Ulasan Drama “Find Me in Your Memory”

Tidak banyak drama yang mendapatkan bintang 5 (bintang maksimal yang saya berikan pada sebuah drama) dari saya, namun “Find Me in Your Memory” berhasil membuat saya sejatuh cinta itu sampai menganugerahkan 5 bintang untuknya. Drama ini juga saya masukkan ke dalam daftar 5 drama Korea yang wajib ditonton versi saya.

Drama yang tayang pada tahun 2020 ini memang tidak begitu booming seperti drama-drama lainnya. Namun ceritanya tak kalah menarik, bahkan menurut saya lebih menarik dari drama-drama hits lainnya. Walaupun bagus tidaknya sebuah drama juga tergantung selera penonton, ya.

Profil Drama “Find Me in Your Memory” (2020)

Poster drama Find Me in Your Memory
Poster drama Find Me in Your Memory

Judul: Find Me in Your Memory

Genre: Melodrama, Fantasi, Romantis

Sutradara: Oh Hyun Jong, Lee So Hyun

Pengarang: Kim Yoon Joo, Yoon Ji Hyun

Pemeran:

Kim Dong Wook sebagai Lee Jung Hoon

Moon Ga Young sebagai Yeo Ha Jin

Jaringan penyiar: MBC TV

Tanggal tayang: 18 Maret hingga 13 Mei 2020

Jumlah episode: 32 (Durasi 35 menit per episode)

Bahasa: Korea

Negara: Korea Selatan

Sinopsis Drama “Find Me in Your Memory” (2020)

Lee Jung Hoon (Kim Dong Wook) adalah seorang pembaca berita atau pewarta yang menderita hyperthymesia. Ia bisa mengingat setiap kejadian dalam hidupnya sejak kecil dengan sangat mendetail dan tidak pernah melupakan detail apapun kejadian yang pernah dialaminya. Hal ini sesungguhnya bisa menjadi anugerah namun juga sumber derita karena dia selalu mengingat hal-hal buruk dalam hidupnya. Sekecil apapun itu.

Karena kemampuan khususnya itu, dia menjadi pria yang sangat serius. Dia tidak bisa move on dari trauma masa lalunya. Sekeras apapun dia mencoba, masa lalunya itu terus menghantuinya. Sampai pada suatu hari dia berkenalan dengan seorang aktris cantik bernama Yeo Ha Jin (Moon Ga Young). Sejak itu perlahan-lahan Lee Jung Hoon yang terkenal kaku berubah menjadi lebih hangat.

Setelah pertemuan pertama mereka di sebuah acara berita yang dibawakan Lee Jung Hoon, Ha Jin dan Jung Hoon sering tiba-tiba bertemu secara kebetulan di lain kesempatan. Sampai beredar gosip bahwa mereka berdua menjalin hubungan. Formula yang biasa sekali digunakan dalam drama Korea, kan? Tapi tunggu, ini bukan kisah romansa biasa.

Pertemuan pertama Ha Jin dan Jung Hoon
Pertemuan pertama Ha Jin dan Jung Hoon

Konflik muncul saat seorang penguntit muncul dan mengganggu Ha Jin. Penguntit ini bukan penguntit biasa, karena kasus ini mengingatkan Jung Hoon akan tragedi yang dialaminya 8 tahun yang lalu. Tragedi yang membawa trauma mendalam dalam diri Jung Hoon. Dari sinilah Jung Hoon berusaha memecahkan siapa sesungguhnya penguntit Ha. Dalam proses itulah Jung Hoon juga mengetahui fakta bahwa berkebalikan dengan Jung Hoon yang tidak bisa melupakan apapun, Ha Jin kehilangan sebagian ingatannya yang terhubung dengan trauma masa lalunya.

Kesan dan Pesan dari Drama “Find Me in Your Memory” (2020)

Awal menonton drama ini saya tidak percaya bahwa Lee Jung Hoon, aktor utama pria dalam drama ini, adalah pemeran Jin Ha Rim dalam drama “Coffee Prince” (2007). Dilihat dari sudut manapun rasanya mereka tidak mirip. Memang usianya sudah bertambah 13 tahun sejak pertama saya menonton dramanya, ditambah karakter tokoh yang diperankannya sangat berbeda, tapi tetap saja sampai sekarang saya masih merasa tidak percaya. Akan tetapi itulah faktanya.

Dari segi akting para pemain, drama ini memang tidak main-main. Baik dari pemeran utama maupun pemeran pendukung. Akting Moon Ga Young pun sukses membuat saya terkesan. Dia dengan sangat baik mampu memerankan gadis yang ceria, juga gadis yang depresi di lain kesempatan. Jelas drama ini bukan drama pertama saya melihat aktingnya, meskipun saya tidak ingat di drama apa sebelumnya saya menontonnya berakting.

Dari segi cerita pada awalnya drama ini terkesan membosankan, namun saya tetap bertahan karena menurut informasi dari teman saya drama ini bagus. Akhirnya saya terus menonton dan sampai setelah akhir episode 4 (Episode 2 jika drama normal durasi 1 jam) drama ini sungguh semakin menarik. Setiap episodenya membuat penasaran. Sungguh tidak menyesal menonton drama ini hingga akhir.

Saya suka drama romansa yang menyelipkan misteri atau kasus kriminal di dalmnya. Apalagi misteri yang berusaha dipecahkan dalam drama ini sungguh membuat saya penasaran di setiap episodenya. Pemecahan kasusnya pun ditutup dengan sesuatu yang tidak terduga. Mengesankan.

Selain misterinya yang menarik, romansa antara kedua tokoh utama juga membuat saya sering tersenyum sendiri saat menonton drama ini. Bukan cinta manis yang berlebihan, namun chemistry antara keduanya benar-benar terjadi dengan baik. Meskipun sejak awal sudah terlihat bahwa Yeo Ha Jin menaruh hati pada sang pewarta, namun perubahan perasaan pewarta dari yang masih terikat masa lalu sampai akhirnya move on terasa sekali progresnya. Tidak tiba-tiba jatuh cinta padahal belum selesai dengan masa lalunya. Itulah yang membuat saya mencintai kedua pasangan ini. Pasangan yang sama-sama tidak sempurna tapi saling menyempurnakan. Bukankah seharusnya seperti itu cinta?

Pasangan adik Ha Jin dan rekan kerja Jung Hoon
Pasangan adik Ha Jin dan rekan kerja Jung Hoon

Oh ya, selain romansa antara kedua tokoh utama, romansa dari tokoh pendukungnya juga cukup menarik. Terutama kisah antara adik Yeo Ha Jin dengan rekan kerja Lee Jung Hoon. Mereka berdua sangat menggemaskan. Dimana si perempuan adalah sosok yang kuat, sedangkan si tokoh laki-laki adalah sosok lemah yang selalu dibantu dan dilindungi. Cute!

Penutup

Bagaimana? Sudah teracuni untuk menonton drama ini? Meskipun Kim Dong Wook tidak setenar oppa-oppa lainnya, tapi saya yakin kalian akan setuju dengan saya bahwa aktingnya di drama ini juga layak diacungi jempol. Yuk, lah buruan nonton!

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: