Rookie-Cops-Drama-Mahasiswa-Kepolisian-Lagi

Rookie Cops, Drama Mahasiswa Kepolisian (Lagi)

Anyeong yeorobun,.. Drama bertema mahasiswa kepolisian nampaknya sedang naik tahun dalam dua tahun belakangan ini. Tahun lalu, kita dikejutkan dengan penampilan Crystal Jung dan Jung Jin Young dalam Police University. Lalu, tahun ini muncullah para pemeran yang manis-manis dalam drama Rookie Cops. Apa yang membedakannya? Apakah lebih menarik? Simak terus ya.

Blurb Rookie Cops

Satu-satunya akademi kepolisian membuka pendaftaran mahasiswa baru, di mana Ko Eun Kang (diperankan oleh Chae Soo Bin) ikut mendaftar lantaran dia sedang mengejar cinta dari guru lesnya yang sekarang adalah mahasiswa di Police University.

Berbeda dengan Wi Seung-Hyun (diperankan oleh Kang Daniel) yang memasuki Police University karena ingin membuat ayahnya yang seorang jendral kepolisian menjadi bangga. Iya setidaknya, di awal begitu yang aku tangkap ya.

Keduanya pernah bertemu karena kejadian yang tidak mengenakkan antara kakaknya Eun Kang dan sahabatnya Seung Hyun. Siapa yang menyangka, kalau keduanya akan menjadi teman sekelas dalam Police University.Bisa dibilang, Lee Ha Na sebagai writer nim cukup berani mengangkat cerita dengan topik yang sama, padahal kita tahu bahwa Police University ala Cha Tae Hyun masih terngiang-ngiang di kepala kita.

Mungkin tangan dingin Kim Byung-Soo selaku pd-nim yang berhasil menyelesaikan banyak drama dengan apik menganggap dramanya kali ini juga tidak akan kalah sukses dengan pendahulunya. Sebut saja drama-drama yang sudah disutradari oleh Kim Byung Soo yaitu di antaranya Rookie Cops | Neowa Naui Gyeongchalsooeob (Disney+ / 2022), He is Psychometric | Saikometeuri Geunyeoseok (tvN / 2019), A Korean Odyssey | Hwayuki (tvN / 2017-2018), The Bride of Habaek | Habaekui Shinboo 2017 (tvN / 2017), Bubble Gum | Poongsungeom (tvN / 2015), The Three Musketeers | Samchongsa (tvN / 2014), Nine: 9 Times Time Travel | Nain: Ahob beonui Shiganyeohaeng (tvN / 2013), Queen In-Hyeon’s Man | Inhyeonwanghooui Namja (tvN / 2012), Vampire Prosecutor | Baempaieo Geomsa (OCN / 2011), Chosun Police Season 2 | Byul Soon Keom Season 2 (MBC / 2008), Chosun Police Season 1 (MBC / 2007).

Beberapa wajah yang terbiasa bermain dalam drama bertema kepolisian juga akan kita jumpai lagi dalam drama Rookie Cops, sebut saja Kim Sang Ho yang sebelumnya bermain di Alice (SBS / 2020) dan juga Choi Woo Ri yang pernah berperan dalam drama He is Psychometric (tvN / 2019), Signal (tvN / 2016) dan juga Catch The Ghost (tvN / 2019).

Sepertinya belum ada yang menarik ya dari Rookie Cops ini? Eits, tunggu dulu! Kamu perlu membaca artikel ini sampai selesai ya.

Tema Ringan dan Minim Konflik

Bila dibandingkan dengan drama Police University yang menggandeng Crystal Jung, menurutku drama ini jauh lebih ringan dan minim konflik. Adapun konflik yang muncul di awal-awal episode adalah seputar orientasi mahasiswa baru.

Para mahasiswa baru ini, tidak menyukai dengan kekerasan yang dilakukan oleh para kakak kelas di masa-masa orientasi mereka.

Bahkan sang dekan pun sempat membela perbuatan kakak kelas mereka.

“Namun masyarakat lebih tak adil. Kau akan melihat hal-hal yang lebih menjengkelkan dan hal-hal yang tidak adil terjadi sepanjang waktu. Kau akan mendadak meneriakkan keluhanmu seperti ini setiap itu terjadi. Kulihat kau kesal karena rekanmu terluka. Namun aku pernah melihat, seorang rekan yang ditikam mati oleh penjahat, dan dicabik-cabik anjing tepat di depan mataku. Dibandingkan dengan menghadapi psikopat seperti itu, latihan yang menurutmu sulit ini tidak ada apa-apanya. Bersabar adalah bagian dari latihan” – Episode 3.

Kira-kira, bagaimana akhir dari cerita bagian pertama ini? Apakah sukses? Tentu saja, chingu harus menontonnya sendiri.

Kalau aku melihat wajahnya Dekan yang diperankan oleh Seo Yi Sook, aku jadi melihat beliau pas berperan sebagai dewa di Hotel Del Luna. Ya Allah, peran beliau di sana tuh ikonik sekali. Apakah juga akan ikonik sebagai kepala dekan di Rookie Cops?

Sebetulnya, dibandingkan kasus menemukan sindikat illegal ala mahasiswa Police University (dengan dibantu dosennya), pada pecinta drama Korea genre romcom, lebih menikmati kisah yang ringan-ringan saja dan masuk akal untuk kategori petualangan mahasiwa baru.

Ya elah, ya gimana ya, kan semester satu itu identik dengan mahasiswa baru yang perfeksionis dan idealismenya juga masih tinggi. Bagaimana mereka beradaptasi dengan akademi kepolisian yang menuntut mahasiwa agar bisa menjadi polisi yang dibanggakan.

Rookie Cops dan Misteri Besar dalam Kepolisian

Dilihat dari penerawanganku *uhuk, Rookie Cops dengan tema-tema kecil dalam setiap bagiannya, sebetulnya kan mempunyai misteri besar yang tampaknya berkaitan besar dengan kepolisian.

Kalau diterawang lebih dalam, sepertinya polisi ahjuhsi nya Ki Han Na (diperankan oleh Park Yoo Na) ini punya dendam sama orang-orang kepolisian yang berasal dari Police University. Makanya lewat Han Na, dia mau membongkar semua kasus korupsi yang dia sangkakan selama ini.

Tetapi, benarkah ceritanya hanya sebatas itu?

Sepanjang 4 episode ini, aku masih berharap kalau ceritanya masuk akal untuk ukuran mahasiswa baru yang sedang ranum-ranumnya sebagai mahasiswa baru.

Persaingan Chae Soo Bin dan Krystal?

Pertanda Chae Soo Bin hadir di layar kaca sebagai mahasiwa baru unyu-unyu seolah menandakan persaingannya dengan Krystal belum berakhir.

Agak-agaknya, pengaruh film Sweet & Sour masih membayangi persaingan kedua gadis ini.

Anehnya, mengapa harus Chae Soo Bin yang tampil dalam drama bertema akademi kepolisian ini, sementara drama pendahulunya dengan tema yang sama juga menampilkan Krystal dalam drama tersebut.

Tentu saja, karakter Ko Eun Kang di Rookie Cops dibandingkan karakter Oh Kang Hui sangat berbeda karismanya. Satunya manis dan unyu-unyu tetapi kritis dalam menghadapi dunia kampus, sementara satunya tipikal mahasiswa perfeksionis yang di dalamnya mengandung luka batin.

Mari kita nantikan, di antara mantan pemain Sweet & Sour, siapakah yang akan lebih terkenang di hati penonton sebagai mahasiwi Akademi Kepolisian?

Rookie Cops, Kapan Tayang dan Tayang di Mana?

Buat chingu yang ingin menonton Rookie Cops, bisa meluncur ke Disney+ Hotstar ya, setiap hari Rabu mulai tayang tanggal 26 Januari 2022. Drama yang berjumlah 16 episode ini, hanya tayang sehari sekali dalam seminggu, tetapi dalam hari itu, langsung muncul dua episode sekaligus.

Sepertinya para pemakai Telkomsel akan berbahagia karena sekarang ini Disney+ Hotstar sudah menggaet drama Korea dalam layanan berbayar mereka. FYI, sampai saat ini, penikmat kuota dari Telkomsel biasanya mendapat gratis berlangganan Disney+ Hotstar selama 1 bulan.

Rookie Cops, Rekomended or No?

Seperti aku bilang di atas, menonton Rookie Cops ini surgawi bagi para pecinta genre romcom. Kalau ingat gini, aku jadi ingat salah satu sahabatku yang selalu ngorekin yang aku tulis buat menambah daftar tontonannya. Kebetulan kami sama-sama pecinta romcom.

Makanya, kali ini aku mau merekomendasikan Rookie Cops untuk semua chingu-chingu tercinta. Sebagai minchin yang baik, tentu, aku akan bilang seobjektif mungkin sebuah drama dari kacamataku sendiri. Tapi balik lagi, kacamata tiap orang kan beda-beda ukuran dan jenis framenya. Cuma ya.. insya Allah, Rookie Cops ini super duper ringan dan menarik buat ditonton.

Nah, dari ulasan di atas, apakah chingu sudah tertarik untuk ikut menonton? Atau malah sudah menonton? Kita curhat yuk di kolom komentar


Comments

3 tanggapan untuk “Rookie Cops, Drama Mahasiswa Kepolisian (Lagi)”

  1. Avatar Dian

    Iya ini lebih menghibur dan lebih pas buat cerita mahasiswa universitas kepolisian
    Aku suka sih

  2. […] yang sudah tayang, ada Rookie Cops, Forecasting Love and Weather dan Twenty Five Twenty One. Bulan depan ada Crazy Love dan Bussines […]

  3. […] sinopsis drama Rookie Cops beserta pengembangan karakter Gianna Jun di sepanjang drama […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

%d blogger menyukai ini: