Kilas Balik Grup Band Lucy Sebelum Debut dan Superband Season 2

Grup Band Lucy

Halo Sahabat Drakorclass.
Mengawali bulan September ini, saya akan membahas tentang variety show Superband Season 2. Acara variety show ini sudah saya tonton sejak season 1. Dari acara tersebut, akhirnya saya mengikuti tentang grup band Lucy dan karya-karyanya.

Variety Show Superband Season 1

Superband adalah variety show dari Korea Selatan yang diproduksi oleh stasiun televisi JTBC di tahun 2019. Pada acara tersebut musisi-musisi indie diundang untuk berpartisipasi, tampil dan membentuk superband. Musisi tersebut berasal dari berbagai macam genre, dari mulai musisi jalanan sampai musisi klasik.

Ada 121 orang musisi indie yang diundang, tapi hanya 53 orang musisi saja yang berhasil lolos untuk tampil di acara Superband. Proses seleksi awal ini tidak disiarkan di televisi. Episode pertama acara Superband Season 1 dimulai dengan menampilkan keahlian individu dari setiap musisi. Ini pun tidak semua disiarkan, beberapa penampilan hanya ditampilkan sekilas sisanya diupload secara online.

Juri dan Mekanisme Seleksi di Supeband Season 1

Pada babak kedua, sebanyak 16 orang musisi dipilih untuk menjadi pemimpin grup oleh para juri. Kemudian setiap pemimpin grup memilih musisi lain untuk diajak bergabung di grupnya. Setiap grup pun tampil didepan juri. Mereka dievaluasi dan diberi nilai oleh juri. Grup band yang mendapatkan nilai kecil, salah satu anggotanya akan dipilih untuk dieleminasi.

Semua proses yang terjadi dalam acara Superband Season 1 merupakan tayangan rekaman. Hanya episode final saja yang disiarkan secara live. Ada lima orang musisi yang berperan sebagai juri di Superband Season 1 yaitu Yoon Jong Shin, Yoon Sang, Kim Jong Wan (Nell), Joe Hahn, dan Lee Su Hyun AKMU. Total episode variety show Superband Season 1 berjumlah 14 episode.

Kilas Balik Perjalanan Grup Band Lucy di Superband Season 1

Sebelumnya saya telah membahas tentang grup band Lucy dan karya-karyanya. Sekarang mari kita menelusuri bagaimana proses pembentukan grup band Lucy di variety show Superband Season 1.

Formasi Awal Grup Band Lucy di Acara Superband Season 1
Sumber gambar: twitter

Lee Jun Hyuk Sebagai Pemimpin Grup di Superband Season 1

Di babak ketiga acara Superband Season 1, juri memilih beberapa kontestan untuk menjadi pemimpin grup. Setiap pemimpin kemudian diperkenankan untuk memilih kontestan lain yang ingin diajak bergabung kedalam timnya. Lee Jun Hyuk merupakan salah satu kontestan yang dipilih menjadi pemimpin grup oleh juri. Ia pun memilih Gwang Il dan Se Chan untuk bergabung kedalam timnya.

Gwang Il Beralih Menjadi Pemain Drum

Saat grup mereka berlatih, mereka bertiga menyadari bahwa ada sesuatu yang kurang dari penampilan mereka. Gwang Il yang bisa bermain drum pun memutuskan untuk bermain drum bagi tim mereka. Gwang Il berlatih dengan sangat keras untuk menghasilkan permainan drum yang terbaik. Sampai-sampai tangannya banyak luka kapalan karena ia memegang stick drum dengan keras.

Grup mereka pun tampil membawakan lagu Hold Back The River yang aslinya dibawakan oleh James Bay. Penampilan tersebut menjadi penampilan Gwang Il yang pertama kalinya sebagai pemain drum di depan publik.

Warna Baru Setelah Won Sang Bergabung Ke Grup

Penampilan Lucy dengan lagu Swim di Superband Season 1
Sumber: YouTube JTBC Entertainment

Jika di babak sebelumnya setiap pemimpin grup memilih anggotanya. Kali ini di babak keempat, setiap kontestan diminta untuk membentuk grup masing-masing sesuai pilihannya. Saat itu grup Lee Jun Hyuk tidak berpisah namun mengajak Won Sang untuk bergabung sebagai produser. Won Sang pun setuju dan akhirnya bergabung dengan grup.

Dengan bergabungnya Won Sang, ada warna baru yang diberikan di grup mereka. Ia menggagas ide untuk menambahkan efek suara sekitar pada penampilan grup mereka. Grup mereka pun memilih untuk membawakan lagu Swim yang aslinya dibawakan oleh Fickle Friends. Won Sang ingin menambahkan bunyi air kedalam penampilan mereka. Mereka pun akhirnya pergi ke sungai Han malam-malam untuk merekam bunyi air.

Penampilan mereka disini sukses membawa grup mereka meraih peringkat pertama. Efek bunyi air yang mereka rekam berhasil menambahkan nuansa segar pada penampilan mereka. Penonton diajak untuk merasakan suasana bawah air saat berenang. Penampilan mereka disini menjadi salah satu penampilan terfavorit bagi saya.

Nuansa Hutan di Babak Semifinal Superband Season 1

Di babak semifinal, nama Lucy akhirnya menjadi nama resmi grup band mereka. Di babak ini mereka membawakan lagu Cry Bird yang aslinya dibawakan oleh Tennyson. Pada penampilan kali ini, Won Sang mengajak grupnya ke kebun binatang untuk merekam suara binatang. Nuansa hutan pun ditambahkan pada penampilan mereka. Penampilan ini berhasil membawa mereka mendapatkan kembali peringkat pertama.

Babak Final Dengan Lagu ‘Snooze’ Ciptaan Sendiri

Memasuki babak final di ronde pertama, Lucy membawakan lagu ciptaannya sendiri yang berjudul Snooze. Lagu Snooze adalah lagu yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi orang-orang yang stres dari sekolah atau pekerjaan dan orang-orang yang sulit untuk tidur.

Mereka merekam suara sibuknya kehidupan kota untuk ditambahkan sebagai efek pada lagu mereka. Mereka pun merekam suara saat berjalan, saat mengendarai bus dan saat bekerja di kafe. Efek suara bus pun dijadikan intro pada lagu ini. Penampilan Lucy dengan lagu Snooze menjadi peringkat pertama di babak tersebut. Setelah debut, Lagu Snooze ini dirilis kembali secara resmi menjadi single album kedua dari grup band Lucy pada bulan November 2020.

Babak Final dengan Lagu Flare (Suar)

Pada babak final, grup band Lucy membawakan kembali lagu ciptaan mereka yang berjudul Flare. Lagu ini dipilih, karena mereka ingin memberikan penampilan yang luar biasa dan bermakna sebagai penampilan terakhir mereka di acara Superband Season 1.

Untuk membuat suasana perayaan, mereka pun pergi ke taman hiburan untuk merekam suara tertawa, suara kembang api dan keramaian taman. Namun pada penampilan di final ini, mereka hanya menjadi pemenang kedua. Yang menjadi pemenang pertama adalah grup band Hoppipolla.

Debut Resmi dengan Grup Band Lucy

Setelah acara superband Season 1 berakhir, Lee Jun Hyuk (sang vokalis) memutuskan untuk kembali bersama grup asalnya The Gift. Akhirnya Choi Sang Yeop bergabung untuk melengkapi personel grup band Lucy. Mereka pun bergabung dengan agensi Mystic Story dan grup band Lucy debut pada tahun 2020.

Superband Season 2

Produser atau Juri di Superband Season 2
Sumber gambar: Soompi
Produser atau Juri di Superband Season 2
Sumber gambar: Soompi

Itulah kilas balik perjalanan grup band Lucy yang terbentuk dari variety show Superband Season 1. Saat ini acara Superband Season 2 sedang berlangsung. Superband Season 2 mulai ditayangkan pada tanggal 21 Juni 2021. Acara ini disiarkan setiap hari Senin pukul 21.00 KST di JTBC.

Konsep acara di Season 2 ini masih sama dengan Season 1. Hanya saja pada Season 2, musisi perempuan ikut terlibat. Tidak seperti Season 1 yang hanya melibatkan musisi laki-laki saja. Kemudian ada perubahan juri pada Season 2 ini, yaitu Yoon Jong Shin, Yoon Sang, CL, Yoo Hee Yeol dan Lee Sang Soon.

Acara Superband Season 2 sudah berlangsung sebanyak 9 episode sampai saat tulisan ini dibuat. Dari acara tersebut, banyak sekali musisi keren dengan keahliannya masing-masing. Jika harus memilih ada 2 kontestan yang menarik perhatian saya sejak awal episode.

1. Park Dawool

Kontestan yang satu ini memiliki keahlian dalam memainkan alat musik tradisional Korea, gayageum. Penampilan pertamanya sukses membuat saya kagum. Ia dapat menampilkan permainan solo yang menakjubkan hanya dengan memainkan gayageum.

Saya pun menjadi penasaran dengan permainannya di dalam grup. Ia selalu memberikan kejutan, bagaimana alat musik tradisional korea bisa bergabung dengan alat musik modern bahkan membawakan lagu kpop.

Penampilan Solo Park Dawool
Sumber: YouTube JTBC Music

2. Jang Ha Eun

Kontestan yang satu ini juga membuat saya terkagum-kagum dengan penampilan solonya. Jang Ha Eun sangat ahli dalam bermain gitar. Saat dia bermain gitar, kita bisa melihat bagaimana ia begitu menjiwai dan menikmati setiap permainannya.

Tidak hanya bermain gitar, melalui penampilan grup ternyata Jang Ha Eun bisa bernyanyi. Ia memiliki suara yang lembut.

Penampilan Solo Jang Ha Eun
Sumber: YouTube JTBC Voyage

Sebenarnya masih banyak lagi kontestan yang menarik perhatian saya. Seperti Kim Ye Ji, seorang vokalis yang memiliki suara yang khas. Ada juga Lee Daon yang merupakan kontestan termuda di acara Superband Season 2. Lee Da On pernah diundang di acara Youtube milik Henry, ia sangat ahli bermain gitar elektrik. Sedangkan untuk kontestan grup ada grup band Crakshot dengan penampilan yang nyentrik dan ciri khas rock.

Superband Season 2 bisa menjadi alternatif tontonan bagi sahabat Drakorclass yang ingin membutuhkan hiburan. Kita akan dimanjakan dengan berbagai macam penampilan musik yang keren. Jika tidak ingin menonton acara lengkapnya, sahabat Drakorclass bisa melihat cuplikan video penampilan setiap kontestannya saja di seluruh channel YouTube JTBC.

Nasvely

Seorang em(b)ak yang suka Korea dan mengambil pelajaran dari drakor. Belajar menulis tentang keluarga di blog https://saenasauqi.wordpress.com/
dan hiburan (drakor) di https://kupunyapedia.wordpress.com/

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: