Sinergi Antara Nonton Drama Korea dengan Produktivitas Sehari-hari

Banyak yang bilang, nonton drakor itu buang-buang waktu. Bikin semua pekerjaan keteteran. Pokoknya unfaedah banget deh nonton drakor itu. 

Hmm, benarkah begitu? 

Nggak dong! 

Kalau buat classmate Drakor Class, justru hobi nonton drakor itu bisa disinergikan dengan aktivitas produktif. 

Misalnya dengan membuat konten, baik konten tulisan maupun lisan. 

Oh ya? Emang bisa? 

Bisa! Temukan jawabannya di podcast Drakor Class bersama  @dee_arif, @i_maesha dan @akarui.cha ini. 

Tentu saja episode ini bagian dari #30HariBersuara yang diadakan oleh komunitas @podcaster.id.

Nah, sambil dengerin bisa baca artikel ini sampai habis, ya! 

Sinergi

Sebelum bahas apakah nonton drama Korea (drakor) bisa disinergikan dengan aktivitas sehari-hari, kita bahas dulu yuk apa itu arti sinergi. 

Hmm, kalau dalam bahasa sehari-hari, sinergi ini sering disebut sebagai kegiatan bersama-sama. Barengan gitu. 

Tapi, apakah benar seperti itu? Sebenarnya apa sih arti kata sinergi itu? 

Kalau menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), si·ner·gi /sinérgi/ n 1 kegiatan atau operasi gabungan; 2 sinergisme;

ber·si·ner·gi v melakukan kegiatan atau operasi gabungan: meng·nyi·ner·gi·kan v menggiatkan. 

Jadi, bisa disimpulkan sinergi adalah menggabungkan kegiatan bersama. 

Nonton Drakor Bisa Bersinergi dengan Kegiatan Produktif

Apakah nonton drakor bisa bersinergi dengan kegiatan produktif? 

Hmm, kalau kata netizen mah, boro-boro sinergi dengan kegiatan produktif, nonton drakor sendiri saja sudah disebut sebagai kegiatan yang unfaedah, nggak bermanfaat, menghabiskan waktu secara sia-sia. Nonton drakor malah bikin kegiatan lainnya terbengkalai. 

Wah, sorry to say ya! Itu nggak berlaku di Drakor Class! Lha iya, Drakor Class sendiri saja ada karena adanya sinergi hobi nonton drakor dan literasi (membaca dan menulis). Classmate Drakor Class kebanyakan suka menulis, setelah nonton drakor, ulasannya ditulis di website Drakor Class. Atau, suka baca buku Korea karena sering nonton drakor. 

Baca Juga : Manfaat Menonton Drama Korea bagi Keharmonisan Rumah Tangga

Nah, di tulisan pengantar podcast kali ini, para classmate akan berbagai bagaimana cerita mereka dalam mensinergikan hobi nonton drakor dengan kegiatan produktif lainnya. 

So, baca tulisan ini sampai habis, ya! 

Nonton Drakor Jadi Inspirasi Menulis Fiksi

Kak Acha, salah satu classmate Drakor Class ini mensinergikan hobi nonton drakor dengan menulis fiksi. Tahun 2022 lalu, dirinya mengikuti kompetisi menulis dari sebuah aplikasi baca buku. Karyanya yang berjudul Sekotak Bungeoppang, masuk dalam nominasi 20 besar. 

Baca Juga : Belajar Riset Menulis Fiksi dari Drama Korea ‘Cheat on Me If You Can’

Respon pembaca sangat bagus. Katanya ceritanya hangat dan bisa menggambarkan setting di Korea. Padahal, dirinya sama sekali belum pernah ke Korea. 

Nonton drakor membuatnya bisa menuliskan tempat-tempat di Korea sebagai setting cerita yang benar-benar hidup di cerita. Daebak.. 

Manfaat Drama Korea Bagi Blogger

Tak hanya jadi inspirasi dalam menulis fiksi, drama Korea bisa membantu blogger untuk menulis artikel yang lebih mudah dipahami oleh pembaca. 

Drama Korea juga bisa menjadi sumber inspirasi tulisan di blog. Tak hanya menulis review drama saja, ada banyak hal lain dari drakor yang bisa dijadikan inspirasi tulisan di blog. 

Baca Juga : 11 Ide Tulisan Dari DraKor Selain Review

Bahkan, tulisan tentang drakor bisa meningkatkan jumlah pengunjung blog. Dan jadi ajang branding bagi blogger yang bersangkutan. 

Dari Drakor ke Podcast

Hobi nonton drakor membuat mbak Ima, mencoba hal baru : podcast. Belajar bagaimana melakukan siaran podcast, persiapan produksi, hingga editing. 

Kesempatan Lain untuk Drakor Class

Perjalanan Drakor Class sendiri juga tak bisa dipisahkan dari sinergi nonton drakor dan kegiatan produktif lainnya. Dari menulis seputar drakor di website, Drakor Class mendapatkan banyak kesempatan lainnya. 

Baca Juga : 3 Tahun Drakor Class, Terus Semangat Sebarkan Hallyu Lewat Literasi

Mulai dari kerjasama dengan KCCI (Korean Cultural Center Indonesia) dalam menyelenggarakan lomba menulis, siaran di berbagai radio, menjadi K-Influencer KOCIS (Korean Culture and Information Service), hingga mendapatkan tawaran review produk skincare ala Korea. 

Penutup

Pengalaman para classmate ini membuktikan bahwa menonton drakor bukanlah hal yang unfaedah. Menonton drakor bisa membuka kesempatan lain. Hobi nonton drakor bisa disinergikan dengan kegiatan produktif sehari-hari. 

Yuk, jadi bucin produktif bersama Drakor Class. 


Posted

in

,

by

Tags:


Comments

Satu tanggapan untuk “Sinergi Antara Nonton Drama Korea dengan Produktivitas Sehari-hari”

  1. […] Baca Juga : Sinergi Antara Nonton Drama Korea dengan Produktivitas Sehari-hari […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park