Lee Chung Hyun: Sutradara “The Call” Bikin “Heart Attack”

Lee Sung Kyung & Sutradara Lee Chung Hyun Saat Heart Attack Twitter Live Show
Lee Sung Kyung dan Sutradara Lee Chung Hyun Saat Heart Attack Twitter Live Show Sumber gambar: Top Daily

Halo sahabat Drakor Class. Setelah membaca review film The Call (2020), apakah teman-teman sudah mencoba untuk menonton filmnya? Adakah diantara teman-teman yang penasaran dengan sosok sutradaranya? Sesuai dengan janji, tulisan kali ini hadir untuk mengajak teman-teman mengenal lebih dekat sosok sutradara Lee Chung Hyun dan juga karya-karyanya.

sutradara Lee Chung Hyun pada konrerensi press iflm The Call
Sutradara Lee Chung Hyun pada konferensi pres film The Call (2020)
Sumber gambar: 일요서울

Ketika saya mengumpulkan informasi untuk membuat review film The Call, sosok sutradara yang satu ini sangat menarik perhatian saya. Ternyata yang membuat film The Call itu seorang sutradara yang masih muda dan berbakat. Saya pun mencoba untuk mencari informasi lain tentang sang sutradara, yang ternyata masih sedikit sekali sumber yang membahas tentangnya. Inilah sedikit informasi tentang sutradara Lee Chung Hyun yang berhasil dihimpun dari berbagai macam sumber.

Visual Sang Sutradara Yang Tampan

Ketika melihat foto diatas, paras tampan sang sutradara bisa membuat kita gagal fokus. Rasanya jantung kita ‘dugun..dugun’ dibuatnya. Lelaki yang berdiri di tengah dan dikelilingi para aktris tersebut, memiliki visual yang tentunya tidak kalah dari para aktor. Melihat dari postur dan penampilannya, orang yang tidak mengenalnya pasti akan mengira jika ia seorang aktor bukan sang sutradara. Bahkan setelah kemunculannya di konferensi pres film The Call, ia menjadi trending topik pembahasan netizen di Korea.

Sutradara Lee Chung Hyun
Sumber gambar: Netflix
Posenya itu loh, ngga kalah kan sama aktor?
Sumber gambar: Netflix

Menjadi Aktor Atau Sutradara?

Lee Chung Hyun lahir pada tahun 1990. Ia pernah berbagi cerita jika awalnya ia memang ingin menjadi seorang aktor. Karena itu ia pun bersekolah di Department of Theather and Cinema at Kaywon Arts High School. Banyak juga loh aktor yang lahir dari SMA tersebut, salah satunya adalah Cho Seung Woo.

Duh... Lagi minum aja bisa 'cute' kayak gini. Gemana ngga dibuat 'dugun-dugun'.
Sumber gambar: Star News
Duh… Lagi minum aja bisa ‘cute‘ kayak gini. Gemana ngga dibuat ‘dugun-dugun’.
Sumber gambar: Star News

Akan tetapi dalam proses belajarnya, Lee Chung Hyun menjadi lebih tertarik dengan proses pembuatan film daripada berakting. Maka tak heran jika ia dapat menghasilkan karya film sejak masih duduk di bangku SMA. Karya film pendeknya berjudul Tell Me (2007) dan Open The Window (2008) mencuri perhatian dengan memenangkan beberapa kontes. Sutradara muda satu ini memang berbakat.

Titik Balik Karirnya: Film Pendek “The Bargain” (2015)

Setelah lulus SMA, Lee Chung Hyun memilih jalur yang berbeda. Ia justru kuliah di Media Departement of Hankuk University of Foreign Languages. Kemudian ia pun sempat bekerja disebuah agensi periklanan. Dimana saat itulah, ia mencoba kembali untuk membuat film pendek yang diberi judul Bargain (2015). Film pendek ini bercerita tentang kegiatan prostitusi dibawah umur. Dimana seorang siswi SMA bertemu dengan seorang laki-laki paruh baya di motel. Ia berniat menjual keperawanannya dengan harga yang tinggi. Lelaki paruh baya itu pun meminta diskon dan berusaha untuk menawar harga yang diberikan siswi tersebut.

Poster Film Bargain (2015)
Sumber gambar: imdb.com
Poster Film Bargain (2015)
Sumber gambar: imdb.com

Film pendek bergenre thriller dan berdurasi 14 menit ini memilki plot twist yang menarik. Tak heran jika film ini berhasil memenangkan beberapa penghargaan, diantaranya The 40000 Blows Award Mise-en-scene Short Film Festival (MSFF) 2016, Busan Cinephile Award and Jury Prize Busan International Short Film Festival (BISFF) 2016.

Film pendek ini pun menjadi titik balik bagi karir Lee Chung Hyun di dunia perfilman. Ia pun akhirnya bergabung dengan perusahaan produksi Yong Film. Disana ia belajar dan berlatih proses pembuatan film dengan ikut berpartisipasi dalam film-film yang diproduksi Yong Film. Seperti partisipasinya dalam pembuatan naskah film Heart Blackened (2017). Bersamaan dengan itu, ia pun mempersiapkan naskah untuk film komersial debutnya. Hingga di tahun 2020, lahirlah film The Call sebagai karya komersil perdananya.

The Call (2020), Film Perdana Sutradara Lee Chung Hyun

Dengan penghargaan yang berhasil ia raih melalui karya film pendeknya Bargain (2015). Tentu saja banyak pihak yang menyoroti film komersil perdananya. Keberhasilan yang ia raih sebelumnya cukup memberikan tekanan dan beban bagi proses pembuatan film perdananya. Akan tetapi sutadara Lee Chung Hyun berusaha untuk tidak fokus pada beban tersebut. Ia berusaha untuk memberikan usaha terbaiknya dalam proses pembuatan film The Call (2020). Usahanya pun sangat terlihat dengan ketelitiannya dalam menyutradai film tersebut. Ia pun bersyukur karena banyak sekali pihak yang membantu dan mendukung dalam proses pembuatan film komersial perdananya.

Behind The Scene Film The Call 
Sumber gambar: 헤럴드POP
Ketelitian Sutradara Lee Chung Hyun dalam behind the scene film The Call
Sumber gambar: 헤럴드POP 

Film Pendek Direkam Dengan Smartphone

Setelah sutradara Lee Chung Hyun menyelesaikan film debut komersialnya, ia pun mengambil proyek baru. Ia bekerja sama dengan perusahaan Samsung Electonics untuk membuat film pendek yang direkam dengan menggunakan smartphone ‘Galaxy S20 Ultra’. Film ini merupakan proyek pendek film global yang disebut “Filmed #withGalaxy” dengan judul Heart Attack (2020).

Sutradara Lee Chung Hyun pada konferensi press film Heart Attack
Sumber gambar: star.mk.co.kr
Sutradara Lee Chung Hyun pada konferensi press film Heart Attack
Sumber gambar: star.mk.co.kr

Setelah sutradara Lee Chung Hyun bekerja sama dengan Park Shin Hye yang seusia dengannya. Lagi-lagi di film Heart Attack, ia bekerja sama dengan aktris Lee Sung Kyung yang seusia dengannya. Perbedaan film Heart Attack dengan film The Call terdapat pada genrenya. Lee Chung Hyun tidak lagi membuat film thriller, ia mencoba genre baru, fantasi romantis. Akan tetapi lagi-lagi, ia kembali mengangkat cerita dengan tema time-slip.

Filmografi Heart Attack

Poster Film Pendek 'Heart Attack'
Sumber gambar: Naver
Poster Film Pendek ‘Heart Attack’ (2020)
Sumber gambar: Naver

Judul: Heart Attack
Filmed #withGalaxy S20 Series
Genre: Drama, Fantasy, Romance
Director/Writer: Lee Chung Hyun
Produser: Syd Lim
Perusahaan Produksi: Yong Film
Rilis: 05 Oktober 2020 di platform WATCHA / 01 November 2020 di Youtube
Durasi: 11 menit 21 detik

Pemeran Utama:
– Lee Sung Kyung sebagai Sung Kyung
– Matvii sebagai Ruslan
– Ko Hyo Joo sebagai pemeran pengganti Sung Kyung
– Lim Sang Yeop sebagai pemeran pengganti Ruslan

Sinopsis Heart Attack

Film pendek ini bercerita tentang perpisahan. Dimana seorang wanita yang sedang bermain skateboard bertemu dengan seorang lelaki yang sedang bermain basket. Ternyata pertemuan tersebut merupakan waktu perpisahan mereka. Lelaki itu meninggal akibat serangan jantung. Sang perempuan pun enggan menyerah, ia menjelajahi waktu dan berusaha mencari berbagai macam cara untuk menyelamatkan lelaki tersebut dari kematian. Ia terus menerus berjuang mengembalikan waktu. Dalam prosesnya ia pun terus menerus merasakan cinta. Ia berjuang hingga 100 kali. Apakah ia dapat menyelamatkan sang lelaki? Temukan jawabannya dengan menonton filmnya.

Salah satu adegan dalam film Heart Attack
Sumber gambar: Naver
Salah satu adegan dalam film Heart Attack
Sumber gambar: Naver

Tonton Film Pendek Heart Attack (2020)

Bagaimana filmnya sahabat drakorclass? Menarik, bukan? Dalam acara Heart Attack Twitter Live Talk Show yang dilangsungkan pada tanggal 05 Oktober 2020. Sutradara Lee Chung Hyun dan aktris Lee Sung Kyung berbagi cerita tentang film Heart Attack.

Dibalik Layar Film Heart Attack

Lee Chung Hyun bercerita, setelah naskah cerita terbentuk. Ia memikirkan siapa yang akan memainkannya. Sosok Lee Sung Kyung pun hadir dalam benaknya. Ia pun tidak perlu khawatir saat syuting, karena energi yang dibawa Lee Sung Kyung dapat bersatu dan sangat cocok dengan cerita filmnya.

Lee Sung Kyung sendiri segera mengiyakan tawaran untuk berakting di film pendek ini. Ia berpikir merupakan suatu kehormatan bagi dirinya sendiri bisa bekerja sama dengan sutradara dan staff. Apalagi proses syuting film ini sangat unik karena diambil menggunakan smartphone.

Adegan Lee Sung Kyung di Film Heart Attack
Sumber gambar: Naver
Lee Sung Kyung di Film Heart Attack
Sumber gambar: Naver

Setelah memilih Lee Sung Kyung, sutradara pun memikirkan tentang aktor prianya. Saat itulah Lee Sung Kyung yang menyarankan untuk menggunakan orang asing. Ide yang diberikan Lee Sung Kyung ini sangat bagus dan sesuai dengan cerita. Pemilihan aktor asing, memberikan kesan wajah baru. Sangat cocok juga untuk mengekspresikan orang yang tidak dikenal dan kemisteriusan hubungan yang terjadi setelah pertemuan.

Sutradara Lee Chung Hyun mengatakan bahwa film Heart Attack ini adalah film puitis. Ada banyak metafora tersembunyi pada gambar-gambar yang mucul didalam setiap adegannya. Film ini pun akan sesuai dengan selera generasi milineal. Karena menyuguhkan sinematografi, visual dan cerita yang menarik.

Keunikan Film Heart Attack

Proses syuting film Heart Attack
Sumber gambar: Naver
Proses syuting film Heart Attack
Sumber gambar: Naver

Film Heart Attack ini sangat menarik perhatian karena semua proses produksinya hanya menggunakan smartphone Samsung Galaxy S20 Ultra. Dari mulai proses syuting untuk cerita, trailer, pembuatan film hingga posternya.

Lee Sung Kyung mengatakan proses syuting dilakukannya selama 3 hari. Karena syuting menggunakan smartphone, ia pun melihat semua staff memegang smartphonenya dengan tongkat selfie. Ini adalah sebuah pengalaman baru yang menyenangkan.

Sutradara Lee Chung Hyun mengatakan dalam proses syuting menggunakan smartphone, ide baru yang tidak terpikirkan sebelumnya pun muncul dibenaknya. Ketika ia menangkap gerakan dan angle yang tidak dapat dilakukan dengan kamera atau peralatan besar. Dengan ukuran smartphone yang kecil, ia dapat menempatkannya dimana pun dan memindahkannya secara fleksibel ketika merekam.

Tonton Behind The Scene Film Heart Attack

Untuk mengetahui bagaimana cara sutradara merekam film dengan smartphone, silahkan tonton juga video behind the scene di bawah ini. Untuk keterangan lebih detail tentang smartphone dan teknik merekamnya silahkan baca artikel dari Samsung.

Demikian sedikit perkenalan dengan sutradara Lee Chung Hyun yang dengan ketampanannya dapat membuat jantung kita berdebar-debar. Mari kita nantikan karya-karya istimewa lainnya.

Sutradara Lee Chung Hyun
Sumber gambar: Cineplay
Sutradara Lee Chung Hyun
Sumber gambar: Cineplay

Nasvely

Seorang em(b)ak yang suka Korea dan mengambil pelajaran dari drakor. Belajar menulis tentang keluarga di blog https://saenasauqi.wordpress.com/ dan hiburan (drakor) di https://kupunyapedia.wordpress.com/

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. lendyagasshi berkata:

    Baru tau banget kalo di balik Heart Attack, ada sutradara muda berbakat yang mengarahkan.
    Aku nonton, karena wira-wiri aja di yutub channelku. Film pendek tapi Lee Sung-kyun keren banget.
    Image doi uda kebangun siih yaa.. dari Kim Bok-Jo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: