Memaknai “Empathy” Album Solo D.O. EXO

D.O. EXO Album Empathy

Annyeong Sahabat Drakorclass, akhir-akhir ini sedang mendengarkan lagu apa? Beberapa hari yang lalu, salah satu member EXO yaitu D.O. telah merilis album solo perdananya. Tentunya para penggemar EXO (EXO-L) sudah mendengarkan lagu-lagunya, bukan? Bagaimana nih dengan Sahabat Drakorclass? Yuk, kita memaknai “Empathy” melalui album solo D.O. EXO.

Foto Promosi D.O. untuk Album Empathy
(Sumber gambar: @weareoneEXO)
Foto Promosi D.O. untuk Album Empathy
(Sumber gambar: @weareoneEXO)

Dari mana Mengenal D.O. ?

Sebelum kita membahas lebih dalam tentang album solo D.O. EXO. Saya ingin mengajak sahabat Drakorclass untuk mengingat kembali, dari mana dan kapan sahabat mengenal D.O.? Apakah sahabat terlebih dahulu mengenal D.O. sebagai member salah satu boyband terkenal (EXO)? Atau justru sahabat lebih mengenal Doh Kyung Soo (nama asli D.O.), lewat aktingnya di drama atau film?

Saya sendiri sudah mengetahui bahwa D.O. itu merupakan salah satu member boyband terkenal (EXO). Kualitas vokal yang menonjol, membuat D.O. EXO dapat langsung saya bedakan dari member yang lainnya. Namun saya semakin mengenal dan terpesona dengan D.O. karena aktingnya di drama It’s Okay That’s Love.

D.O. EXO dalam drama It's Okay That's Love
(Sumber gambar: Soompi)
D.O. EXO dalam drama It’s Okay That’s Love
(Sumber gambar: Soompi)

Melalui aktingnya, D.O. mampu membuktikan bahwa seorang idol pun mampu berakting dengan baik. Selain karirnya di musik, karir aktingnya pun ia rintis perlahan-lahan dari peran kecil hingga peran utama baik di film maupun di drama. Drama terakhir yang ia bintangi sebelum wajib militer adalah drama sageuk “100 Days My Prince”.

Lagu That’s Okay

Sebelum D.O. memulai wajib militer pada bulan Juli 2019, ia merilis sebuah lagu yang berjudul “That’s Okay”. Lagu tersebut merupakan bagian dari album SM Station 3. Dimana D.O. ikut berpartisipasi dalam pembuatan lirik lagunya. Lagu ini bagaikan sebuah kado yang memberikan kekuatan kepada para penggemarnya untuk bersabar menunggu D.O. kembali.

Momen penantian selama kurang lebih dua tahun akhirnya berakhir juga. Pada tanggal 25 Januari 2021, D.O. berhasil menyelesaikan wajib militer. Di momen kembalinya, ia kembali memberikan kado dengan dirilisnya video live clip dari lagu That’s Okay.

Foto Promosi D.O. untuk Album Empathy
(Sumber gambar: @weareoneEXO)
Foto Promosi D.O. untuk Album Empathy
(Sumber gambar: @weareoneEXO)

Rilis Album Solo Perdana

Selain bermusik bersama grupnya (EXO). D.O. sendiri beberapa kali merilis lagu melalui SM Station. Ia pun beberapa kali mengisi lagu untuk soundtrack film yang ia perankan. Salah satunya adalah lagu yang ia nyanyikan bersama Jo Jung Suk (duet), yang berjudul “Don’t Worry”. Lagu tersebut menjadi salah satu soundtrack untuk film My Annoying Brother (2016), dimana D.O. dan Jo Jung Suk beradu akting di film tersebut.

Di tengah momen kembalinya D.O. dari wajib militer. Penggemar mendapat kejutan dengan kabar D.O. akan merilis mini album solo pertamanya. Kabar ini menjadi kejutan yang menggembirakan. Rasanya tak sabar untuk mendengarkan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh suara merdu D.O.

Memaknai Empathy

Album solo perdana dari D.O. telah dirilis pada hari Senin, 26 Juli 2021. Setelah perilisannya, album D.O. langsung masuk merajai tangga lagu iTunes Top Albums di kurang lebih 59 negara. Album solo perdana dari D.O. ini mengangkat tema “Empathy”.

Foto Promosi D.O. untuk Album Empathy
(Sumber gambar: @weareoneEXO)
Foto Promosi D.O. untuk Album Empathy
(Sumber gambar: @weareoneEXO)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), empati adalah keadaan mental yang membuat seseorang merasa atau mengidentifikasi dirinya dalam keadaan perasaan atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain.

Melalui album solo ini, D.O. mengajak kita untuk memahami makna “Empathy” lebih dalam. Sebuah kata yang memiliki banyak energi didalamnya. Kita diajak untuk memahami berbagai macam perasaan, yang disampaikan melalui lirik serta melodi pada lagu-lagu yang D.O. nyanyikan.

Proses Persiapan Album Empathy

Dalam mempersiapkan album solo perdananya, D.O. terlibat aktif. Ia sendiri yang memutuskan jenis lagu yang ingin ia nyanyikan di dalam albumnya. Ia menyukai suara gitar akustik yang dapat memberikan rasa nyaman bagi pendengarnya. Karena itulah dalam album ini kita dapat mendengar jenis lagu yang D.O. sukai. Karena D.O. sendiri ingin memulai album perdananya dengan musik yang ia sukai.

D.O. pun menambah jam terbangnya dalam menulis lirik. Dalam album perdananya ini, ada dua lagu yang ia tulis sendiri liriknya, yaitu Rose dan I’m Fine.

Foto Promosi D.O. untuk Album Empathy
(Sumber gambar: @weareoneEXO)
Foto Promosi D.O. untuk Album Empathy
(Sumber gambar: @weareoneEXO)

Daftar Lagu dalam Album Empathy

Album perdana D.O. ini terdiri dari 8 buah lagu. Dengan enam lagu utama diitambah dua lagu bonus. Berikut ini daftar lagunya:

  1. Rose
  2. I’m Gonna Love You (feat. rapper Wonstein)
  3. My Love
  4. It’s Love
  5. Dad
  6. I’m Fine
  7. Rose (English version)
  8. Si Fueras Mia

Lagu Rose dalam Album “Empathy”

Lagu yang berjudul Rose dipilih menjadi lagu utama dalam album perdana ini. Lagu ini sangat menonjolkan suara gitar akustik dengan melodi yang ceria. Melodinya ini akan membuat para pendengar ikut bernyanyi bersama D.O. Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang ingin mengungkapkan rasa cintanya.

Rose MV

Keunikan Album Empathy

Di album Empathy ini, D.O. mempersembahkan lagu utama dalam dua bahasa, Korea dan Inggris. Hal ini bagaikan kado spesial untuk penggemar Internasional. Karena tentunya kita akan lebih mudah memahami makna liriknya dengan bahasa Inggris. Selain itu, lagu Si Fueras Mia pun menggunakan bahasa Spanyol yang menambah keragaman bahasa di album ini.

Foto Promosi D.O. untuk Album Empathy
(Sumber gambar: @weareoneEXO)
Foto Promosi D.O. untuk Album Empathy
(Sumber gambar: @weareoneEXO)

Melalui album ini kita diajak memahami makna Empathy lebih dalam. Tidak hanya tentang cinta pada pasangan, namun juga memahami bentuk cinta lainnya. Misalnya cinta pada ayah dan juga kasih sayang pada sahabat.

Album perdana dari D.O. ini menyajikan musik yang ringan. Musik yang dapat menemani kita melakukan aktivitas sehari-hari. Dimana saat mendengarnya, kita akan merasa nyaman. Dari kedelapan lagu yang ada di album, hampir tidak ada satu pun yang tidak disukai. Setiap lagu memiliki karakter yang menonjol baik dalam melodi, liriknya serta cerita yang ingin disampaikannya.

Visualisasi Album Empathy

Hal lain yang membuat album ini sangat menarik adalah penampilan visualnya. Foto-foto D.O. untuk promosi album ini sangat menyegarkan mata. Begitu pun penampilan aktingnya di teaser dan music videonya.

BTS Video

Melalui album Empathy ini, kita dimanjakan dengan suara D.O. yang merdu. Dibuat nyaman dengan melodi lagunya. Bahkan mendapatkan sajian visual yang menenangkan mata. Jadi jangan sampai sahabat Drakorclass melewatkannya.

Nasvely

Seorang em(b)ak yang suka Korea dan mengambil pelajaran dari drakor. Belajar menulis tentang keluarga di blog https://saenasauqi.wordpress.com/
dan hiburan (drakor) di https://kupunyapedia.wordpress.com/

Baca Juga

2 Komentar

  1. Gak bisa lupa banget waktu ditinggal wamil sama DO. Berasa “kosong”.
    Kerjaannya dengerin That’s Okay.
    MV nya pun menyenangkan hati para EXO-L, We Are One!

  2. […] dari grup band Lucy. Lagu barunya jelas masuk dalam play list nih, menemani lagu-lagu dari album solo EXO D.O. ‘Empathy’ yang saya bahas sebelumnya. Sampai jumpa, […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: