode perdananya.

Do You Like Brahms bercerita tentang Park Joon Young (dibintangi oleh Kim Min Jae), berprofesi sebagai pianis. Ia menjadi terkenal setelah menjuarai kompetisi musik ‘Choppin’. Namun dibalik ketenarannya ternyata dia tidak bahagia. Mengapa?

Ternyata, Park Joon Young sudah menjadi tulang punggung bagi keluarganya yang terjerat hutang. Semua hadiah uang hasil lomba dan manggungnya keliling dunia digunakan untuk membayar hutang ayahnya dan kebutuhan hidup keluarganya.

Itulah yang akhirnya membuat Park Joon Young menjadi pribadi tertutup dan sulit mengutarakan perasaannya. Kepribadiannya itu juga ia tunjukkan kepada kedua sahabatnya Han Hyun Ho (dibintangi Kim Sung Cheol) dan Lee Jung Kyung (dibintangi Park Ji Hyun). Sehingga Park Joon Young harus mengalami cinta bertepuk sebelah tangan kepada Lee Jung Kyung.

Akan tetapi pertemuannya dengan seorang gadis yang bernama Chae Song Ah, pelan-pelan membuat Park Joon Young berubah. Dia jadi lebih terbuka dan mau tersenyum kepada siapa saja. Siapakah gadis bernama Chae Song Ah ini?

Chae Song Ah adalah seorang murid jurusan biola tingkat akhir. Ia satu universitas dengan Park Joon Young. Pertemuan pertama mereka adalah karena proyek magang yang diadakan oleh lembaga atau yayasan yang dimiliki oleh Universitasnya. Dari situlah mereka berdua menjadi dekat.

Awal kedekatan mereka, karena sama-sama memiliki cinta yang bertepuk sebelah tangan. Park Joon Young dan Chae Song Ah sama-sama pernah menyukai pacar sahabatnya. Oleh karena itu, mereka pernah terluka karena melihat kemesraan sahabatnya itu.

Dari situlah, membuat hubungan Chae Song Ah dan Park Joon Young menjadi romantis. Bagaimanakah hubungan kisah romantis antara Park Joon Young dan Chae Song Ah?

Dikarenakan ceritanya soal orang-orang di dunia musik, maka wajar jika drama ini bergenre musikal. Salah satu adegan favorit saya itu yang ini,

Itulah sekilas cerita Do You Like Brahms.

Sinopsis Do do Sol Sol La La Sol

do do sol sol la la sol drama musikal korea

Mirip dengan drama sebelumnya, Do do Sol Sol La La Sol juga bercerita tentang seorang pianis bernama Gu Ra Ra (dibintangi oleh Go Ara). Kehidupan Gu Ra Ra seketika berubah setelah ayahnya meninggal dunia.

Dimulai dari gagal menikah hingga terusir dari rumah karena perusahaan ayahnya bangkrut dan meninggalkan banyak hutang. Dengan uang tersisa yang diberikan dari sekertaris ayahnya, Gu Ra Ra pun meninggalkan seluruh kekayaannya yang tersita bank.

cobaan masih menimpa Go Ra Ra, ia mengalami penipuan penyewaan tempat tinggal, sehingga ia harus diusir dari apartemen sewaannya. Gu Ra Ra pun mencoba peruntungan baru dengan pergi ke luar dari Kota Seoul.

Begitu tiba di tempat tujuan tak sengaja Gu Ra Ra menabrak seorang Pria bernama Sunwoo Jun (dibintangi oleh Lee Jae Wook). Hubungan Gu Ra Ra dan Sunwoo Jun terbilang unik.

Mereka pertama berjumpa ketika Gu Ra Ra hendak menikah dan masih menunggu buket bunganya yang belum datang, Sunwoo Jun-lah yang mengantarkannya. Setelah mereka bertemu lagi karena kecelakaan, hubungan Gu Ra Ra dan Sunwoo Jun berubah menjadi kreditur (orang berhutang) dan debitur (orang pemberi hutang).

Bagaimana kelanjutan hubungan unik mereka berdua? Simak dulu saja adegan favorit saya yang satu ini,

Itulah sinopsis Do do Sol sol La la Sol.

Kelebihan dan Kekurangan 3 Drama Musikal Korea

Setelah mengetahui sinopsis ketiga drama musikal Korea yang raih rating tinggi, selanjutnya kita kupas sedikit kelebihan dan kekurangan dari masing-masing drama.

Kelebihan dan Kekurangan Hospital Playlist

Kelebihan Hospital Playlist itu,

  1. Ceritanya yang dekat ke aktivitas sehari-hari
  2. Karakter tokoh yang ada di usia matang atau dewasa
  3. Pesan kehidupan tentang persahabatan, keluarga, dan arti sehat 

Kekurangan Hospital Playlist itu,

Jujur saya merasa di drakor ini minim kekurangan. Mungkin karena ada idola saya juga bermain di sini, yaitu Jo Jung Suk. Pokoknya saya merasa drakor ini terlalu manis.

Kelebihan dan Kekurangan Do You Like Brahms

Kelebihan Do You Like Brahms itu,

  1. Dapat pengetahuan tentang dunia musik, khususnya menyiapkan sebuah penampilan musik seperti orkestra ataupun penampilan solo maupun grup.
  2. Pesan kehidupan tentang meraih mimpi dan cara pdkt yang berkelas.
  3. Musik-musik dan beberapa adegan yang dihadirkan di drakor ini itu bisa bikin senyum-senyum sendiri

Kekurangan Do You Like Brahms itu,

  1. Alurnya terkesan lambat, sehingga terkadang jadi sedikit membosankan.

Itu sih, kekurangan yang dimiliki oleh Do You Like Brahms.

Kelebihan dan Kekurangan Do do Sol Sol La La Sol

Kelebihan Do do Sol Sol La La Sol itu,

  1. Bisa belajar tentang musik klasik dengan cara menyenangkan
  2. Pesan kehidupan tentang keluarga, cinta, dan persahabatan
  3. Terhibur dengan adegan-adegan yang lucu

Kekurangan Do do Sol Sol La La Sol itu,

  1. Ada sebuah hubungan cinta yang tidak umum terjadi, yaitu cinta dimana yang wanitanya lebih tua 6 tahun dari laki-lakinya.
  2. Ada perkumpulan ibu-ibu yang memiliki keinginan untuk bercerai, namun tak kunjung dilakukan. Sebab keinginan cerai itu hanya sebatas bahan curhatan semata.

Itulah kekurangan drakor Do do Sol Sol La La Sol, yang sekaligus mengakhiri tulisan saya kali ini. Kira-kira sobat drakor suka dengan genre apa? Silakan berikan tanggapannya. Terima kasih.

VIP_Ahin_Jisung

Seorang IRT, cinta menulis dan sedang belajar menggambar. Sudah 14 tahun mengenal kpop dan Kdrama. Suka dengan Bigbang, Yoo Ah In, Ji Sung.

Baca Juga

1 Komentar

  1. […] dokter dalam drama yang bisa digolongkan drama musikal ini memiliki persamaan karakter. Mereka pintar, pekerja keras, suka dan handal bermain musik, dan […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: