Daebak! 4 Konser Virtual BTS Saat Pandemi

Annyeong haseyo!

Siapa nih yang sudah rindu nonton konser secara offline? Aku deh yang angkat tangan duluan, meskipun nggak sering tetapi adalah beberapa kali nonton konser offline. Meskipun harus berdesak-desakan dan sedikit melelahkan, tetapi rasanya seru dan berkesan. Apalagi saat bisa melihat sang idola secara langsung rasanya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Sedihnya, semenjak pandemi ini hanya bisa menikmati konser secara online.

Awalnya aku ngerasa jika menonton konser online ini tuh bakal nggak seseru ketika kita menonton konser offline ya, karena kita tidak bisa melihat idola kita secara langsung. Tetapi ternyata nonton konser secara online alias virtual ini seru juga, lho!

Nah, di kesempatan kali ini aku mau bahas tentang konser online BTS yang sudah beberapa kali dilakukan semenjak pandemi, btw kalian tim nonton atau tidak nih?

Konser Online Bentuk Konser Baru Saat Pandemi

Source: Pinterest

Hmmm…pandemi yang terjadi sejak setahun lebih ini memang mengubah banyak hal, salah satunya dalam menikmati konser. Padahal World Tour yang telah dipersiapkan oleh para penyanyi, band, dan grup idol terpaksa harus dibatalkan karenanya. Dan sepertinya saat ini konser Online menjadi salah satu inovasi pelaksanaan konser musik di tengah pandemi covid-19, dimana hal ini juga menjadi bagian dari strategi promotor dan musisi untuk dapat bertahan dan adaktif terhadap kondisi pandemi.

Selain itu, konser online menjadi pilihan yang sangat menguntungkan, tak hanya untuk para idola, tetapi juga fans. Biaya tiket yang jauh lebih terjangkau dibanding konser offline, juga konser yang bisa ditonton di mana saja, menjadi daya tarik tersendiri.

Kecanggihan Konser Online

Selama tahun 2020 sendiri, sudah banyak grup K-Pop yang menggelar konser online mereka yang mengundang puluhan bahkan ratusan ribu fans. Beberapa di antaranya menyajikan pertunjukkan yang megah dengan menggabungkan teknologi canggih.

Source: Pinterest

Seperti diketahui, format konser online sangat terbatas, namun dengan teknologi digital seperti augmented reality (AR) dan extented reality (XR) yang digunakan, bisa membuat panggung terlihat lebih megah dan mewah, dengan lebih banyak warna dan daya tarik dibanding konser offline.

Seperti yang dilakukan Big Hit Entertainment saat BTS menggelar konser online ‘Map of the Soul ON:E’ pada tahun lalu. Mereka bekerja sama dengan Kiswe, perusahaan startup di bidang produksi video dan live streaming yang berbasis di Amerika Serikat. Dalam konser tersebut, BTS menyuguhkan 23 penampilan selama 150 menit dengan menggunakan teknologi seperti multi-view, resolusi 4K, AR, dan XR.

Kecanggihan lainnya yang berhasil ditampilkan dalam konser online K-Pop adalah hologram 3D, seperti penampilan Suga BTS di Mnet Asian Music Awards 2020 di konser akhir tahun BigHit Labels pada Desember tahun kemarin.

Source: Youtube Mnet Kpop

Memiliki jumlah penonton spektakuler

Meskipun online, ternyata jumlah penonton konser online ini tidak main-main. Sebuah postingan di situs komunitas online Theqoo mengumpulkan daftar konser online yang digelar grup-grup K-Pop seperti TWICE, BTS, dan BLACKPINK selama pandemi menunjukkan angka yang fantastis.

Source: Theqoo

BTS (Bangtan Boys) mengumpulkan penonton terbanyak lewat konser online mereka yang digelar pada Oktober 2020 dengan 990 ribu penonton, diikuti dengan BLACKPINK (Black Pink) pada Januari 2021 dengan 280 ribu penonton. Selanjutnya, konser online NCT pada Desember 2020 mengumpulkan penonton terbanyak ketiga dengan 200 ribu orang.

Konser online SHINee pada April 2021 dan Super Junior pada Mei 2020 masing-masing mengumpulkan 130 ribu dan 123 ribu penonton. Selanjutnya konser Baekhyun EXO pada Januari 2021 ditonton 110 ribu orang, NCT 127 pada Mei 2020 ditonton 104 ribu, TWICE pada Agustus 2020 mengumpulkan 100 ribu, dan SuperM pada Mei 2020 dengan 75 ribu.

Konser-konser lainnya yang belum diketahui jumlah penontonnya adalah konser TVXQ, Seventeen, NCT Dream, WayV dan IZ*ONE. Nggak heran yah, kalau konser Kpop online berhasil meraup pendapatan yang wow. Hehehehe

Konser Virtual BTS Selama Pandemi

Sebagai seorang ARMY, aku tidak mau ketinggalan untuk yang satu ini. Sebisa mungkin aku mengikuti apapun yang berbau BTS hehehe termasuk konser virtual mereka. Selama pandemi ini sudah ada beberapa konser virtual yang BTS buat dan semuanya mendapatkan respon yang luar biasa dari fans maupun penikmat musik.

Berikut empat konser virtual BTS yang diadakan selama pandemi.

BANG BANG CON: The Live

Source: Weverse BTS

BANG BANG CON The Live diadakan pada 14 Juni 2021 lalu, BANG BANG CON The Live adalah konser live online yang akan membuat BTS dan ARMY tetap terhubung sambil menjaga semua orang tetap aman dan sehat.

Penggemar di seluruh dunia bahkan dapat menikmati pertunjukan sambil menghubungkan ARMY Bomb (lightstick resmi BTS) ke platform komunitas Big Hit Entertainment WeVerse, yang membuat tongkat cahaya mereka berubah warna berdasarkan apa yang terjadi dalam konser.

Selama dua hari, sekitar 500.000 ARMY Bomb di 162 daerah terhubung dengan pertunjukan. Banyak penggemar menyukainya, karena hal ini menciptakan perasaan bahwa mereka semua mengalami hal yang sama dan bersorak bersama, seperti yang akan mereka lakukan di konser.

Konser Virtual BTS “MAP OF THE SOUL ON:E”

Source: Big Hit Entertainment

Konser “Map of the Soul ON:E” dilakukan pada Sabtu (10/10/2020) dan Minggu (11/10/2020) tahun lalu. Awalnya, direncanakan digelar secara online dan offline hanya di Seoul, Korea. Namun gelombang kedua Covid-19 di Korea Selatan memaksa Big Hit menggelar konser itu hanya secara virtual.

Meskipun digelar secara virtual, konser ini setidaknya mengurangi kerinduan ARMY – sebutan bagi penggemar BTS – menyaksikan idolanya tampil di panggung besar.

Seharusnya para ARMY dapat menyaksikan secara langsung lewat tur konser dunia BTS yang rencananya digelar April 2020. Namun, karena adanya pandemi Covid-19, seluruh konser BTS harus dibatalkan.

Tak disangka, konser virtual ini sukses menyedot 756,000 penonton dari seluruh dunia. Bahkan, berkat konser virtual ini, BTS berhasil menjadi nomine di ajang MTV Europe Music Awards (EMA) 2020.

BANG BANG CON 2021

Source: Pinterest

Di tahun 2021, BTS kembali menggelar BANG BANG CON 2021 bulan April dan terbaru adalah konser online 2021 Muster Sowoozoo yang digelar dalam rangka merayakan anniversary grup ke-8 pada 19-20 Juni 2021.

BANG BANG CON berlangsung hampir selama delapan jam. Termasuk, menampilkan konser dari total tiga acara tatap muka BTS di masa lalu.

Di antaranya, konser BTS Live Trilogy: Episode I. BTS Begins di Seoul pada 2015, fan meeting “Muster” kelima (“Magic Shop”) di Busan pada 2019, dan konser Love Yourself: Speak Yourself di Sao Paulo, Brazil pada 2019.

Di Bang Bang Con 2020, BTS membukukan rekor baru sebagai konser virtual dengan jumlah penonton terbanyak di dunia, mencapai 2,24 juta viewers. Masih tak ingin cepat puas, tahun ini mereka kembali dengan pencapaian baru.

Bang Bang Con 2021 sukses mendulang 2,4 juta penonton dari seluruh dunia, sekaligus mematahkan rekor mereka sebelumnya.

Konser Virtual BTS “Permission To Dance on Stage”

Tahun ini BTS kembali mengadakan konser online bertajuk “Permission To Dance on Stage” pada Minggu, 24 Oktober 2021 kemarin.

Source: Weverse BTS

Konser ini menjadi konser online BTS pertama di tahun 2021. Sebelumnya, pada Oktober 2020, BTS juga sempat menggelar konser online bertajuk BTS MAP OF THE SEOUL TOUR ON:E selama 2 hari. Konser tersebut menampilkan teknologi canggih dalam berkomunikasi bersama fans dan sukses menarik penonton dari 191 negara.

Konser online ini sih tujuannya bisa mengobati kerinduan para ARMY (sebutan penggemar BTS) akan suasana konser, mengingat pandemi COVID-19 membuat mereka tidak bisa melangsungkan tour konser seperti tahun-tahun sebelumnya.

Selain konser online, BTS juga akan mengadakan konser langsung pertama di Los Angeles (LA) dalam dua tahun pada bulan depan. Konser “BTS Permission To Dance On Stage – LA” akan diadakan di SoFi Stadium pada 27 dan 28 November, serta 1 dan 2 Desember dengan semua tiket telah terjual habis.

Wow daebak 😍😍😍

Tips Menonton Konser Virtual Ala Jungkook

Bagi Kamu yang suka menonton konser online BTS ini, kamu bisa menerapkan tips dari Jungkook agar bisa bersenang-senang tanpa membuat kegaduhan. 

Cara pertama yang disarankan Jungkook adalah menyediakan matras untuk alas lantai. Matras akan meredam suara dan juga hentakan kaki ketika Kamu mau ikut menari saat nonton konser online. Kalau Kamu nggak punya matras, Jungkook menyarankan untuk menggunakan bantal yang dijejerkan di lantai tempat kamu akan menonton.

Dan yang kedua, Jungkook menyarankan ARMY untuk menonton di tempat yang paling nyaman agar dapat menikmati konsernya.

Penutup

Source: Pinterest

Pandemi merupakan tahun yang berat untuk industri hiburan, khususnya K-Pop karena K-Pop adalah tentang berinteraksi dan berkomunikasi dengan fans. Namun ternyata pandemi malah membuka sebuah kesempatan baru bagi K-Pop untuk memperluas dan berkembang lebih jauh.

Nonton konser tanpa dihiasi lautan Lightstick emang rasanya gak afdol. Jadi untuk menghidupkan atmosfer selayaknya konser live BTS betulan, buat kalian ARMY yang memiliki lightstick BTS ‘Army Bomb’ bisa nih dipersiapkan setiap kali nonton konser online hihihi atau bisa juga pakai kaos army, aku begitu soalnya cobain deh biar berasa konsernya.

Baca juga ini: https://drakorclass.com/2021/09/29/all-about-merchandise-kpop/

Tetapi menurut ku yang paling penting agar mendukung konser online kamu dengan RM, Jungkook, Jin, V, J-Hope, Jimin, dan Suga berjalan lancar. Yuk, pastikan koneksi internet yang kamu pakai sudah tanpa batas kuota! Hehehe

Selamat menonton 😘

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: