Segala Pertanyaan dalam Drama Island (2022)

Chingudeul sudah nonton Island belum, nih?

“Island” ( 아일랜드), web series besutan sutradara muda Bae Jong ini cukup menarik buat chingu yang menggemari drama dengan genre fantasi, dark, exorcism.

Diadaptasi dari webtoon berjudul sama karangan Yoo In Wan, “Island” merupakan drama fantasi mengenai kekuatan jahat rahasia yang tersembunyi di Pulau Jeju. Tak terkesan indah dan menyenangkan buat liburan seperti biasanya, penampakan Pulau Jeju dalam drama ini lebih banyak terkesan suram dan gelap.

Island. TVING.

Jika ada kekuatan jahat, maka akan ada pihak-pihak yang berkebalikan. Mereka adalah orang-orang istimewa yang ditakdirkan untuk menumpas kejahatan iblis yang disebut ‘lust demon’ alias Iblis Nafsu.

Pihak produksi sengaja membagi drama ini menjadi dua bagian. Part 1 sebanyak 6 episode sudah selesai tayang di Amazon Prime Video mulai tanggal 30 Desember 2022, sedangkan Part 2 direncanakan rilis pada 24 Februari 2023 mendatang.

Jadi kalau chingu belum juga nonton drama ini, yuk masih ada waktu sebelum bagian keduanya tayang bulan depan!

Sinopsis dan Pemeran Island

Pulau Jeju (dulu bernama Tamra), dikisahkan menyimpan misteri kelam sebuah kekuatan mistis yang berasal dari lust demon, yang konon ingin menghancurkan dunia. Mengambil cerita latar belakang ikon patung dol hareubang yang tersebar di seluruh pulau, Island menyimbolkannya sebagai pertanda adanya sebuah kejahatan yang terjadi.

Cast Island (2022)

Adalah Van (Kim Nam Gil), dan Goong Tan (Sung Joon), dua anak manusia yang sedianya ditugaskan untuk memburu iblis ini dengan diberi kekuatan setengah monster. Namun di kemudian hari, keduanya jadi saling berhadapan.

Won Mi Ho (Lee Da Hee) yang diyakini merupakan reinkarnasi Wonjeong, adalah sosok Pelindung di masa lalu yang bisa membuat Perisai untuk menghalau kejahatan.

Sementara itu, Johan atau Giovanni, atau Kang Chan Hyeok (Cha Eun Woo), adalah seorang pendeta muda yang mendalami penyucian jiwa yang kerasukan arwah. John datang ke Korea untuk melindungi Mi Ho dari iblis nafsu yang mengintainya, tapi ia juga punya battle tersendiri.

Secara akting, sejujurnya saya akan katakan Kim Nam Gil masih kemahalan untuk peran Van di drama ini. Aktingnya ya sesuai harapan. Tapi salut sih dia masih mau main peran dengan co-lead pemula seperti Eun Woo.

Dan Eun Woo sendiri juga mengalami lompatan karakter cukup berbeda dari drama-drama sebelumnya yang terjebak sosok tsundere, kali ini dia tengil dan ceria. Kayanya habis main Decibel dia tertantang untuk peran-peran yang lebih maskulin yah.

Sedangkan karakter Lee Da Hee yang semula akan dimainkan oleh Seo Yea Ji, menurut saya bisa memberi warna cerah dari kegelapan drama ini. Dia bukan tipikal lead female imut dan manja, wajahnya juga dewasa, jadi cocok-cocok aja sih ngimbangin Nam Gil di sini.

Empat karakter utama ini seharusnya jadi center dalam drama, kalau saja kemunculan salah satunya tidak menunggu sampai akhir episode.

Pertanyaan yang Belum Terjawab dalam Island Part 1

Menurut saya, 6 jam penayangan bagian pertama tidak banyak menjelaskan seluruh permasalahan di Pulau Jeju. Bisa dibilang terlalu cepat selesai, tapi juga bisa dianggap kelamaan menuju serunya.

Tentu wajar saja jika pace drama yang hanya punya 6 episode ini, alurnya diharapkan lebih gesit dalam menjelaskan situasi cerita. Namun, Island seperti punya prinsip “save the best for last”, jadinya, yaahh… gitu, deh. Capek banget ngikutin Mi Ho yang dikejar-kejar setan setiap waktu, sementara kedatangan Van selalu diikuti efek angin bertiup dan musik yang heroik. Berulang terus dalam separuh bagian pertama.

Lalu sampai akhir episode 6, beginilah kurang lebih pertanyaan yang berhamburan di pikiran penonton.

Disclaimer: pertanyaan di bawah ini mungkin akan roaming buat kamu yang belum nonton, karena mengandung spoiler dan cerita yang rumit.

1. Alasan sebenarnya Van dan Goong Tan bisa pecah kubu. Karena pada awalnya mereka bersama sejak kecil, menderita bersama, dan mengemban tugas yang sama. Lalu kenapa sekarang mereka bermusuhan?

2. Apa tujuan sekte yang dibangun Goong Tan? Tidak ada clue sama sekali mengenai ini karena hanya ditampilkan beberapa detik menuju ending. Penonton dibuat migren memikirkan kemungkinan-kemungkinan tentang siapa yang mau dibangkitkan atau siapa yang mau dihancurkan?

3. Kemana saja Wonjeong selama masa pelarian membangun Perisai? Tahu-tahu datang sudah besar kemudian menghilang lagi. Lalu apa yang menyebabkan Van begitu marah dan galau terhadap Wonjeong?

4. Apa kira-kira yang akan terjadi pada Won Mi Ho setelah tahu dirinya adalah Wonjeong yang diharapkan bisa memberangus kejahatan di Pulau Jeju? Kenyataannya, tak sedetik pun dia terlihat ‘sakti’, bahkan saat melawan arwah balas dendam, balik lagi manggil-manggil Van.

5. Kapan Johan jago, ya? Sejauh ini performa Johan terlihat cemerlang hanya saat dia di Roma, mungkin mengusir arwah vampir Volturi (sorry, beda series). Sementara di Pulau Jeju, belum kelihatan power-nya sama sekali. Padahal sudah keren bawa-bawa pedang glowing biru, kan 🙂

6. Kapan Johan dan Van akur? Hehehe.

Akhirul kalam, menunggu 24 Februari terasa lama sekali. Biarpun drama ini meninggalkan harapan dan pertanyaan, saya tetap menunggu bagian kedua demi…. entahlah, rasanya segar aja sih temanya keluar dari jalur melodrama atau romcom.

Sementara ini saya mau selesaikan webtoon-nya dulu. Mudah-mudahan live action-nya lebih seru lagi di Part 2, yaa.

2 pemikiran pada “Segala Pertanyaan dalam Drama Island (2022)”

  1. Setuju sama kalimat terakhir, “rasanya segar ada drama yg keluar dari jalur melodrama atau romcom”.
    Tepat seperti itulah yg aku rasakan saat pertama menonton island. Aku penggemar berat romcom, tp seneng aja pas nonton island, jadi kayak beda suasana🥰🥰

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: