Review Kdrama Review

Idol Juga Manusia: Review K-Drama Miracle

Kalau sebelumnya sudah ada beberapa cerita idol yang diperankan oleh aktor, kali ini ceritanya benar-benar diperankan oleh idol. Tentunya tidak ada yang lebih baik memerankan idol selain idol kan.

Kdrama Miracle yang tayang di bulan Juni 2022 ini saya rekomendasikan untuk penonton drakor yang sedang mencari tontonan ringan dan tidak bikin overthinking. Hanya 14 episode dan durasi setiap episodenya hanya 45 menit bisa ditonton di Viu dan jTBC.

Kalau kamu penggemar K-Pop dan suka drama remaja yang tidak sekedar menjual mimpi, boleh deh dicoba melihat ChaNi SF9, Hwi Young SF9 dan Kang Minah di drama Miracle ini. Oh ya, satu hal lagi yang menjadi daya tarik drama ini tentu saja ada beberapa lagu soundtrack yang dibawakan oleh ChaNi SF9. Lagu lainnya juga lumayan enak lah buat didengarkan.

Baca juga:

Sinopsis dan Karakter dalam K-Drama Miracle

ChaNi SF9 yang berperan sebagai Luis dan Hwi Young SF9 berperan sebagai Min Si Woo menjadi saingan di dunia karir. Selain itu mereka juga bersaing mendapatkan cinta Lee So Rin yang diperankan Kang Minah. Jangan cepat merasa ah klise ini cerita cinta segitiga, karena kisah ini beda. Nanti di bagian akhir saya spoiler ya endingnya bagaimana. Baca terus sampai habis!

Miracle ini bertema remaja mulai masa SMA sampai ke dunia kerja. Karena kisahnya setelah dimulai di masa SMA Lee So Rin dan Si Woo, lalu cerita maju 5 tahun kemudian dan dari seorang fans dia menjadi orang yang bekerja mengurus idol di sebuah agensi. Kira-kira keajaiban apakah yang terjadi pada kehidupan 3 remaja yang menjadi karakter utama drama ini?

Luis (ChaNi SF9)

Chani SF9 - Kdrama Miracle
ChaNi SF9 Sebagai Luis (Viu)

Luis (ChaNi SF9), seorang idol yang sudah go internasional dan populer di Amerika. Dia besar di Amerika dan akhirnya mendapatkan kesempatan untuk datang ke Seoul. Sebagaimana kehidupan idol, mereka tidak bebas untuk bepergian sendirian, tapi dia nekat kabur dari Managernya dan berkelana di malam hari di Seoul. 

Lee So Rin (Kang Minah)

Kang Minah Sebagai Lee So Rin (Viu)
Kang Minah Sebagai Lee So Rin (Viu)

Lee So Rin (Kang Minah), selain seorang fans berat Luis yang juga punya keinginan menjadi seorang idol. Dia sudah mengikuti beberapa audisi dan tidak pernah menyerah walau belum juga terpilih menjadi trainee. Impiannya menjadi idol tentunya dengan harapan supaya suatu hari nanti bisa satu panggung bersama Luis. 

Ketika ada event yang akhirnya memungkinkan untuk bertemu dengan Luis di Korea, So Rin bolos dari sekolah supaya bisa melihat idolanya ini ketika tiba di bandara. Dia juga memborong album Luis, untuk mendapatkan kesempatan lebih besar bertemu dengan idolanya ini. Dari sekian banyak album yang dibeli, akhirnya dia mendapatkan 1 tiket untuk datang ke event untuk bertemu Luis.

Pertemuan Luis dan Lee So Rin di Seoul (Kdrama Miracle - VIU)
Pertemuan awal Luis dan Lee So Rin (Kdrama Miracle – VIU)

Tanpa sengaja – tapi pastinya sesuai skrip drama – Luis dan So Rin sudah bertemu beberapa kali dan anehnya So Rin tidak mengenali Luis idola tersebut. Padahal Luis sudah bilang siapa dirinya, tapi So Rin tidak percaya dan merasa Luis ini hanya ngaku-ngaku sebagai seorang bintang idol. Mungkin karena ketika bertemu, Luis menggunakan pakaian  yang biasa-biasa saja dan tidak terlihat sebagai idol.

Min Si Woo (Hwi Young SF9) 

Hwi Young SF9 sebagai Si Woo (Kdrama Miracle - VIU)
Hwi Young SF9 sebagai Si Woo (Kdrama Miracle – VIU)

Min Si Woo (Hwi Young SF9) merupakan anak pintar teman sekelas sekaligus sahabat So Rin. Walau dia tidak mengerti kenapa sahabatnya ngefans berat dengan Luis, dia berusaha menjadi sahabat yang baik. Dia bahkan membantu usaha So Rin supaya bisa pergi ke bandara menyambut kedatangan Luis. Si Woo bahkan ikutan membeli album Luis yang ternyata walau membeli hanya satu, dia mendapat tiket bertemu dengan Luis. 

Di malam saat Si Woo dan So Rin akan berangkat melihat Luis, mereka mengalami kecelakaan yang kemudian mengakibatkan So Rin mengalami gangguan keseimbangan dan sesekali telinganya berdenging. Dia juga mengalami amnesia sebagian. Hal ini menyebabkan So Rin tidak bisa menjadi idol lagi. Untuk menebus rasa bersalahnya kepada So Rin yang tidak bisa jadi idol, Si Woo berusaha menjadi idol, dan berhasil jadi Idol yang cukup terkenal bersama dengan grupnya.

Bintang yang Meredup dan Bintang Baru yang Lebih Bersinar

Si Woo dan Luis bersaing sebagai Idol dan mendapatkan So Rin (Kdrama Miracle - VIU)
Si Woo dan Luis bersaing sebagai Idol dan mendapatkan So Rin (Kdrama Miracle – VIU)

Ceritanya maju ke lima tahun kemudian, di saat Luis mulai meredup popularitasnya, Si Woo makin bersinar. So Rin menjadi konten kreator yang mengerjakan video promosi untuk grupnya Si Woo. Si Woo dan So Rin bekerja di agensi yang sama. Persahabatan mereka masih terus berlanjut.

Agensi Si Woo merencanakan kolaborasi antara Si Woo dan Luis. Mereka mengundang Luis ke Korea. Kali ini Luis sudah membebaskan diri dari managernya dan sepertinya memang siap-siap ingin kembali menetap di Korea. Tapi ternyata di hari pengumuman kolaborasi antara Si Woo dan Luis, beredar kabar kalau Luis belum membayar pajak selama bertahun-tahun. 

Nah kelanjutnyannya bisa ditebak, rencana kolaborasi terancam gagal. Luis harus menurunkan gaya hidupnya dan bersembunyi dari netizen yang menyalahkan dia walau tidak tahu duduk perkara sebelumnya. Agensi So Rin yang sudah terlanjur mengeluarkan biaya untuk mendatangkan Luis akhirnya berusaha mencari tahu kebenaran berita pembayaran pajak tersebut, tetapi ya tidak bisa memperlakukan Luis seperti bintang besar.

Kisah Cinta Segitiga di Kdrama Miracle

Ketika Luis melihat So Rin, dia teringat dengan pertemuan mereka 5 tahun sebelumnya. So Rin yang sudah tidak jadi fans Luis malah ditugaskan untuk menjadi manager sementara Luis. Melihat idola masa mudanya dari dekat, membuat So Rin bertanya-tanya kenapa dulu dia bisa ngefans dengan Luis. Karena ada banyak hal yang menyebalkan dari kelakuan Luis ini.

Karena tidak ada biaya yang cukup dan banyak mau, Luis diusir dari hotel tempat dia tinggal. So Rin yang sebenarnya awalnya kesal juga dengan kelakuan Luis malah kasihan dan akhirnya Luis malah tinggal di rumah So Rin. Tepatnya sih Luis tinggal di ruang gudang yang ternyata masih ada beberapa merchandise saat So Rin jadi fans Luis. 

Si Woo tentu saja mengingat Luis. Jelas-jelas dia menjadi idol karena heran kenapa sih S Rin dulu ngefans banget dengan Luis. Tujuan Si Woo jadi idol adalah untuk menjadi bintang yang lebih bersinar daripada Luis untu So RIn. 

Seperti halnya cerita remaja lainnya, segala sesuatu yang dilakukan Si Woo selama ini membantu So Rin tentu saja karena dia menyukai So Rin. Bertahun-tahun menyukai, dia tidak sekalipun berniat mengungkapkan perasaannya dan tetap sebagai sahabat baik saja. Tetapi melihat kedekatan Luis dengan So Rin, Si Woo mulai merasa cemburu.

Luis yang sebenarnya juga sudah tertarik dengan So Rin dari sejak pertemuan 5 tahun sebelumnya, merasa mendapat kesempatan untuk mendekati So Rin. Dia tahu saingannya berat, tetapi ya Luis sangat percaya diri dan tetap merasa dia seorang bintang.

Bagaimana dengan So Rin? Dari dulu So Rin memang menganggap Si Woo hanya sahabat baik. Walaupun dia sempat merasa cemburu juga ketika melihat Si Woo dekat dengan trainee wanita lain. Interaksinya dengan Luis juga membuat dia perlahan mengingat kembali masa dia menjadi fans. Dia sangat sadar kalau Luis dan Si Woo sama-sama menyukainya, tetapi dia tidak ingin keputusannya membuat rencana kolaborasi gagal total. Apalagi mulai ada titik terang bahwa sebenernya Luis ini korban dari agensinya yang membuat dia seolah tidak membayar pajak.

Si Woo dan Luis mulai berkolaborasi (Kdrama Miracle - VIU)
Si Woo dan Luis mulai berkolaborasi (Kdrama Miracle – VIU)

Si Woo yang tidak ingin Luis semakin dekat dengan So Rin akhirnya meminta Luis untuk tinggal di rumahnya saja daripada di rumah So Rin. Walaupun hubungan Luis dan Si Woo awalnya seperti bersaing di bidang karir dan cinta, akan tetapi lambat laun mereka ternyata bisa berkolaborasi dengan baik.

Kehidupan Idol dan Permasalahannya

Banyak yang ingin menjadi idol, tetapi sebenarnya drama ini memperlihatkan kalau idol itu harus bekerja keras untuk tetap bersinar. Selain itu juga bagaimana cara mengatasi permasalahan yang dihadapi. Baik itu skandal, ataupun ulah dari anti-fan.

Idol harus minta maaf dengan tulus

Walaupun masalah pajak bukan kesalahan Luis, tetapi Agensi tempat So Rin bekerja mengatur supaya Luis meminta maaf kepada publik. Tentunya harus meminta maaf dengan tulus. Mereka perlu mengumpulkan bukti bahwa sebenarnya agensi Luis sebelumnya yang tidak membayarkan pajak. Kesalahan Luis adalah terlalu percaya dengan managernya.

Menghadapi Fans, Anti-Fans dan Stalker

Seorang idol harus tahu bagaimana memperlakukan fan dengan baik, karena popularitas mereka tentunya karena adanya fan tersebut. Selain fans mereka juga akan berhadapan dengan banyak komentar negatif dari anti-fan. Yang lebih parah lagi mereka juga ada kemungkinan mempunyai stalker  yang selalu berusaha masuk ke kediaman mereka.

Jangan pikir jadi idol itu hidupnya sudah pasti enak. Kalau saya melihat, drama ini berusaha memperlihatkan kalau jadi idol itu tidak seindah kelihatannya. Sama saja dengan pekerjaan lain, butuh kerja keras dan cucuran keringat untuk bisa menjadi idol yang sukses.

Harus Kreatif dan Punya Hal Baru

Salah satu penyebab seorang idol ditinggalkan oleh fans adalah karena tidak ada hal baru yang ditawarkan, sementara bintang-bintang baru selalu bermunculan. Memang seorang idol perlu punya ciri khas, akan tetapi mereka perlu kreatif menawarkan hal yang baru sambil tetap mempertahankan ciri khasnya.

Luis baru menyadari kalau semua lagu ciptaanya terlalu mirip lirik dan nadanya, setelah mengenal Si Woo, akhirnya Luis berani mencoba hal-hal baru untuk menemukan hal baru yang bisa dia berikan untuk fansnya. Hubungan yang awalnya selalu penuh perselisihan, akhirnya menjadi kerjasama yang baik antara Si Woo dan Luis.

Spoiler Ending Kdrama Miracle

Sudah penasaran dengan bagaimana kisah cinta segitiga ini berakhir? Apakah keajaiban yang didapatkan oleh Luis, So Rin dan Si Woo?

Sepanjang menonton drama ini, saya bisa merasakan dilema yang dihadapi So Rin. Antara Si Woo dan Luis mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saya senang kalau diakhir Miracle yang dimaksud dalam drama ini adalah So Rin akhirnya bisa naik panggung bersama Luis dan Si Woo! Cita-cita yang dulu membuat dia ingin menjadi idol yang akhirnya bisa tercapai walau dia tidak menjadi idol. 

Bagaimana dengan kisah cintanya? Siapakah yang dipilih So Rin? Biasanya ini penting banget ya untuk penonton genre romance. Kalau sudah investasi waktu berjam-jam menonton dan open ending itu rasanya pasti geregetan kayak nonton The Interest of Love. Tetapi, sebenarnya kalau akhir bahagia yang dipaksakan juga nggak seru deh.

Well, usia mereka masih muda. So Rin sudah bahagia ketika dia berhasil naik panggung bersama 2 idol yang juga merupakah sahabat baiknya. Iya pada akhirnya mereka bertiga bersahabat baik.

Saya suka dengan ending drama ini, karena untuk apa merusak persahabatan dengan cinta masa remaja. Toh penonton bisa memilih sendiri apakah So Rin akhirnya akan bahagia dengan Si Woo atau Luis. Atau jangan-jangan akan ada tokoh baru yang belum ada di drama ini? Hehehe …

Kalau kamu suka drama ini, kamu bisa juga melihat ChaNi dan Hwi Young di Kdrama Imitation yang bertabur bintang.


Posted

in

, ,

by


Comments

Satu tanggapan untuk “Idol Juga Manusia: Review K-Drama Miracle”

  1. […] Kdrama Miracle ini bisa ditonton di VIU dan juga tidak banyak yang menontonnya. Mungkin orang bosan dengan kisah idol dan juga kisah remaja. Padahal ya dari kisah idol begini kita bisa melihat bagaimana para idol itu bekerja keras untuk tetap menjadi bintang. Mereka yang hidupnya sangat diatur dan bahkan bisa hancur seketika kalau ditinggalkan oleh fans. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park