OST, Bukan Hanya Sekedar Lagu Dalam K-Drama

“Musik dapat mengubah kehidupan.  Walaupun  harimu buruk atau baik, kekuatan musik dapat mengubah suasana hati.” — Jess Bowen

Setuju nggak nih dengan quote tersebut? Sebagai penikmat musik, saya setuju dengan kalimat itu, hal itu ternyata pernah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa musik dapat memengaruhi suasana hati seseorang, lho.

Banyaknya jenis musik tentu menjadi pilihan masing-masing orang. Akan tetapi, apakah kalian merasakan bahwa adanya perbedaan lebih deep ketika mendengarkan Original Soundtrack (OST) dari K-drama? OST dalam K-drama dapat memberi pesan yang disampaikan dalam drama jadi lebih membekas.

Tak heran, penonton selalu terbawa perasaan saat menonton drama tersebut. Bahkan tak jarang ketika OST dimainkan seketika pikiran kita pasti langsung tertuju pada satu adegan dalam drama.

Penasaran kenapa dari musik dan elemen suara saja, kalian bisa merasakan berbagai emosi saat menonton drama Korea? Yuk, simak penjelasannya berikut.

OST Dapat Menyampaikan Suasana atau Adegan dalam Drama

Musik bisa menciptakan suasana di dalam drama dengan mencocokkan adegannya, entah suasana sedih, bahagia, takut, dan lain sebagainya. Penempatan OST pada momen yang pas juga merupakan hal yang penting.

Sumber: Pinterest

Salah satu scene legendaris dalam drama “Descendants Of The Sun”, adegan ketika Kang Mo Yeon bertemu lagi dengan Yoo Shi Jin di Uruk menjadi scene yang sangat memorable dengan diiringi OST “Always” oleh Yoon Mirae. Bahkan adegan dan lagu ini diparodikan ulang di beberapa drama lain. Jadi, setiap mendengar lagu ini pasti membawa memori tersendiri bagi penggemar K-drama.

OST Dapat Membentuk Emosi yang Dirasakan Karakter

Walaupun sebagai elemen pendukung, tetapi OST yang dibuat adalah komponen penting dari sebuah drama. Pembawaan ekspresi pemeran yang sangat baik kemudian diiringi dengan musik serta lirik dan melodi dapat membantu menggiring penonton untuk merasakan emosi pemeran drama tersebut.

Selain itu, penghayatan yang dalam dari penyanyi yang mengisi soundtrack berhasil membuat penonton masuk lebih dalam ke alur cerita yang ditampilkan. Tentunya chingu sudah tidak asing lagi dengan mereka yang sering mengisi OST K-drama. Beberapa dari kalangan solois, idol, hingga pemeran utama dalam drama pun turut andil menyumbangkan suaranya pada drama yang dibintanginya, sehingga OST menjadi semakin berkesan.

Berbagai OST K-drama

Ending yang Berkesan dari Sebuah Drama

Ending dari sebuah drama akan memengaruhi penonton dalam mendengar OST ketika drama tersebut telah tamat. Ketika happy ending maka lagu yang kita dengar jadi membawa kebahagiaan tersendiri. akan tetapi, apabila ending-nya tidak sesuai dengan ekspektasi penonton, maka biasanya penonton akan merasa terbawa suasana saat mendengarkan lagu dari drama tersebut.

Contohnya dalam drama “Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo”, sepertinya penonton memiliki rasa sedih yang mendalam ketika mendengar OST drama ini karena ending yang disajikan. Banyak penggemar yang sampai saat ini berharap ada season lanjutan dari drama ini.

Berbeda dengan ending drama Crush Landing on You yang berakhir happy ending membawa kesan tersendiri bagi penonton. Deretan OST dalam drama ini membuat penggemar akan merasa ikut bahagia karena akhir jalan cerita yang terkesan bahagia bagi para karakter utamanya.

Perlu diingat bahwa ketika menonton drama, setiap orang pasti memiliki persepsi yang berbeda tentang ending-nya. Terkadang penulis drama tersebut menutup episode dengan open ending yang memberi penonton kebebasan untuk berpikir dan menilai sendiri bagaimana ending dari drama tersebut. Kembali lagi ke opini kalian ya, chingudeul.

Fun Fact:

Pencapaian OST K-drama:

Dilansir dari laman Koreaboo, OST Kdrama yang menduduki peringkat pertama dengan memiliki pendengar terbanyak versi Spotify adalah “Sweet Night” yang dinyanyikan oleh V BTS. Lagu yang ditulis sendiri oleh V ini menjadi OST dari drama terkenal “Itaewon Class”.

Kabar gembira di awal tahun 2022, OST dari K-drama “Our Beloved Summer” yaitu “Christmas Tree” (V BTS) berhasil mencapai peringkat pertama di Billboard’s Digital Song Sales Chart dan menjadikannya OST Korea pertama dan satu-satunya dari solois Korea yang debut di top 1. Daebak…!

Pada platform YouTube OST terpopuler ditempati oleh MV OST K-drama “Guardian: The Lonely and Great God (Goblin)” yang dinyanyikan oleh Chanyeol and Punch (“Stay With Me”). Videonya sampai saat ini memperoleh lebih dari 345 juta views and still counting.

Sumber: screen capture YouTube

Pada acara penghargaan akhir tahun “Mnet Asian Music Awards (MAMA)” 2021, kategori Best OST K-drama dimenangkan oleh Cho Jung Seok (“I Like You”) dari drama Hospital Playlist” season 2. Sedangkan pada “Melon Music Award (MMA)” 2021 kategori Best OST dimenangkan oleh Lee Mu Jin (“Rain and You”) dari drama yang sama yaitu “Hospital Playlist” season 2.

Jika chingudeul ingin mengetahui lebih lanjut tentang OST K-drama apa saja yang memenangkan kategori Best OST setiap tahunnya, maka chingudeul bisa langsung mengunjungi situs resmi MAMA dan MMA.

Beberapa pencapaian tersebut membuktikan bahwa kesuksesan dari soundtrack drama Korea tidak kalah hebat dengan lagu yang lain.

And last but not least…

Setiap drama yang memiliki elemen soundtrack yang kuat dan berkesan akan menjadi top of mind di benak penggemar. Namun, sejatinya reaksi setiap orang terhadap musik pastilah berbeda. Kalian bisa merasakan berbagai emosi setelah menonton drama dan mendengar OST adalah bukti dari kesuksesan produksi drama Korea tersebut.

By the way, apa nih OST yang paling berkesan bagi chingu? Dan jika hidup kalian adalah sebuah drama, lagu apa saja yang kalian pilih sebagai soundtrack-nya? Bagikan di kolom komentar, yuk.

Mari menantikan drama Korea serta OST yang luar biasa pada drama-drama mendatang.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.


Eksplorasi konten lain dari Drakor Class – Drakor & Literasi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel Terbaru

aktor bae suzy Cha Eun Woo comedy drakor drakor 2020 drakor 2021 DrakorClass DRAKOR CLASS IG LIVE Drakorclass on Podcast drama drama2020 Drama 2021 drama 2022 drama2022 drama 2023 drama lama DRAMA SAGEUK drama terbaru fantasi film korea Hwang in yeop hyun bin IG live ji sung kim seon ho Kim Young Dae kmovie Kpop lee seung gi moon ga young nam joo hyuk netflix Podcast rekomendasi review film romance sageuk Song kang SON YE JIN start up Thriller True Beauty webtoon yoon park