Kdrama Review: At a Distance, Spring is Green (2021)

Annyeong Chingudeul!

Belakangan ini lagi banyak drama-drama remaja seperti Dear.M dan Miracle, saya jadi ingat belum pernah menuliskan tentang drama At a Distance, Spring is Green. Kalian bisa melihat Kang Min Ah yang saat ini bermain di Miracle, Bae In Hyuk yang saat ini ada di drama Why Her dan Park Ji Hoon, salah satu member Wanna One jebolan Produce 101 season 2. Oh ya, buat kamu yang sudah menyelesaikan Dear.M, kalian bisa melihat 2 aktris pendukung di Dear.M juga di drama ini: Kwon Eun Bin dan Woo Da-Vi yang akan menjadi teman sekamar Kang Min-Ah di asrama.

Kdrama At a Distance, Spring is Green yang berjumlah 12 episode ini merupakan drama yang diadaptasi dari webtoon dengan judul yang sama dan diproduksi KBS dan bisa ditonton juga di IQIYI mulai 14 Juni – 20 Juli 2021 tahun lalu. Buat yang sedang mencari rekomendasi drama ringan yang bercerita tentang persahabatan masa remaja seperti Dear.M dan upaya mengejar cita-cita, boleh banget nih mempertimbangkan menonton drama ini.

Yuk baca sampai habis untuk mencari tahu apakah drama ini sesuai dengan genre yang biasanya kamu tonton atau tidak.

Sinopsis At A Distance Spring is Green (2021)

Drama ini bercerita tentang Yeo Jun, seorang anak orang kaya yang tampan di tahun pertamanya menjadi mahasiswa jurusan bisnis Universitas Myeongil. Kehidupannya terlihat sempurna dan indah di media sosial, semua orang menyukainya dan dia selalu berhasil membuat semua orang menyukainya kecuali seniornya yang ada di tingkat 3 Nam Soo-hyun yang diperankan Bae In-hyuk.

Nam Soo-hyun ini kebalikan dari Yeo Jun, walau dia pintar, akan tetapi karena dia miskin, dia tidak punya waktu untuk bersosialisasi dan harus bekerja paruh waktu di antara jadwal kuliahnya. Dia juga masih perlu membiayai sekolah adiknya. Dia kesal dengan Yeo Jun yang terlalu menganggap dunia ini mudah, sedangkan buatnya dunia ini terasa sulit sekali.

Karena Yeo Jun ini pintar, dia sering mengambil pelajaran ke tingkat ke-3, dan salah satu mata kuliah yang dia ambil memberi tugas kelompok di mana dia berada sekelompok dengan Nam Soo-hyun dan juga Kim So-bin yang diperankan oleh Kang Min-ah.

Kim So-bin ini orangnya nggak bisa bergaul dengan baik karena dia selalu memikirkan apa kata orang. Grade-nya juga biasa saja dan walaupun dia berusaha keras, sejauh ini dia tetap saja tidak punya prestasi apa-apa. Setelah bekerja sekelompok dengan Na Soo-hyun dan juga Yeo Jun, lambat laun Kim So-bin bisa melihat sisi lain dari senior dan juniornya ini.

Nasihat Nam Soo Hyun buat Kim So Bin

Cinta segitiga?

Namanya cerita remaja, saya pikir akan ada kisah cinta segitiga di antara Yeo Jun, Kim So-bin dan Nam Soo-hyun. Tapi juga saya agak ragu melihat Yeo Jun yang terlalu playful dan dengan mudahnya merayu seniornya. Akan tetapi ternyata lambat laun diceritakan kalau Kim So-bin ini punya cinta pertama yang memberinya harapan palsu sejak kecil. Nam Soo-hyun juga mempunyai sahabat wanita yang ternyata menyukainya tapi dia tidak berani menerimanya karena dia merasa tidak punya apa-apa.

Bagaimana dengan Yeo Jun? Sebenarnya kalau dia mau, ada banyak wanita yang menyukainya. Namanya juga anak orang kaya yang bisa membuat hati semua orang senang. Sosial medianya selalu dapat jumlah like yang tidak sedikit. Tapi ternyata, dibalik senyumnya dia menyimpan trauma masa kecil dan kepahitan terhadap orangtuanya.

Awalnya Yeo Jun terlihat seperti flirting doang dengan Kim So bin, si kakak kelas yang kaku ini tentu saja tidak langsung percaya. Apalagi dia tidak mau kalau sampai dia dirundung oleh para wanita yang menyukai Yeo Jun. Setelah sering bersama-sama, yang berawal dari tugas kuliah dan rasa bebas bisa menceritakan apa saja kepada So Bin, akhirnya Yeo Jun beneran suka dengan kakak kelasnya yang belum move on dari cinta pertamanya itu.

Persahabatan masa remaja

Drama At A Distance, Spring is Green ini mengupas masalah-masalah remaja yang bukan sekedar kisah cinta. Memang sih namanya dunia remaja, mana seru kalau nggak ada kisah tentang rasa suka ala cinta monyet. Dalam drama ini yang lebih terasa adalah kisah persahabatan masa remaja dan bagaimana mereka menjadi dewasa ditempa permasalahan hidup.

Bagaimana Yeo Jun dan Nam Soo-hyun yang awalnya seperti saling berlawanan karena masing-masing punya persepsi awal yang salah, kemudian setelah saling mengenal mereka jadi bersahabat seperti abang beradik beneran. Bagaimana Kim So-bin yang kagum dengan Nam Soo-hyun bisa tetap hanya kagum dan bukan jadi jatuh cinta. 

Nasihat pak dosen kepada Nam Soo Hyun

Selain 3 tokoh utama ini, ada lagi kisah persahabatan antara Kim So-bin dengan 2 teman sekamarnya di asrama putri dan juga ada sedikit kisah manis dari bapak dan ibu dosen. Bapak dan ibu dosen yang bijaksana juga cukup berperan dalam menasihati para mahasiswanya ini menjadi lebih dewasa dalam menghadapi permasalahan hidup.

Pada dasarnya kisah remaja itu bukan melulu masalah cinta tapi juga cerita mengejar cita-cita. Bagaimana mereka menerima masa lalunya dan keluar dari rasa trauma karena kelakuan teman ataupun keluarga dan menerima beban hidup bukan untuk diratapi tapi juga diselesaikan. Pastinya, mereka berusaha untuk tetap bersemangat menjalani hari untuk masa depan yang lebih cerah.

Masa muda, masa di mana kita pikir semuanya indah…dari kejauhan

Saya suka menonton drama ini karena warnanya cerah, seperti halnya judulnya At a Distance, Green is Spring, warna musim semi memberi kesan cerah dan menghibur hati. Walaupun tentunya kesan cerahnya bukan dari jauh loh.

Oh ya, satu hal yang saya suka juga, dalam drama ini saya menemukan banyak pesan untuk orang muda dan beberapanya seperti dalam kutipan yang saya sertakan dalam tulisan ini.

Kira-kira bagaimana, apakah Chingudeul sudah menonton drama ini, atau tertarik menontonnya?

Satu pemikiran pada “Kdrama Review: At a Distance, Spring is Green (2021)”

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: