Film Midnight (2021) : Kejahatan dalam Dunia Disabilitas

Review dan Sinopsis Film Midnight Wi Ha Joon Jin Ki Joo

Annyeong haseyo, chingudeul.

Setelah melihat akting Wi Ha Joon di drama serial Korea Netflix the Series yang berjudul Squid Game, maka kini saatnya melihat akting doi di layar lebar. Karakter yang diambil Wi Ha Joon ini aku rasa cukup beragam. Dari karakter cowok straight to the point di drama Romance is a Bonus Book sampai menjadi polisi yang mencari keberadaan sang kakak yang menghilang di Squid Game.

Tidak hanya 2 drama populer itu, Wi Ha Joon juga pernah menjadi adiknya Son Ye Jin dalam drama romcom Something in the Rain. Jangan kaget kalau melihat kekayaan karakter yang dimainkan mengantarkanku untuk tertarik menonton film bergenre Action, Thriller, Mystery ini yaa..

Filmografi Film Midnight

Review dan sinopsis Film Midnight, Jin Ki Joo, Wi Ha Joon

Judul : Midnight
(미드나이트)

Director : Kwon Oh-Seung
Writer : Kwon Oh-Seung

Release Date : June 30, 2021
Runtime : 99 min.

Genre : Action, Thriller, Mystery
Tayang di : IQIYI

Rating : 7/10

Sinopsis Film Midnight

Banyak kejahatan yang dilaporkan di tengah malam ke line 119 adalah kasus ditemukannya mayat. Dan yang melaporkannya ini adalah seorang anak muda yang mengaku kebetulan lewat dan melihat kejadian tersebut. Dengak gugup dan keringat dingin, ia menceritakan bagaimana kejadian yang ia ketahui kepada pihak kepolisian.

Dan tentu saja, polisi pun percaya karena sang pelapor adalah satu-satunya saksi mata. Namun, kejahatan pembunuhan ini semakin marak dan terjadi di beberapa wilayah secara random. Siapakah pelaku pembunuhan yang meresahkan ini?

Karakter Jin Ki-Joo sebagai Kyung-Mi

Karakter Jin Ki-Joo sebagai Kyung-Mi, Review dan sinopsis Film Midnight

Akting Jin Ki Joo yang sebelumnya jadi wanita kalem di drama Come and Hug Me atau The Secret Life of My Secretary masih belum ada tantangannya apa-apa dibandingkan di Film Midnight kali ini. Karena karakter Kyung-Mi digambarkan adalah gadis tuna rungu (tuli dan bisu) sehingga ia kesulitan mengenali keadaan di sekitarnya.

Tanpa sengaja, saat pulang menjemput Ibunya, Kyung Mi dipanggil oleh seseorang misterius menggunakan sepatu hi-heels berwarna putih yang dilemparkan ke arahnya. Merasa itu adalah pertanda SOS, maka Kyung Mi memberanikan diri mendatangi arah sepatu tersebut berasal.

Dan benar saja, gengs..
Ada seorang wanita tengah terluka parah di bagian perutnya tampak sayatan benda tajam dan darah terus mengalir dari perutnya tersebut. Ia berkata “Tolong selamatkan aku.. Aku merasa perutku kedinginan.”

Perempuan itu adalah Kim Hye-Yoon sebagai So Jung-A

Karakter Kim Hye-Yoon sebagai So Jung-A, Review dan sinopsis Film Midnight

Masih familiar sama wajah cantik ini kan.. Iya, Kim Hye Yoon yang sebelumnya berakting menjadi cewek manis di drama Extraordinary You bareng Ro Woon dan Lee Jae Wook pun ikut menghiasi Film Midnight. Namun sayangnya, ia yang menjadi korban kesadisan sang pelaku.

Ya, perempuan yang memanggil Kyung-Mi adalah So Jung A. Di tengah kesadarannya yang hampir menipis, sang pelaku pun kembali menyerang. Ia tidak ingin kejahatannya terbongkar karena ada saksi mata. Sehingga menyerang Kyung Mi dengan membabi buta.

Kyung Mi panik, ia melarikan diri dan berjanji pada So Jung A untuk balik lagi dengan bala bantuan. Saking paniknya, Kyung Mi berlari ke basement, tempat ia memarkirkan mobil. Sang pelaku yang sadar bahwa saksi matanya ini tuna rungu, semakin merasa di atas angin.

Ia menyiksa secara psikologis. Bahkan di film ini banyak hal yang emm, agak plot hole menurutku. Tapi mungkin akan berbeda bila dilihat dari sisi penjahat yaa.. Biasanya, pelaku lebih demen niih, melihat calon korbannya tersiksa secara psikologis dan ia merasa superior.

Perjuangan Mengungkapkan Kebenaran

Kejadian mengungkap dimana keberadaan Hye Yoon ini yang menjadi hi-lite. Dari mulai Kyung Mi bahkan melapor ke kantor polisi bersama sang tersangka. BERSAMA PELAKU loo.. Tapi polisi belum tahu dan masih menganggap semua yang hadir di situ tujuannya untuk melapor dan menjadi saksi.

Polisi dibuat bingung ketika ada pelapor lagi yang mengaku kakak dari Hye Yoon dan sampai selarut ini, Hye Yoon belum sampai rumah, padahal sudah menelpon sejak pukul 10 malam.

Kemanakah sebenarnya Hye Yoon?
Siapakah pelaku kejahatan berantai ini?
Akankah pelaku bisa ditangkap dan mempertanggung jawabkan segala perbuatan jahatnya?

Alasan Menonton Film Midnight

Adegannya banyak bikin jantung mau copot

Bagi penyuka film Korea bergenre Action-Thriller, tentu gak asing lagi dengan adegan yang bikin bergidik. Antara takut, tapi gak ingin melewatkan sedetik pun ketegangan yang diciptakan oleh Pak Sutradara. dan di film Midnight ini banyak adegan tarik ulur yang bikin penonton teriak “Palli…palli…”

Belum lagi kelelahan berlari sang tokoh utamanya. Rasanya sangat menegangkan seluruh otot penonton.

Jadi Banyak Tahu Mengenai Dunia Orang Bisu dan Tuli

Bagiku, dunia sahabat-sahabat disabilitas saat ini sudah sangat maju sekali. Dan dari film Midnight, penonton diberitahu betapa sangat membantunya teknologi masa kini. Dari mulai deteksi suara menggunakan lampu yang berkedip yang dipasang di sekeliling rumah Kyung Mi juga mobilnya plus tanda-tanda lain yang sangat membantu warga saat melaporkan kejahatan.

Ending Film midnight yang menegangkan. Siapa pelaku dalam film midnight?

Kalau di Indonesia, mungkin laporan kejahatan masih pake kentongan, di film Midnight ini sudah pakai alarm yang terpasang di beberapa titik di lampu jalan. Sehingga saat terjadi kejahatan, tombol tersebut bisa dipencet dan akan terhubung dengan Pak Polisi Keamanan yang sedang patroli melalui suara dan kamera CCTV. Canggih yaa..

Lokasi Pengambilan Gambar

Yang bikin salut selain jalan ceritanya yang bikin penonton ikutan larut dalam kengerian sekaligus kelelahan, karena adegan lari-larian tadi, juga lokasi per-adegan film ini sendiri. Lokasinya memanfaatkan kontur perumahan padat penduduk yang letaknya di gang-gang kecil, sepi, dan gelap.

Menambah kesyahduan dan keanehan bagi penonton. Gimana bisa gak ada orang yang lewat, gitu yaa.. Secara ada yang teriak, kejer-kejeran bak-bik-buk. Ini pada lelap banget apa gimana siik?!?
Soalnya memang diliatin kejadiannya jam 1 dini hari.

Lesson Learn Film Midnight

Apa yang tampak, belum tentu itulah yang terjadi sebenarnya

Aku mau bilang kalau profesi seorang polisi atau detektif, rasanya clue dan kejadian aneh tuh kaya udah pengalaman sehari-hari gitu.. Jadi rada aneh kalau polisi di film Midnight ini melewatkan seorang pelaku hanya karena tidak bisa membaca situasi yang sedang terjadi.

Huuh!

Kok rasanya gemesh banget gitu lo… Penjahat di depan mata malah diucapkan “Hati-hatilah di jalan.”
((Hwaatt??))

Saling Tolong Menolong

Selain menonjolkan kriminalitas, teror dan kejadian mengerikan semacam ini, film midnight juga menghadirkan kehangatan. Ada sisi humanis yang disampaikan oleh penulis bahwa meski kamu kehilangan salah satu kerabatmu, tapi tidak menutup mata untuk menolong orang asing yang bahkan baru dikenal saat menghadapi kasus kriminal yang sama.

Meski ada pengkhianatan, tapi masih bisa dinikmati lah.. Yah, namanya juga hidup. Banyak orang yang berpikir secara logis kalau keselamatan dirinya dan keluarganya lah yang terpenting.

Kalau sahabat drakorclass ada di posisi kakaknya So Jung A, gimana nih?
Pilih menyelamatkan orang asing atau adiknya yang kondisinya sudah tertusuk di bagian perutnya?
(( Tentukan pilihan tersebut 3 detik setelah selesai baca pertanyaanku ini yaa.. @[email protected] ))

Shock Therapy Ending

Gimana aku menggambarkan ending dari film Midnight ini yaa..?!
Kalau dibilang plot twist, ya..engga juga lo yaa.. Karena pelakunya dari awal sudah keliatan dan adegan kejar-kejaran yang dramatis di sepanjang cerita.

Tapi ending begini bikin pingin teriak “Yaaa! Ettoke?!?!”
Huuuhu..

Penasaran kaan…sama endingnya?
Kalau penasaran, gih samperin IQIYI dan pantengin film midnight. Yakin suka karena yang main juga aktor-aktor ternama yang sudah gak asing lagi di hati para drakorian.

Sampai jumpa di next review yaa, chingu.

안녕히 가세요~

lendyagassi

Korea Content Writer.
Menulis aktif di blog https://www.lendyagassi.com.
K-drama addict and book lovers.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: