Podcast: Drama Tomorrow

Drama Tomorrow memang sudah tamat beberapa waktu lalu, bahkan Kim Hee Sun sendiri sudah mau main drama baru lagi dekat-dekat ini. Namun seperti yang pernah dikatakan di Newsletter Mei kemarin, Tomorrow adalah salah satu drama yang paling direkomendasikan oleh classmates Drakor Class.

Salah satu alasan kenapa Tomorrow banyak dicintai adalah karena ceritanya yang berganti setiap episodenya, plus setiap kisah membawa hikmah. Tentu selain daya tarik uri dongsaeng, Rowoon, yaaa. Begitu pula yang dibicarakan sama classmate DK dan Litha dalam siaran radio Johayo Show, RPK FM hari Sabtu, 28 Mei 2022.

Penasaran pengin dengar audio podcast-nya, tidak? Meluncur aja langsung ke sini, yaa

Meski drama Korea sudah sering mengangkat tokoh malaikat maut (joseung saja) dalam inti cerita, tapi Tomorrow tetap menarik untuk diikuti. Yang membedakannya dari drama lainnya yaitu bahwa di sini para malaikat maut ‘ngantor’ sebagaimana karyawan di dalam perusahaan alam baka yang bernama Jumadeung.

Jumadeung ini dikepalai oleh seorang Direktur yang kewenangannya luas tapi terbatas karena segala sesuatu yang diurus di Jumadeung berhubungan dengan takdir. Ya, bisa jadi kita dan orang Korea berbeda dalam memaknai sebuah takdir, tetapi pada nilai-nilai yang lebih universal, kita sama-sama tahu bahwa takdir adalah hal tersulit yang ingin diubah manusia.

Di Jumadeung juga ada pembagian divisi kerja dan job description-nya, ada Key Performance Indicator (KPI), dan ada juga masa probation seperti yang dialami Rowoon selama 6 bulan koma di dunia fana. Hal ini memang nggak ditemukan di drama lain yang mengandung cerita malaikat maut. Biasanya, grim reaper hanya ditampilkan bekerja seorang diri sebagai pelengkap lead male.

Hebatnya manusia, mereka belum pernah bertemu grim reaper sendiri tapi sudah bisa membuat cerita dan memvisualisasikannya berdasarkan asumsi.

Tomorrow juga jadi pantas untuk dilirik bisa jadi karena judulnya yang mengandung misteri, bikin kita ingin tahu besok ceritanya tentang apa lagi. Nasihat hidup apa yang akan kita dapat setelah nonton drama ini.

DK dan Litha bercerita lengkap tentang Tomorrow dalam Johayo Show, termasuk bagaimana latar belakang cerita ketiga tokoh sentral dalam drama ini; Ko Ryeon, Park Jung Il, Lim Ryung Gu.

Pada akhirnya, apa yang menimpa pada masing-masing malaikat maut di kehidupan sebelumnya menjadi pelajaran penting untuk Ro Woon, satu-satunya malaikat maut magang, yang notabene dia masih punya kesempatan untuk melanjutkan hidup.

Bahwa kemalangan yang terjadi selama kita masih punya nyawa dan menjejakkan kaki di dunia fana, masih jauh lebih baik ketimbang menyelesaikan urusan yang tertinggal saat kita sudah tidak ada. Ssst, kukasih bocoran ya, kalau ending Tomorrow ini bahagia kok. Walau terasa menyesakkan tapi tidak mengecewakan.


Posted

in

, , ,

by

Tags:


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park