Review The Atypical Family

Korea Selatan memang tak pernah kehabisan ide dalam hal dramanya. Selama belasan tahun saya menjadi penonton setia Drama Korea, rasanya tidak ada genre yang tidak digarap oleh negeri Ginseng ini. Mulai dari romance, thriller, crime, drama kedokteran, hingga drama genre fantasi yang kadang sudah di luar nalar idenya. Uniknya, genre-genre fantasi yang diusung oleh Drakor ini tetap bisa diterima bahkan menjadi hits dan menciptakan istilah-istilah baru bagi penonton setia drama Korea.

Salah satu drama genre fantasi yang saya tonton terakhir adalah The Atypical Family yang dibintangi oleh Jang Ki Young, Chun Wo Hee, Claudia Kim, Go Doo Shim dan beberapa aktor lainnya. Kisahnya sendiri tentang sebuah keluarga yang memiliki kekuatan super yang bisa menguntungkan bagi mereka. Berikut adalah review saya untuk drama Korea The Atypical Family

Dengarkan juga obrolan bersama classmate Drakorclass tentang Kdrama The Atypical Family ini

Sinopsis Drama Korea The Atypical Family

The Atypical Family berkisah tentang keluarga Bok yang memiliki kemampuan super. Sang ibu, Bok Man Heum memiliki kemampuan melihat masa depan melalui mimpi yang kemudian digunakannya untuk mengumpulkan kekayaan bagi keluarga. Putri sulungnya, Bok Dong Hee memiliki kemampuan melayang alias terbang sementara sang putra Bok Gwi Ju memiliki kemampuan kembali ke kenangan masa lalu yang membuatnya bahagia. Bok Gwi Ju sendiri memiliki seorang putri berusia 13 tahun bernama Bok Ina yang belum diketahui kemampuannya oleh keluarganya.

Sayangnya selama beberapa tahun terakhir keluarga Bok kehilangan kekuatan super mereka ini karena gaya hidup masa kini. Sang ibu tak bisa lagi melihat masa depan karena menderita insomnia, Bok Dong Hee tak bisa terbang karena obesitas, dan Bok Gwi Ju tak bisa kembali ke masa lalu karena depresi setelah kematian istrinya. Dengan menghilangnya kemampuan para anggota keluarga Bok ini pastinya juga berpengaruh pada kehidupan ekonomi mereka yang selama ini cukup bergantung pada kemampuan ibu mereka.

Satu hari, keluarga Bok bertemu seorang wanita bernama Do Da Hae. Do Da Hae adalah sosok yang menolong Gwi Ju saat dirinya hampir tenggelam dan ternyata bekerja sebagai salah satu terapis di tempat pijat yang kerap dikunjungi Bok Man Heum. Ajaibnya, saat ditangani oleh Do Da Hae, Bok Man Heum yang selama ini insomnia bisa tidur dengan nyenyak. Dan saat menyadari kalau Do Da Hae adalah sosok yang menolong anaknya, Bok Man Heum pun sangat bersemangat untuk menjodohkan Do Da Hae dengan Bok Gwi Ju.

Sayangnya ada satu hal yang tidak diketahui oleh Bok Man Haeum. Do Da Hae sebenarnya adalah salah satu dari komplotan yang mengincar pria kaya untuk dinikahi dan diambil hartanya dan keluarga Bok adalah target mereka selanjutnya. Berdasarkan rencana mereka, jika Do Da Hae berhasil menikah dengan Bok Gwi Ju, maka komplotan ini akan mendapatkan gedung senilai 50 milyar milik keluarga Bok.

Dengan kelihaiannya, Do Da Hae pun berhasil masuk ke keluarga Bok dan bekerja di rumah tersebut. Ternyata, setelah kehadiran Do Da Hae di keluarga ini, satu per satu anggota keluarga Bok mulai kembali kekuatannya. Dimulai dari Bok Man Heum yang bisa kembali bermimpi dan melihat masa depan, Bok Dong Hae yang mulai bisa melayang hingga Gwi Ju yang bisa kembali ke masa lalu. Nah anehnya, jika dulu Gwi Ju bisa kembali ke momen bahagia dia di masa lalu, maka setelah kehadiran Do Da Hae, Gwi Ju bisa kembali ke masa lalu yang ada Do Da Hae-nya.

Bagaimanakah selanjutnya kisah antara Do Da Hae dengan keluarga Bok ini? Apakah ia berhasil mengambil hati Bok Gwi Ju dan menikah dengannya? Dan bagaimana reaksinya setelah tahu kalau keluarga Bok ternyata memiliki kemampuan supernatural?

Karakter utama di drama The Atypical Family

Nah biar tidak bingung dengan tokoh-tokoh yang ada dalam drama The Atypical Family, berikut saya tuliskan tokoh-tokoh dan sedikit informasi tentang para tokoh utama tersebut:

Bok Man Heum

Ibu dari Bok Dong Hee dan Bok Gwi Ju yang memiliki kemampuan melihat masa depan lewat mimpinya. Lewat mimpi-mimpinya ini, Bok Mau Heun bisa mengetahui nomor lotere dan mengumpulkan kekayaan dari hal tersebut. Bok Man Heum menikah dengan pria biasa bernama Oh Man Seuk.

Bok Dong Hee

Bok Dong Hee merupakan putri sulung Bok Man Heum yang memiliki kemampuan untuk terbang. Sebelum kehilangan kemampuannya, Bok Dong Hee sempat menjadi seorang model. Sayangnya belum lagi karirnya sukses, Bok Dong Hee harus meninggalkan dunia model karena sebuah alasan dan berimbas pada berat badannya yang terus bertambah sehingga pastinya membuatnya terlalu berat untuk terbang.

Bok Gwi Ju

Bok Gwi Ju adalah putra Bok Man Heum yang memiliki kemampuan kembali ke kenangan masa lalunya yang membahagiakan. Sayangnya hingga dewasa kekuatan yang dimilikinya ini tidak memberi manfaat apa-apa baginya karena Gwi Ju tidak bisa menyentuh apapun di masa lalu dan bahkan tidak terlihat. Bok Gwi Ju mengalami depresi dan kecanduan alkohol setelah kehilangan istrinya dalam sebuah kecelakaan di mana saat kecelakaan tersebut terjadi ia sedang kembali ke kenangan masa lalunya.

Bok I Na

Bok I Na adalah putri Bok Gwi Ju yang berusia 13 tahun. Setelah ibunya meninggal, Bok I Na lebih banyak diurus oleh kakeknya dan tumbuh menjadi sosok yang tertutup dan tak memiliki teman. Selain itu, di balik sifat tertutupnya, Bok I Na ternyata memiliki sebuah kekuatan yang disimpannya sendiri selama bertahun-tahun.

Do Da Hae

Do Da Hae adalah sosok yang mulanya masuk ke keluarga Bok dengan tujuan mengambil harta mereka lewat pernikahan. Siapa sangka ternyata sosoknya malah menjadi kunci dari kembalinya kekuatan Gwi Ju dan juga sosok penting dalam kehidupan Bok Gwi Ju. Do Da Hae sendiri memiliki sebuah phobia terhadap api yang merupakan trauma dari sebuah kejadian yang menimpanya di masa SMA.

Oh Man Seuk

Oh Man Seuk adalah sosok suami Bok Man Heum sekaligus ayah dari Bok Dong Hee dan Bok Gwi Ju. Sosoknya merupakan orang biasa tanpa kekuatan dan selalu setia menjaga kerahasiaan kekuatan super istri dan anak-anaknya.

Kesan setelah Menonton Drama Korea The Atypical Family

Sebagai sebuah drama bergenre fantasi, jujur saya tidak menyangka kalau The Atypical Family akan menjadi drama yang saya rekomendasikan untuk ditonton. Salah satu alasan saya menonton drama ini sebenarnya karena ingin melihat akting Chun Woo Hee yang lain setelah menonton aktingnya di The 8 Show. Lalu ketika sudah menonton satu dua episode, hal yang membuat saya penasaran adalah terkait kekuatan Bok Gwi Ju yang sepertinya tidak ada manfaatnya baginya. Inilah yang membuat saya akhirnya terus melanjutkan menonton drama ini.

Tak hanya itu, kisah cinta antara Bok Gwi Ju dan Do Da Hae juga mengingatkan saya pada sebuah novel yang pernah saya baca saat masih kuliah dulu yakni Time Traveler’s Wife yang bercerita tentang seorang wanita yang memiliki suami yang memiliki kemampuan menjelajah waktu. Menurut saya, kisah antara Do Da Hae dan Bok Gwi Ju ini cukup mirip dan pastinya penasaran apakah endingnya juga akan mirip atau tidak.

Dari segi cerita sendiri, The Atypical Family juga menawarkan plot cerita yang menarik. Di setiap episode penonton dibuat penasaran dengan kelanjutan kisahnya terutama perkembangan kisah Bok Gwi Ju dan Do Da Hae. Berbagai pertanyaan hadir terkait hubungan antara Bok Gwi Ju dan Do Da Hae yang secara perlahan diperlihatkan di setiap episodenya.

Tak hanya berpusat pada Bok Gwi Ju, The Atypical Family juga memiliki subplot yang menarik untuk diikuti seperti kisah antara Bok Dong Hee dengan mantan kekasihnya yang mengincar hartanya, persahabatan yang mulai terjalin antara Bok Dong Hee dengan Grace, trainer di gym yang sebenarnya juga komplotan Do Da Hae, hingga juga kisah Bok I Na yang sedang menjalani masa pubernya. Semua subplot ini mengisi kisah The Atypical Family dengan cukup baik dan memberikan warna tersendiri bagi dramanya.

Pada akhirnya, The Atypical Family memberikan pesan kepada kita tentang arti keluarga dan bagaimana kita menemukan jati diri kita.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.


Eksplorasi konten lain dari Drakor Class – Drakor & Literasi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park