Annyeong Haseyo! Ada Taman Korea di Surabaya!

Annyeong haseyo, sobat Drakor Class!

Apa kabarnya? Semoga selalu baik, ya!

Wah sudah wiken lagi nih, ada rencana jalan-jalan kemana nih? Kalau belum tahu mau kemana, yuk ikut jalan-jalan ke Taman Korea Surabaya.

Iya, di Surabaya ada sebuah taman yang diberi nama Taman Korea. Hmm, bagaimana ya Taman Korea itu? Apakah seperti taman-taman di Korea yang biasa kita lihat di drama Korea? Kenapa namanya Taman Korea?

Sabar, chingu! Hari ini akan saya ceritakan semua tentang Taman Korea di Surabaya. Jadi, jangan lupa untuk baca artikelnya sampai habis, ya!

Taman di Surabaya

Surabaya ini dikenal sebagai kota taman. Kota metropolitan seperti Surabaya ini tak hanya menawarkan gemerlapnya kehidupan kota seperti banyaknya mall-mall yang berdiri megah. Surabaya juga menghadirkan ratusan taman sebagai destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata Ramah Anak di Korea Selatan

Ada banyak taman yang bisa dikunjungi saat jalan-jalan ke Surabaya. Hingga akhir tahun 2020, tercatat ada 1.900 taman di Surabaya. Wah, banyak ya!

Beberapa taman di Surabaya sudah dikenal secara luas. Bahkan Taman Bungkul, salah satu taman terbesar di Surabaya sudah pernah mendapatkan penghargaan internasional.

Diantara banyaknya taman yang ada di Surabaya, ada satu taman yang sangat menarik perhatian saya. Taman Korea, sebagai penyuka kebudayaan Korea, saya jadi penasaran. Ingin mengunjungi taman ini.

Surabaya Sister City dengan Busan Korea Selatan

Oh, ya adanya Taman Korea ini nggak lepas dari hubungan antara pemerintah kota Surabaya dengan Korea Selatan. Sudah lama, kota Surabaya menjalin hubungan dengan pemerintah Korea Selatan.

Surabaya adalah sister city dari Busan Korea Selatan. Sister city itu artinya kota bersaudara. Dimana penggabungan antara dua daerah dengan lokasi yang berbeda. Tetapi ingin menjalin hubungan, mulai dari hubungan administrasi, budaya hingga kontak sosial penduduknya.

Baca Juga: Liburan dan Belajar Budaya Korea Lewat Festival

Dua kota yang menjadi sister city ini biasanya memiliki kesamaan, baik secara demografi maupun masalah sosial yang dihadapi. Disinilah sister city diharapkan bisa saling memberi manfaat dalam melakukan pembangunan kotanya.

Sudah lama Surabaya menjadi sister city dari kota Busan, Korea Selatan. Lebih dari 25 tahun hubungan sister city ini terjalin dengan baik.

Salah satu wujudnya, adalah pembangunan Taman Korea di Surabaya ini. Taman ini dibangun pada tahun 2010. Taman Korea didesain dan dikerjakan oleh pemerintah Korea Selatan, sedangkan pemerintah kota Surabaya menyediakan lahan dan melakukan perawatan.

Taman Korea Surabaya

Taman Korea Surabaya ini memiliki luas sekitar 1.848 meter persegi. Taman ini memiliki desain layaknya bendera Taeguk Korea Selatan. Dimana menyiratkan yin-yang, simbol keseimbangan kehidupan.

Taman ini diresmikan pada 8 Mei 2010. Dengan ditandatangani oleh Mr. Lim Taek Sun, ketua Asosiasi Masyarakat Korea Selatan di Surabaya dan Ibu Tri Risma, Walikota Surabaya.

Ada Apa Saja di Taman Korea Surabaya

Chingudeul, pasti penasaran. Ada apa saja ya di Taman Korea Surabaya ini?

Taman yang indah

Taman Korea adalah taman yang indah. Banyak pepohonan dan rerumputan di sini. Membuat suasana taman sangat sejuk. Bersantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi di Taman Korea bisa jadi pilihan yang tepat untuk rehat sejenak.

Monumen perdamaian

Monumen Perdamaian |travelbos.id

Banyak bunga-bunga indah bermekaran di sini. Menikmati senja dengan secangkir kopi hangat bisa jadi pilihan yang tepat saat menghabiskan waktu di taman persahabatan Surabaya dan Korea Selatan ini.

Monumen perdamaian menjadi daya tarik utama dari taman ini. Di sini ada monumen yang menjadi saksi hubungan baik antara pemerintah kota Surabaya dan Korea Selatan. Monumen ini dituliskan dalam 3 bahasa, Indonesia, Inggris, dan Korea Selatan.

Kolam dan air mancur

Kolam | panduanwisata.id

Di taman ini ada kolam ikan dan air mancur, ditata apik khas rumah-rumah yang ada di Korea Selatan. Tenang sekali jika duduk di taman ini sambil menikmati suara gemercik air.

Jogging track

Di Taman Korea, pengunjung bisa berolahraga. Ada jogging track yang bisa dimanfaatkan. Selain jogging, bisa lho melakukan olahraga yoga di sini, jangan lupa bawa matras, ya!

Aktivitas Seru di Taman Korea

Selain bisa bersantai dan menikmati keindahan taman, banyak juga aktivitas seru yang bisa kita lakukan saat berkunjung ke Taman Korea ini.

Pecinta fotografi bisa nih berburu banyak konten instagramable di sini. Mengabadikan setiap sudut keindahan taman ini.

Bisa juga menjadi tempat olahraga di hari Minggu. Mulai dari jogging hingga yoga bersama.

Pakai Hanbok |GoogleMaps/Rudy prast

Atau mau foto-foto ala drama Korea di sini. Foto pakai hanbok di sini juga oke.

Banyak juga acara komunitas di gelar di taman ini. Taman Korea menjadi tempat berkumpulnya komunitas

Baca Juga : Alun-Alun Surabaya, Destinasi Wisata Baru Surabaya

Atau bisa juga sebagai tempat belajar. Mempelajari hubungan baik antara kota Surabaya dan Korea Selatan.

Lokasi Taman Korea

Taman Korea ini berlokasi di jalan Dr. Soetomo no 67, Surabaya. Lokasi ini sengaja dipilih karena disekitar sini banyak terdapat pemukiman orang Korea Selatan di Surabaya. Selain itu, lokasinya juga sangat strategis. Terletak di pinggir jalan raya. Memudahkan untuk dituju.

Ayo ke Taman Korea Surabaya

Jadi, gimana nih? Ada yang tertarik untuk jalan-jalan ke Taman Korea Surabaya? Ayo, jalan-jalan ke Taman Korea Surabaya.


Posted

in

by

Tags:


Comments

2 tanggapan untuk “Annyeong Haseyo! Ada Taman Korea di Surabaya!”

  1. […] tahun 2010, di Surabaya dibangun Taman Korea. Taman Korea didesain dan dikerjakan oleh pemerintah Korea Selatan, sedangkan pemerintah kota […]

  2. […] mendengar kata Korea. Sebagai penulis, radarnya berkembang menjadi ide tulisan. Ketika mengetahui di Surabaya ada Taman Korea, mbak DK, salah satu classmates di Drakor Class, jadi penasaran mencari tahu dan mengunjungi tempat […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park