cover-mask-girl

Mask Girl (2023): Dunia Maya dan Nyata, Sama Pahitnya!

Diangkat dari serial webtoon karya Mae Mi, drama Mask Girl langsung menyedot perhatian warganet di awal-awal penayangannya Agustus lalu. Drama ini sempat menjadi trending selama beberapa pekan.

Apa sih yang membuat orang tertarik untuk menonton drama karya sutradara Kim Young Hoon ini?

Saya dan dua classmates Drakor Class adalah segelintir orang yang tertarik untuk menonton Mask Girl. Alasan kami memilih drama bergenre thriller ini sebagai tontonan berbeda-beda. Setelah menyelesaikan ketujuh episodenya, kami membahasnya dalam podcast berikut:

Dengarkan podcast Mask Girl oleh Drakor Class di sini 😉

Profil Drama Korea Mask Girl

mask-girl-poster

Judul: Mask Girl

Hangul: 마스크걸

Sutradara: Kim Young Hoon

Penulis Naskah: Mae Mi (Webtoon), Kim Young Hoon

Jaringan Siaran: Netflix

Jumlah Episode: 7

Pemain:

Lee Han Byeol (Kim Mo Mi)

Nana (Kim Mo Mi)

Ko Hyun Jung (Kim Mo Mi)

Ahn Jae Hong (Joo Oh Nam)

Yum Hye Ran (Kim Kyung Ja)

Shin Ye Seo (Kim Mi Mo)

Moon Sook (Sim Young Hee)

Kim Min Seo (Kim Ye Chun)

Sinopsis Drama Korea Mask Girl

Kim Mo Mi (Lee Han-Byeol) adalah seorang pekerja kantor biasa. Sejak kecil, ia bermimpi untuk menjadi seorang bintang yang tampil di atas panggung. Akan tetapi, saat dewasa ternyata mimpinya ambyar. Hal ini dikarenakan wajahnya tidak sesuai dengan standar kecantikan kebanyakan perempuan Korea Selatan.

Mo Mi sering dirundung karena wajahnya yang “jelek”. Ia pun tidak memiliki teman di tempatnya bekerja. Meski demikian, Mo Mi tidak menyerah. Ia merasa cukup percaya diri dengan tubuhnya yang molek. Mo Mi pun memilih untuk mweujudkan mimpinya setelah pulang kerja.

mask-girl

Di rumah, ia membuat studio untuk melakukan live streaming. Mo Mi tampil dan menari di acara live-nya sambil menggunakan topeng. Ia menyebut dirinya sebagai Mask Girl.

Siapa sangka, Mask Girl menjadi sosok yang sangat populer di dunia maya. Mo Mi pun bangga dengan identitas rahasianya tersebut. Namun, kebahagiaan itu tak berlangsung lama tatkala identitas aslinya mulai terbongkar.

Secara tidak sengaja, Mo Mi terlibat suatu kasus bersama Joo Oh Nam (Ahn Jae-Hong). Pria tersebut merupakan rekan kerja Mo Mi yang juga kerap mengalami perundungan dan sama-sama dicap sebagai sosok yang tidak memiliki daya tarik.

Kasus ini menjadi titik balik bagi kehidupan Mo Mi. Sepanjang hidupnya, ia harus berjuang untuk bertahan hidup dan menemukan kebahagiaannya.

Review Drama Korea Mask Girl

SPOILER ALERT!

3-pemain-mask-girl

Awalnya saya tidak tertarik untuk menonton drama ini. Namun, pikiran saya berubah ketika melihat Nana ada di cover depan tayangan Netflix. Eh, ternyata ada yang kukenal (akrab banget ye!), nonton ah!

Baca juga: Oh! Master, Drama tentang Aktris dan Penulis Drakor

Jujur saya berjuang banget untuk menyelesaikan episode-episode awal. Satu episode bisa beberapa hari, tuh. Setelah Nana muncul, barulah saya menonton drama ini dengan cepat, hingga berhasil menamatkannya.

Actually, drama ini bukan genre saya banget. Menurut saya drama ini sangat dark, hampir sama kelamnya dengan kehidupan Moon Dong Eun di The Glory. Sayangnya, hidup Mo Mi tidak seberuntung Dong Eun yang akhirnya menemukan secercah kebahagiaan.

Drama yang Penuh Konflik

Mask Girl merupakan drama yang mengangkat berbagai isu sebagai konfliknya. Hanya dalam 7 episode, penonton akan disuguhkan dengan isu-isu yang dekat dengan realita saat ini.

Ada isu pengasuhan ibu tunggal, inner child, perundungan di tempat kerja, cyber crime, pelecehan seksual, KDRT, you name it deh! Saya nggak tau, apakah webtoonnya juga memiliki konflik secomplicated ini, atau dramanya dibuat berbeda?

Saya sebagai penonton aja lelah, chingu, melihat konflik yang tak berkesudahan ini.

Upaya Mo Mi Berjuang Hidup

Dalam drama ini, kita akan dibawa ke 3 fase kehidupan Mo Mi. Mo Mi sebagai pekerja kantoran (Lee Han Byeol), Mo Mi dalam pelarian (Nana) dan Mo Mi sebagai wanita paruh baya (Ko Hyun Jung).

Kebayang nggak tuh, pemerannya aja sampai 3 chingudeul!

Seperti yang saya bahas di poin sebelumnya, di mana ada banyak sekali konflik dalam drama ini, maka di tiap fase kehidupan Mo Mi, penonton akan melihat bagaimana upaya Mo Mi untuk bertahan hidup. Susah banget hidupnya. Nggak bisa tenang sebentaar ajah!

Mo Mi yang mulanya hanya gadis biasa dengan identitas gandanya sebagai Mask Girl, kemudian berubah dicap sebagai monster yang mengerikan. Ini semua bermula saat Mo Mi terpaksa membunuh Joo Oh Nam.

Baca juga: Review Drama The Killing Vote (2023)

Kim Kyung Ja, ibu Joo Oh Nam, menyimpan dendam kesumat ketika mengetahui kematian anak kesayangannya disebabkan oleh Mo Mi. Ia pun mencari keberadaan Mo Mi dengan segala upaya. Ia juga berubah menjadi monster yang tak segan membunuh orang lain. Edan deh!

Mi Mo, Korban yang Tak Bersalah

Kim Mi Mo, adalah anak semata wayang Mo Mi yang ia titipkan pada ibunya. Nah, loh! Bapaknya siapa tuh? Mo Mi menitipkan Mi Mo yang baru lahir, sebelum ia menyerahkan diri ke polisi.

Di bawah asuhan neneknya, Mi Mo tidak mengetahui siapa identitas ibunya. Mi Mo hanya merasa bahwa neneknya tidak menyukai dan menyayanginya. Ia tumbuh sebagai gadis ceria yang juga menunjukkan bakat menari.

Sampai suatu hari, Mi Mo tertampar oleh kenyataan bahwa ia adalah anak dari seorang pembunuh. Ada yang membongkar identitas Mo Mi sebagai ibu Mi Mo di sekolahnya. Mi Mo pun menjadi sasaran bully, tidak ada lagi yang mau berteman dengannya setelah mengetahui fakta tersebut.

Hidup Mi Mo pun terancam manakala Kim Kyung Ja berencana untuk menghabisi nyawanya. Duh, kasian banget padahal anak ini nggak salah apa-apa 🙁

Menggambarkan Realita Pahitnya Dunia

Bisa dikatakan, Mask Girl menggambarkan realita dunia yang pahit. Believe it or not, pasti ada lho orang-orang di luar sana yang hidupnya sepahit Mo Mi. Baik itu di dunia maya maupun dunia nyata, faktanya dunia ini bisa sekejam itu.

Di dunia maya, Mo Mi yang awalnya dipuja-puja akhirnya dibenci. Setelah identitasnya terkuak, Mo Mi tidak lagi memiliki tempat untuk lari. Ia pun harus menghadapi realita yang juga tidak lebih baik pahitnya.

Mask Girl, Tonton atau Jangan?

kim-mo-mi

Menurut Manchin, drama ini satisfying dengan segala kesuramannya. Menurut saya sendiri, drama ini termasuk salah satu drama terkelam yang pernah saya tonton. Ya mohon maap, saya penggemar drama romcom tiba-tiba nonton ini kan merasa tersesat ke jalan yang salah. Haha.

Tapi, secara keseluruhan drama ini menghadirkan cerita yang menarik. Dengan segala isu-isu dan konflik yang diangkat, penonton bisa menonton drama ini dengan tekun hingga tamat, meskipun menyimpan banyak pertanyaan.

Ya! Sampai akhir drama ini menyisakan banyak tanya. Dengarkan podcast kami untuk tau spoiler lengkapnya 😉

Kira-kira jadi mau nonton Mask Girl nggak nih?


Posted

in


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park

%d