Podkes Mama Fairy and the Woodcutter

Mama Fairy VS Jaka Tarub

Anyeong Haseyo Chingu

Apa kabar? Chingu ada yang suka atau pernah baca cerita Jaka Tarub, tidak? Ternyata oh ternyata, ceritanya itu tidak hanya ada di Indonesia, melainkan juga ada versi Koreanya. Hanya saja kalau di sana judulnya bukan Jaka Tarub ya, melainkan bidadari dan penebang kayu.

Nah, keunikan drama Korea adalah mengadaptasi cerita rakyat menjadi sebuah drama. Kabar baiknya, meskipun ceritanya didaur ulang, tetapi tidak menghilangkan esensi dari cerita rakyatnya sendiri. Sebab biasanya cerita di drakornya juga jadi berkesan berdiri sendiri.

Kali ini Rani Noona ditemani Kak Risna membicarakan Jaka Tarub versi Korea Selatan. Ya karena hanya kami berdua kayaknya yang nonton, jadilah kami berdua doang yang cuap-cuap saja sekalian di podkes Drakor Class.

Sinopsis Mama Fairy

Berjudul asli Mama Fairy and the Woodcutter atau juga Tale of Fairy, bercerita tentang seseorang bidadari bernama Sun Ok Nam bersama teman-temannya yang sedang mandi di bawah air terjun di gunung Gyeryong. Akan tetapi seorang penebang kayu mengambil salah satu selendang, dan rupanya selendang itu milik Sun Ok Nam yang menyebabkan dia tidak bisa kembali ke khayangan. Oleh sebab itulah, Sun Ok Nam akhirnya menikah dengan penebang kayu dan menetap di bumi.

Oke fix sampai sini ceritanya hampir mirip ya sama Jaka Tarub versi Indonesia.

Tale of Fairy berkembang menjadi cerita bahwa suami Sun Ok Nam meninggal karena terpeleset di gunung. Padahal Sun Ok Nam berkehendak kembali ke khayangan, akan tetapi dia tidak bisa menemukan selendangnya. Semenjak itulah, Sun Ok Nam berusaha menunggu reinkarnasi suaminya untuk bertanya di mana selendangnya sembari membuka kedai kopi di gunung Gyeryong.

Fairy and the Woodcutter

Singkat cerita, beberapa dekade berlalu dan dua orang pemuda akhirnya mendaki gunung Gyeryong dan menemukan Sun Ok Nam sedang mandi (lagi) di bawah air terjun.

Kedua pemuda itu bernama Jung Yi Hyun dan asistennya yang bernama Kim Geum.

Siapakah dari kedua pemuda tersebut yang merupakan reinkarnasi dari suami Sun Ok Nam, dan dapatkah Sun Ok Nam kembali ke nirwana?

Penokohan Karakter

Tale of Fairy memang unik karena Sun Ok Nam diperankan oleh dua orang wanita cantik, Sun Ok Nam paruh baya diperankan oleh Go Doo Shim, sementara Sun Ok Nam diperankan oleh Moon Chae Won. Jadi ceritanya Sun Ok Nam ini memang bisa berubah-ubah dari old lady menjadi gadis cantik, tergantung iman orang yang melihatnya.

Sementara itu Jung Yi Hyun yang diperankan oleh Yoon Hyun Min merupakan seorang dosen muda yang masih lajang dan tidak percaya dengan hal mistis, sampai akhirnya bertemu dengan Sun Ok Nam.

Asisten Jung Yi Hyun adalah Kim Geum yang diperankan oleh Seo Ji Hoon merupakan seorang pemuda yang baik hati dan bersifat polos.

Sehingga di antara kedua pemuda tersebut membuat Sun Ok Nam terlihat ragu yang manakah reinkarnasi suaminya, apalagi ingatan Sun Ok Nam mengenai wajah suaminya juga mulai memudar.

Tale of Fairy

Hal yang Mirip dengan Jaka Tarub dan yang Berbeda

Dari sisi cerita memang mirip ya antara Jaka Tarub dan Mama Fairy, di mana selendang bidadari disembunyikan oleh penebang kayu yang akhirnya keduanya menikah.

Tapi tentu saja ada yang berbeda, yaitu rupanya di Korea Selatan, hampir semua bidadari berharap selendangnya dicuri oleh jejaka tampan dari bumi karena ingin menikah dengan penduduk bumi. Hahaha.

Hal-Hal yang Menarik dari Drama Mama Fairy

Mama Fairy berhasil menarik perhatian kami berdua karena kami merasa banyak hal yang menarik dari drama Mama Fairy, diantaranya:

  1. Visualnya, tentu saja ini menarik meskipun pencahayaannya sedikit terlalu cerah sih.
  2. Aktor dan aktrisnya, sejujurnya noona menonton ini karena kecantikan Moon Chae Woon sih, eh tapi juga pemain lainnya juga memanjakan mata lho.
  3. Ceritanya, ya meskipun cerita bidadari dan penebang kayu sebenarnya adalah cerita rakyat, tapi as noona said, diolah seperti apapun tidak menghilangkan esensi dari kemurnian cerita rakyatnya.
  4. Pesan moral of Mama Fairy of course.

Kesan dan Pelajaran Mama Fairy

Kalau chingu mendengarkan podkes kami, chingu pasti setuju juga kalau drama ini tuh nggak cuma bagus dari segi ceritanya aja, melainkan pesan lingkungan hidup buat kita semua. Seperti kalau mau minum kopi tuh sebaiknya bawa tumbler sendiri, dll.

Penasaran kan apa aja pesan cerita dari Mama Fairy? Dengarin yuk podkes terbaru kita.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park