Podcast Drakorclass

Drakorclass on Podcast

Annyeong, chingudeul…

Finally
Drakorclass hadir lagi di salah satu platform media sosial yang sedang kekinian saat ini, PODCAST.

Bagi anak generasi lawas, dengerin radio itu uda merupakan hal yang paling bahagia pada zamannya. Nah, karena saat ini radio uda jarang (aku pribadi masih siih….dengerin Prambors kalau lagi nyetir), jadi ada platform Podcast itu membuat siapa saja bisa menjadi penyiar dan punya program yang diinginkan.

Podcast Drakorclass yang Pertama

Podcast drakorclass yang pertama, tentulah masih dalam tahap percobaan. Awalnya kak Dui melemparkan ide ke wag untuk membuat podcast. Lalu mulai ramai tuh.. kak Risna dan yang lainnya mulai sambung-menyambung.

Sebagai anak baik **hahhaaa siapa? ((AKU)), aku langsung merealisasikan ide tersebut. Kendalanya adalah aku belum tahu niih.. Podcast bisa ngobrol 2 orang gak? Karena selama ini, Podcastku pribadi hanya ngobrol olangan alias one man show, sendirian.

Ternyata titik terang mulai tampak. Ada salah seorang classmates yang mengaku pernah bikin tugas berdua dengan suami menggunakan podcast. Jadi semacam ngobrol di telp.

Waaah~
Ide itu berasal dari Nastiti, uri classmate yang baik hati dan tidak sombong ((SMILE)).

Diajarin caranya, kita uji coba berdua. Lalu aku lanjut uji coba dengan kak Rijo, mantap! Bisa niih…

Langkah Membuat Podcast Bersama:

Kalau mau tahu langkah dasar membuat podcast, aku sudah pernah tulis di Membuat Podcast Untuk Pemula. Jadi ini langkah lanjutan kalau mau ngobrol bareng di Podcast tanpa ribet.

  1. Masuk ke aplikasi Anchor
  2. Tekan tools lalu “Invite Friends to Join”
  3. Lalu dapat link seperti gambar di bawah ini.
Cara Ngobrol di Podcast

4. Teman yang diundang bisa meng-klik tautan tersebut asalkan juga menginstal apps Anchor.
5. Tersambung dan bisa mengobrol bersama.

Setelah selesai membuat podcast bersama, otomatis file akan tersimpan dan siap dilakukan editing ke tahap berikutnya, misalnya memberikan backsound dan mengekstrak file ke format MP3 agar bisa dibuatkan audiogram yang sesuai dan siap di upload ke youtube.

Tarraa~
Ini obrolan podcast pertama kita, sudah tayang di youtube channel, Spotify dan Anchor FM drakorclass.

Podcast Pertama : Review Film Forgotten

Kenapa Film Forgotten (2017)?
Karena cari tema yang pas dan waktu yang memungkinkan bagi classmates yang sedang menonton itu gak mudah.

Di saat semua sedang fokus ke drama, aku sedang tidak menonton drama sama sekali, kecuali hanya selewat-selewat, hiiks~

Jadi untuk memulai, tema pertama yang aku dan kak Rijo Tobing kuasai adalah Film Forgotten, filmnya Kang Ha-neul sebelum wamil. Seru banget siih… Karena kak Rijo dan aku sudah lama memimpikan bisa ngobrol bareng.

Dari yang semula berniat hanya durasi 20-30 menit, akhirnya kami bablas 37 menit, hihii~ ((MALU))

Tips Membuat Podcast Bersama :

  1. Buat script
    Beberapa kali membuat podcast di channel sendiri, aku gak pakai script, ujung-ujungnya adalah aku bingung informasi apa yang akan aku sampaikan berikutnya. Jadi biar informasinya runut dan pendengar gak bingung, bikin script mengenai tema dan breakdown ke isi. Gak perlu mendetail kalau memang sudah bisa improvisasi.
  2. Ngobrolnya harus gantian
    Karena kita konsepnya berdua, jadi kalau ngomong dari script sudah ditentukan. Habis ini mau siapa yang ngomong dan ngomongin apa.
  3. Perlahan dan lakukan dengan artikulasi jelas
    Cara ngomong memang gak bisa dirubah siih.. Tapi, selayaknya seorang penyiar (ya kan…pura-puranya di Anchor ini kan kita penyiarnya dengan bintang tamu uri classmates), jadi lakukan dengan perlahan dan natural kaya temen lagi ngobrol di telp.
  4. Tidak tertawa berlebihan
    Ya gak enak banget ternyata kalau terlalu banyak gimmick tertawa. Boleh lemparin joke, asalkan sedikit aja ketawanya. Hihii~ yang elekhan juga yaa… ((macemana tuu??))
  5. Tidak napas di microphone
    Ini baru terasa siih…saat aku ngobrol sama kak Rijo barusan, aku terasa sering menghirup udara di microphone aku. Ternyata itu mengganggu banget yaa.. Microphone diatur jarak secukupnya aja.
    Semoga nanti ada rejeki, kita beli “Peralatan Perang Untuk Podcaster” yaa…
  6. Satukan pendapat
    Ini bagian dari menarik kesimpulan obrolan sepanjang itu di podcast. Boleh-boleh saja berbeda pendapat, asalkan di ending podcast ditarik kesimpulan agar pendengar bisa mengambil hikmahnya.

Gimana…
Sahabat drakorclass tertarik ngobrolin apa aja yang ada kaitannya dengan Korea?

Yuukk…
Kami membuka seluas-luasnya kolaborasi bersama. Kira-kira, tema selanjutnya apa yaa…?

Any idea?

์•ˆ๋…•ํžˆ ๊ฐ€์„ธ์š”~
annyeonghi gaseyo

lendyagasshi


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park