Siap-siap Terkesima, Nonton “The King: Eternal Monarch”

poster TKEM

Fans setia Lee Min Ho pasti sudah menonton drama “The King Eternal Monarch” yang tayang di bulan April 2020 kemarin, karena ini merupakan drama comeback  atau drama pertama Lee Min Ho setelah menjalani wajib militer selama 2 tahun.

Sinopsis The King Eternal Monarch

Drama The King Eternal Monarch (TKEM) ini bercerita tentang tragedi Raja dari Kingdom of Corea, Lee Ho (Kwon Yool) yang dibunuh oleh saudara tirinya, Lee Lim (Lee Jung-Jin), yang juga mencoba membunuh anak raja tersebut atau keponakannya sendiri yakni Lee Gon muda (Jeong Hyun-Jung) namun ia tetap selamat walau memiliki luka dalam di lehernya karena ditusuk oleh sang paman.

Kemudian, setelah berhasil membunuh saudara tirinya, Lee Lim pun kabur dengan membawa sebagian dari Manpasikjeok, seruling yang memiliki kekuatan supernatural yang dapat membuka dunia paralel di dimensi lain. Lee Lim hanya memiliki sebagian dari Manpasikjeok karena sebagian lainnya patah dan direbut oleh Lee Gon. Lee Gon muda juga memegang erat lencana polisi yang ia dapatkan dari sosok misterius yang datang untuk menyelamatkannya. Keesokan harinya, Lee Gon muda yang masih berusia 8 tahun pun diangkat menjadi raja, menggantikan ayahnya.

25 tahun kemudian, di musim gugur 2019, Raja Lee Gon yang sudah dewasa (Lee Min-Ho), masih mencari misteri dibalik lencana polisi yang didapatkannya di malam pemberontakan. Lencana polisi tersebut bertuliskan milik Lieutenant Jeong Tae-Eul (Kim Go-Eun) yang dikeluarkan pada 11 November 2019. Pencarian Lee Gon untuk menjari Jeong Tae-Eul inilah yang kemudian menjadi awal dari drama ini.

Official Trailer dari The King Eternal Monarch (Sumber: Youtube The Swoon)

Alasan TKEM Drama Terbaik 2020 versi Penulis

Menurut saya, drama TKEM ini adalah drama terbaik di tahun 2020. Meskipun cukup banyak yang kurang menyukai drama ini, tetapi tidak demikian untuk saya. Bagaimana ulasan saya terhadap drama ini? Simak yuk! ☺

Baca Juga: Kaleidoskop Drakor 2020 ala Drakor Class

Kompleksitas ceritanya sangat unik, membuat penasaran

Kim Eun-Sook sebagai penulis drama TKEM, yang juga menulis drama hits lainnya seperti Goblin & Descendants of the Sun, membuat kompleksitas cerita yang sangat tinggi. Cerita yang kompleks dan rumit tersebut membuat penonton, termasuk saya, dihantui rasa penasaran sembari menanti episode selanjutnya.

Di twitter pun banyak pecinta drama TKEM yang membuat pembahasan drama TKEM setiap episodenya, dan membuat teori yang akan terjadi di episode berikutnya. Karena cerita yang rumit dan agak njelimet membuat kita sebagai penonton harus memerhatikan dengan seksama setiap adegannya. Bagi penonton yang menyukai teka-teki tentu akan sangat menyukai drama TKEM ini.

lee min ho di depan rumus matemtatika
Ada yang bisa mengerti LMH lagi memandangi apa?

Genre Fantasy Romance Sci-Fi jarang ada di Drakor

Drama TKEM ini juga bukanlah drama korea percintaan biasanya yang ringan dan ceria, namun lebih dark dan penuh misteri serta sangat megah. Inilah yang menjadi daya tarik yang membuat saya sangat terpesona. Jarang ada drama khususnya drama korea dengan genre fantasi yang seperti ini, sehingga membuat TKEM ini sangatlah fresh dan terasa baru. Namun meski begitu, tetap ada humor dan lelucon yang disisipkan kok!

lee min ho dan kim go eun di TKEM
Uri Pheya lagi kencan dengan Jong Tae Ul

Akting para pemeran yang luar biasa, sangat totalitas!

Lee Min-Ho (LMH) menampilkan akting terbaiknya di sepanjang karirnya di drama ini. Karena cerita yang bukan cinta-cintaan biasa, membuat LMH menaikkan performanya yang lebih lagi dan inilah yang berhasil ia lakukan. Pembawaannya sebagai Raja di era modern sangatlah menawan dan menjiwai. Ia bahkan rela mengorbankan hal yang dicintainya demi bangsa dan negaranya (oops… sedikit spoiler!).

Baca juga tulisan tentang profil Lee Min Ho dari Drakor Class ini

Kim Go-Eun yang memerankan Jeong Tae-Eul (JTE) juga lagi-lagi memberikan kualitas akting yang luar biasa, sebagaimana yang telah ia tampilkan di “Guardian: The Lonely and Great God”.

Lee Jung-Jin sebagai Lee Lim (paman dari Raja Lee Gon), Woo Do-Hwan sebagai Jo Young (pengawal Raja), Kim Kyung-Nam sebagai Kang Shin-Jae (rekan polisi JTE), Jung Eun-Chae sebagai Koo Seo-Ryeong (Perdana Menteri Kerajaan Corea) juga seluruh pemain pendukung lainnya menunjukkan akting yang sangat keren, membuat saya kelewat terhanyut oleh drama ini. Beberapa dari mereka juga memerankan peran ganda yang memiliki personality yang jauh berbeda loh! Keren banget kan!

Cinematography yang menawan

Lokasi-lokasi yang ditampilkan begitu indah dan menawan. Pengambilan gambar yang sangat skillful juga megah sangatlah memanjakan penonton. Mood yang digambarkan juga sesuai dengan warna-warna yang ditampilkan. Seperti misalnya ketika musim gugur, drama ini betul-betul menggambarkan warna-warna oranye khas musim gugur melalui pemilihan lokasi dimana daun-daun beruguran dan juga pakaian para pemain yang warnanya senada dengan musim gugur tersebut.

Soundtrack yang sangat mendukung

Lagu-lagu yang ada di TKEM sangatlah mendukung drama ini. Karena dramanya yang begitu megah, lagu-lagunya pun mendukung kemegahan tersebut. Seperti lagu berjudul Orbit oleh Hwa Sa, Gravity oleh Kim Jong Wan, juga lagu instrumen pembukanya yakni Title of the King oleh Gae MI & Park Jung Hwan.

ZICO yang terkenal dengan lagu Any Song pun turut mengisi soundtrack TKEM dengan lagu yang berjudul My Day Is Full of You, berkolaborasi dengan WENDY. Namun lagu terfavorit saya adalah Dream yang dibawakan sangat apik oleh Paul Kim. Gummy, salah satu Queen of soundtrack pun turut menyumbangkan suaranya dengan lagu My Love.

Mayoritas lagu-lagu dari TKEM ini memang lagu-lagu sedih, karena sesuai dengan dramanya yang juga merupakan a sad love story. Mendengarkan keseluruhan soundtrack ini sungguh menyayat hati. Ouch!

Ketika drama ini berakhir jujur saya sangat amat sedih karena drama yang biasanya dinanti-nanti setiap Sabtu dan Minggu tidak ada lagi. Teka-teki yang harus ditebak, Raja Corea yang menawan, cinematography yang indah juga sudah tidak ada lagi.

when TKEM ends
Sudah nonton ulang TKEM sebanyak 3 kali, masih susah move on

Sampai saat ini pun saya sudah 3 kali menonton ulang drama karena belum bisa move on. Ini adalah pertama kalinya saya menyukai drakor sampai seperti ini dan menjadi bukti betapa apiknya drakor yang satu ini. 

Satu lagi yang bikin gemas dan senang banget juga, setelah drama berakhir, mereka tetap bersahabat baik loh! Karena pada 8 November 2020 kemarin, 6 pemeran TKEM kumpul-kumpul bareng. Bahkan, Ketika Woo Do-Hwan mau memulai wajib militer, Lee Min-Ho juga ikut nemuin dia sebelum berangkat! Ahhhh rasanya bahagia banget melihatnya….

Penutup

Demikian ulasan dari drama TKEM yang sangat saya cintai, salah satu hal yang ‘menyelamatkan’ saya di tahun 2020. Di SBS Awards 2020, Lee Min-Ho pun menang sebagai Top Excellence in Miniseries berkat aktingnya di TKEM. Untuk yang belum menonton, ini adalah drama yang WAJIB BANGET ditonton sama seluruh pecinta drama Korea! Untuk yang sudah menonton tetapi kurang menyukai drama ini juga tidak apa-apa karena selera masing-masing orang berbeda. Selamat menonton! Bersiaplah untuk terkesima ya ☺


Tentang Penulis

Erryn M. Paramytha

Erryn M. Paramytha

A business owner of Pasta on Bowl & content creator, based in Malang, Jawa Timur
(Youtube Erryn Paramytha,
Podcasters Erryen ON AIR & Coffee and Pie Podcast)
Instagram: Instagram.com/errynparamytha
TikTok: https://vt.tiktok.com/ZScnV1j2

Mungkin Anda juga menyukai

3 Respon

  1. lendyagasshi berkata:

    Chukaee….Lee Min Ho oppa…atas penghargaannya.

  2. Dian berkata:

    beneran bagus visualnya…
    bahkan mesku ceritanya bikin sedikit pusing, aq tetap bertahan …
    demi pheya. ….hahaha
    but emang oke kok dramanya

  1. April 2, 2021

    […] The King Eternal Monarch (Netflix) […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: