The Interest of Love

The Interest of Love: Cinta Butuh Kepastian

Nonton drama Korea The Interest of Love ini saya selesaikan saat dirawat di rumah sakit. Ya, bulan lalu saya kena tyfus kata dokter karena kelelahan sehingga daya tahan tubuh menurun.

Hikmahnya banyak, saya jadi bisa menamatkan drakor 18 Again yang dua tahun lalu baru sampai episode 6 dan The Interest of Love yang sebelumnya saya tonton on going, karena kesibukan akhirnya mangkrak di episode awal saja.

The Interest of Love casts
Para tokoh dalam The Interest of Love / sumber gambar: Instagram @jtbcdrama

Sebagaimana artikel prediksi ending yang sudah pernah dituliskan Mbak DK di Drakorclass ini, drama The Interest of Love dibintangi oleh Moon Ga Young sebagai Ahn Soo Young dan Yoo Yeon Seok sebagai Ha Sang Su. Jalinan asmara di kantor KCU (Korea Credit Union) di Seoul.

Prediksinya hubungan kedua orang ini kandas di tengah jalan alias sad ending. Di bagian akhir artikel ini saya tuliskan ya benar atau tidak prediksinya, baca sampai akhir ya…

The Interest of Love tayang pada December 21, 2022 – February 9, 2023 di JTBC, Korea Selatan, dapat dinikmati melalui aplikasi nonton Netflix. Selain kedua pemeran utama, tampil Asisten manajer Park Mi Gyeong yang diperankan Geum Sae Rok dan security Jung Ga Ram sebagai Jeong Jong Hyu.

Beragam Macam Cinta Di The Interest of Love

Ahn Soo Young kecewa berat karena Ha Sang Su urung menemuinya di cafe hotel tempat mereka janjian berjumpa. Wajar sih, sama-sama mempunyai rasa suka tinggal selangkah lagi kok mundur.

Seandainya berada di posisi Soo Young, pasti tak ingin melihat wajah Sang Su lagi. Ditambah pula Soo Young melihat dari jendela kaca, Sang Su sudah datang dan berbelok arah menjauhi lokasi tempat mereka akan bertemu.

Karakter Soo Young di sini jauh berbeda dengan karakternya di True Beauty, siswa SMA yang lincah dan memancing tawa. Di drama The Interest of Love Soo Young tampil kalem, lebih banyak diamnya, banyak mikirnya. Beda banget pokoknya.

Khasnya kisah-kisah di K-Drama, semua keputusan yang diambil, semua peristiwa tidak berdiri sendiri. Pastilah ada alasan mengapa seorang tokoh melakukan sesuatu. Entah derita masa kecil, pola asuh orang tua, lingkungan, kondisi ekonomi, dan banyak faktor lain.

Diketahui bahwa Ha Sang Su merasa sangat kehilangan sosok ayah tercinta sejak remaja. Rupa-rupanya hal ini membentuknya sifatnya menjadi lelaki peragu. Ketika dihadapkan pada suatu persimpangan mendadak ia menjadi goyah.

Sebenarnya tak bisa juga menyalahkan Sang Su. Namun sebagai seorang yang berakal pikiran, well educated dibandingkan Ahn Soo Yong yang lulusan SMA, mestinya ia mampu memperbaiki sifat ragu-ragunya menjadi pemberi harapan pasti (PHP dalam makna positif).

Soo Young dan Sang Su / Sumber gambar: JTBC
Soo Young dan Sang Su / Sumber gambar: JTBC

Cinta Diam-Diam

Inikah namanya cinta diam-diam
Hanya Tuhan, engkau dan aku yang tau
Biarkanlah ragamu ini jadi miliknya
Namun jiwa dan cintamu pasti untukku

Ada yang tau lagu lama ini nggak ya, Cinta Diam-Diam dinyanyikan oleh Febrian. Sepertinya pas menggambarkan kondisi hati antara Ahn Soo Young dan Ha Sang Su. Cinta yang sama juga dialami Park Mi Gyeong kepada kakak tingkatnya di universitas yang sama dulu, Ha Sang Su.

Ternyata doi memendam rasa suka pada si sunbae. Bedanya dengan Soo Young yang lebih memilih untuk diam dan mencoba beralih pada Jeong Jong Hyu, Mi Gyeong bisa dibilang agresif pedekate ke Sang Su.

Cinta Karena Kasihan

Siapakah cinta karena kasihan? Hmm, cintanya Ahn Soo Young kepada Pak Satpam cute Jeong Jong Hyu. Apakah itu masuk kategori cinta? Bisa ya bisa juga tidak. Cinta ya cinta, tidak ada cinta karena kasihan karena akan menyakiti yang dicintai.

Seperti yang dialami Jong Hyu, harus berakhir dengan patah hati, karena sebenarnya Soo Young mengajaknya tinggal serumah, menerima cintanya saat “ditembak” semata-mata ingin memberikan jalan keluar bagi persoalan hidup Jong Hyu. Ayahnya sakit parah dan butuh biaya besar, beberapa kali mengikuti tes seleksi kepolisian ia gagal, dan tak sanggup bayar kontrakan sendiri pula.

Bisa jadi karena Soo Young teringat pada mendiang adiknya yang wafat karena kecelakaan. Padahal ia sangat dekat dengan hari-hari selalu bercanda dengan sang adik.

Soo Young dan Sang Su / Sumber gambar: JTBC
Sumber gambar: JTBC

Cinta Posesif

Demi mengetahui bahwa Soo Young jadian dengan Jong Hyu, Ha Sang Su entah kenapa memberikan secercah harapan pada Mi Gyeong. Meskipun ia menegaskan kalau hatinya belum seratus persen siap menjalin hubungan dengan Mi Gyeong. Hal ini tentu saja membuat Mi Gyeong bak kejatuhan durian runtuh. Pucuk dicinta ulam pun tiba.

Dalam perjalanan hubungan mereka, Ha Sang Su mulai menunjukkan ketidaknyamanan dengan sikap posesif dan dominan Mi Gyeong. Maklumlah doi anak semata wayang konglomerat yang sedari kecil hidup mewah dan semua fasilitas hidup sudah tersedia.

Hanya karena pernah starter mobil Sang Su mati, eh keesokan harinya nggak ada angin nggak ada hujan, Mi Gyeong menghadiahkan mobil baru yang mahal buat Sang Su. Doi kan bingung, untuk apa pakai ngasih mobil segala, toh mobil yang biasa dikendarainya sehari-hari juga masih bagus. Duh, sampai di sini penonton pasti ngeh dong kalau hubungan mereka berdua selanjutnya tak akan berjalan lancar.

Cinta Butuh Kepastian

Tak terasa sampai juga di episode terakhir, fyuhh… sabar juga ya saya bisa nonton sampai tamat. Demi memperoleh jawaban atas kelanjutan cinta Ahn Soo Young dan Ha Sang Su. Si cantik dan si ganteng yang sama-sama keseringan overthinking tentang cinta mereka berdua.

Mestinya ya mestinya sedari awal Sang Su berusaha meyakinkan dirinya sendiri bahwa Soo Young-lah cinta sejatinya. Tak perlu menerima cinta Mi Gyeong segala. Soo Young juga demikian, tak usahlah mengajak Jong Hyu tinggal serumah kalau sebenarnya cintanya hanya ada buat Sang Su seorang.

Soo Young dan Sang Su / Sumber gambar: JTBC
Soo Young dan Sang Su / Sumber gambar: JTBC

Seandainya dari episode satu dua orang ini sama-sama memastikan rasa cintanya dan tidak bermanuver pacaran dengan orang lain dulu, dramanya langsung habis deh, nggak ada kisahnya, hehe. Yah, begitulah drama, sukanya menggemaskan penonton setia. Ada jalan pintas, dipilih jalan yang muter-muter.

Ending The Interest of Love

Endingnya, setelah berkali-kali lari dari radarnya Ha Sang Su, toh akhirnya Ahn Soo Young dipertemukan lagi dengan sang pujaan hati. Soo Young membuka kafe lukis di wilayah bank KCU tempat Sang Su baru saja dipindahtugaskan. Pemilik gedung cafe Soo Young akan menaikkan uang jaminan sewa dan atas saran sahabatnya Bu Seo Min Hee (diperankan Yang Jo A), sebaiknya Soo Young mengajukan pinjaman di bank KCU.

Singkat cerita Ahn Soo Young dan Ha Sang Su bertemu kembali, bernostalgia tentang perasaan masing-masing. Andai dulu Sang Su tidak ragu menemui Soo Young, pasti tidak memakan waktu bertahun-tahun begini kisah cinta mereka. Flashback andaikan dulu Soo Young mau menunggu kedatangan Sang Su lebih lama karena ternyata Sang Su kembali lagi menemuinya.

Di penghujung episode terakhir tampak mereka berdua berjalan-jalan berdua di kampus Sang Su pada malam hari. Sambil tersenyum dan tertawa mengingat-ingat cinta mereka yang rumit. Akhir cerita dibiarkan terbuka, memberikan ruang untuk penikmat drama untuk menyambungkannya sendiri. Kemungkinan besar mereka bersatu kembali sebagai sepasang kekasih dan menikah. Ah, The Interest of Love.

Lesson learned-nya, kalau memang cinta ya diperjuangkan dong, jangan cuma dipikirkan, dilamunkan, sok-sok nggak cinta lagi, ingin melupakannya, aduduh ini yang namanya sakit tapi tak berdarah, seperti lagu yang dibawakan Wali Band feat Fitri Carlina.

Ending The Interest of Love/ Sumber JTBC
Ending The Interest of Love/ Sumber JTBC


Oya, OST The Interest of Love ini ada lagu yang enak didengarkan dan nggak bikin bosan, judulnya Wonder Why dinyanyikan oleh Kyoung Seo. Tautan Youtube lagunya tersemat di bawah ini ya. Selamat menikmati. Dijamin ingin mengulang-ulang, hihi.

Sampai jumpa di artikel drakor dan literasi berikutnya ya, Cingudeul, annyeong!


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park