The School Nurse Files : Drama Unik Dengan Pesan Mendalam

The School Nurse File

Halo Sahabat Drakorclass.
Sebentar lagi libur lebaran akan tiba. Ada yang bingung mau mengisi waktu dengan menonton apa? Adakah yang seperti saya? Banyak drama yang sudah ditonton, rasanya bosan. Ingin deh nonton drama yang beda dari biasanya. Drama yang menyegarkan, yang membuat kita setelah menontonnya mendapat nuansa baru.

Nah, sahabat Drakorclass bisa mencoba untuk menonton drama yang satu ini, “The School Nurse Files”. Drama The School Nurse Files ini, sebelumnya sudah pernah dibahas dalam tulisan Semua Tentang Nam Joo Hyuk.

Kesan Menonton Drama The School Nurse Files

Seperti yang dikatakan Kak Rijo dalam tulisannya, drama The School Nurse Files itu ‘absurd’. Hahaha… Saya setuju. Beberapa menit awal saya menontonnya, saya pun bertanya ‘eh apaan ini?’ Namun menit-menit selanjutnya saya cukup menikmatinya. Bahkan lama kelamaan saya menjadi penasaran akan misteri serta setiap karakter dalam ceritanya.

Saya pun menikmati kekonyolan yang ada dan menjadi terbiasa dengan kekocakannya. Bahkan ikut tegang dengan suasana gelap dan misteri yang disajikan. Hingga ketika habis satu episode, saya pun menjadi tak sabar untuk melanjutkan menonton episode-episode berikutnya. Hingga diakhir episode, saya pun merasa drama ini memiliki pesan hangat yang mendalam.

Kekonyolan Ahn Eun Young
(Sumber gambar: Netflix)
Kekonyolan Ahn Eun Young
(Sumber gambar: Netflix)

Setelah menonton drama The School Nurse Files, saya seakan mendapatkan nuansa baru dari industri drakor dan perfilman Korea. Selama ini saya menikmati menonton drakor fantasi. Tapi lewat drama The School Nurse Files, saya mendapatkan sensasi berbeda dari drakor fantasi biasanya. Saya mendapatkan nuansa baru yang unik dan menyegarkan. Karena itulah saya ingin berbagi dan mengajak semua sahabat Drakorclass untuk mencoba menontonnya.

Drama The School Nurse File
(Sumber gambar: soompi forum)
Drama The School Nurse File
(Sumber gambar: soompi forum)

Identitas Drama The School Nurse Files

Judul:The School Nurse Files
(보건교사 안은영/ Bogeon-gyosa An Eunyeong; lit. School Nurse Ahn Eun-young
Genre: Fantasi, Komedi, Superhero
Sutradara: Lee Kyoung Mi
Penulis: Chung Serang & Lee Kyoung Mi
Eksekutif Produser: Park Sung Hye & Shin Yeon Ju
Produksi: KeyEast
Jaringan Siaran: Netflix
Rilis: 25 September 2020
Jumlah Episode: 6

Promosi Drama The School Nurse File
(Sumber gambar: Netflix)
Promosi Drama The School Nurse File
(Sumber gambar: Netflix)

Pemeran dan Karakter Drama The School Nurse Files

Karakter Poster Drama The School Nurse File
(Sumber gambar: Netflix)
Karakter Poster Drama The School Nurse File
(Sumber gambar: Netflix)

Pemeran Utama Drama The School Nurse Files

  • Jung Yu Mi berperan sebagai Ahn Eun Young, seorang perawat sekolah.

Wanita Superhero Pembasmi Jeli

Ahn Eun Young adalah seorang perempuan yang memiliki kemampuan spesial untuk melihat makhluk dalam bentuk jeli. Jeli ini berasal dari sisa-sisa keinginan manusia, perasaan dan roh. Jeli ini memiliki bentuk yang berbeda-beda, ada yang tidak berbahaya dan ada yang jahat dan dapat berubah bentuk menjadi monster.

Orang-orang disekitarnya tidak dapat melihat apa yang dilihat Ahn Eun Young. Oleh karena itu sejak kecil, ia sering dianggap aneh. Ahn Eun Young dewasa berusaha untuk memusnahkan jeli-jeli jahat dengan menggunakan senjata khasnya. Ia menggunakan pedang mainan yang terbuat dari plastik yang berwarna pelangi serta pistol mainan (BB gun). Ia hampir selalu membawa kedua benda tersebut di tas selendangnya.

Ahn Eun Young dengan pistolnya
(Sumber gambar: Netflix)
Ahn Eun Young dengan pistolnya
(Sumber gambar: Netflix)

Ahn Eun Young pun mewarnai kukunya dengan pacar air sebagai bentuk pelindungan diri. Ia pun membutuhkan aura baik untuk mengisi daya tubuhnya dalam menghadapi para jeli. Ahn Eun Young hidup menyendiri. Namun kehadirannya di Sekolah Menengah Atas Monglyeon mengantarnya menghadapi berbagai macam peristiwa yang melibatkan orang-orang yang ada disekitarnya.

  • Nam Joo Hyuk sebagai Hong In Pyo, guru Hanja di Sekolah Mengengah Atas Monglyeon.
Hong In Pyo yang sedang mengajar
(Sumber gambar: Netflix)
Hong In Pyo yang sedang mengajar
(Sumber gambar: Netflix)

Human Charger

Hong In Pyo adalah seorang guru yang sangat peduli dengan murid-muridnya. Ketika remaja ia adalah seorang pemuda yang cerdas, atletis dan aktif. Setelah mengalami cidera yang membuat kakinya pincang. Hong In Pyo memutuskan untuk menjadi guru dan meneruskan sekolah yang didirikan oleh kakeknya.

Hong In Pyo dengan lapisan pelindungnya
(Sumber gambar: Netflix
Hong In Pyo dengan lapisan pelindungnya
(Sumber gambar: Netflix)

Setelah pertemuannya dengan Ahn Eun Young, Hong In Pyo sering membantu dan bekerjasama untuk menyelesaikan peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekolah. Dalam mata Ahn Eun Young, Hong In Pyo memiliki keistimewaan. Ia memiliki lapisan pelindung diseluruh tubuhnya. Dengan berpengangan tangan dengan Ahn Eun Young, ia dapat menyalurkan aura positif dan energi baiknya. Hong In Pyo adalah human charger bagi Ahn Eun Young.

Hong In Pyo, Human Charger 
(Sumber gambar: Netflix)
Hong In Pyo, Human Charger
(Sumber gambar: Netflix)

Pemeran Spesial Drama The School Nurse Files

  • Moon So Ri sebagai Hwa Soo, seorang direktur yang memiliki klinik Akupuntur.
    Ahn Eun Young sering berkunjung ke kliniknya. Hingga akhirnya mereka sering ngobrol dan menganggapnya sebagai sahabat. Benarkah Hwa Soo dapat menjadi sahabatnya? Atau jangan-jangan Hwa Soo memilki misi sendiri untuk mendekati Ahn Eun Young.
  • Jeon Gook Hwan sebagai Hong Jin Beom, Kakek Hong In Pyo. Ia adalah pendiri Sekolah Mengengah Atas Monglyeon. Kehadirannya pada drama muncul dari cerita masa kecil Hong In Pyo. Karakternya pun lebih sering muncul dalam bentuk foto maupun patung yang memang ada di depan sekolah.

Pemeran Pendukung Drama The School Nurse Files

Murid-Murid di Drama The School Nurse Files

  • Hyun Woo Seok sebagai Oh Seung Gwon, murid yang bermasalah dengan jeli yang menyerupai manusia (dirinya sendiri).
  • Park Hye Eun sebagai Sung A Ra dijuluki ubur-ubur, murid perempuan yang membantu Ahn Eun Young.
  • Kwon Young Chan sebagai Lee Ji Hyung, murid yang sering di-bully dan bermasalah dengan jeli yang menyerupai tanaman.
Ahn Eun Young dengan jeli yang menyerupai tanaman
(Sumber gambar: Netflix)
Ahn Eun Young dengan jeli yang menyerupai tanaman
(Sumber gambar: Netflix)
  • Shim Dal Gi sebagai Heo Wan Soo (Lucky), murid perempuan yang selalu beruntung.
  • Lee Suk Hyung sebagai Kang Min Woo (Ruckus), murid yang selalu bermasalah. Ia dan Shim Dal Gi bermasalah dengan jeli simpul yang terhubung diantara kepala mereka.
  • Song Hee Jun sebagai Baek Hye Min, murid perempuan pindahan. Pemakan tungau, serangga yang dianggap membawa kesialan.
  • Park Se Jin sebagai Jang Radi, murid perempuan yang menyukai Baek Hye Min.
  • Oh Gyeong Hwa sebagai Oh Gyeong Hwa, murid perempuan yang sering menangis dengan keras.
  • Joo Yeon Woo sebagai Hoop Squid, anggota tim basket yang menyukai Sung A Ra.
  • Go Yoon Jung sebagai Cho Yoo Jin, murid perempuan dari Sekolah Menengah Atas Giseong. Dalam drama muncul sebagai roh yang telah meninggal.
Arwah Cho Yoo Jin 
(Sumber gambar: Twitter)
Arwah Cho Yoo Jin
(Sumber gambar: Twitter)

Guru dan Karakter Lain di Drama The School Nurse Files

  • Teo Yoo sebagai Mr. Mackenzie, Guru Bahasa Inggris yang nampak tertarik dengan guru Hong In Pyo. Mengapa ia tertarik? Apa ia dapat melihat lapisan pelindung? Atau bahkan dapat melihat jeli seperti Ahn Eun young?
  • Choi Joong Young sebagai Kim Kang Sun dewasa, teman sebangku Ahn Eun Young saat kecil.
  • Lee Joo Young sebagai Han Ah Reum, Guru Sains
  • Kim Mi Soo sebagai Hwang Ga Young, Teman SD Hong In Pyo yang membuat Ahn Eun Young cemburu. Kim Mi Soo merupakan anggota organisasi HSP (Hapiness, Safety Protect)
  • Lee Hae On Sebagai Jeong Hyeon, arwah yang Ahn Eun Young kenali sejak kecil.

Serta masih banyak karakter lainnya. Karakter pendukung dalam drama The Nurse Files sangat menarik. Meskipun dalam drama hanya muncul sesaat, tapi berkesan serta memiliki peran masing-masing yang berpengaruh pada cerita.

Sinopsis Drama The School Nurse Files

Drama ini menceritakan misteri yang ada di balik pendirian Sekolah Menengah Atas Monglyeon. Ahn Eun Young yang bekerja sebagai seorang perawat dapat merasakan ada ‘sesuatu’ di sekolah tersebut. Dengan kelebihannya melihat jeli, ia berusaha untuk melindungi murid-murid di sekolah.

Ahn Eun Young dengan jeli
(Sumber gambar: Netflix)
Ahn Eun Young dengan jeli
(Sumber gambar: Netflix)

Ahn Eun Young pun bekerjasama dengan Hong In Pyo untuk menguak ‘sesuatu’ yang berasal dari basement sekolah. Hong In Pyo sendiri dapat menyalurkan energinya kepada Ahn Eun Young. Mereka berdua bekerja sama untuk menguak misteri yang ada di sekolah.

Dalam prosesnya mereka dihadapi dengan murid-murid yang bermasalah dengan tipe jeli masing-masing. Serta harus berurusan dengan orang-orang yang tergabung dalam organisasi HSP (Hapiness, Safety Protect). Ada apa sebenarnya di sekolah? Siapakah orang dibalik HSP? Mampukah mereka melindungi sekolah, terutama anak-anak?

Bagaimana sahabat Drakorclass, penasaran? Yuk kita lihat dulu trailernya.

Trailer Drama The School Nurse Files

Kelebihan Drama The School Nurse Files

Kerjasama Perempuan

Promosi Drama The School Nurse File
(Sumber gambar: Netflix)
Promosi Drama The School Nurse Files
(Sumber gambar: Netflix)

Drama The Schoool Nurse Files disutradarai oleh Lee Kyoung Mi, seorang sutradara perempuan Korea yang terkenal dengan karya-karya filmnya. The School Nurse Files merupakan karya pertamanya dalam bentuk drama.

Drama The School Nurse Files diadapatasi dari novel karya penulis perempuan Korea yang terkenal, Chung Serang. Ia telah mendapatkan penghargaan 7th Changbi Novel Award di tahun 2013 serta Hankook Ilbo Literary Award di tahun 2017 untuk karya-karyanya.

Novel School Nurse Ahn Eunyoung
(Sumber gambar: Koreanliteraturnow)
Novel School Nurse Ahn Eunyoung
(Sumber gambar: Koreanliteraturnow)

Biasanya Lee Kyoung Mi selalu menulis naskah untuk karya-karyanya. Namun untuk pembuatan drama ini, ia mengajak Chung Serang untuk terlibat dalam proses pembuatan naskahnya. Tidak hanya sampai disitu, ia pun mengajak Jung Yu Mi untuk memerankan tokoh Ahn Eun Young, superhero perempuan yang tidak seperti superhero biasanya. Pemilihan Jung Yu Mi sendiri, didukung oleh para penggemar novelnya.

Drama Unik

Ada banyak keunikan yang ditampilkan dalam drama School Nurse Files. Kita dapat melihat bagaimana penggunaan CGI pada drama ini untuk memvisualisasikan setiap jenis jeli. Bahkan sebelumnya tim produksi pun melakukan riset terlebih dahulu agar mendapatkan efek yang dapat diterima dan dekat dengan lingkungan kita.

Ahn Eun Young memusnahkan Jeli
(Sumber gambar: Netflix)
Ahn Eun Young memusnahkan Jeli
(Sumber gambar: Netflix)

Selain CGI, penggunaan suara yang familiar pun diterapkan dalam drama ini. Tak lupa juga unsur budaya Korea ditonjolkan dalam adegan-adegannya, sehingga seluruh penonton Netflix dari segala penjuru dunia dapat merasakan kekhasannya.

Kekurangan Drama The School Nurse Files

Drama The School Nurse Files mengajak kita berfantasi dengan berbagai macam jenis jeli. Untuk sebagian orang bisa jadi beberapa penampakan dari jeli yang ditampilkan terlihat cukup menggangu. Kemudian juga, ada adegan yang membuat sebagian orang tak sanggup melihatnya, karena terlihat menjijikan. Seperti adegan saat Baek Hye Min memakan tungau.

Jeli Jahat di Kelas
(Sumber gambar: sadgeezer)
Jeli Jahat di Kelas
(Sumber gambar: sadgeezer)

Drama ini menampilkan kekonyolan sebagai keunikannya tersendiri. Namun untuk sebagian orang bisa jadi tidak dapat menerima tipe drama yang seperti ini. Karena itu kembali lagi pada selera penonton.

Kemungkinan Season Dua?

Setelah menyelesaikan drama ini sampai akhir, saya merasa masih banyak hal yang dapat digali dari cerita. Saya penasaran akan kehidupan Ahn Eun Young saat masih sekolah bersama dengan teman sebangkunya, Kim Kang Soon. Masih banyak juga pertanyaan yang membuat saya penasaran tentang jeli dan misteri di sekolah Monglyeon. Saya pun berharap akan ada season keduanya.

Direktur Lee Kyung Mi sendiri mengatakan, tidak menutup kemungkinan jika nanti akan ada lanjutannya. Meskipun ia sendiri membuat drama ini, cukup tamat di season 1.

Pesan Mendalam Drama The School Nurse Files

Dari setiap masalah yang diselesaikan dalam drama ini, kita dapat mengambil banyak pelajaran. Namun cerita yang paling berkesan untuk saya sendiri adalah interaksi antara Ahn Eun Young dan Kim Kang Soon. Interaksi keduanya pun menunjukkan bagaimana seorang Ahn Eun Young yang pada akhirnya berusaha menerima dirinya sendiri.

Ahn Eun Young yang ‘berbeda’ sering merasa kesepian. Ia pun tak jarang frustasi dengan kemampuannya. Namun seiring drama berlanjut, kita dapat melihat bahwa lambat laun karakter Ahn Eun Young berkembang. Ia berusaha menerima dirinya sendiri. Bahkan berusaha untuk melindungi orang lain dengan kemampuannya. Walaupun orang lain tidak tahu akan jerih payahnya.

Perawat Ahn Eun Young
(Sumber gambar: Netflix)
Perawat Ahn Eun Young
(Sumber gambar: Netflix)

Bagaimana sahabat Drakorclass, penasaran kan? Ayo nonton drama The School Nurse Files dan rasakan sendiri nuansa uniknya. Kalau saya sendiri, sekarang penasaran ingin baca novelnya. Untungnya sudah diterjemahkan dan dirilis di Indonesia loh.

Nasvely

Seorang em(b)ak yang suka Korea dan mengambil pelajaran dari drakor. Belajar menulis tentang keluarga di blog https://saenasauqi.wordpress.com/
dan hiburan (drakor) di https://kupunyapedia.wordpress.com/

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: