Kesamaan Episode Pertama Doom At Your Service & Encounter

Encounter dan Doom At Your Service

Dikarenakan baru saja menonton ulang episode pertama drama Encounter, saya mendadak jadi terbayang episode pertama Doom At Your Service… Episode kesatu mereka memiliki beberapa persamaan lho. Apa saja? Hmmm.

Saya tidak tahu apakah ini karena mereka sama-sama drama dengan genre romance jadi episode pertamanya memiliki vibes yang mirip-mirip ataukah karena persepsi saya saja ataukah karena faktor lain, tapi coba yah saya ceritakan kemiripan antara keduanya!

Adegan Pembuka Yang Sangat-Sangat Memikat

Menurut saya adegan pembuka pada episode pertama sangat penting dari keseluruhan sebuah drama Korea. Bukan apa-apa, kita para penonton akan menghabiskan 16, 12, atau 10 episode selanjutnya tergantung dari bagaimana menit-menit pertama di awal episode ini, lho.

Sebegitunya kah? Kalau di saya iya, nggak tahu kalau kata Mas Anang *lha *wkwkwk

Episode Pertama Kdrama “Encounter” (2018)

Di Encounter, adegan pertama dibuka dengan kilasan punggung Cha Soo Hyun (Song Hye Kyo) di jalan raya di mana ia tengah menyebarkan pamflet kampanye ayahnya yang berprofesi seorang politisi ulung Korea Selatan. Adegan selanjutnya masih di jalan raya di mana Cha Soo Hyun masih menyebarkan pamflet kampanye, namun kali ini bukan milik ayahnya melainkan milik ayah mertuanya yang juga seorang politisi yang mencalonkan diri dalam pemilihan presiden.

Ya, Cha Soo Hyun dinikahkan dengan anak sesama politisi atau bisa dibilang sebagai sebuah pernikahan perjodohan bertujuan untuk melanggengkan jejaring politik di atara kedua politisi. Adegan selanjutnya apakah masih di jalan raya dan masih punggung Cha Soo Hyun? Yap, masih…

Namun kali ini punggung Cha Soo Hyun dilatari suara yang menjelaskan pernikahannya yang kandas dalam waktu singkat (2 tahun). Punggung cantik Cha Soo Hyun masih terlihat ketika rangkaian adegan pembukan ini berakhir saat Cha Soo Hyun tengah menghadap jendela kaca besar di hotel miliknya (lagi-lagi sedang memunggungi kamera).

Dan semua adegan itu ditampilkan dengan cepat, hanya 3 menit namun sudah memberikan kilasan balik mengenai kisah hidup seorang Cha Soo Hyun sebagai female-lead.

Sungguh memikat, indah, sekaligus tragis. Kehidupan seorang Cha Soo Hyun mampu dijelaskan dengan adegan pembukan yang super compact, tapi menangkap semua emosi yang terjadi sampai ke kehidupan Cha Soo Hyun hari ini, yaitu sosok seorang CEO hotel yang merupakan putri seorang politisi yang dinikahkan antar keluarga politisi namun pernikahannya telah berakhir berantakan.

Wow, saya sangat suka cara Encounter membuka episode pertama dengan adegan semacam itu. Seolah satu adegan cepat mampu merangkum apa yang akan menjadi basis cerita drama Encounter secara keseluruhan : seorang perempuan yang menjadi CEO yang cantik, kaya raya namun kehidupan asmaranya mengenaskan…

Penonton akan diberikan sedikit penerawangan konflik dari drama tersebut: keluarga Cha Soo Hyun yang menikahkannya dengan anak politisi lain, keluarga mantan suami Cha Soo Hyun yang masih mendominasi meskipun pernikahan sudah berakhir, dan kehidupan profesional sebagai CEO hotel, ketiganya membebani seorang perempuan cantik bernama Cha Soo Hyun ini.

Ketiga aspek ini secara lugas dan gamblang dapat dirasakan oleh penonton dari menit-menit pertama episode kesatu Encounter. Sangat menarik sekali sih kalau kata saya mah. Ga tahu kata Mas Anang *ngefans ya sama Mas Anang *wkwkwk

Episode Pertama Kdrama “Doom At Your Service” (2021)

Bagaimana dengan episode pertama dari Doom At Your Service?

Adegan pertama drama Doom At Your Service adalah wajah mulus, super duper mulus Park Bo Young yang memerankan tokoh Tak Dong Kyung yang sedang terpana karena kehilangan kata-kata saat menerima vonis dari dokter di hadapannya bahwa usianya tidak akan lama lagi.

Dokter tersebut menjelaskan nama penyakit yang diderita oleh Tak Dong Kyung lalu menjelaskan opsi operasi yang bisa dilakukan beserta risikonya lalu menjelaskan anjuran bagi Tak Dong Kyung untuk segera memutuskan pengobatan apa yang akan diambil.

Semua kalimat dari dokter seolah mengambang di udara begitu saja. Penonton hanya melihat keterpanaan, ketidakpercayaan, dan rasa shock yang begitu besar dari seorang Tak Dong Kyung.

Dia bertanya sekali lagi tentang berapa sisa usianya kepada dokter. Dokter menjawab sekitar 3 bulan atau 100 hari. Dari sanalah episode satu bergulir…

Buat saya adegan ini cukup sukses membawa pneonton ikut shock, dan merasakan keterkejutan yang serupa dengan yang dialami oleh Tak Dong Kyung. Kemudian kita ketahui bahwa penyakit dan sisa usia Tak Dong Kyung ini memang adalah tulang punggung konflik pada drama ini.

Menekankan Penderitaan Female-Lead

Saya merasa akting Park Bo Young sangat bagus pada adegan pertama ini. Respon shock pada wajahnya ikut menggambarkan berbagai emosi yang berada di balik shock tersebut : marah, ingin menggugat, putus asa, sedih, dll.

Secara umum pada episode pertama Encounter dan Doom At Your Service penonton diajak untuk “merasakan” penderitaan dari female lead yang menyayat hati dan super membuat perasaan ikut sedih.

Pada drama Encoounter, tokoh Cha Soo Hyun yang sudah bercerai tetap harus menghadiri ulang tahun mantan mertuanya. Berhadapan kembali dengan mantan suaminya yang sok ramah dan menyebalkan tapi tampan (Jang Seung Jo gitu lho), Cha Soo Hyun mengingatkan kembali untuk tidak perlu beramah-tamah palsu karena perceraian mereka terjadi karena sang mantan suami berselingkuh.

Ouch… It hurts so bad…

Sangat-sangat membuat hati teriris sekali melihat Cha Soo Hyun yang membawa dirinya tetap tegar harus masuk ke rumah mantan mertua demi kepentingan press yang selalu meliput gerak-gerik dirinya itu.

Wow. Sungguh adegan yang menggambarkan betul betapa miris kehidupan seorang Cha Soo Hyun. Meskipun cantik dan memiliki grup hotel yang tengah berkembang luas, Cha Soo Hyun seolah terkungkung di hadapan bidikan kamera press yang selalu menguntitnya dan mengaitkannya dengan keluarga mantan mertua.

Sangat-sangat-sangat menderita sekali. Huhuhuhu.

Begitu pula dengan drama Doom At Your Service.

Setelah adegan Tak Dong Kyung menerima vonis dari dokter, penderitaannya tidak berakhir hanya di situ saja.

Setelah itu Tak Dong Kyung harus menerima kepahitan demi kepahitan lain di dalam hidupnya. Dimulai dengan berita menyakitkan bahwa selama ini dirinya hanyalah simpanan di mana istri kekasihnya melabraknya di sebuah kafe. Lalu adegan melabrak itu viral dan tersebar di sosial media hingga sampai di telinga bos-nya yang super menyebalkan itu.

Lalu Tak Dong Kyung kehujanan dan baru ingat untuk membeli kue ulang thaun karena hari itu adalah ulang tahun peringatan hari kematian kedua orangtuanya, arrrgghhh!

Saya yang menonton saya sukses dibuat sesak seolah ikut merasakan hancurnya hati Tak Dong kyung di hari itu…

Divonis penyakit mematikan, dikhianati, dilabrak, dan berakhir sendirian kehujanan membawa kue peringatan ulang tahun kematian kedua orangtua.

Ya ampun, ya ampun, ya ampuuun. Tak Dong Kyung pada episode pertama sangat, sangat-sangat menderita sekali! Makanya sebetulnya saya sungguh tidak habis pikir untuk apa Tak Dong Kyung repot-repot mengantarkan istri kekasihnya yang hamil itu ke rumah sakit.

Kalau saya sih sudah saya tinggalkan si perempuan yang habis melabrak itu di kafe, kesakitan dengan kandungan yang sudah berusia 7 bulan itu. Salah sendiri melabrak, rasakan jadi kontraksi kan kandungan kau! (eh jahat ya wkwk)

Tapi intinya episode pertama Doom At Your Service ini sukses menggambarkan kehidupan Tak Dong Kyung yang begitu lowest of the low sekali pokoknya deh. Huhuhuhuhuhu. Sungguh sedih dan menyedihkan, penuh dengan pikrian berat, penyakit mematikan, dan kesialan demi kesialan.

Hufttt, sungguh episode pertama yang sangat mengiris hati sekali. Hiks!

Menggambarkan Betapa Jauh “Jarak” Female-Lead Dengan Male-Lead

Nah, setelah menggambarkan betapa menderitanya kehidupan female lead, dua drama ini (Encounter dan DAYS) sama-sama menggambarkan betapa “jauh” kehidupan female lead dan male lead.

Bukan jauh dalam artian sebenarnya, ya. “Jauh” dalam artian maknawi, bahwa kedua tokoh utama di dalam drama ini berasal dari dunia yang amat berbeda.

Dalam drama Doom At Your Service bahkan Tak Dong Kyung benar-benar berasal dari dunia yang berbeda dengan Myul Mang. Literallu berbeda sekali… Hufft.

Sedangkan dalam drama Encounter, tokoh Kim Jun Hyuk (yang diperankan dengan sangat manis oleh Park Bo-Gum) digambarkan sebagai karakter yang bebas, muda jiwa raga, sungguh tidak memiliki beban, tidak terikat apapun siapapun, dan begitu berbeda dari seorang Cha Soo Hyun dari aspek manapun juga.

Saya ingat kalimat keheranan Cha Soo Hyun : “Berapa usianya, dia seperti anggur hijau..”

Kalimat itu terlontar dari seorang Cha Soo Hyun yang kagum karena kebaikan hati, keekspresifan, ketampanan, kebebasan berpendapat, kebebasan waktu luang sekaligus kemudaan usia dari seorang Kim Jun Hyuk. Yaa tapi karena faktor-faktor ini pulalah Cha Soo Hyun klepek-klepek pada pandangan pertama.

Iya kan, Cha Soo Hyun dapeyonim? Heuheuheuheu

Aaaaaw~

Kuat di Akting, Cerita Awal dan Bibit Konflik

Secara garis besar saya menyukai kedua drama ini sejak episode pertamanya. Mereka sama-sama mampu menyuguhkan episode pertama yang kuat, yaitu kuat dari sisi akting, kuat dari sisi penceritaan latar belakang tokoh-tokohnya, kuat dari penceritaan bibit konflik dan juga kuat dari penggambaran ‘opposite attractness’ yang memukau.

Eh, ini mungkin karena genre romance ini juga salah satu genre favorit saya ya makanya saya jadi suka sejak episode pertama.

Hihihihi

Demikian kira-kira kemiripan antara episode pertama drama Encounter dengan drama Doom At Your Service. Kalau Chingudeul di sini sudah pernah menonton yang mana di antara mereka berdua?

Kim De-ya

Seorang sarjana psikologi yang hobi nonton drakor untuk menemukan teori psikologi yang tersembunyi (atau sekadar memuaskan hasrat bucin, wkwkwk) Ibu 2 anak lelaki ini adalah penggemar akting Kim Soo Hyun, Park Bo Gum & Ji Sung. Blognya www.jampasirunik.blogspot.com sering terisi cerpen-cerpennya dan kokoriyaan tentu saja.

Baca Juga

2 Komentar

  1. Aku udah nonton keduanya, seru banget. Menurutku tokoh Cha So Hyun dari Encounter punya kemiripan dengan Won In Jae dari Start Up.

  2. […] saja The Heirs, Encounter, The Legend of Blue Sea, Devilish Charm, and many more. Termasuk juga Dal Ri and […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: