drama sageuk the secret romantic guesthouse 2023

Rahasia Istana dalam Drama Sageuk The Secret Romantic Guesthouse

It’s all about love with a big secret.

Mungkin itulah sekalimat pertama yang lekas terlintas dalam benak penonton drama korea The Secret Romantic Guesthouse ketika menyaksikan episode pertamanya. Berkisah tentang seorang agassi yang mengelola sebuah penginapan milik keluarga. Gaya berbusananya yang sederhana, menyelubungi statusnya sebagai seorang bangsawan Joseon sebab dirinya telah lama yatim piatu.

Segala kisahnya bermula dari sebuah penginapan di Jungcheon yang disebut-sebut sebagai penginapan berhantu. Penginapan Taman Bunga, namanya. Lalu, kisah cinta seperti apa sih yang muncul dan mekar di sana.

Para Penghuni Penginapan Taman Bunga di The Secret Romantic Guesthouse

Shin Ye Eun sebagai Yoon Dan O

Menyandang status sebagai nona muda di jaman Joseon, tepatnya pada masa kepemimpinan raja Lee Chang yang terkenal tirani, Yoon Dan O tumbuh sebagai seorang nona yang gigih dan berani. Hidup sederhana dan mengambil peran utama sebagai pencari nafkah, ia jalani dengan senang hati.

Shin Ye Eun sebagai Yoon Dan O (SBS)
Shin Ye Eun sebagai Yoon Dan O (SBS)

Bersama pengasuh yang sedari kecil menemani – Nona Naju – rumah milik keluarganya di Jungcheon dialihfungsikan sebagai sebuah penginapan khusus untuk para cendekiawan calon peserta ujian negara, demi alasan ekonomi. Sayangnya, banyak calon penghuni enggan datang sebab rumor penginapan berhantu terlanjur tersebar di seantero Hanyang, ibukota Joseon yang menjadi latar tempat drakor ini.

Jung Gun Joo sebagai Jung Yu Ha

Satu-satunya cendekiawan muda yang lebih dulu mau menetap di Penginapan Taman Bunga adalah Jung Yu Ha. Kesehariannya dihabiskan hanya untuk membaca buku saja. Soalnya memang, orabeoni satu ini bisa dibilang payah dalam urusan adu fisik. Kalau ada momen perkelahian, sudah dipastikan kalau dia akan kalah duluan.

Pembawaannya yang super kalem dan senyum manisnya, satu-satunya senjata yang paling gampang bikin hati para perempuan berbunga-bunga. Belum lagi, cara bertuturnya sungguh lembut. Nampak jelas kalau dirinya bukan hanya berpendidikan, tetapi juga penuh perhatian.

Jung Gun Joo sebagai Jung Yu Ha (SBS)
Jung Gun Joo sebagai Jung Yu Ha (SBS)

Namun siapa sangka, rupanya Jung Yu Ha punya rahasia besar atas dirinya yang baru ia sadari perlahan-lahan setelah jadi penghuni di Penginapan Taman Bunga. Rahasia apakah itu?

Ryeo Un sebagai Kang San

Ahli pedang yang bisa dinobatkan sebagai orabeoni terkaku seantero Jungcheon. Si paling sat set sat set yang menunjukkan rasa sukanya dengan bahasa cinta act of service. Nggak pakai banyak basa-basi, apalagi puisi, semua dilibas habis demi menunjukkan rasa sayangnya pada si gadis.

Tapi, diam-diam, Kang San yang bertekad kuat untuk lulus ujian negara dan bisa menjadi pengawal utama Raja Lee Chang ini menyembunyikan masa lalu nggak terduga. Kamu sudah bisa menebaknya?

Sosoknya gigih nan pemberani, persis Yoon Dan O. Tapi memang dia sulit diajak bercanda sih ya. Kalau nggak lucu atau nggak ada yang perlu diketawain, mengharapkan bisa disenyumin secara terang-terangan sama si Kang San – tampan bin gemesin ini – ya nggak akan. But than, sisi cool-nya ini nih yang bikin penonton macam saya auto melehoy, dugun-dugun.

Ryeo Un sebagai Kang San (SBS)
Ryeo Un sebagai Kang San (SBS)

Ya … saya akui deh chingudeul, kalau saya kemudian tertarik menyaksikan drama sageuk karya sutradara Kim Jung Min yang mengusung genre romance berbalut mystery ini, of course because of Ryeo Un. Sejak menyadari ketampanannya dari drama korea 18 Again, kalau menemukan wajahnya muncul dalam sebuah drama, saya bisa lekas memasukkannya dalam daftar tontonan saya saat itu juga.

Kang Hoon sebagai Kim Si Yeol

Biang rusuh. Sumber dari segala candaan unfaedah yang sebenarnya tuh ada benarnya juga. Sosok yang di episode awal kelihatan penakut tapi kepoan karena berani melanggar aturan buat nggak berkunjung malam-malam ke paviliun penginapan yang didiami sesosok hantu perempuan.

Keberadaannya bisa sukses menguak kabut kelam yang senang dibawa kemana-mana sama tokoh Kang San. Setiap kali ada di sisi Kang San, Kim Si Yeol ini sudah persis teman lama yang super pengertian tapi bawelnya memang nggak ketulungan.

Kang Hoon Sebagai Kim Si Yeol (SBS)
Kang Hoon Sebagai Kim Si Yeol (SBS)

By the way, Kim Si Yeol juga punya rahasia besar. Ketika kamu berhasil menamatkan 18 episode drama The Secret Romantic Guesthouse ini, pandanganmu atas sosok Kim Si Yeol perlahan-lahan akan berubah. Kamu bisa mendadak sayang sekaligus pengen meluk dia erat-erat.

Setelah keempat tokoh utama tadi, dimana karakter Yoon Dan O seolah dilindungi oleh tiga orabeoni yang sayang sama dia – walau salah satunya sih sayang yang care aja bukan karena merasa fall in love – ada dua orang pemain pendukung di Penginapan Taman Bunga yang seolah-olah bertindak sebagai orangtua untuk Yoon Dan O.

Lee Mi Do sebagai Nona Naju

Walau scene yang menampilkan aktris senior usia kepala empat ini nggak begitu banyak, tetapi penonton bisa merasakan aura komedi dari kehadirannya di sepanjang The Secret Romantic Guesthouse. Pengasuh setia yang lama sekali menemani Yoon Dan O bertumbuh. Si yang selalu bikin muka penghuni Taman Bunga mendadak pias dan serasa ingin langsung kabur kalau Nona Naju sudah berkarya di dapur.

In Gyo Jin sebagai Yook Yook Ho

Dedengkot alias penghuni paling lama di Penginapan Taman Bunga yang bertahun-tahun ikut ujian negara sampai usianya menginjak lansia tapi nggak berhasil lulus juga. Dia bertahan tinggal di sana sebab di masa ayah Yoon Dan O masih ada, ia adalah salah satu murid beliau. Diam-diam, si paman ini ikut memegang rahasia yang lama bersemayam di Ihwawon alias Penginapan Taman Bunga juga.

Profil Drama Korea The Secret Romantic Guesthouse

Judul : The Secret Romantic Guesthouse/ Flower Scholars’ Love Story

(Kkotsunbi Yeolaesa/ 꽃선비 열애사)

Genre : Historical, Mystery, Romance, Drama

Sutradara : Kim Jung Min

Penulis Naskah : Kwon Eum Mi, Kim Ja Hyun

Durasi : 18 episode

Pemain Lainnya :

  • Hyun Woo sebagai Raja Lee Chang
  • Cho Hye-Joo sebagai Yoon Hong Joo
  • Han Chae Ah sebagai Gisaeng Senior Hwa Ryung
  • Hwang Boreumbyeol sebagai Gisaeng Junior Ban Ya

Sinopsis Drama The Secret Romantic Guesthouse

Tersebutlah sebuah penginapan berhantu di Jungcheon. Penginapan yang disediakan khusus untuk para cendekiawan yang akan ikut serta dalam ujian negara. Penginapan ini diberi nama Ihwawon atau Taman Bunga.

Sebab rumor tersebut sudah tersebar lama di sekitaran Hanyang, banyak sekali orang yang enggan menginap di sana. Sampai-sampai Yoon Dan O selaku pemilik dan pengelola penginapan, harus terjun langsung untuk memikat dan menjerat para cendekiawan muda tadi agar bersedia jadi tamu di Ihwawon miliknya.

Beruntung, ada tiga cendekiawan muda yang pada akhirnya sukarela menjadi penghuni Taman Bunga. Jung Yu Ha, si pemuda jujur lagi lembut hati. Kang San, si super gigih demi mengejar tujuan hidupnya. Kim Si Yeol, si pemuda yang nggak bisa membantu apa-apa tapi malah jatuh cinta di Ihwawon. Ketiga cendekiawan tampan ini pun bertemu dan memulai pertemanan mereka di Penginapan Taman Bunga.

Hingga pada suatu hari, Yoon Dan O dikejutkan kabar kalau dahulu sebelum meninggal dunia sekitar 13 tahun lalu, ayahnya pernah punya hutang pada Tuan Jang Tea Hwa. Nilai hutangnya sungguh nggak kira-kira. Ironisnya, Ihwawon – satu-satunya peninggalan keluarganya – menjadi taruhannya.

Di momen yang sama, Raja Lee Chang mengendus kemunculan Lee Seol — putra mahkota dari mendiang Raja Lee Pyeong yang dimakzulkan pada 13 tahun sebelumnya — muncul di Hanyang. Lee Seol diduga masuk ke Hanyang melalui rombongan para cendekiawan yang memang datang dari seluruh negeri Joseon untuk mengikuti ujian negara.

Pihak kerajaan tentu berusaha mengejar dan menemukan Lee Seol. Tujuannya jelas, ingin dibunuh karena keberadaannya yang mengancam tahta Lee Chang selaku pamannya. Jadilah, seluruh penginapan di Hanyang pun digeledah. Nggak terkecuali di Ihwawon.

Akibat belitan hutang senilai 100 nyang yang ditanggungnya sendirian, Yoon Dan O menawarkan diri untuk membantu tuan Jang Tae Hwa – panglima pasukan khusus kerajaan — menemukan Lee Seol. Tingkahnya yang seolah tengah merencanakan sesuatu dan bersikeras menemukan Lee Seol tadi, memancing reaksi dari para cendekiawan muda di Taman Bunga. Ya, Lee Seol yang menyamar, ada di sana. Salah satu di antara Jung Yu Ha, Kang San, atau Kim Si Yeol.

Dengan alasan yang berbeda dan sebuah rahasia yang masing-masing dipegang diam-diam oleh ketiganya, para orabeoni Ihwawon ini berusaha semampu mereka untuk mencegah Yoon Dan O mencari tahu keberadaan Lee Seol. Nah lho ….

Poster Drama The Secret Romantic Guest House (SBS)
Poster Drama The Secret Romantic Guest House (SBS)

Apalagi tingkah haus darah dan nggak segan membunuh siapa saja yang membuat raja Lee Chang kesal, sudah jadi rahasia umum terutama para penghuni istana. Tentu saja, kalau Yoon Dan O gagal, bukan hanya Ihwawon yang hilang, tapi nyawanya juga.

Kekhawatiran dari ketiga orabeoni Taman Bunga ini menciptakan kekompakan baru di antara mereka semua. Mereka bahu-membahu berjuang melindungi Yoon Dan O. Di antaranya tentu saja ada sosok Lee Seol yang asli, dan mereka pun sebenarnya belum benar-benar saling membuka diri.

Lalu, berhasilkan Yoon Dan O menemukan Lee Seol dan menyodorkannya pada Tuan Jang? Atau ia menyerah dan harus merelakan satu-satunya warisan milik keluarganya?

Apakah Lee Seol tetap aman bersembunyi di Penginapan Taman Bunga? Lalu, ia menyamar sebagai siapa sih di sana?

Kejutan lainnya. Apa rahasia besar yang rupanya lama terpendam juga di Penginapan Taman Bunga? Mampukah Yoon Dan O tetap menjaga rahasia besar keluarganya? Apakah kemudian Lee Seol membuat Yoon Dan O terperangkap dalam masalah yang semakin besar akibat beberapa keterlibatannya dengan pihak istana?

Kesan Menonton Drakor The Secret Romantic Guesthouse

Cinta. Sesuatu yang bukan hanya terbatas pada percikan rasa antar laki-laki dan perempuan saja. The Secret Romantic Guesthouse menyajikan cinta secara universal nan nggak selalu nampak merah muda kepada para penontonnya. Sebuah rasa yang hadir persis hembusan angin, terkadang menyejukkan, sesekali bisa bikin ngilu tulang.

Ya gitu. Cinta di drakor yang dibintangi Ryeo Un ini menunjukkan banyak sekali sisi dari sebuah rasa cinta. Mulai dari Raja Lee Chang yang sebegitu cintanya pada tahta hingga jadi begitu tamak, pun tega menggenosida seluruh anggota keluarga kakak kandungnya sendiri, raja Lee Pyeong.

Cinta yang Lee Seol tunjukkan melalui perjuangannya untuk tetap bertahan hidup dan kelak bisa membalaskan dendam kesumat atas wafatnya sang ayah. Hidup luntang-lantung dalam persembunyian, walau sesuai tradisi kalau dirinya dilindungi oleh Sang Penjaga, sesosok ahli pedang super setia yang entah siapa, tapi nggak pernah menikmati rasa tenang barang sebentar saja.

Jung Yu Ha yang begitu cintanya pada Joseon, ternyata punya keterlibatan pada sebuah organisasi terselubung. Kecerdasan dan empati besarnya membawanya pada perjuangan untuk memakmurkan tanah Joseon agar terlepas dari pemerintahan istana yang nggak sepenuhnya memihak rakyat jelata.

Kang San yang sebegitu cintanya pada impiannya, berjuang keras untuk mewujudkannya walau jalannya nggak bisa dikatakan mulus dan lapang. Kang San yang misterius pun, rupanya paling terang-terangan ketika menunjukkan rasa sukanya pada si nona pemilik penginapan.

Kim Si Yeol? Jelas. Sedari awal dia yang terlihat paling receh dan payah, tapi sungguh taktis tiap kali bertindak. Rasa cinta yang memeluk hatinya, memunculkan begitu banyak keberanian. Padahal hidupnya selalu digelayuti rahasia kelam.

Ada banyak lagi perwujudan rasa cinta yang menggerakkan setiap karakter tokoh dalam drama Kkotsunbi Yeolaesa. Perasaan yang mengakar kuat, sehingga begitu kuat menyembunyikan sebuah rahasia besar bersama serentetan rahasia-rahasia istana lainnya. Wah … pantas saja ada kata secret dalam The Secret Romantic Guesthouse.

Hidup bersembunyi tidak lebih baik daripada mati

– Yoon dan O –


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: