joseon attorney

K-drama “Joseon Attorney: A Morality” Antara Politik, Hukum, dan Cinta

Sesekali nonton Sageuk, dan walau terasa lambat banget, ceritanya cukup menarik. Intinya seorang yang berpendidikan dan menjadi pengacara di jaman Joseon, berusaha mencari kebenaran dan membalaskan orang yang menyebabkan ayahnya difitnah, ibunya digambarkan bunuh diri walau dia merasa ibunya dibunuh orang jahat dan adiknya pun yang baru bertemu setelah lama berpisah menjadi korban dunia politik jaman Joseon.

Baca juga: Rekomendasi Drakor Sageuk Buat Pemula

Drakor yang diadaptasi dari webtoon berjudul “Joseon Lawyer” karya Joengjae dan Shim Gun ini bukan cerita romcom pastinya walaupun beberapa episode awal terasa banyak bagian komedinya. Seperti halnya drama sageuk di jaman Joseon, cerita drama ini penuh dengan masalah politikus yang berusaha memperkaya diri sendiri dan merasa mereka lebih berkuasa daripada hukum.

Penasaran bagaimana ending dari drama ini? Baca aja sampai habis ya, nanti di bagian akhir akan ada sedikit spoiler bagaimana nasib pembalasan dendam Kang Han Soo, si pengacara jaman Joseon.

Profil Drama Joseon Attorney: A Morality

Poster Joseon Attorney: A Morality (MBC)
Poster Joseon Attorney: A Morality (MBC)
  • Judul: Joseon Attorney: A Morality (2023)
  • Native Title: 조선변호사
  • Judul lainnya: Joseon Attorney , Joseon Lawyer , Joseonbyeonhosa
  • Screenwriter: Choi Jin Young, Jung Ho Rak
  • Director: Lee Han Joon, Kim Seung Ho
  • Genre: Sageuk, Hukum, Romance, Drama
  • Jumlah Episode: 16
  • Tayang setiap Jumat dan Sabtu Mar 31, 2023 – May 20, 2023
  • Produksi: MBC

Pemeran dan Karakter dalam Joseon Attorney: A Morality

Woo Do Hwan sebagai Pengacara Kang Han Soo

Woo Do Hwan memerankan Pengacara Kang Han Soo yang memiliki kemampuan mengingat apapun yang pernah dia baca, terutama kitab undang-undang. Hal ini membuat dia menjadi pengacara yang tidak pernah kalah.

Bona sebagai So Won dan Putri Lee Yeon Joo

Bona memerankan Putri Lee Yeon Joo, adik dari Raja yang memerintah dan menyamar menjadi rakyat biasa yang mengelola penginapan bernama So Won. Ayahnya yang merupakan raja terdahulu sedang berusaha mengubah hukum di kerajaan Joseon supaya lebih mengayomi rakyat. Tetapi banyak pejabat yang tidak menyukai fakta tersebut dan makanya raja disingkirkan oleh menteri yang tidak suka dengannya.

Putri Lee Yeon Joo sedari kecil sangat menyukai membaca perihal hukum dan berharap bisa membawa keadilan dan kesejahteraan untuk rakyat Joseon melalui penegakan hukum.

Cha Hak Yeon sebagai Hakim Yoo Ji Sun 

Cha Hak Yeon memerankan hakim Yoo Ji Sun yang merupakan anak dari menteri Yoo Je-See orang yang menguasai masalah pajak dan juga militer di Joseon. Sebagai Hakim, Yoo Ji Sun pernah menjadi tunangan Putri Lee Yeon Joo, tetapi pertunangan dibatalkan walau Yoo Ji Sun sebenarnya benar-benar menyukai putri Lee Yeon Joo.

Sinopsis Joseon Attorney

Kang Han Soo menjadi pengacara dengan tujuan awal menjadi kaya. Dia membuka kantor di sebuah perahu yang juga menjadi tempat tinggalnya. Awalnya dia kesulitan untuk mendapatkan klien karena kebanyakan penduduk takut untuk melawan melalui jalur hukum. Walau dia sempat melakukan tindakan licik untuk mendapatkan klien, akhirnya dia membuktikan apa yang menjadi klaimnya. 

Setiap kasus yang ditangani selalu bikin saya sebagai penonton penasaran bagaimana dia akan memenangkan kasus tersebut. Apalagi lawannya selalu orang dari pemerintahan. Mulai dari kasus monopoli dagang, kasus istri yang menuntut suami bercerai sampai kasus pembunuh karena rasa marah. Bisa dibilang dia memberikan solusi baik untuk kliennya. Padahal kasus tersebut bisa dibilang sangat langka terjadi di masa Joseon.

Balas Dendam Dengan Hukum

Di balik kasus-kasus yang Kang Han Soo terima, sebenarnya dia punya misi balas dendam dan mencari tahu siapa yang membuat ayahnya terbunuh dan ibunya seperti bunuh diri. Dia yakin sekali walau ibunya ditemukan gantung diri, tetapi itu bukan usaha bunuh diri, melainkan ada yang memang membunuh ibuya dan dibuat seolah bunuh diri.

Dalam perjalanan memenangkan klien, dia bertemu dengan So Won, yang awalnya seperti tidak setuju dengan tindak tanduk Kang Han Soo. Tetapi lambat laun, So Won malah ingin menjadi asisten Han Soo dengan alasan dia ingin belajar hukum.

Memang So Won yang juga adalah putri Lee Yeon Joo merupakan saudari dari raja yang saat ini memerintah. Ayahnya alias raja terdahulu merupakan seorang yang menuliskan kitab undang-undang. Sejak kecil putri Lee Yeon Joo sangat percaya kalau dengan hukum yang tepat bisa membantu kesejahteraan rakyatnya.

Kisah Cinta Segitiga

Putri Lee Yeon Joo dijodohkan dengan Hakim Yoo yang merupakan putra dari seorang hakim lain, yang sebenarnya musuh besar dari semua orang. Untungnya sih sejauh ini digambarkan Hakim Yoo yang juga nggak kalah tampan dengan pengacara Kang Han Soo cukup baik dan tidak licik seperti bapaknya. Potensi nantinya gara-gara rebutan cinta jadi ada yang gelap mata dan ikutan jahat juga sangat besar.

Sebenarnya dari awal ada banyak scene yang bikin penonton romcom seperti saya bisa betah menonton drama yang judulnya saja menunjukkan kalau drama ini akan banyak membahas sisi hukum. Dengan adanya kisah cinta segitiga dari 2 pria yang sama baiknya, cerita ini bisa bikin penonton jadi dilema memilih ending untuk putri Lee Yeon Joo.

Alasan Menonton Joseon Attorney

Bintang utamanya Woo Do Hwan yang baru balik dari wajib militer dan Bona yang aktingnya cukup memikat di 2521 membuat saya penasaran dengan drama ini. Terakhir menonton Woo Do Hwan di King Eternal Monarch, saya bisa melihat aktingnya yang cukup memikat memerankan 2 tokoh sekaligus. 

Walaupun saya tidak suka dengan tema balas dendam maupun cerita hukum, tetapi saya tertarik dengan cara penyelesaian balas dendam menggunakan jalur hukum. Apalagi ada perkembangan karakter Kang Han Soo dari awalnya terlihat sangat mata-duitan menjadi semakin idealis dengan hukum setelah mengenal So Won.

Spoiler Ending Joseon Attorney: A Morality

Bagian yang cukup menyedihkan menjelang ending adalah pertemuan Kang Han Soo dengan  adiknya Eun Soo akan tetapi berakhir dengan sedih karena adiknya terkena kasus dan memutuskan bunuh diri karena tekanan dari Yoo Je Se, ayah dari Yoo Ji Seon.

Belum hilang kesedihan Kang Han Soo, putri Lee Yeon Joo memutuskan untuk melakukan upacara pernikahan dengan Hakim Yoo Ji Seon. Tetapi sebenarnya putri Lee Yeon Joo mempunyai misi membantu Kang Han Soo dan kakaknya Raja Yi Hyul untuk membuktikan kalau Yoo Je Se telah melanggar hukum dan berusaha menguasai istana dengan cara apapun.

Ngomongin ending, tentu saja tidak bisa tidak spoiler. Sampai dengan episode terakhir drama ini bikin penonton merasakan roller coaster dengan keputusan dari putri Lee Yeon Joo dan menantikan apakah Kang Han Soo berhasil membalaskan dendamnya dengan hukum.

Pada akhirnya, Kang Han Soo dan Raja Yi Hyul bekerja sama untuk mengungkap kejahatan Yoo Je Se dan membawanya ke pengadilan. Mereka berhasil membuktikan bahwa Yoo Je Se bertanggung jawab atas kematian orang tua Kang Han Soo dan banyak orang lain.

Pejabat Yoo Je Se dijatuhi hukuman diasingkan jauh dari ibukota kerajaan. Yoo Ji Seon mengundurkan diri dari jabatannya dan membatalkan lagi untuk kedua kali pertunangannya dengan Putri Lee Yeon Joo dan merawat ayahnya di pengasingan.

Sampai dengan beberapa menit menjelang ending, penonton masih saja dibikin roller coaster karena dikisahkan putri Lee Yeon Joo sakit dan meninggal. Tetapi pada akhirnya penonton akan diberi lompatan waktu beberapa tahun kemudian dan tentunya ending yang bahagia untuk  Kang Han Soo dan juga bagaimana situasi hukum di kerajaan Joseon juga menjadi lebih baik. 

Bukan hanya Kang Han Soo yang mendapatkan ending bahagia, Yoo Ji Seon juga akhirnya kembali bekerja untuk Raja. Dan tentunya yang ditunggu-tunggu adalah putri Lee Yeon Joo yang ternyata belum meninggal, hanya saja sengaja menjauh dari ibukota dan hidup sebagai rakyat biasa dan malahan menjadi pengacara yang membela rakyat kecil. Tentunya Kang Han Soo bertemu kembali dengan putri Lee Yeon Joo.

Pada akhirnya mereka semua hidup bahagia dengan menegakkan hukum yang baru untuk kerajaan Joseon. 

Yuk tonton aja drama Joseon Attorney: A Morality ini di Viu.


Comments

Satu tanggapan untuk “K-drama “Joseon Attorney: A Morality” Antara Politik, Hukum, dan Cinta”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park