Photocard Jadi Merchandise Favorit Penggemar Kpop

Biasanya para penggemar kpop mengoleksi merchandise dari idola kesayangan mereka. Mulai dari album, photocard, hingga lightstick bahkan benda-benda lainnya. Lalu merchandise jenis apa yang paling dicari para penggemar K-Pop? Jawabannya adalah PC alias Photocard. Photocard ini ternyata menjadi merchandise paling favorit, lho! Harga yang ditawarkan untuk selembar kertas idola ini berkisar puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Sebenarnya PC ini adalah bonus yang ada di album k-pop. Biasanya dalam sekali rilis, akan terdapat beberapa versi PC yang menyesuaikan dengan jumlah jenis album. Di dalam album terdapat 1 bahkan beberapa pc dan perintilannya tergantung masing-masing agency.

Bagi non K-Popers, mungkin bingung dan bertanya-tanya, “Ngapain sih kertas kayak begitu aja dikoleksi?” Psst… Sebaiknya hindari pertanyaan sensitif seperti ini terhadap K-Popers. Karena menurut mereka yang gemar mengoleksi PC ini, Ada sensasi tersendiri saat melihat kumpulan foto wajah rupawan, yang terkadang menambah semangat dan alasan menjalani kehidupan.

Hmmm, apasih menariknya photocard? Berikut beberapa alasan mengapa Photocard menjadi daya tarik dikalangan penggemar k-pop.

Tiga Alasan Mengapa Photocard Menjadi Merchandise Paling Favorit

1. Dijuluki Kertas Ganteng

Sumber: Pinterest

Photocard biasanya diberikan sekaligus dalam sebuah album atau sebagai bonus dari paket merchandise, dan lainnya. Biasanya, satu album K-pop dibuat dalam beberapa versi, membuat total koleksi photocard pun bisa mencapai ratusan, bahkan ribuan jika digabungkan dengan seluruh paket merchandise dan paket lainnya.

Photocard disebut sebagai ‘kertas ganteng’ bagi para k-popers wanita lantaran materialnya terbuat dari kertas dan terdapat wajah idola mereka. Eits, tapi nggak sembarang kertas, lho! Setiap photocard memiliki bahan kertas atau laminating dan bentuk berbeda yang membuatnya terlihat eksklusif. Ditambah wajah para idola yang menghiasinya, semakin membuat photocard layak dijuluki sebagai ‘kertas ganteng.’

2. Susah Mendapatkan Photocard Sesuai Bias

Saat membeli full set album, kita tidak bisa memastikan akan mendapatkan photocard idola kita. Misalnya kamu penggemar BTS, ketika membeli albumnya belum tentu bisa langsung mendapatkan photocard Jungkook.

Akhirnya para fans berusaha mati-matian untuk mendapatkan PC sesuai bias mereka. Mengapa para fans terkesan segitu maksa untuk memiliki? Karena Ternyata foto tersebut diambil dari acara Muster atau fanmeeting pertama yang digelar. Tetapi terdapat cara lain untuk mendapatkan bias kita, yaitu kita bisa melakukan WTT! Atau Want To Trade diakun media social seperti Twitter atau membeli dari Seller Korea atau sellkor.

3. Bisa Menjadi Peluang Bisnis, Karena Harga Jualnya Tinggi

Hal yang bisa diketahui, pertama, photocard bukanlah sembarang kertas yang bisa dipalsukan dengan mudahnya, karena official photocard memiliki bahan print kertas dan juga laminating yang berbeda. Selain itu, terdapat photocard yang bisa dibilang eksklusif karena sulit didapatkan. Penyebab hal tersebut karena, hanya ada beberapa set di dunia dan hanya bisa didapatkan pada musim tertentu seperti “comeback” dan kolaborasi brand.

Nah kesempatan ini dimanfaatkan bagi sebagian orang untuk menjual PC tersebut dengan harga mahal dan bisa dijadikan investasi. Mengapa bisa dijadikan investasi? karena biasanya di dalam album ada beberapa pc dengan foto idol rare (langka). Hal itulah yang diburu para K-Popers mereka akan membayar berapapun untuk mendapatkan pc tersebut.

Salah satunya adalah photocard Butterful Night Event Jungkook, PC ini menjadi barang yang sangat diminati dan dijual seharga 1,6 juta won (sekitar Rp 20,1 juta).

Sumber: allkpop

Mengapa Harga Photocard Lebih Mahal dari Album

Sejak dulu, koleksi photocard memang sudah jadi sesuatu yang mendarah daging dalam kelompok penggemar K-pop. Mengumpulkan kartu foto adalah salah satu bagian paling menyenangkan saat membeli album K-Pop.

Meskipun kecil, photocard ibarat harta karun. Sebab biasanya hanya ada satu photocard dalam satu album. Jadi banyak penggemar yang akhirnya rela membeli banyak album demi mendapatkan foto idolanya. Apalagi jika satu grup memiliki banyak personel. Bagi seorang kolektor, tak ada yang lebih mereka inginkan dibanding mengumpulkan semuanya. Jadi dalam upaya melengkapi koleksinya, penggemar berat rela merogoh kocek besar untuk ini.

Ada beberapa faktor untuk menentukan nilai sebuah photocard. Biasanya foto lama dari tahun-tahun awal debut sang idola pasti akan lebih berharga. Mereka juga melihat apakah agensi masih memproduksinya lagi atau tidak. Selain itu, mereka juga akan mempertimbangkan popularitas personelnya. Semakin terkenal, semakin mahal pula harga yang dijual. Jika photocard dibuat dengan bentuk yang unik, seperti menggunakan hologram atau dibuat ‘lenticular’ misalnya, maka harganya tentu kian mahal. Apalagi jika kartunya disertai dengan tanda tangan asli personel. Dijamin harganya fantastis.

Saat melihat hal tersebut, banyak penjual yang memanfaatkannya untuk menjual photocard dengan harga selangit. Tak jarang, harga satu lembar photocard bisa lebih mahal dibandingkan harga albumnya. Harga yang ditawarkan juga beragam. Mulai dari ratusan, jutaan, bahkan puluhan juta rupiah.

Bagi orang di luar ‘fandom’, hal ini tentu cukup aneh. Apa esensi dari mengumpulkan foto yang dicetak di atas sebuah kertas kecil? Namun, tak bisa dimungkiri, photocard K-Pop kini sudah jadi benda koleksi yang berharga, sama halnya seperti kartu mainan maupun ‘trading card game’. Maka tidak heran, kalau nilainya menjadi mahal.

Berikut beberapa photocard idol k-pop yang terjual dengan harga cukup mahal

Photocard idol Kpop termahal

1. V ‘BTS’

Sumber: Koreaboo

Hampir semua member BTS memiliki photocard dengan harga yang terbilang mahal. Wajar, popularitas BTS memang tengah melambung hampir di seluruh dunia. Tidak hanya photocard grup yang bernilai tinggi, masing-masing photocard member justru memiliki harga yang fantastis, salah satunya Kim Tae Hyung atau V ‘BTS’. Foto yang diambil dari acara Muster atau fanmeeting pertama yang digelar BTS tersebut dihargai Rp12 juta atau USD839.

2. Seulgi ‘Red Velvet’

Sumber: Koreaboo

Seulgi menjadi member Red Velvet dengan photocard yang terjual paling mahal. Potret wanita yang mencintai dunia fotografi ini diambil dari acara Superstar SMTOWN Halloween. Dikabarkan, photocard tersebut dijual dengan harga USD640 atau setara dengan Rp9,3 juta, lho! Kalau dilihat, saat itu Seulgi tampak merenung dan menopang dagunya. Terlihat manis, ya.

3. Jungkook ‘BTS’

Sumber: Twitter @DailyAJBoutique

Popularitas Jungkook ‘BTS’ memang enggak main-main. Selain dijuluki ‘sold out king’ karena seluruh barang yang dipasarkan atau dipakainya bisa habis diserbu penggemar, si Golden Maknae ini juga sempat bikin heboh karena photocard-nya yang dibanderol dengan harga fantastis.

Di bulan April lalu, photocard Jungkook berhasil dijual dengan harga sekitar 40 juta. Dalam ‘kertas mahal’ tersebut, Jungkook tampil dengan rambut berwarna biru dan melakukan v sign. Vokalis utama BTS ini juga tampak menjepit poni depannya dengan penjepit rambut. Visual yang tampak jelas dan sangat langka ini digadang-gadang yang membuat photocard terjual mahal.

4. NCT

Sumber: carousell. Sg

Tak hanya BTS, NCT juga memiliki kertas ganteng yang punya nilai fantastis. PhotocarD dari acara weekly idol tahun 2018 dihargai hingga puluhan juta rupiah. Bahkan untuk photocard Jaehyun ‘NCT’ saja dikabarkan terjual dengan harga 56 juta untuk 1 pcsnya. Waw!

Penutup

Kalau kamu tidak punya duit untuk membeli album atau paket merchandise, tapi tetap mau punya koleksi photocard, maka selalu ada jalan untuk mendapatkannya lewat berbagai forum penggemar, terutama di dunia maya (media sosial).

Di forum-forum penggemar atau di akun media sosial K-popers, kamu akan dengan gampangnya menemukan kegiatan jual beli photocard atau patungan album. Nantinya, calon pembeli bisa memilih salah satu merchandise dari album tersebut, misalnya hanya membeli photocard member tertentu atau membeli CD-nya saja.

Mengoleksi itu seharusnya jadi sesuatu yang menyenangkan. Jadi kalau kamu sampai stres, mending berhenti dulu memburunya. Mengoleksi harus menyenangkan, bukan bikin stres dan bangkrut. Jangan panik sampai membeli dengan harga yang tidak masuk akal. Sabar saja, karena akan selalu ada orang yang menjualnya.

Pilihan untuk menjual kembali itu ada di pilihan masing-masing orang, ada yang menjual dengan harga murah ada yang menjual dengan harga mahal pintar-pintarnya kita saja jika ingin membeli. Tetapi, ada juga K-Popers yang membeli album hanya untuk dikoleksi saja bukan untuk dijual

Jadi, apakah kalian para K-Popers tertarik untuk mengoleksi album dan photocard boygroup favorit?

Baca Juga

3 Komentar

  1. Ada masa-masa demen banget deh ngumpulin photocard gini.Dulu waktu jaman ahjusshi suju masih muda-muda. Wkwk.. Selain Kpop, dulu suka juga ngumpulin something yang berbau photocard kayak Harry Potter gitu deh. Selain poster ya foto-foto inilah memang yang menarik untuk dikoleksi.

    1. sekarang di kemanain koleksinya mbak? dijual laku ga tuh, hehehe

      1. Oww jangan dong, masih tersimpan di lemari khusus di Jogja. Koleksi dari jaman jebot banget..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: