SO JI SUB

So Ji Sub: Oppa 7 Rupa

Setelah cukup lama berada dalam ketidakpastian, akhirnya penantian para fans oppa kening kerut berujung sudah. Si oppa kesayangan kembali menunjukkan kepiawaian aktingnya di layar kaca lewat drama “Doctor Lawyer”

Drama besutan sutradara Lee Yong Seok ini memang merupakan salah satu drama yang paling dinantikan di tahun 2022. Tentu saja tak lain tak bukan karena ini adalah drama comeback sang pemeran utama pria setelah empat tahun absen dari dunia tipu-tipu drama Korea. 

Wahai bucin fans berat So Ji Sub di mana pun berada, yuk kita kupas tuntas oppa ganteng paripurna satu ini.

AKTOR 

So Ji Sub (sumber: Pinterest)
So Ji Sub (sumber: Pinterest)

Ya kali’ masih ada yang gak kenal So Ji Sub sebagai aktor senior dari Korea Selatan. 

So Ji Sub yang lahir di Incheon, 4 November 1977 ini mengawali karier aktingnya dengan tampil di sitcom berjudul “Three Guys and Three Girls”, dan drama “Model”. Tidak seperti rekan sesama modelnya ketika itu, Song Seung Heon, yang langsung meraih popularitas, karier akting So Ji Sub masih dingin dingin saja. 

So Ji Sub mulai meraih popularitas setelah tampil dalam drama yang ngehits di masa itu, “What Happened in Bali” (2004). Ketika itu, So Ji Sub sempat berpikir bahwa nasibnya hanya akan berakhir sebagai aktor pendukung saja. Tak disangka, pada akhir tahun itu, So Ji Sub mendapatkan peran yang melambungkan namanya sebagai aktor, yaitu drama “I’m Sorry, I Love You”. Tidak hanya di Korea Selatan, namun nama So Ji Sub pun dikenal di seluruh Asia. 

Poster Drama "I'm Sorry, I Love You" (sumber: Bukalapak)
Poster Drama “I’m Sorry, I Love You” (sumber: Bukalapak)

Setelah menyelesaikan wajib militer, So Ji Sub comeback dengan debut film layar lebar “Rough Cut”. Penampilan So Ji Sub menuai pujian dari penggemar dan kritikus film, dan film “Rough Cut” pun meraih sukses besar.

Penampilan dalam film “Rough Cut” juga membawa So Ji Sub pada sejumlah prestasi di ajang bergengsi. So Ji Sub mendapatkan penghargaan sebagai aktor terbaik di sejumlah ajang baik di Korea Selatan maupun internasional, seperti 29th Blue Dragon Film Awards, 45th Baeksang Arts Awards, 8th New York Asian Film Festival, 10th Busan Film Critics Awards, dan banyak lagi. 

Cuplikan Film “Rough Cut” (sumber: YouTube/AsianCrush)

Tahun 2009, So Ji Sub memulai kariernya di dunia internasional. Ia bermain bersama Zhang Ziyi dalam film bergenre romcom “Sophie’s Revenge”. Kembali ke Korea, So Ji Sub tampil dalam drama “Cain and Abel”, dan meraih penghargaan sebagai Best Actor dalam ajang Grimae Awards 2009. 

Tahun 2011, So bermain sebagai petinju yang jatuh cinta dengan seorang gadis buta dalam film “Always” (judul Korea: “Only You”). Film ini menjadi pembuka dalam ajang Busan International Film Festival 2011. 

Tahun 2012, So bermain dalam film “A Company Man”, yang mengisahkan seorang pembunuh bayaran yang menyamar menjadi orang kantoran. Tahun berikutnya, ia bermain dalam drama bergenre horor-romcom “Master’s Sun” karya penulis skenario Hong sisters. 

Tahun 2015, So bermain dalam drama “Oh My Venus”, masih bergenre romcom. Selanjutnya ia bermain dalam sejumlah film, seperti “The Battleship Island” (2017) dan “Be With You” (2018). 

Pada akhir tahun 2018, So bermain dalam drama “My Secret Terrius”. Drama ini membawa So Ji Sub meraih penghargaan tertinggi, yaitu Daesang, dalam ajang MBC Drama Awards. 

Setelah drama tersebut, So absen cukup lama dari dunia panggung. Pada tahun 2020, So Ji Sub menikah dengan Jo Eun Jung, seorang reporter yang dikenalnya dari sebuah wawancara televisi. Empat tahun absen, tahun ini So Ji Sub comeback melalui drama Doctor Lawyer. Dikabarkan So Ji Sub juga akan tampil dalam film sci-fi berjudul Alien. 

Pernikahan So Ji Sub dan Jo Eun Jung (sumber: Pinterest)
Pernikahan So Ji Sub dan Jo Eun Jung (sumber: Pinterest)

Meskipun sangat mencintai dunia akting, namun So Ji Sub menegaskan bahwa ia siap meninggalkan dunia panggung kapanpun. Dalam sebuah wawancara ia menyampaikan bahwa setiap orang harus mempunyai rencana cadangan. “Mungkin kita tidak akan menempuh jalan itu, namun hal itu akan membantu kamu menghadapi tekanan dalam pekerjaan sehingga kamu dapat lebih menikmati hidup.”

Daebak! Boleh banget nih petuahnya. Etapiii… jangan buru-buru pensiun jadi aktor ya, Oppa… 

ATLET RENANG

Dalam sebuah wawancara, So Ji Sub menggambarkan dirinya dulu sebagai anak dan remaja yang tertutup dan insecure. “Setiap kali guru menyuruhku membacakan buku di depan kelas, suaraku pasti bergetar”, kisah So Ji Sub. 

Masa remaja So Ji Sub diisi dengan sekolah dan berlatih sebagai perenang profesional. Bukan kaleng kaleng, So Ji Sub berhasil mengantongi medali perak dalam salah satu ajang olahraga Korean National Games

Walaupun saat ini So Ji Sub jarang melatih kemampuannya berenang, menurutnya masa-masa berlatih itu telah mengajarkan banyak pelajaran hidup baginya. 

“Dari situ aku belajar menjadi orang yang sabar dan gigih. Aku belajar semangat berkompetisi. Aku juga belajar kapan dan bagaimana harus menunggu dan bertahan dalam situasi yang berat.”

PENYANYI

Dua hal yang sangat disukai So Ji Sub semenjak remaja adalah olahraga renang dan musik hip-hop. Beberapa penyanyi favoritnya antara lain The Notorious B.I.G., Snoop Dogg, dan Kim Sung Jae. 

Secara resmi, So Ji Sub mengawali kariernya sebagai penyanyi hip-hop pada bulan Februari 2011. So Ji Sub merilis singel bertajuk “Pick Up Line”. Video teaser singel ini menampilkan dua orang komedian favorit So Ji Sub, yaitu Jeong Jun Ho, yang juga adalah teman dekatnya, dan Kim Byung Man. 

So Ji Sub bersama Jeong Jun Ho dan Kim Byung Man (sumber: asiae.co.kr)
So Ji Sub bersama Jeong Jun Ho dan Kim Byung Man (sumber: asiae.co.kr)

Sebelumnya, So Ji Sub sudah pernah menyanyikan lagu rap berjudul “Lonely Life” dan “Foolish Love” sebagai OST film “Rough Cut” (2008) dan drama “Cain and Abel” (2009). Ketika itu So Ji Sub menggunakan nama alias G atau G-Sonic. 

Pada Maret 2012, So Ji Sub merilis mini album berjudul “Corona Borealis”. So Ji Sub berkolaborasi dengan penulis lagu Kim Kun Woo, pelatih vokal Mellow, penyanyi Han Kyung Mi, Huh Gak, dan Bobby Kim. Bahkan Bobby Kim, yang berduet bersama So Ji Sub dalam lagu “That Day, A Year Ago”, memuji bakat So dalam bermusik. “Sama hebat dengan bakat aktingnya”, puji Kim. 

Pada bulan Januari 2013, So Ji Sub kembali merilis mini album bertajuk “6 PM…Ground”. Empat lagu dari album tersebut dikombinasikan dan menghasilkan drama musik berdurasi 12 menit, yang dibintangi oleh So Ji Sub, Park Shin Hye, dan Yoo Seung Ho. 

Pada bulan Juni 2014, So merilis mini album ketiganya, “18 Years”. So Ji Sub menulis lagu yang mengisahkan 18 tahun kariernya di industri hiburan Korea Selatan. Tahun berikutnya, So merilis singel berjudul “So Ganzi”, berkolaborasi dengan grup hip-hop asal Korea Selatan, Soul Dive. 

Pada bulan Maret 2019, So Ji Sub datang ke Indonesia dan tampil untuk para penggemarnya dalam konser “Hello, Jakarta”. Yuk simak cuplikan konsernya dalam video berikut ini. 

Cuplikan konser So Ji Sub di Jakarta (sumber: YouTube/VIVACOID)

MODEL

Tahun 1995, So Ji Sub mendapatkan tawaran untuk menjadi model untuk sebuah brand pakaian STORM. Ia merintis karier sebagai model bersama dengan Song Seung Heon, dan mereka bersahabat sampai saat ini. Pada masa itu, Kim Sung Jae, penyanyi hip-hop favorit So Ji Sub, juga menjadi model untuk brand tersebut. Tentu saja So Ji Sub tidak melewatkan tawaran itu, dimana ia bisa bertemu langsung dengan penyanyi favoritnya. “Aku tidak pernah tertarik untuk menjadi selebriti. Ketika itu aku hanya ingin bertemu dengan Kim, dan juga karena bayarannya yang cukup besar.”

Menjadi model berbagai majalah dan brand (sumber: marieclaire, InSytle, Giordano)
Menjadi model berbagai majalah dan brand (sumber: marieclaire, InSytle, Giordano)

Saat ini So Ji Sub masih tetap menjalankan profesi sebagai model. Ia pernah bekerja sama dengan sejumlah brand ternama, seperti Samsonite, Marmot Korea, Archimedes, Giordano, dan sejumlah majalah fashion seperti InStyle dan High Cut. 

PENULIS

Tahun 2010, So Ji Sub menerbitkan buku foto-esai yang bertajuk “So Ji-sub’s Journey”. Buku ini berisi foto-foto sejak debutnya di dunia hiburan Korea Selatan. Beberapa foto pada buku tersebut diambil ketika So Ji Sub melakukan perjalanan ke DMZ dan Provinsi Gangwon. 

Cover Buku "So Ji Sub's Journey" (sumber: Hancinema)
Cover Buku “So Ji Sub’s Journey” (sumber: Hancinema)

Dalam buku ini, So Ji Sub mengungkapkan pikiran-pikirannya melalui esai tentang Romeo dan Juliet, alasan kenapa ia menyukai hujan, dan kisah interaksinya dengan selebriti lainnya. Sepuluh hari sejak dirilis, buku ini menjadi best seller, dan naik cetak untuk ketiga kalinya. 

Melalui buku ini, So Ji Sub telah turut mempromosikan budaya Korea. Oleh karena itu, Korea Tourism Organization menganugerahi So Ji Sub penghargaan khusus.

Tahun 2011, ia menerbitkan buku foto-esainya yang kedua “Always with So Ji-sub”. Buku ini berisi foto-foto dan catatan ketika ia sedang memerankan Chang Chul Min, karakternya dalam film “Always” (2011). 

Cover Buku "Always with So Ji Sub" (sumber: Pinterest)
Cover Buku “Always with So Ji Sub” (sumber: Pinterest)

Pada Maret 2012, So Ji Sub meluncurkan majalah SONICe untuk para penggemarnya. Artikelnya membahas berbagai hal dilihat dari mata seorang So Ji Sub, seperti makan favorit, buku, dan banyak lagi. Publikasi serupa biasa dilakukan oleh para bintang hallyu untuk penggemar di Jepang. Namun, So Ji Sub lah yang pertama kali melakukannya untuk pasar penggemar Korea.  

Cover Edisi Pertama Majalah SONICe (sumber: Pinterest)
Cover Edisi Pertama Majalah SONICe (sumber: Pinterest)

PENGUSAHA

Pada 16 Oktober 2009, So Ji Sub mendirikan sebuah agensi bernama Fifty OneK Co. Ltd. atau yang lebih dikenal dengan nama 51K.  Awalnya ia mendirikan agensi ini hanya untuk dirinya sendiri, karena ia ingin menjalankan kariernya dengan caranya sendiri. Namun, sejalan dengan waktu, 51K telah menjadi agensi yang menaungi sejumlah aktor-aktris Korea Selatan, seperti Ok Taec Yeon dan Lee Seung Woo. 

Sebagai CEO, So Ji Sub merekrut langsung para staff 51K. Ia terlibat aktif dalam berbagai kegiatan agensi, dan selalu berusaha mengurus para junior yang berada di bawah naungan agensinya dengan sebaik-baiknya.

A Twosome Place by 51K di Apgujeong-dong (sumber: Joslovesfood)
A Twosome Place by 51K di Apgujeong-dong (sumber: Joslovesfood)

Pada tahun 2011, 51K membuka sebuah cafe bernama A Twosome Place by 51K di Apgujeong-dong. So Ji Sub terlibat sejak perencanaan sampai pembukaan cafe ini. Mulai dari urusan dekor sampai penyusunan menu. Dan ternyata, So Ji Sub juga seorang barista professional lho…  Saat ini, A Twosome Place by 51K sudah punya 200-an cabang di seluruh Korea. Daebak!! 

So Ji Sub The Barista (sumber: Hallyu Cafe)
So Ji Sub The Barista (sumber: Hallyu Cafe)

AMBASSADOR

So Ji Sub didapuk sebagai ambassador Provinsi Gangwon sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan sektor pariwisata di sana. Mungkin ini ada hubungannya juga dengan buku So Ji Sub yang pertama ya… 

Tidak hanya itu. Pada 20 Mei 2012, Provinsi Gangwon menamai sebuah jalan sepanjang 51 kilometer sebagai Jalan So Ji Sub. Dan ia adalah aktor Korea Selatan pertama yang namanya diabadikan menjadi nama jalan. 

So Ji Sub, bersama Lee Yeon Hee, diangkat menjadi duta oleh Badan Kepolisian Nasional Korea Selatan untuk mempromosikan pencegahan kejahatan siber. Melalui berbagai acara, So Ji Sub bertugas meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahayanya kejahatan siber, seperti peretasan dan penipuan melalui internet. 

So Ji Sub menjadi Duta Badan Kepolisian Nasional Korea Selatan (sumber: http://english.chosun.com/)
So Ji Sub menjadi Duta Badan Kepolisian Nasional Korea Selatan (sumber: http://english.chosun.com/)

So Ji Sub pun gemar melakukan tindakan sosial. Suatu kali, ia mendonasikan 170 milik pribadinya untuk kemudian dilelang, dan hasilnya disumbangkan kepada Yayasan Disabilitas Korea (Korea Foundation for Persons with Disabilities). 

PENUTUP

Yeorubun… Profil So Ji Sub ini membuktikan satu hal. Bahwasanya makhluk ganteng multi talenta berhati malaekat dan (pernah) lajang itu nyata adanya!

(dari berbagai sumber)


Comments

Satu tanggapan untuk “So Ji Sub: Oppa 7 Rupa”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 drama 2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park

%d blogger menyukai ini: