Kpopers Wajib Tahu 12 Istilah Dalam Dunia Kpop

Halo Kpopers!

Wah tidak terasa kita sudah berada di penghujung tahun, apakah kalian juga sudah mempersiapkan acara akhir tahun? meskipun di rumah saja kita bisa kok melakukan aktivitas seru, misalnya mengajak teman nonton bareng konser idola atau melakukan mini konser di kamar ala-ala. hehehe

Kamu bisa baca ini sebagai ide tahun baru kamu biar lebih seru

https://drakorclass.com/2021/12/05/persiapan-buat-para-kpopers-menyambut-tahun-baru/

Sebelumnya, saya mau cerita sedikit. Memang saya sendiri belum terlalu lama menjadi kpopers. Tetapi, saat Tiga tahun lalu ketika awal mengenal dunia Kpop, tidak butuh waktu lama untuk mengetahui semua istilah ini, karena memang saya tipe yang cepat belajar dan rasa ingin tahunya cukup besar dengan hal-hal baru.

Selain beberapa aksesoris kpop yang perlu kita ketahui, Ada juga beberapa istilah gaul yang perlu kamu tahu agar saat ngobrol bareng teman sesama kpopers bisa paham yang mereka bahas. Btw, setelah beberapa kali membahas kpop, saya baru teringat jika belum pernah membahas tentang istilah-istilah dalam dunia kpop. Nah, buat kalian yang ngaku kpopers sudah tahu belum nih dengan istilah-istilah ini?

Istilah Dalam Dunia Kpop

Kalau kamu newbie, pasti bingung deh sama beberapa istilah dibawah ini. Karena ada beberapa yang terlihat sama, padahal sebenarnya beda sih. Yuk, cari tahu!

1. Bias

source: Pinterest

Bias adalah istilah yang digunakan untuk salah satu member boy/girl band kpop yang kamu sukai. Bisa satu atau lebih dari satu bias didalam satu boy group juga boleh, bebas. Misalnya nih, di BTS membernya kan ada 7 yah. Kamu paling suka dan senang ngikutin si Suga dalam hal apapun. Nah, itu artinya bias kamu di BTS adalah SUGA.

2. Comeback

Comeback adalah istilah yang digunakan ketika idol kamu kembali mengeluarkan karya terbaru mereka, setelah beberapa lama tidak tampil. Biasanya moment comeback ini adalah menjadi sesuatu yang paling ditunggu oleh fans Kpop, karena sebelum comeback tiba agensi akan mengeluarkan sesuatu yang baru. Seperti, Teaser foto para member, MV dan video klip.

3. Line

Line biasanya dilihat berdasarkan tahun kelahiran, sebagai contoh RM dan Jhope BTS kelahiran tahun 1994. Maka mereka berdua bisa dikatakan Line 94.

4. Fanchant

source: https://youtu.be/kkozML4UYaY

Kalau kamu pernah nonton konser idol kpop kesayangan kamu, mungkin beberapa kali sering mendengarkan teriakan dari penggemar yang mengungkapkan sesuatu. Bukan asal teriak sih, kata-kata yang diteriakkan saat intro lagu ini disebut dengan Fanchant. Bisa menyebutkan nama bias mereka, lirik lagu atau kalimat penyemangat.

5. Fandom

Source: twitter.com/btsworldwider

Fandom singkatan dari Fan Kingdom, jadi ini kumpulan dari beberapa penggemar dari salah satu boy atau girl band kpop yang membentuk sebuah club/kelompok. Karena banyaknya group maka banyak pula fandom nya, memiliki nama yang berbeda-beda. Nama fandomnya BTS adalah ARMY, lalu Blackpink fandom nya Blink, EXO fandom nya EXO-L, dll.

6. Rookie

Rookie ini digunakan untuk para idol yang baru debut. Mereka membawa label Rookie (pendatang baru) selama satu tahun dalam perkenalan mereka, sebelum debut generasi selanjutnya. Btw, tahun ini best rookie jatuh kepada Treasure dan Aespa.

7. Trainee

Source: Pinterest

Sebelum menjadi Idol, mereka adalah seorang Trainee. Sebuah agensi melakukan pencarian bakat lalu merekrut dan melatih mereka menjadi bintang pop. Tidak mudah untuk menjadi idol, maka mereka harus bekerja keras selama trainee.

8. Fansite

Sebuah situs yang dibuat oleh para fans/penggemar dan dipersembahkan juga untuk fans. Jadi, mereka seolah-olah seperti paparazzi yang mengabadikan moment terbaik dari para idol favorite mereka. Isinya bisa foto-foto tampan para member, atau kegiatan mereka saat konser atau saat di bandara.

Fansite biasanya fokus pada salah satu member, mereka akan mengambil foto di tempat umum, lokasi syuting, bandara atau konser dengan menggunakan lensa kelas profesional. Makanya banyak juga para penggemar yang merasa terbantu mendapatkan foto cantik dan jernih. Fansite ini beda yah dari sasaeng, karena mereka tidak mengekspos kehidupan pribadi idol.

9. Antis

Antis adalah anti fans, yang artinya tidak mengidolakan atau tidak menyukai fandom atau group idol. Kebalikan dari fans yah.

10. Fan Meeting

Jumpa fans atau dikenal dengan istilah Fanmeeting ini adalah jumpa fans dan idol yang durasinya lebih singkat kurang lebih 1-1.5 jam saja. Harga tiketnya pun jauh lebih murah dibandingkan konser

11. Fansign

source: Pinterest

Fansign ini sendiri adalah event tanda tangan untuk album yang dilakukan boy group untuk para fans mereka. Biasanya event ini hanya untuk para fans yang beruntung, infonya untuk mendapatkan tanda tangan idol ini kita harus membeli ratusan album gaes 😁

12. Showcase

Source: Soompi

Showcase ini lebih kayak mini konser yah, jadi setelah mereka comeback akan ada promosi album, dihadiri oleh beberapa fans tetapi terbatas. Showcase sendiri dibagi menjadi dua macam yaitu showcase for the press and media only serta showcase for the fans.

Penutup

Selama menjadi Kpopers dan juga ARMY banyak hal-hal baru yang saya ketahui, baik itu tentang budaya Korea maupun tentang musiknya. Industri hiburan dari negeri ginseng ini selalu berhasil menarik perhatian banyak orang bahkan sudah menjangkau ke seluruh dunia.

Kpop dan kdrama punya banyak istilah gaul. Nah, agar siap saat membicarakan ini ke sesama teman kpopers lainnya kamu harus tahu beberapa istilah yang saya tuliskan diatas tadi. Dengan begitu kamu akan bisa mengikuti obrolan dengan baik.

Dari beberapa istilah, kalian sudah tahu yang mana?


Posted

in

, , ,

Comments

Satu tanggapan untuk “Kpopers Wajib Tahu 12 Istilah Dalam Dunia Kpop”

  1. Avatar rhin

    aku cuma tahu nomor 1, sekarang nambah ilmu 11 istilah lainnya, eh tapi, aku emang bukan kpopers sih, hehehe…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

%d blogger menyukai ini: