missing the other side 2

Kehidupan Arwah Di Missing: The Other Side 2

Apa yang kita rasa ketika berdiskusi tentang kematian dengan hati maupun pikiran? Di saat kematian menjadi sebuah rahasia. Pernah terbayangkah kita akan life after death atau kehidupan orang yang kita tinggalkan? Mungkinkah kita masih ingat mereka atau mereka ingat kita? Terpisah dunia mungkin sangat berat tapi itulah yang namanya hidup. Tapi kadang pertanyaan itu yang tercetus ketika menonton drama ini.

KDrama ini bercerita tentang para Penduduk suatu desa yang dikenal dengan Industrial Komplek 3, namun para Penduduk ini merupakan Penduduk yang tak kasat mata. Eh, jangan salah ya … drama ini bukan drama horor yang banyak jump scare nya, malah menurut saya tidak ada sama sekali. Hehehe … Malah kita diajak untuk memecahkan suatu misteri yang disediakan oleh writer-nim

Oleh sutradara Min Yeong Hong, drama ini diolah sangat apik dan menarik. Para penulis drama ini antara lain. Ban Ki Ri dan Jung So Young. Drama ini dikemas sebanyak 14 episode dan disiarkan melalui channel tvN, menempati slot hari Senin dan Selasa dengan periode tayang 19 Desember 2022 – 31 Januari 2023. Missing: THe Other Side 2 ini memang sudah ending tapi bagi saya drama ini masih menggaung dalam diri karena banyak pertanyaan dalam diri yang muncul (susah move on sepertinya. hehehe…). Apalagi endingnya yang membuat penasaran, untuk ke season selanjutnya (yakin sekali kalau ada season selanjutnya karena endingnya masih menjadi misteri, hehehe…)

Pemeran Missing: The Other Side 2

missing the other side 2
Para pemeran di Missing: The Other Side 2 (sumber: soompi)

Missing: The Other Side 2 (2023) merupakan sekuel drama dari Missing: The Other Side 1 (2020) dengan tema misteri fantasi. Drama ini digawangi oleh Ko Soo sebagai Kim Wook. Kim Wook merupakan seorang pria tampan yang pintar berbicara. Awalnya Kim Wook merupakan pria yang suka menipu untuk mencari nafkah namun setelah mengalami kejadian yang hampir merenggut hidupnya membuatnya berubah dan mengalami banyak kejadian misteri. Heo Jun Ho sebagai Jang Pan Seok, seorang pria yang kehilangan anak dan istrinya. Kehilangan keluarga yang dicintainya ini mengubah hidup Jang Pan Seok yang bertekad akan membantu para roh untuk bahagia seperti anaknya.

Baca juga:

Dalam menjalankan misinya, Kim Wook dan Jang ahjussi dibantu oleh Ahn So Hee sebagai Lee Jong A, seorang peretas dan Ha Joon sebagai Shin Joon Ho, seorang detektif yang elit. Keempat pemeran ini masih setia menemani penonton setia Missing: The Other Side 2. Dalam season kali ini banyak kita ditemani juga para Penduduk Industrial Kompleks 3.

Lee Jung Eun sebagai Kang Eun Sil atau lebih kerap dipanggil kapten Kang, seorang wanita paruh baya yang melindungi Penduduk desa dengan kasih sayang. Kim Dong Hwi sebagai Oh Il Young, pria muda yang penuh dengan rahasia dan dapat pergi ke dunia manusia dengan bebas. 

Sinopsis Missing: The Other Side 2

missing the other side 2
Poster Missing The Other Side Season 2 (tvN/TVING)

Missing: The Other Side season 2 ini memiliki cerita yang hampir sama dengan season 1, yaitu misi Kim Wook dan Jang ahjussi untuk membantu para roh yang tidak bisa ke nirwana karena jasad mereka belum ditemukan. Setelah Kim Wook bertemu dengan roh ibunya dan Jang ahjussi yang telah menemukan jasad anaknya, Hyun Ji. Mereka kembali masuk ke dalam desa yang dinamakan Industrial Komplek 3, desa ini memiliki juru masak yang dipanggil dengan sebutan Kapten Kang. Kapten Kang melindungi desa dengan kasih sayang seorang ibu. Sebagian banyak penduduk desa tersebut adalah anak-anak korban pembunuhan dan jasadnya belum ditemukan. Saat memasuki desa tersebut, Jang ahjussi merasa memiliki ikatan batin yang kuat. Ternyata, selama ini Hyun Ji tinggal di desa tersebut sampai jasadnya ditemukan.

Jang ahjussi melihat teman-teman Hyun Ji sebagai Hyun Ji sehingga enggan untuk meninggalkan desa tersebut. Hyun Ji selalu bercerita kepada teman-temannya, bahawa ayahnya akan membantu menemukan jasad mereka. Cerita Hyun Ji inipun membuat Jang ahjussi semakin bertekad membantu para penduduk Industrial Komplek 3 ini memperoleh kebahagiaan sebelum pergi ke Nirwana. Ternyata, di Industrial Komplek 3 tidak hanya Kim Wook dan Jang ahjussi yang dapat keluar masuk antara dunia roh dan manusia, Oh Il Young juga dengan gampangnya keluar masuk dunia roh dan manusia. Rahasia yang dipegang Oh Il Young semakin terbuka karena Oh Il Young juga merupakan anggota “Goliath” yang bekerja untuk mengedarkan narkoba. 

Di dunia roh, Kim Wook dan Oh Il Young selalu berselisih layaknya saudara, namun mereka membantu satu sama lain dalam mendapatkan informasi sehingga memudahkan Kim Wook dan temannya menemukan jasad anak-anak Industrial Komplek 3 dan jaringan “Goliath” yang ternyata berkaitan dengan penculikan yang dialami oleh mantan kekasih Kim Wook. 

Berbagai Pertanyaan di Missing: The Other Side 2

Apakah perjalanan Kim Wook dan team dalam menemukan semua jasad penduduk Industrial Komplek 3 berjalan lancar? 

Siapakah Oh Il Young yang bisa keluar masuk dunia Roh?

dan….

Apakah jaringan “Goliath” dapat dibongkar oleh team Kim Wook?

Pertanyaan di atas dapat dipecahkan oleh pecinta drama korea dengan menonton drama tersebut secara langsung melalui platform streaming seperti Vidio, iQIYI, Netflix, hingga Viu.

Menurut saya, drama ini mengajarkan banyak sekali nilai hidup dan perasaan manusia dan roh. Saat di dunia manusia, kita sedih akan kehilangan orang yang kita sayang namun di dunia roh, kita harus bahagia karena orang yang kita sayang telah pergi. Ketika kita hidup kita tidak akan tahu apa yang terjadi pada kehidupan setelah meninggal dan ketika kita sudah meninggal, apakah kita juga masih bisa merasakan apa yang pernah kita rasakan ketika masih hidup? Apakah kita masih ingat akan diri kita setelah meninggal? Apakah yang dirasakan oleh jasad kita yang terkubur? Who knows. 

Honestly, banyak perasaan yang berkecamuk saat belajar memahami drama ini. Kita akan mendapatkan banyak sekali pelajaran dari apa yang kita tonton ketika kita mampu melihat dari sudut pandang yang lain ^^. Sekian dulu ya, sedikit review tentang Missing: The Other Side 2 ini. Jumpa lagi di review drama Korea yang lain.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park