ending kdrama curtain call

Review Ending KDrama Curtain Call : White Lies Yay or Nay

Annyeonghaseyo Chingudeul!

Pernah nonton drama teater atau acara panggung yang menggunakan tirai? Yang biasanya di akhir para pemeran melakukan hormat bersama dan mendapat tepuk tangan dari penonton. Baru tahu ternyata itu disebut dengan Curtain Call. Nah, ada drama yang baru saja tamat di Desember 2022 lalu, bertema drama keluarga dengan judul Curtain Call.

kdrama curtain call, Ha ji won dan Kang Ha neul
Bagaimana romansa antara Kang Ha-Neul dan Ha Ji-Won? Tonton sampai akhir deh!

Drama yang berjumlah 16 episode ini telah rampung dan dapat disaksikan di Amazon Prime Studio. Pekan ini, classmate Rhin dan Manda seru banget bahas drama keluarga nan selow di Podcast. Bisa nih setelah baca artikel juga langsung dengerin yuk, apa aja sih yang dibahas seputar Podcast Curtain Call di sini!

Pemeran Utama

Poster Kdrama Curtain Call (KBS)
Poster Kdrama Curtain Call (KBS)

Deretan pemeran yang mengisi drama ini memang sudah tidak diragukan lagi kualitas aktingnya.

  • Kang Ha-Neul sebagai Yoo Jae-Heon dan Ri Jong-Mun
  • Ha Ji-Won sebagai Park Se-Yeon dan Ja Geum-Soon (muda)
  • Jung Ji-So sebagai Seo Yoon-Hee
  • Noh Sang-Hyun sebagai Ri Moon-Seong
  • Ko Du-Shim sebagai Ja Geum-Soon
  • Sung Dong-Il sebagai Jung Sang-Cheol

Sinopsis Drama Curtain Call

Cerita tentang seorang Nenek yang berusia 92 tahun yang berasal dari Korea Utara dan telah hidup puluhan tahun di Korea Selatan. Setelah berpisah dengan keluarganya (suami dan anak bayinya) ketika mencoba menaiki kapal laut yang mengantarkannya ke Korea Selatan, Nenek bernama Ja Geum-Soon ini menjalani hidup dengan menahan rindu dan rasa bersalah. Ja Geum-Soon terpisah dengan suaminya, Ri Jong-Mun ketika menyelamatkan seorang anak kecil yang hendak menaiki kapal terlebih dahulu. Saat membantu, Ri Jong-Mun yang sedang menggendong anak lelakinya yang masih bayi, terjatuh dari kapal dan tertinggal. Mereka berpisah dengan janji akan bertemu lagi.

Ja Geum-Soon menanti kedatangan sang suami dan anaknya di Selatan dengan hidup bekerja keras. Sampai akhirnya ia mampu mendirikan sebuah hotel besar di tepi laut bernama Nakwon. Hotel Nakwon ini dibangun menjulang tinggi sebagai fungsi mercusuar baginya. Harapannya kelak saat keluarganya dari Utara datang, dapat langsung menemukannya di hotel tersebut.

Bertahun-tahun menunggu, keluarga dari Utara tidak kunjung datang, Ja Geum-Soon akhirnya menikah kembali dengan pria lain di Selatan. Mereka hidup bersama dan memiliki anak juga cucu. Namun kemalangan demi kemalangan terjadi, Ja Geum-Soon ditinggal meninggal oleh suami dan anaknya. Tinggalah Ja Geum-Soon dengan ketiga cucunya, Park Se-Joon (Ji Seung-Hyun), Park Se-Gyu (Choi Dae-Hoon) dan Park Se-Yeon, hidup dengan menyimpan kesedihan.

Pada saat diadakan pertemuan keluarga yang terpisah antara Selatan dan Utara, akhirnya Ja Geum-Soon dapat bertatapan langsung dengan anaknya yang hilang, Ri Yeong-Hoon (Kim Young-Min) dan cucunya Ri Moon-Seong yang saat itu masih kecil. Rindu terlipur sementara, Ja Geum-Soon berjanji kepada Ri Moon-Seong kecil untuk bertemu lagi suatu saat nanti.

Janji itu yang selalu diingat oleh Ja Geum-Soon, di akhir hayatnya, berharap untuk terakhir kali ingin bertemu dengan sang cucu dari Utara.

Poster KDrama Curtain Call
Poster KDrama Curtain Call

Skenario kebohongan

Skenario ini berawal dari ide Jung Sang-Cheol yang ingin mewujudkan keinginan terakhir dari Ja Geum-Soon untuk bertemu dengan cucunya. Jung Sang-Cheol sendiri adalah seorang asisten kepercayaan Ja Geum-Soon yang diselamatkan hidupnya dan merasa berhutang nyawa. Jung Sang-Cheol mulai menyelidiki keberadaan Ri Moon-Seong, sang cucu dari Utara.

Setelah mendapatkan kabar bahwa Ri Moon-Seong hidup sebagai penjahat, Jung Sang-Cheol mengurungkan niatnya untuk mempertemukan mereka. Dalam pikirannya, Ri Moon-Seong terlalu brutal dan khawatir pertemuannya justru berdampak buruk bagi Ja Geum-Soon yang saat itu mengidap kanker stadium akhir.

Niat baik mewujudkan impian tersebut membawanya pada satu ide. Ide untuk mencari pengganti Ri Moon-Seong yang dinilai mampu membawa kenangan indah pada Ja Geum-Soon.

Jung Sang-Cheol yang diperankan oleh Sung Dong-Il mengingatkan Rhin pada drama lain bertema sama tentang mewujudkan keinginan terakhir dari orang berpenyakit parah. Di drama tersebut Sung Dong-Il berperan sebagai Kang Tae-Sik, ketua tim Ginie yang mewujudkan berbagai permintaan.

Baca juga artikel dramanya If You Wish Upon Me.

Jung Sang-Cheol akhirnya merekrut seorang pemain teater kecil yang terbiasa memerankan tokoh Korea Utara. Yoo Jae-Heon, seorang aktor teater yang hidup sederhana, dan bekerja serabutan, akhirnya menyetujui tawaran tersebut. Tentu awalnya ia tergiur dengan tawaran uang imbalan yang Jung Sang-Cheol sebutkan. Namun di sisi lain, ia juga ingin merasakan kehangatan keluarga yang tidak pernah ia miliki.

Singkat cerita, Yoo Jae-Heon bersedia “menipu” semua orang dengan berpura-pura menjadi Ri Moon-Seong. Yoo Jae-Hoon mengajak teman teaternya, Seo Yoon-Hee (Jung Ji-So) untuk berperan sebagai istri dari Ri Moon-Seong, Jang Jin-Suk. Tugas mereka berdua adalah menemani Ja Geum-Soon selama tiga bulan untuk memberi kenangan indah terakhir dalam hidupnya.

Adegan terbongkarnya kebohongan

Awalnya adegan yang disusun dirasa sangat smooth. Meskipun baik Classmate Rhin maupun Manda sepakat bahwa menonton setiap episodenya dengan penuh kekhawatiran, ini gimana dong kalau ketahuan!

Yap, akhirnya ketahuan. Sandiwara yang dirasa sudah sempurna itu pun akhirnya terbongkar satu persatu dengan cara yang cukup tidak terduga. Tapi sekalipun akhirnya terbongkar, keluarga bersepakat untuk tetap menyimpan rahasia ini dari sang nenek yang saat itu sudah dalam kondisi kritis.

Perebutan kekuasaan dan saham memang menjadi isu utama di sini, tapi bukan dikemas sebagai sesuatu yang megah dan lebay. Drama ini menyisipkan kehangatan, kesedihan, dan rasa sepi yang tersirat dari karakter setiap pemerannya.

Too Good to Be True

Saat penonton khawatir berlebih tentang reaksi sang nenek saat akhirnya kebohongan ini terbongkar bagaimana, ternyata dalam Curtain Call ini kita dibuat agak kaget. Jadi selama ini, nenek Ja Geum-Soon memang sudah tahu, sudah ada feeling bahwa yang datang dan tinggal di rumahnya belakangan ini bukan cucu aslinya.

Semenjak ia bertemu dengan sosok pemuda asal Korea Utara di kafe Nakwon, Ja Geum-Soon sudah menduga, dan merasa ada kemungkinan ia adalah cucunya. Ja Geum-Soon juga sempat bertanya kepada cucu bungsunya, Park Se-Yeon, bagiamana kalau yang di rumah bukan saudara sepupunya yang asli.

Tapi ternyata Ja Geum-Soon memutuskan untuk mengikuti alur cerita yang ada, menerima bahwa semua yang terjadi memang Too Good to Be True. Jadi saat Yoo Jae-Heon memohon maaf dan mengakui bahwa ia bukanlah cucu kandungnya, sang nenek dengan tenang berkata bahwa ia sudah tahu.

Curtain Call dalam Curtain Call

Setelah cucu asli hadir dalam keluarga, otomatis cucu palsu harus keluar dari rumah. Kehangatan yang Yoo Jae-Heon berikan pada keluarga memang sangat paripurna. Diakui ketiga cucu Ja Geum-Soon merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan sikap dingin saudara aslinya, Ri Moon-Seong. Namun berkat kehangatan hati Yoo Jae-Heon yang justru turut merangkul Ri Moon-Seong, mengenalkannya pada sosok sang nenek, perlahan tapi pasti, Ri Moon-Seong mulai membaur dengan keluarganya.

Yoo Je-Hoon bahkan membuat sebuah drama teater untuk ia persembahkan kepada nenek Ja Geum-Soon. Drama teater ini menceritakan tentang perjalan skenario kebohongan yang ia jalani saat berpura-pura menjadi cucu Ja Geum-Soon. Drama yang penuh dengan ketulusan tersebut menjadi kado terakhir untuk Ja Geum-Soon.

Rhin dan Manda sempat khawatir drama tersebut tidak sempat ditonton, tapi syukurnya, semua berjalan lancar. Mewek ga? Absolutely!

Akhir Bahagia : White Lies Yay or Nay?

Manda sempat terngiang saat dalam drama ini disebutkan kutipan “Kebohongan yang tidak terungkap itu adalah kenyataan”. Jadi mikir gini, berapa banyak kebohongan yang saat ini kita anggap kenyataan karena tidak terungkap? Bagus ya buat bahan Overthinking, haha!

Ha Ji Won dan Kang Ha neul, happy ending di Kdrama Curtain Call
Yay, happy ending buat Kang Ha-Neul dan Ha Ji-Won juga!

Jadi White Lies Yay or Nay? Menurut Rhin, bohong ya gak boleh dan salah. Tapi dalam konteks drama ini, ya gak apa-apa lah karena kebohongan yang terjadi pada akhirnya tidak menyakiti siapapun.

Sekalipun kemudian kebohongan terbongkar, pada akhirnya semua bahagia. Drama ini diakhiri dengan pertunjukan Curtain Call yang hangat. Saat sang nenek naik ke atas panggung, terasa haru luar biasa.

Jadi tunggu apa lagi, pecinta Happy Ending mari merapat!!


Comments

Satu tanggapan untuk “Review Ending KDrama Curtain Call : White Lies Yay or Nay”

  1. Avatar narissara
    narissara

    Menarik sih ceritanya karena bikin penasaran gimana endingnya,tapi lama2 alurnya berjalan lambat n ngebosenin apalagi dari awal keliatan Je Hoon suka ma Se Yeon,padahal aku lebih suka dia jadian ma temennya Yoon Hee ๐Ÿ˜ข
    Jadi aku stuck nonton di episode 12 aja n langsung cari tau endingnya,ternyata bener Kang Ha Neul ma Ha Ji Won ๐Ÿ˜Œ
    Lantas,apa terungkap misteri kenapa Je Hoon mirip bgt ma suami pertama Ja Geum Soon?
    Ternyata Je Hoon juga 1 panti asuhan ma Pak Jung kan? Ada pula adegan org di perahu yg bilang kalau dia bawa anak Korut ke Korsel,nah aku kira itu Je Hoon yg dititipin ke panti.Padahal jln ceritanya bakal lbh menarik kalau Je Hoon jg ternyata cucu neneknya,jadi dia ga akan punya romance sm “sepupunya” ๐Ÿ˜‚

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park