podcast drakor rookie cops

Persahabatan, Cinta, dan Misteri Besar di Rookie Cops

Annyeong Chingudeul!

Hari ini bertemu lagi dengan podcast Drakorclass. Di Episode podcast kali ini, saya dan Rani Noona ngobrol tentang persahabatan, cinta, dan misteri besar yang ada di drama Korea Rookie Cops (2022). Drama yang dibintangi Kang Daniel dan Chae Soo-bin ini bergenre romantis komedi, bercerita tentang kisah kehidupan mahasiswa di sekolah kepolisian di Korea.

Drama ini bukan murni drama romantis 100 persen, karena namanya juga drama kepolisian, akan ada kasus-kasus kecil dan juga misteri seputar sekolahan, menyangkut sistem orientasi mahasiswa baru dan senioritas ataupun pihak yang punya kekuasaan yang korupsi/ menyalahgunakan kekuasaannya.

Yuk, buat yang sudah maupun belum nonton, dengarkan podcast ini dan baca tulisan ini sampai habis. Tenang saja, saya tidak akan menspoiler kecuali yang memang sudah ada di beberapa episode awal. Lagipula, drama ini masih ada 4 episode lagi, jadi saya hanya bisa menduga-duga endingnya dan bukan spoiler dong namanya, hehehe.

Dengarkan podcastnya sambil baca tulisannya sampai habis ya.

Sinopsis

Buat yang sudah menonton, kalian sudah tahu belum kalau selain kisah kehidupan mahasiswa baru di Korean National Police University (KNPU), drama yang memang terasa mirip dengan  Police University. Akan tetapi, drama Rookie Cops ini terasa menarik dari awal karena kisah romantis nya lebih terasa, hehehe.

Cerita akan berpusat pada 2 tokoh utama Wi Seung hyun (diperankan Kang Daniel) yang merupakan anak dari seorang jendral polisi dan Ko Eun Kang (diperankan Chae Soo-bin) yang masuk kepolisian karena pria pujaannya bersekolah di sana. Jadi drama ini ceritanya agak kebalikan dari Police University ya, heran juga ada wanita jadi polisi demi mengejar pria pujaan, sekolah polisi itukan berat!

Cerita dibuka dengan kejar-kejaran seorang yang bernama Kim Hyun Soo dengan banyak orang yang menusuknya dan kemudian Kim Hyun soo ini ditabrak truk sampah. Mungkin kebanyakan seperti saya, terlewat narasi yang menyebutkan, kalau kematian Kim Hyun Soo 10 tahun lalu lah yang menjadi awal kisah Rookie Cops ini.

Sejauh 12 episode yang sudah ditayangkan, misteri besar dalam drama ini akhirnya mulai dibahas kembali, padahal scene awal dari drakor Rookie Cops ini menunjukkan tentang kematian Kim Hyun Soo yang merupakan seorang mahasiswa KNPU tingkat akhir. Siapakah Kim Hyun Soo? Nah ini nanti diketahui sedikit demi sedikit dan tidak banyak di bahas di episode awal.

Kisah-kisah yang diangkat

Sistem Orientasi Mahasiswa Baru di KNPU

Kisah awal dari drama ini menunjukkan masa orientasi kampus yang penuh dengan kekerasan. Di minggu pertama, sudah ada mahasiswi yang tidak tahan dengan hukuman yang diberikan dan akhirnya memutuskan berhenti.

Setiap junior hanya boleh berkata: “Ya pak”, “Maaf Pak”, dan “aku akan memperbaikinya” dan senior selalu benar. Pihak sekolah pun awalnya merasa itu adalah sistem yang terbaik untuk melatih para mahasiswa baru kepolisian. Akan tetapi, Ko Eun Kang dan Wi Seung Hyun akhirnya berani untuk melakukan terobosan yang membuat sistem itu berubah. Ko Eun Kang meyakinkan kepala sekolah kepolisian, kalau kekerasan tidak akan membuat mereka menjadi hebat, tapi hanya akan menjadi pemberontak.

Cinta dan Persahabatan di Rookie Cops

Selain tokoh Wi Seung-hyun dan Ko Eun Kang, ada 8 mahasiswa yang bersahabat dalam drama ini. Walaupun pada awalnya pertemuan mereka mungkin tidak langsung cocok satu sama lain, tapi karena menghadapi senior yang selalu benar membuat mereka semakin akrab.

Dua tokoh pendukung yang juga banyak dibahas dalam drama ini adalah Kim Tak (diperankan oleh Lee Shin-young) yang menjadi teman sekamar Wi Seung Hyun dan Ki Han-na (diperankan Park Yoo-na), yang menjadi teman sekamar Ko Eun Kang.

Ada 8 orang yang terdiri dari 4 pria dan 4 wanita, apakah otomatis mereka semua akan berpasangan? Belum tentu! Walaupun, memang ada beberapa kisah romantis dalam drama ini.

Kasus-kasus pelanggaran hukum

Namanya drama kepolisian, nggak lengkap dong kalau tidak ada cerita tentang pelanggaran hukum yang terjadi. Dalam drama ini, para mahasiswa yang sudah menjadi rookie cops ini juga ditunjukkan berusaha menyelesaikan beberapa kasus yang terjadi di sekitar mereka.

Ada kasus kecil, dan ada kasus besar. Untuk kasus kecil sih, biasanya mereka bahkan tidak melibatkan instruktur mereka untuk membantu. Ada juga beberapa yang membuat mereka terancam dikeluarkan dari sekolah.

Untuk kasus besar nih, sebenarnya merupakan kasus yang menjadi misteri yang sepertinya masih akan diselesaikan di 4 episode terakhir.

Menuju Ending Rookie Cops

Bagian ini bukan spoiler, saya hanya berharap masalah-masalah yang menjadi pertanyaan berikut akan terungkap di 4 episode terakhir:

  • Dari episode 11 dan 12, saya jadi bertanya-tanya, siapakah yang dikunjungi dengan bunga putih dan membuat Ko Eun Kang menangis?
  • Lalu, apakah Kepala sekolah dan Papanya Wi Seung Hyun polisi jahat atau polisi baik?
  • Siapakah pembunuh gadis yang ditemukan di tepi pantai?
  • (Si)Apakah penyebab kematian Kim Hyun Soo?
  • Bagaimana reaksi Kim Tak ketika kasus kematian abangnya terungkap?
  • Apakah 8 sekawan akan lulus semuanya dari KNPU?

Semoga tidak ada kejutan lain lagi menjelang episode terakhir.

Penutup

Buat yang penasaran, langsung saja tonton 12 episode yang sudah ditayangkan di Disney +, dan nantikan episode barunya di hari Rabu. Dengarkan juga podcast Drakor Class tentang Police University kalau mau mencari rekomendasi drama mahasiswa kepolisian lainnya.

Drama ini menarik dan saya rekomendasikan untuk ditonton. Selain ceritanya ringan, tapi selalu ada kasus yang terasa dekat dengan dunia nyata. Misalnya saja, tentang kasus pengiriman paket kosong, ataupun tentang menghadapi senior yang menyalahgunakan kekuasaannya.

Namanya drama, ada juga sih bagian-bagian yang kurang masuk akal dan masih bisa diperbaiki. Tapi hal tersebut tidak terlalu mengganggu dan secara keseluruhan drama ini cukup menarik dan menghibur.

Kamu punya teori lain tentang penyebab kematian abangnya Kim Tak? Yuk silakan berkomentar.


Posted

in

, ,

by


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

%d blogger menyukai ini: